Menghafal Al-Quran
Menghafal Al-Quran

Keren di Mata Allah SWT Lewat Menghafal Al-Qur’an

Posted on

Keren di mata manusia , sudah biasa. Coba hal baru yang lebih keren dong! Seperti halnya keren di mata Allah SWT. Banyak cara untuk dapat mencapai hal itu seperti halnya menghafal Al-Qur’an, hobi mengaji, rajin sholat malam dan masih banyak lagi. Kali ini saya akan mengulas salah satunya yaitu seputar menghafal Al-Qur’an.

Menghafal Al-Quran? mungkin sebagian orang berfikir itu hal yang sulit, butuh waktu yang lama. Jangan pernah berfikir seperti itu sebelum mencoba, tata niat dalam hati lalu persungguh dan cobalah, insyaallah Allah SWT akan memudahkan jalan untuk setiap niat baik. Seperti pepatah bilang dimana ada niat di situ pasti ada jalan.

Menghafal Al-Quran bisa dimulai sejak dini. Karena dalam usia seperti itu anak masih kuat hafalannya. Bagi pemula peran orang tua sangat dibutuhkan di sini seperti memberi semangat, motivasi dan dorongan. Pilih metode yang sesuai dengan karakter anak dan jangan terlalu dipaksa. Ajari anak sambil bermain sehingga mereka tidak merasa ditekan.

Menghafal Al-Quran
Menghafal Al-Quran

Bagi kalian yang sudah remaja jangan mau kalah dengan anak-anak yang sekarang ini sudah banyak yang semangat menghafal Al-Quran. Isi waktu remaja kalian dengan hal-hal yang bermanfaat seperti halnya manghafal Al-Quran. Ada 4 keistimewaan penghafal Al-Quran di sisi Allah SWT di antaranya :

  1. Allah Swt memberikan mahkota yang mahkota tersebut sinarnya melebihi sinar matahari di dunia tapi tidak menyilaukan.
  2. Seorang tahfidzul Al-Quran akan dikumpulkan bersama malaikat-malaikat yang mulia.
  3. Para tahfidzul Al-Quran akan ditinggikan derajatnya di surga sesuai dengan hafalannya.
  4. Seorang tahfidzul Al-Quran dapat memberikan syafa’at (pertolongan) kepada kedua orang tuanya saat hari kiamat datang.

Penghafal Al-Quran adalah orang-orang yang terpilih oleh SWT. Banyak juga manfaat manghafal Al-Quran dalam kehidupan sehari-hari seperti sebagai pelebur dosa, penambah kecerdasan, dijauhkan dari rasa pikun karena seorang penghafal Al-Quran akan terbiasa menghafal sehingga ingatannya kuat, dan masih banyak lagi lainnya.

Buat kalian yang sekarang sudah mulai menghafal semangat terus. Yang belum mulai ayo mulailah dari sekarang, tidak ada kata terlambat untuk perbuatan yang baik. Buktikan bahwa kalian muslim yang cinta kepada Allah SWT dengan cara cinta kepada kalamnya Allah SWT yaitu Al-Quran. Buat yang sudah punya hafalan jangan lupa muraja’ah dan semangat.

Salam penghafal Al-Quran

Leave a Reply