software
software

Cara Membuat Software Dengan Mudah Dan Cepat

Posted on

Dengan berkembangnya IPTEK (ilmu pengetahuan dan teknologi) , maka semakin banyak program program yang bermunculan. Program itu pada umumnya dibuat untuk mempermudah manusia dalam melakukan pekerjaanya.

Tapi di dalam program juga terdapat yang bersifat merusak , contohnya virus , malware , dll Beberapa operasi sederhana seperti menghapus history dari file file yang telah di buka sekarang dapat kita selesaikan dengan mentekan tombol pada program itu.

Dengan itu sekarang banyak orang yang belajar tentang membuat aplikasi atau software. Ide ide kreatif untuk membuat software komputer terkadang sering muncul di kalangan anak muda / mahasiswa yang mendapat gelar teknik.

Sebelum membuat software kalian harus tau apa itu software. Apasih software itu ? apa kalian sebelumnya sudah pernah mendengar nya ? jadi software adalah  kumpulan data yang disimpan dan di atur oleh komputer yang berbentuk program yang berguna untuk menjalankan suatu perintah.

Berikut jenis jenis software yang ada di aplikasi komputer :

  • Software khusus
  • Software produktifitas kerja
  • Software lunak bisnis
  • Software hiburan
  • Software pendidikan

Software berdasarkan distribusinya bisa dibedakan menjadi 2 bagian yaitu software berbayar dan software free / gratis.

  1. Software berbayar

Adalah software yang didistibusikan dengan tujuan komerail , pengguna yang ingin menggunakanya dapat dengan cara membeli atau membayar kepada pihak yang mendistribusikan.

Pengguna yang menggunakan software berbayar itu tidak mendapat ijin untuk membagikan software tanpa ijin dari pihaknya. Contoh software berbayar misalnya microsoft windows , microsoft office , coraldraw , adobe photoshop , dll.

  1. Software gratis

Adalah software yang mempunyai hak gratis yang digunakan tanpa batasan waktu , beda dari shareware yang wajib penggunanya untuk membayar. Software ini juga di definisikan sebagai program yang mendistribuikan gratis tanpa ada biaya tambahan.

Berikut ini langkah langkah membuat program software dengan cepat dan mudah :

  1. Mencari ide

Program yang bagus itu melakukan tugas yang berfungsi memudahkan penggunanya , lalu lihatlah apakah ada cara yang bisa membuat prosesnya mudah dan singkat karna sebuah program itu yang bisa berguna bagi penggunannya.

  1. Menganalisi kebutuhan

Dalam proses ini kita harus melakukan proses definisi masalah. masalah yang ada di dalam pembuatan sistem dan program yang seperti apa yang akan di buat untuk memenuhi user. kemudian melakukan analisis kebutuhan.

Pada kali ini , seorang analis akan melakukan pengumpulan data dengan cara melakukan observasi , wawancara , dan pengumpulan sample yang berfungsi untuk mengetahui apa aja yang dibutuhkan user  untuk program yang akan di buat.

  1. Melakukan survei program lain

Memeriksa program lain , apa yang dilakukan program tersebut ?  apa kekurangan program ? apa yang bisa mereka tingkatkan pada program ? pertanyaan ini bisa membantu untuk menemukan ide yang akan kamu buat.

  1. Analisis spesifikasi software

Dalam proses ini seorang analis harus mengetahui software apa yang di inginkan sesuai pesanan user , agar tahu keinginan user maka data data yang sebelumnya telah di kumpulkan dari proses definisi masalah dan proses analisis kebutuhan.

  1. Tahap perencanaan

Dalam membuat program kita harus mempunya rencana yang benar benar matang , itu tujuanya agar bila kita nanti membangun program itu bisa terencana dengan baik dan terjadwal sesuai dengan rencana yang telah dibuat demi mengefisiensikan waktu yang di butuhkan.

  1. Membuat desain program

Untuk membuat desain programnya. Desain program adalah gambaran besar fitur yang ingin kamu buat dalam programmu sendiri.

Membuat desain program bisa membantu untuk menemukan bahasa yang digunakan dalam pemrograman yang tepat.

  1. Desain/ perencangan software

Dalam proses ini seorang analis mulai membuat desain yang akan di berikan kepada programer untuk dibuatkan program, maka unruk mendesain sistem yang di buat seorang analis harus membuat flowmap,ERD,DFD,workflow,dll. Lalu programer akan membuat pseudocodenya dan bisa langsung ke dalam tahap coding.

  1. Tahap implementasi

setelah mendapatkan data yang  jelas tentang program yang di buat , saatnya seorang programer melakukan tugasnya yaitu membuat program , percobaan program dan penyerahan program.

  1. . Tahap integrasi

Setelah tahap implementasi yang dilakukan sekarang adalah melakukan penggabungan-penggabungan dari data yang telah dikumpulkan sebelumnya untuk membuat program yang utuh dan maksimal.

  1. Maintenance

Setelah semua pemrograman dilakukan , masih ada proses maintenance yang biasanya memakan waktu sampai 50% dari kegiatan software life cycle dan memakan waktu yang cukup besar.

seorang programer yang melakukan pelatihan, perbaikan dan penambahan sesuai kebutuhan user dalam proses maintenance juga bisa dilakukan kegiatan peningkatan program.Misalnya program Pepustakaan v.1.0, user ternyata memiliki kebijakan sistem baru dan tampilan program yang lebih simple tapi lebih fleksible.

Dan seorang programer yang telah melakukan peningkatan program dengan cara memperbaiki dan menambahkan source kode sebelumnya dan biasanya memakan jangka waktu yang cukup lama.Setelah program jadi, lalu nama softwarenya di ubah menjadi Program Perpustakaan v.2.0 ini menandakan versinya telah di tingkatkan. Lalu melakukan percobaan program dan pelatihan program kepada user.

Demikian cara membuat program software yang cepat dan mudah , semoga bisa menambah wawasan dan pengetahuan untuk anda dan terima kasih.

Leave a Reply