Tari jaipong
Tari jaipong

Membuktikan Rasa Cinta Kepada Budaya Dengan Cara Mengerti Apa Itu Seni Tari

Posted on

Halo apa kabar semua para pencandu artikel? saya harap kalian semua baik-baik saja.kali ini saya akan berbagi ilmu khususnya untuk kalian yang ingin tau tentang ragam budaya,ini cocok buat kalian yang nilai seni budaya nya bagus, ya semoga saja nilai nya bagus semua, udah ngga usah panjang kai lebar kali tinggi langsung saja saya akan berbagi sedikit ilmu saya , saya disini akan menjelaskan tentang :

SENI TARI

Seni tari adalah suatu bentuk karya seni yang meliputi gerakan lipnis seorang penari yang mengikuti irama musik yang mengiringi nya.

Disini tujuan seni tari sangat beragam yaitu berbagai bagian dari upaca keagamaan , atau bisa jadi menjadisarana hiburan untuk masyarakat. Dan senitari merupakan hasil karya yang mengandung nilai filosofis dari setiap gerakan tubuh sang penarinya sendri, karena memili perpaduan antara unsur raga ,irama, dan rasanya.

Dan tarian dapat menceritakan kisah dan sejarah tertentu yang mengandung decak kagum  atau bahkan perasaan tersentuh bagi orang yang melihat tarian tersebut. Beberapa pakar dan para ahli dalam bidang keseniandan kebudayaan juga turut memberikan pendapatnya mengenai makna seni tari. Berikut adalah definisi seni tari  menurut ahlinya,:

  • Soedarsono

Seni tari merupakan ekspresi jiwa manusia yang di wujudkan dalam bentuk gerakan tubuk secara indahdan ritmis.

  • I Gde Sartika

Seni tari adalah sesuatu yang mampu menyatukan beberapa hal yang membuat semua orang dapat menyesuaikan diri dan menyelaraskan gerakan sesuai tarian nya masing-masing.

  • Aristoteles

Tari adalah gerakan ritmis yang bertujuan untuk mempresentasikan karakter dan kehidupan manusia, sebegai mana mereka berperilaku atau menderita.

  • Corik Harting

Seni tari adalah gerakan badan yang mengikuti irama ritmis yang dilakukan dalam waktu                   yang sama dan di ruangan yansama juga.

  • Bagong Sudito

Seni tari adalah gerakan ritmis yang mengikuti irama tertentu dan bertujuan untuk mengungkapkan peraaan atau ekspresi.

  • Ander Levinson

Seni tari adalah gerakan tubuh yang di lakukan terus menerus  melewati ruang dan

irama lagu tertentu yan sesuai dengan mekanis.

Dan berikut ini saya akan menjelaskan macam-macam sejarah seni di indonesia sesuai dengan zaman nya.

  • Zaman Indonesia Hindu

Di zaman ini, seni tari kebanyakan dipengaruhi oleh budaya dan peradaban India yang kemajuan seni tari pada zaman tersebut.

Para ahli sejarah percaya bahwa pada zaman Indonesia Hindu, seni tari mulai memiliki standarsasi dan patokan. Hal ini dikarenakan adanya literatur seni tari karangan Bharata Muni dengan judul Natya Sastra. Buku ini membahas unsur gerak tangan mudra yang terdiri dari 64 motif.

tari-kecak-bali

  • Zaman Indonesia Islam

Disini seni tari pada permulaan dizaman indonesia islam hanya di lakukan oleh orang yang datang dari luar seperti sudan ,etopia, dan masih bayak lagi, menari umumnya di lakukan pada hari raya atau hari gembira lain nya.

Dan pada tahun 1755 dibawah perjanjian Giyanti ,karena Mataram islam dibagi menjadi dua yaitu Kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat dan Kasunanan Surakarta.

saman

  • Zaman prasejarah

Di zaman sebelum lahirnya kerajaan-kerajaan di Indonesia, bangsa-bangsa primitif di Indonesia masih percaya akan daya magis dan sakral dari seni tari. Dan berbagai tarian itu tercipta berdasarkan kepercayaan tersebut.

Beberapa tarian yang diciptakan adalah, tari kesuburan tanaman, tari hujan, tari eksorsisme, tari kebangkitan, tari perburuan, tari perang, dan masih banyak lagi.

Tarian tersebut diciptakan dengan menirukan gerakan alam dan bersifat sangat imitatif; contohnya itu seperti menirukan gerakan binatang yang akan diburu.

Seni tari pada zaman prasejarah umumnya dilakukan secara berkelompok.

Demikian artikel seni tari dari saya ,maaf bila ada kata-kata yang meyindir anda semua dan bahkan bisa menyakiti hati para pembaca sekalian.maka saya haturkan maaf yang sebesar-besarnya.sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Leave a Reply