Manfaat Bawang Putih yang Jarang Diketahui

Posted on

Menggunakan bawang putih sebagai bahan masakan mungkin sudah biasa, tapi apakah anda bersedia untuk memakan bawang putih dalam kadaan mentah? Tidak semua orang menyukai bawang putih, karena bawang putih memiliki aroma khas yang cukup menyengat dan rasa yang agak getir dan pastinya sangat aneh di lidah.

Meski memiliki aroma dan rasa yang tidak enak, ternyata bawang putih memiliki khasiat yang luar biasa untuk mencegah penyakit mematikan yaitu dengan cara mengonsumsi bawang putih mentah setiap hari.

 

 

 

manfaat bawang putih
manfaat bawang putih

Mungkin anda heran, bagaimana mungkin bawang putih yang hanya dianggap sebagai bumbu dapur justru memiliki khasiat yang luar biasa untuk kesehatan. Agar anda lebih paham, simak penjelasan berikut ini.

1. Bawang putih mengandung senyawa hebat

Bawang putih mengandung senyawa yang memiliki khasiat ampuh untuk melancarkan system kardiovaskular yaitu zat allicin. Senyawa tersebut hanya terdapat pada bawang putih yang masih mentah dan akan hilang setelah proses pemanasan.

Maka dari itu, pastikan anda mengonsumsi bawang putih dalam keadaan mentah jika anda ingin mendapatkan khasiat yang optimal dari bawang putih.

  1. Menurunkan resiko penyakit jantung dan stroke

Kandungan senyawa allicin dalam bawang putih mentah dapat mencegah aterosklerosis dan membantu melancarkan sistem kardiovaskular sehingga faktor resiko penyakit jantung dan stroke dapat berkurang.

Selain itu, bawang putih mentah juga dapat mencegah terjadinya penggumpalan darah dan mengurangi kadar kolestrol buruk sehingga resiko menderita penyakit stroke dan jantung juga akan menurun.

  1. Mencegah kanker

Bawang putih dapat mencegah penyakit kanker rahim, perut, kolokteral, dan prostat karena mengandung minyak. Seperti yang disebutkan dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh “Anticanter Agents in Medical Chemistry” pada tahun 2011, bahwa minyak yang terkandung dalam bawang putih mentah dapat menekan perkembangan sel payudara.

Dan menurut dr. Nadia Octavia dalam Be Healthy, Membiasakan makan bawang putih setiap hari dapat mencegah kanker. Memang tidak semua kanker bisa dicegah dengan bawang putih, tapi bawang putih dapat menurunkan resiko terkena kanker esofagus atau kanker tenggorokan.

Selain itu, senyawa lain yang terkandung dalam bawang putih mentah juga bermanfaat untuk menguatkan tubuh dalam menghancurkan sel-sel kanker kanker karena bawang putih mentah dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

  1. Mampu menurunkan kadar kolestrol buruk.

Mengonsumsi bawang putih mentah setiap hari dapat menurunkan kadar kolestrol jahat, kolestrol total, serta tekanan darah tinggi. Darah yang mengandung kadar kolestrol yang tinggi dapat meningkatkan resiko terkena jantung dan tekanan darah tinggi.

Kadar kolestrol yang tinggi dalam darah bisa menyebabkan penyempitan pada arteri dan penumpukan plak sehingga menghambat aliran darah. Salah satu pemicu tingginya kolestrol buruk yaitu terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung banyak lemak seperti gorengan.

  1. Membersihkan racun di tubuh lebih cepat

Mengonsumsi bawang putih mentah dalam keadaan perut kosong dapat membersihkan dan mengeluarkan racun yang ada didalam tubuh. Efeknya akan terasa lebih cepat dibandingkan saat perut Anda telah terisi.

  1. Antibiotik alami yang kuat

Berdasarkan hasil sebuah penelitian dalam Journal of American of Family Physicians, senyawa yang terkandung dalam bawang putih yakni Dially sulfida dapat mengendalikan pertumbuhan bakteri berbahaya dalam tubuh.

  1. Mencegah pembekuan darah

Manfaat mengonsumsi bawang putih mentah juga dijelaskan dalam Journal of american Academy of Family Physicians, yaitu senyawa yang terkandung dalam bawang putih mampu mencegah terjadinya penggumpalan darah secara maksimal. Efek tersebut akan sangat terasa saat Anda mengonsumsi bawang putih mentah dalam keadaan perut kosong.

  1. Meningkatkan kesehatan jantung

Salah satu hal yang menunjukan kesehatan tubuh yakni jantung sehat. Mengonsumsi bawang putih mentah juga dapat membuat jantung terhindar dari beragam penyakit. Sebuah studi dalam Journal of Nutrition menunjukan bahwa bawang putih mentah dapat mengurangi penumpukan plak pada Arteri Koroner.

  1. Membantu menghilangkan stress

Selain dapat mencegah penyakit, mengonsumsi bawang putih juga dapat menghilangkan stress yaitu dengan cara menstimulasi tubuh untuk meningkatkan kesehatan mental.Selain itu, bawang putih juga bermanfaat untuk merileksasi kembali sistem tubuh, sehingga memberikan efek ketenangan dan menghilangkan stress.

Berikut ini cara mengonsumsinya :

  • Siapkan bawang putih sebanyak 2 siung
  • Kupas kulitnya
  • Haluskan menggunakan blender atau cobek
  • Tambahkan sedikit air es
  • Minum sekali sehari sebelum sarapan.

     10.  Meredakan gejala batuk

Bawang putih juga memiliki kandungan mineral, vitamin, dan antioksidan yang mampu mengatasi batuk. Batuk merupakan salah satu gejala saat tubuh mendeteksi adanya virus dan bakteri di saluran pernafasan. Batuk dapat menjadi mekanisme pertahanan dengan cara ledakan pengusiran udara dari paru-paru sehingga dapat menyingkirkan benda asing dan kuman yang merusak kesehatan.

Bawang putih dapat digunakan untuk mengobati batuk. Bawang putih merupakan obat kuno dengan khasiat antibiotik. Tingginya konsentrasi agen ekspektoran, antivirus dan anti-inflamasi membuat bawang putih menjadi obat yang efektif untuk membantu membersihkan saluran pernafasan.

Cara mengonsumsi bawang putih saat batuk :

  • 2 gelas air putih (500 ml)
  • setengah bawang bombai sedang
  • 2 siung bawang putih.

       Persiapan :

  • Tuangkan 2 gelas air ke dalam panci dan didihkan dengan api kecil.
  • Cincang bawang bombay dan iris bawang bombay.
  • Tambahkan cincangan bawang putih dan irisan bawang putih setelah air
  • Matikan api dan biarkan mendingin selama 3 atau 4 menit.

Cara mengonsumsi

  • Sajikan setengah cangkir
  • Minumlah pada saat tanda pertama batuk
  • Ulangi 3 sampai 4 kali sehari
  • Gunakan ini sebagai obat sampai anda merasa lega.

Agar bisa bermanfaat secara maksimal, konsumsi secara rutin dan teratur. Jika merasa bawang tersebut sangat menyengat, boleh menambahkan madu sesuai selera agar rasanya lebih nikmat.

  1. Mencegah penyakit yang biasanya terjadi di telinga

Bawang putih dapat mencegah penyakit yang sering terjadi di telinga karena bawang putih mengandung zat asam fosfor yang dapat membunuh bakteri maupun kuman penyebab penyakit di telinga. Bawang putih juga mengandung antioksidan yang tinggi, sifat antijamur, antibakteri dan antimikroba, sehingga orang zaman dahulu menggunakan bawang putih sebagai obat alami.

Dikutip dari situs Live Strong, untuk dapat merasakan khasiat bawang putih dalam membersihkan telinga, pertama yang harus Anda lakukan adalah merendam bawang putih ke dalam minyak zaitun. Lalu pisahkan bawang putih dan minyak zaitun dan simpan di dalam kulkas.

Agar anda dapat merasakan khasiat bawang putih, jangan meletakkan bawang putih di dalam kamar atau pada suhu kamar karena dapat mengembangkan sporabotulisme dari waktu ke waktu.

Lalu teteskan minyak zaitun sedikit demi sedikit ke dalam telinga, setelah itu letakkan kapas di sekelilingnya. Lakukan hal ini selama 10 menit lalu bersihkan menggunakan kapas.

  1. Mengobati sinusitis

Bawang putih memiliki sifat antibakteri yang bisa membantu mengobati sinusitis dengan cara memberikan kelegaan dan mengurangi radang di rongga hidung serta dapat membebaskanmu dari sakit kepala karena gejala lainnya.

  1. Bawang putih efektif untuk kecantikan kulit

Tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan, bawang putih juga memberikan manfaat yang luar biasa untuk kecantikan.

  1. Membersihkan komedo. Komedo biasanya muncul didaerah hidung dan sangat mengganggu penampilan. Cara untuk menghilangkan komedo yaitu dengan cara mengoleskan bawang putih yang sudah di haluskan pada daerah yang dihinggapi komedo.
  2. Menghilangkan noda bekas luka. Rasa percaya diri akan berkurang apabila ditubuh kita terdapat bekas luka. Bawang putih memberikan sifat anti radang yang dapat membersihkan sisa luka pada kulit. Oleskan bawang putih yang telah dihaluskan pada bagian bekas luka tersebut.
  3. Obat jerawat. Bawang putih dapat membantu menghilangkan jerawat yaitu dengan cara mengoleskan bawang putih yang telah dihaluskan pada permukaan kulit yang terdapat jerawat. Diamkan selama 10 menit atau Anda dapat menggunakannya saat akan tidur. Lakukan kegiatan ini secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Meski bawang putih memiliki beragam manfaat, ternyata bawang putih memiliki efek samping yang mungkin akan terjadi yang perlu Anda pertimbangkan.

  • Efek samping pada kulit. Jika Anda mengoleskan bawang putih pada permukaan kulit terlalu tebal, dapat menyebabkan kulit Anda seperti bekas terbakar.
  • Kehamilan dan menyusui. Bawang putih mungkin tidak aman jika digunakan dalam jumlah yang tidak wajar dalam kehamilan dan menyusui. Tidak ada informasi yang akurat tentang keamanan menggunakan bawang putih saat sedang menyusui atau saat sedang hamil.
  • Anak-anak. Bawang putih kemungkinan aman untuk anak-anak ketika diminum untuk jangka pendek. Kemungkinan juga tidak aman apabila meminumnya dalam dosis besar. Beberapa sumber menyatakan bahwa mengonsumsi bawang putih dalam dosis tinggi dapat membahayakan atau bahkan fatal bagi anak-anak. Namun, alasan untuk hal yang satu ini tidak diketahui. Tidak ada kasus yang terdapat efek samping yang signifikan ataupun kematian pada anak-anak terkait mengonsumsi bawang putih.
  • Masalah pencernaan. Bawang putih dapat mengakibatkan iritasi saluran Gastrointestinal (GI). Gunakan dengan baik saat anda mengalami masalah fungsi lambung atau pencernaan.
  • Operasi / bedah. Bawang putih mungkin menyebabkan pendarahan. Berhenti menggunakan/mengonsumsi bawang putih setidaknya 2 minggu sebelum jadwal operasi.

 

Semoga artikel yang saya buat bisa bermanfaat untuk Anda yang membacanya. Apabila ada penulisan kata saya minta maaf yang sebesar-besarnya. Terimakasih.

Leave a Reply