Sukses Dunia Akhirat Dangan Menjadi Hafidz Cilik

Posted on

 

Apa kabar teman teman, memiliki buah hati yang patuh kepada kedua orang tuanya adalah impian semua orang tua dan akan menjadi kebahagiaan tersendiri bagi keduanya.mengikuti perintah orang tua selagi tidak membahayakan , dan bisa membuat menangis orang tua karna keberhasilan kita.apa lagi sekarang lagi marak membuat bangga orang tua dengan cara yang cukup mudah ,ada yang tau caranya apa? Ya betul sekali dengan menghafal Alquran kita khususnya yang ingin membuat bangga kedua orang tua.

Dengan menghafal Alquran kita bisa lebih dekat kepada sang pencipta tapi juga bisa menguji daya ingat kita juga yang terkadang sering lupa . maka dari itu dengan menghafal Alquran bisa menguji daya ingat makan makanan yang bergizi juga harus di lakukan untuk orang yang ingin daya ingat nya tajam.

Disini menghafal Alquran atau sering disebut hafidz adalah suatu kewajiban bagi seluruh umat islam yang ada di dunia. Karna didalamnya alquran terdapat beberapa penjelasan tentang apa yang harus di lakukan umat islam atau bahkan larangan bagi umat manusia khususnya islam.

Bahkan didalamnya juga terdapat beberapa ilmu tentang kesehatan ,politik, bahkan sampai ilmu pengetahuan alam yang belum tentu ada di buku kitab lainnya. Dan alquran juga bisa menjadi petunjuk dengan isi penjelasan seluruh aspek kehidupan manusia.

Adapun dengan cara mengamalkan nya harus dimulai dengan bisa membacanya. Dan jangan hanya bisa membaca kita harus juga tau cara membacanya atau tajwid nya, belajar tajwid juga wajib dalam membaca alquran karna kalo kita tidak bisa tentang tajwid bisa belepotan baca nya.

Ketika sudah bisa tajwid nya kita baru akan bisa membaca alquran dengan bukan hanya benar tapi juga fasih,dengan fasih membaca alquran kita juga bisa menghafal alquran dengan mudah. Dan kalau sudah dengan mudah mengafal kita juga bisa banyak menghafal ayat demi ayat yang ada di dalam alquran.

Dan dizaman kini sudah mulai banyak bermunculan kembali anak-anak penghafalan alquran,dengan adanya bimbingan kedua orang tua merekamasing-masing. Dan pada akhirnya kebanyakan merka telah berhasil menjadi penghafal alquran atau sering disebut hafidz.

Tidak hanya dari kalangan dewasa yang bisa menjadi hafidz alquran dari kalangan anak kecil bahkan anak di bawah umur juga bisa juga loh. Untuk anda yang masih mempunyai anak dibawah umur tapi pingin cepat mempunyai anak yang penghafal alquran ets jangan kuatir. Semua tergantung dari niat anda atau selaku orang tua anak loh.

Mengumpulkan niat untuk menjadikan anak bisa menghafal alquran juga tidak terlalu mudah, karna kita harus mengumpulkan niat yang cukup banyak. Bukan hanya menyiapkan niat kita semua juga harus menyiapkan mental.mental bukan hanya untuk anak yang akan kita suruh menghafal,tapi juga penting untuk kita.

Gunanya mental untuk para orang tua adalah supaya tidak gampang minder untuk menghadapi semua cacian,karna hidup tidak akan luput dari cacian orang,tapi dibalik itu semua pasti ada hikmahnya.dan perlu anda ketahui bahwa didunia ini tepatnya di pelanet yang sekarang kita pijak tidak ada yang menjual mental.jadi mental bisa ada karna muncul dari diri sendiri atau bisa juga dari dukungan atau suport dari orang lain.

Sungguh beruntung sekali hafidz/hafidzah , berikut adalah 6 keutaman bagi penghafal alquran.

  1. Allah akan memberikan kepada sang penghafal alquran mahkota yang berupa sebuah kehormatan. Sesuai dengan yang ada di dalam sebuah hadits, dari Abu Hurairah RA, dia sempat berkata, “Nabi bersabda,wahai orang yang hafal Alquran kelak akan datang(kiamat) dan Alquranpun akan berkata: “Wahai Tuhanku, pakaikanlah dia dengan pakaian yang baik lagi baru.”Maka orang tersebut diberi mahkota sebagai kehormatan. Dan Alquranpun berkata lagi: “Wahai Tuhan tambahkanlah kepada pakaiannya.” Kemudian orang itu diberi pakaian kehormatannya oleh Allah. Alquran berkata lagi: “Wahai Tuhan, ridhoilah dia.” Maka kepadanya dikatakan, “Baca dan naiklah.” Dan untuk setiap ayat, dia akan diberi tambahan satu kebaikan.”(HR. At Tirmidzi).
  2. Sang penghfal alquran akan dikumpulkan bersama malaikat yang mulia lagi sangat thoat kepada.“Dan adapun perumpamaannya orang yang membaca Alquran sedangkan dia hafal ayat-ayatNya bersama para malaikat yang sangat mulia dan thoat.” (Muttafaqun ‘alaih).
  3. Para penghafal Alquran pun juga akan ditinggikan derajatnya saat berada disurga. sungguh baiknya manfaat Al- Qur’an untuk para penghafalnya. Dan sesuai dengan sebuah Alhadits adapun bunyinya, dari Abdillah bin Amri bin ‘Ash dari nabi Saw. Beliau nabi pun juga bersabda, “Akan dikatakan kepada shahib quran, “Bacalah dan naiklah serta tartilkan sebagaimana engkau mentartilkan Al Quran waktu di dunia sesungguhnya kedudukanmu di akhir ayat yang kau baca.”(HR Abu Daud dan At-Tirmidzi).
  4. Para penghafal Alquran pun juga akan mendapatkan pertolongan atau sering disebut syafaat, hadits-nya, dari Abi Umamah ra, dia juga berkata, “Aku mendengar Rasulullah SAW berkata, “Bacalah Quran, sesungguhnya ia akan menjadi pemberi syafaat pada hari kiamat bagi para pembacanya (penghafal).”(HR. Muslim).
  5. Bukan hanya bagi para penghafal Alquran itu sendiri, orang tua para penghafal alquran pun akan mendapatkan pertolongan. Dalam hadits juga disebutkan, dari Buraidah Al Aslami ra, dia berkata bahwa dia pernah mendengar Rasulullah Saw. bersabda “Barang siapa yang membaca Alquran, mempelajarinya dan mengamalkannya, maka akan dipakaikan mahkota dari cahaya besok pada hari kiamat,yang mana cahayanya seperti cahaya matahari, kedua orang tuanya dipakaikan dua jubah (kemuliaan), yang tidak akan pernah didapatkan di dunia, keduanya (orang tua) bertanya: mengapa kami dipakaikan jubah ini? Dijawab “Karena kalian berdua sudah memerintahkan anak kalian untuk mempelajari Alquran”.(HR. Al Hakim).
  6. Menghafal Alquran sangat bermanfaat bagi setiap umat islam khususnya penghafal dalam urusan perniagaan mereka. Dalam Alquran juga sudah dijelaskan, “Sesungguhnya orang-orang yang selalu membaca kitab Allah, mendirikan sholat dan menafkahkan sebagian rezeki yang Kami sudah menganugerahkan kepada mereka secara diam-diam dan juga dengan cara terang-terangan, mereka itu mengharapkan perniagaan yang tidak akan merugi, supaya Allah menyempurnakan kepada mereka bebera pahala dan juga menambah kepada mereka dengan karunia-Nya. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Mensyukuri.”(QS Faathir : 29-30).

Demikian  penjelasan tentang hafidz Alquran,semoga bermanfaat bagi semua kalangan manusia,semoga tuhan senantiasa melindungi kita semua dari marabahaya. Saya ucapkan maaf apabila ada salah dari penulisan ataukah dari segi bahasa.karna sesungguhnya insan tidak akan luput dari salah.sekian dan terimah kasih untuk teman teman yang sudah mau melonggarkan waktunya untuk membaca artikel saya.

Leave a Reply