buah blimbing
Bilimbing wuluh

27 Khasiat dan Sebutan Blimbing Wuluh dari Berbagai Daerah yang Belum Kalian Ketahui.

Posted on

Blimbing wuluh mengandung banyak sekali manfaat dan khasiatnya untuk kesehatan , seperti halnya untuk kecantikan bisa di buat untuk wajah,untuk jerawat,untuk kulit, dll.

Blimbing wuluh mempunyai salah satu vitamin yang sangat baik yaitu vitamin C . dan salah satu senyawa yaitu flavon.

Di dalam blimbing wuluh terdapat kandungan-kandungan kimia antara lain saponin, tanin, glukosid, kalsium oksalat, sulfur, asam format, peroksida, dan kalsium sitrat.

Berikut langkah-langkah untuk beberapa penyakit:

  1. Untuk obat batuk

Rebus daun, bunga , dan buah blimbing wuluh dengan jumlah yang sama dalam air mendidih selama 1/2 jam. Lalu minum air  nya.

  1. Untuk diabetes

Ambil 6 buah blimbing wuluh di lumatkan lalu di rebus dengan segelas air hingga sisa separuhnya. Saring dan minum 2 kali sehari.

  1. Untuk rematik

Cuci segenggam daun blimbing wuluh. Tumbuk sampai halus dan tambahkan kapur sirih kamudian gosokkan ke bagian  yang sakit.

  1. Untuk sariawan

Rebus 10 kuntum bunga blimbing wuluh, asam jawa, dan gula aren dengan 3 gelas air hingga airnya tersisa ¾ bagian. Saring lalu minum dua kali sehari.

  1. Untuk sakit gigi

Cuci 5 buah blimbing wuluh lalu kunyah dengan garam. Untuk lebih cepat sembuhnya ulangi beberapa kali.

  1. Untuk obat panu

Ambil 10 buah blimbing wuluh lalu giling sampai halus . tambahkan sedikit kapur sirih, di remas sampai rata. Ramuan digunakan untuk menggosok di bagian kulit yang berpanu sebanyak dua kali sehari.

  1. Untuk darah tinggi

Ambil 3 buah blimbing wuluh dipotong-potong, rebus dengan tiga gelas air sampai tersisa satu gelas. Setelah dingin di saring dan diminum setelah sarapan pagi.

8. Untuk sakit gondongan

Ambil setengah genggam daun blimbing wuluh dan tumbuk dengan 3 bawang putih. Lalu kompreskan pada bagian gondongan.

Selain yang di atas blimbing wuluh juga mampu memberikan khasiat lainnya seperti:

  1. Obat demam
  2. Obat pegel linu
  3. Mencegah kulit kering
  4. Menambah kemampuan penglihatan
  5. Mencerahkan kuku
  6. Mencerahkan gigi palsu
  7. Mengurangi wajah berminyak
  8. Menyehatkan kulit
  9. Membersihkan usus yang kotor
  10. Meredakan radang
  11. Mengatasi wasir
  12. Mengatasi ambeien
  13. Mengurangi flek hitam pada wajah
  14. Mengatasi gatal-gatal
  15. Mengatasi ganguan kulit
  16. Menhambat perkembangan virus atau bakteri
  17. Pengobatan reumatik
  18. Sebagai sumber listrik
  19. Obat infeksi tenggorokan anak
  20. Untuk hipertasi

Di setiap daerah terdapat berbagai macam sebutan antara lain : calincing (sunda), blimbing wuluh (jawa), basom belimbing atau blimbingan (batak), blimbing buluh (bali), balimbieng (minagkabau), blimbing manis (sumatera), nggalaboa (sulawesi), taufo (maluku),

Blimbing wuluh sejenis pohon kecil yang berasal dari maluku. Lalu di kembangkan dan tumbuh bebas di indonesia , filipina, sri lanka, myanmar , dan malaysia.

Blimbing wuluh populer sekali dengan sebutan belimbing sayur, blimbing asam dan blimbing buluh. Pohonnya mudah sekali tumbuh dan memiliki beragam manfaat  banyak penduduk menjadikannya sebagai hiasan pekarangan.

Blimbing wuluh termasuk famili oxalidaceae. Dan juga salah satu tanaman yang mampu bertahan bertahun-tahun dan berkayu keras. Tingginya 10-12 meter dan dapat tumbuh sampai 500 meter diatas permukaan laut.

bunga dan buah blimbing wuluh
bunga belimbing wuluh

Blimbing wuluh mempunyai daun kecil, bunga yang seperti bintang warnanya merah muda keunguan . buahnya berbentuk bulat lonjong bbesarnya seibu jari. Dan bergelantungan di rangkaian buah yang tumbuh di dahan pohon.

Incoming search terms:

  • olahan belimbing wuluh

Leave a Reply