mulai berjilbab
mulai berjilbab

Berjilbab, Tata Niat Bukan Nunggu Iman Kuat!

Posted on

Hai sobat muslimah sudahkan anda berjilbab? Pertanyaan yang sangat sering dijumpai para muslimah yang belum berjilbab. Banyak alasan para muslimah belum memulai untuk berjilbab dari yang memang takut tidak terlihat cantik sampai ingin menata hati dulu, mau memperkuat iman dahulu, dan yang lebih parah lagi ada yang merasa tidak pantas untuk memakai jilbab.

Perlu diketahui para sahabat muslimah sekalian berjilbab itu hukumnya wajib. Sudah bukan sunnah lagi bagi kaum hawa, hukumnya wajib bagi setiap muslimah yang sudah balig seperti halnya sholat lima fardhu, zakat, puasa yang apabila ditinggalkan akan menimbulkan dosa. Maka dari itu buat setiap muslimah di manapun berada mulai dari sekarang mulailah untuk berjilbab. Jangan menunggu api neraka membakar kalian. Tata niat dalam hati dan mulailah dari sekarang.

Banyak sekali alasan yang membuat para kaum hawa ragu bahkan enggan untuk menggenakan jilbab. Di sini saya kategorikan ada dua macam faktor  alasan yang mendasarinya, di antaranya yaitu berasal dari faktor internal (dari dalm diri sendiri)dan faktor eksternal (dari lingkungan) berikut penjelasannya.

Faktor internal adalah faktor yang berasal dari dalam diri orang itu sendiri seperti adanya keraguan dalam hati untuk dapat menggenakan jilbab, merasa imannya kurang kuat, takut tidak terlihat cantik, takut tidak mendapatkan pekerjaan dan lebih parahnya ada yang merasa dirinya tidak pantas dan, masih banyak lagi lainnya.

Faktor eksternal adalah faktor yang berasal dari luar diri seseorang atau bisa dikatakan dari lingkungan sekitar. Seperti cemoohan, hinaan, atau kata-kata yang tidak enak yang dilontarkan ke kita saat kita menggenakan jilbab seperti contohnya “sok alim”, “bu haji”, “kura-kura ninja”dan lainnya.

Banyak para muslimah yang belum berjilbab karena lemahnya faktor internal dan kurang mendukungnya faktor eksternal sehingga para muslimah enggan dan berfikir beribu-ribu kali untuk menggunakan jilbab.

Cara Mudah Untuk Memantapkan Hati Dalam Menggenakan Jilbab

Banyak perkataan seperti “tunggu iman kuat dulu, baru berjilbab” “ buat apa berjilbab kalau akhlaknya buruk” yang seringkali kita dengar. Jangan menunggu iman kuat tetapi perkuat iman itu yang benar, tata niat dan perkokoh keimanan untuk dapat berjilbab. Jika kalian mau menggu iman kuat mau sampai kapan, pernahkah terpikir dibenak kalian lebih dahulu mana antara menunggu iman kuat atau kematian yang datang menjemput kalian . Jawaban untuk pertanyaan yang kedua yaitu antara jilbab dan akhlak itu dua hal yang berbeda. Jadi jangan disamakan.

Mulai Berjilbab
Mulai Berjilbab

Banyak yang bingung dengan dua pernyataan ini, yaitu lebih baik berakhlak baik tetapi tidak berjilbab atau berakhlak buruk tetapi berjilbab. Menurut saya dua-duanya tidak ada yang baik. Dua-duanya sama-sama melanggar aturan Allah SWT. Memakai jilbab bagi para muslimah yang sudah balig merupakan kewajiban mutlak dari Allah SWT seperti yang sudah tertera pada QS. Al-Ahzab (33):39, sedangkan untuk akhlak sudah ada hukum yang mengaturnya sendiri. Jadi dari dua pertanyaan tersebut tidak ada yang lebih baik.

Disini saya juga akan memberikan beberapa cara mudah untuk memantapkan hati dalam menggenakan jilbab di antaranya :

  • Mengenali dan Memahami Status Hukumnya

Para kaum muslimah supaya benar-benar memahami kawajiban dalam memakai jilbab. Jangan hanya mengikuti fashion masa kini atau trend mode kekinian tetapi memang harus benar-benar ikhlas dari hati untuk mendapatkan ridho Allah SWT. Bahkan para istri dan anak Nabi Muhammad SAW sudah mencontohkan terlebih dahulu jauh sebelumnya.

  • Disayangi Allah SWT lewat berjilbab

Pada zaman jahilliyah, wanita berada di kelas dua dibawah derajat laki-laki. Dan siapa saja akan malu jika mempunyai anak perempuan. Bahkan Umar bin khatab RA sebelum masuk islam beliau pernah mengubur hidup-hidup anak perempuannya.

Dan semenjak masuknya islam, islam sangat menghargai wanita sehingga mengangkat derajat wanita pada zaman itu. Bahkan wanita sangat dimuliakan oleh islam. Posisi antara perempuan dan laki-laki menjadi sejajar yang membedakannnya hanyalah ketaqwaanya kepada Allah SWT.

Islam memuliakan wanita salah satunya dengan cara perintah menutup aurat, termasuk berjilbab. Jadi, para muslimah ayo kuatkan hati anda untuk berjilbab untuk. Lewat berjilbab berarti anda sudah masuk ke dalam pintu kehormataan dan kemuliaan Allah SWT yang sudah Allah SWT persembahkan untuk kalian. Ini salah satu bukti kasih sayang allah kepada kalian para muslimah yang tiada terkira. Memuliakan Anda dengan menutup aurat kalian.

  • Bergaul dengan Teman yang Sudah Istiqomah Berjilbab

Lingkungan juga sangat berpengaruh dalam hal ini. Sebaiknya bagi para muslimah yang mau memulai berjilbab dianjurkan memilih teman yang sudah istiqomah berjilbab. Karena dari situ sedikit banyak Anda akan mendapatkan pencerahan dan nasehat-nasehat tentang berjilbab yang dapat menguatkan hati untuk bisa terus istiqomah dalam berjilbab.

Mulai Berjilbab
Mulai Berjilbab

Seperti yang pernah diriwayatkan oleh Baginda Nabi Muhammad SWA barang siapa yang berteman dengan tukang minyak wangi maka dia akan kecipratan bau wanginya. Dan barang siapa yang berteman dengan tukang pande besi dia akan kecipratan bau keringatnya.

Dalam riwayat lainnya juga dijelaskan jika engkau ingin mengenal seseorang lihatlah siapa teman bergaulnya.

  • Terlindung dari Pandangan Pria yang Jelalatan

Sangat berbeda pandangan pria kepada kalian para muslimah yang memakai jilbab dengan tidak. Karena pandangan pria akan lebih terkendali saat muslimah mengenakan jilbab dan tertutup. Sudah banyak dilakukan eksperimen antara muslimah yang menggenakan jilbab dengan yang tidak saat lewat di depan sekumpulan pria.

Sekedar bercerita sedikit pada saat seorang wanita yang tidak mengenakan jilbab lewat di depan para pria maka seketika itu juga para pria tersebut menghampiri dan menggoda sang wanita bahkan sampai melecehkan. Tetapi sangat berbeda saat perempuan yang menggenakan jilbab berbaju syar’i lewat mereka hanya terdiam dan melihat saja tidak sampai berlebihan.

Dari cerita di atas bisa disimpulkan bahwa jilbab dapat mencegah kita para muslimah dari bahaya pria yang tidak baik.

  • Cewek Berjilbab itu Mahal

Mungkin di benak kalian bertanya cewek berjilbab kok mahal apa sih maksudnya ? jawabannya mudah, kita ibaratkan saja cewek berjilbab itu produk yang masih belum terbuka segelnya, sedangkan cewek yang tidak berjilbab itu produk yang sudah terbuka segelnya. Antara produk yang sudah tersegel bukanya sama yang belum pasti lebih mahal produk yang belum terbuka segelnya.

Artinya disini cewek yang berjilbab mahal itu karena mereka lebih dihargai oleh para pria. Bahkan menurut saya kebanyakan para pria lebih suka cewek berjilbab daripada yang tidak berjilbab.

  • Kecantikanmu Hanya untuk Kekasih Halalmu

Ini bisa jadi salah satu motivasi untuk kamu dapat berjilbab. Dengan kamu berpikirbahwa kecantikan hakikimu hanya untuk kekasih halalmu nantinya.

Jangan biarkan pasangan kamu nantinya mendapat bekas dari orang lain. Karena kamu yang sering mengumbar auratmu di depan banyak orang. Hadiahkan kecantikanmu hanya untuk pasangan halalmu.

Mulai Berjilbab
Mulai Berjilbab

Ayo muslimah sejati siapkan hati anda, tata niat untuk berjilbab jangan menunggu iman kuat tapi perkuat iman kalian dengan berjilbab. Buat kalian yang sudah berjilbab banyaklah berdoa agar bisa selalu istiqomah dalam berjilbab.

Incoming search terms:

  • gadis berjilbab
  • cewek yang berkrudung
  • cewek manis berhijab
  • jilbab manis cantik
  • gadis berkerudung manis
  • fhoto gadis berjilbab
  • cewe berjilbab
  • cewek manis berjilbab
  • Cewek kampung berhijab
  • Cewek jilbab manis
Gravatar Image
Pemuda desa yang ingin berkarya untuk diri sendiri, keluarga, agama dan negara. Memulai dari yang kecil dan selalu bermimpi untuk bisa sukses dunia dan akhirat. Salam dari Anak Desa Rejeki kota

Leave a Reply