peredaran darah

Penyakit yang Di Sebabkan Oleh Gangguan Sistem Peredaran Darah

Posted on

System peredaran darah adalah suatu system organ yang berfungsi  memindahkan zat ke sel dan dari sel. System ini juga menolong stabilitas PH dan suhu tubuh. Jenis peredaran darah ada dua macam, yaitu system peredaran darh terbuka dan system peredaran darah tertutup. System peredaran darah juga merupakan baagian dari kinerja jantung dan juga jaringan pembuluh darah di bentuk. System ini menjamin kelangsungan hidup seluruh organism. Di dukung oleh metabolism setiap sel dalam tubuh dan dapat mempertahankan fisiologis cairan tubuh dan sifat kimia. Darh merupakan salah satu hal yang terpenting yang terdapat dalam tubuh manusia.

Darah dapat mengalirkan berbagai macam kebutuhan tubuh. Selain  itu darh juga berfungsi untuk menjaga menjaga daya tahan tubuh manusia. Serta dapat mengoptimalkan fungsi otak jika peredaran darahnya terkontrol dengan baik.  Peredaran darah juga erat kaitannya dengan kinerja jantung. Semakin baik kondisi jantung, maka akan semakin baik pula peredaran darah di dalam tubuh anda.

[ File # csp8162895, License # 1843442 ]Licensed through http://www.canstockphoto.com in accordance with the End User License Agreement (http://www.canstockphoto.com/legal.php)(c) Can Stock Photo Inc. / Pixelchaos
sistem peredaran darah
Macam-macam penyakit  dan pencegahannya pada system peredaran darah :

  • Anemia

Penyakit anemia di sebabkan karna sel darah merah kekurangan hemoglobin atau tubuh kekurangan sel darah merah.

Anemia ini dapat di sebabkan oleh beberapa hal yaitu factor keturunan, kekurangan gizi, kekuranagan mineral yang mengandung zat besi, serta karna aktivitas yang berlebihan tanpa adanya asupan makanan yang sehat.

 

Penegahan.

Penyakit ini salah satu jenis penyakit yang paling mudah untuk di cegah dan mudah untuk di obati. Dengan cara : selalu mengkonsumsi makanan yang bergizi tinggi,mengandung zat besi tinggi  (daging merah, kacang kacangan)  hindari aktivitas yang berlebih dan istirahat yang cukup, dan juga perbanyak minum air putih.

 

  • Hemophilia

Penyakit ini di sebabkan karna darah sukar membeku, hal ini dapat menyebabkan penderitanya mengalami pendarahan yang hebat. Meskipun itu hanya mengalami luka kecil. Penyebab utama dari penyakit ini adalah faktor keturunan

 

  • Varises

Penyakit ini terjadi pada bagian kaki. Di sebabkan oleh pembuluh darah kaki yang melebar karna adanya tekanan darah, sehingga mengakibatkan fungsinya terganggu dan juga mengakibatkan pembuluh darah jadi terlihat.bebrapa Penyebab ,penyakit ini yaitu, karna factor keturunan, munculnya tumor, karna sedang mengalami kondisi kehamilan, atau bisa juga di sebabkan karna factor terlalu lama berdiri.

 

  • Hipertensi

Hipertensi atau darah tinggi ini merupakan  salah satu jenis penyakit yang berhubungan dengan system peredaran darah yang paling sering di jumpai. Tekanan darhh tinggi merupakan salah satu penyakit di mana kondisi darah mengalir pada pembuluh darh melebihi batas normal,  yang akan menimbulkan bebrapa penyakit yaitu, kepala sering pusing, mudah marah, kelelahan bahkan dapat menyebabkan pebyakit kronis.

Penyakit ini di sebabkan oleh :

Factor keturunan, factor terlalu sering merokok dan minuman berakohol, memakan makanan yang tidak sehat atau makan makanan yang berlemak.

 

  • Leukemia

Leukemia sering di sebut dengan kanker darah, Penyakit ini disebabkan karna memang terdapatnya sel kanker yang meyerang bagian darah yang mengalir di pembuluh darah manusia. Terutama menyerang pada sel darah putih. Sehingga mengakibatkan terjadinya pertumbuhan dari leukosit yang tidak normal, hal ini di sebabkan oleh :

faktor gen, terdapat infeksi zat kimia beracun, adanya paparan zat radioaktif, adanya virus karsinogenik, dan karna terlalu sering merokok dan minuman beralkohol.

 

  • Kolestrol

Kolestrol ini merupakan senyawa lemak kompleks yang 80% dihasilkan oleh tubuh khususnya dalam organ hati sedangkan yang 20% di hasilkan dari luar tubuh (dari makanan yang kita konsumsi). Kolestrol tidak larut dalam darah, untuk itu agar dapat di kirim ke seluruh tubuh, kolestrol di kemas bersamaan dengan protein yang nantinya akana menjadi partikel liproprotein.

Itulah informasi seputar penyakit yang berhubungan dengan system peredaran darah. Semoga artikel ini dapat menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi Anda.

Gravatar Image

. Menurut kebanyakan orang yang belum mengenal saya, mereka menilai saya orang yang pendiam. pada kenyataanya saya adalah orang yang cukup cerewet.

Leave a Reply