jembatan suramadu malam hari
jembatan suramadu

Yuk Kita Simak Wisata yang Ada disekitar Jembatan Suramadu

Posted on

Jembatan suramadu  adalah jembatan yang melewati selat madura  menghubungkan pulau jawa dan pulau madura. Panjangnya 5.438 meter. Dan merupakan jembatan terpanjang di indonesia. Jembatan suramadu di bagi memnjadi 3 bagian yaitu jalan layang(causeway), jembatan penghubung (approach bridge) , dan jembatan utama (mainbridge).

Jembatan suramadu di resmikan ada tanggal 20 agustus 2003. Pada awal pembangunan di resmikan oleh presiden megawati soekarnoputri.Pembukaannya oleh presiden susilo bambang yudhoyono pada tanggal 10 juni 2009.Jembatan suramadu ini di tujukan untuk mempercepat pembangunan di pulau madura meliputi bidang infrastruktur dan ekonomi di madura yang tertinggal dari kawasan lain di jawa timur. Dan di perkirakan membutuhkan biaya 4,5 triliun rupiah.

Dengan adanya pembangunan jembatan suramadu ini pemerintah berharap dapat meningkatkan pemerataan pendapatan di wilayah surabaya ke wilayah madura.Jembatan suramadu menghubungkan dua pulau yaitu surabaya dan madura oleh sebab itu di beri nama suramadu. Disisi surabaya sekitar 1458 meter di sisi madura 1818 meter. Jembatan ini menjadi salah satu tempat wisata favorit. Karena pemandangan yang menarik.

Jembatan suramadu di bangun mulai tanggal 20 agustus 2003 selesainya tanggal  1 maret 2009. Dibuka tanggal 1 maret 2009. Lebarnya 30 meter, tingginya 146 meter, rentang terpanjang 434 meter.

Sejarah jembatan suramadu

Prof. Dr. Setyadmo (alm) pada tahun 1960-an mengusulkan terobosan berani pada zaman itu yaitu menghubungkan jawa dan sumatra. Tapi ide itu malah mendapatkan respont dari berbagai pihak. Pada tahun 1965 di buatlah desain oleh ITB(intitute teknologi bandung) jembatan melintasi selat madura.

Menristek, kepala BPPT saat itu, B.J. Habibie, mendapat tugas untuk mengkaji pembangunan tiga jembatan spektakuler yaitu menyatukan pulau sumatra dan jawa, pulau jawa dan madura, dan pulau jawa dan bali. Di kenal dengan nama Tri Nusa Bima Sakti.

Disekitar jembatan suramadu (bangkalan) juga terdapat tempat-tempat wisata yang sering di kunjungi oleh banyak wisatawan  yaitu:

  1. Pantai rongkang
pantai rongkang madura
pantai Rongkang

Terletak di selatan kota bangkalan  lebih tepatnya di desa kwanyar kira-kira 34 km. Potensi pantai rongkang adalah pantainya seperti pantai maneron di luar negri kondisinya yang masih alami ada bukit sepanjang 1km. Kalau sore akan terlihat lampu penerangan kota surabaya.

  1. Taman rekreasi kota

Taman kota di bangkalan ini, sangatlah sejuk sampai-sampai para wisatawan betah berlama-lama di taman ini. Di taman kota ini terdapat permainan-permainan anak jadi tidak perlu khawatir kalau anda mau ngajak anak-anak anda. Posisi taman kota ini berada di pusat kota bangkalan lebih tepatnya di belakangnya stadion bangkalan.

  1. Pantai sembilan

Mercusuar ini terletak di desa ujung piring kecamatan socah kabupaten bangkalan. Tetapi mercusuar ini sudah tidak difungsikan lagi dikarenakan pelabuhan yang dulu berada di desa ini sudah di tutup. Dan sekarang mercusar ini menjadi tempat wisata. Pemandangan di sekitar ini sangatlah indah tidak heran kalau mercusuar ini sangat terkenal di kabupaten bangkalan.

  1. Pantai maneron

Pantai maneron ini terletak di kawasan desa maneron,kecamatan sepulu,kabupaten bangkalan jaraknya sekitar 30km dari kota bangkalan . pantai ini memiliki pemandangan alam yang sangat natural. Pasirnya berwarna putiih.

  1. Pantai sambilan

Pantai sambilan terletak 7km dari kota bangkalan berada di desa sambilangan. Di pantai ini juga ada mercusuar dengan ketinggian 90m di bangun pada tahun 1879. Pantainya juga masih alami.

  1. Pantai siring kemuning
pantai siring kemuning madura
pantai siring kemuning

Pantai yang terletak di kecamatan tanjung bumi kabupaten bangkalan . keasrian pantai siring kemuning ini sudah tersebar luas hingga masyarakat indonesia. Pasirnya yang cantik membuatnya semakin unik lagi. Di pantai ini juga sudah terdapat permainan anak-anak. Posisinya juga sangat strategis.

Leave a Reply