perkembangan zaman
perkembangan zaman

Sejarah Perkembangan Zaman Purba

Posted on

Semakin berkembangnya zaman dan teknologi tanpa kita sadari kita telah melewati banyak zaman dari zaman aksara , pra aksara dan sebagainya . di balik semua itu perlu kita pahami apa itu tentang perkembangan zaman .Jadi perkembangan zaman ini sudah ber abad abad tahun yang lalu dan mungkin kalau kita melihat lagi sejarah sudah hampir tidak ada tanda tanda keberadaan zaman pra aksara dan aksara .

Di zaman ini, IPTEK (ilmu pengetahuan dan teknologi) sudah makin berkembang luas bahkan bukan anak muda saja menggunakanya , anak kecil , orang tua juga pun sudah mengerti apa itu internet . Untuk mengetahui  informasi yang diperoleh, mereka menggambarkannya pada dinding yang berada di dalam  gua tentang berburu dan binatang buruannya.

Masa sekarang ini, manusia mulai mencari tau tentang benda-benda yang ada di sekitar lingkungan tempat tinggal mereka, kemudian menggambarkanya pada dinding gua tempat tinggalnya.

 

Masa pra aksara / pra sejarah

Masa pra aksara / pra sejarah adalah masa dimana manusia belum mengerti apa itu tulisan dan huruf. Dan manusia yang hidup dizaman itu di perkirakan adalah manusia purba , tanda tanda untuk mengetahui adanya  kehidupan manusia purba itu melalui peninggalan yang berupa fosil, alat-alat kehidupan, dan fosil -tumbuhan maupun hewan yang hidup pada zaman itu.

Adapun masa pra- aksara / pra sejarah  dibagi menjadi dua , yaitu:

  1. Zaman batu :

Di zaman ini orang dahulu tidak mengenal apa itu kompor , mereka menggunakan alat alat yang berasal dari batu.

Dan di zaman batu menjadi beberapa bagian :

  1. Palaelitikhum
  2. Neolitikum
  3. Megalitikum
  4. Mesolitikum

zaman batu

        2. Zaman logam

Zaman waktu manusia sudah bisa membuat perlengkapan dari logam.

zaman logam

Masa Modern (1400 M s.d. Sekarang)

Masa modern ini di tandai dengan penemuan penemuan ilmiah hingga samapai saat ini. Penemuan ilmiah ini sudah ada sejak di zaman Renaissance, yaitu  permulaan abad  XIV. Benua Eropa  dilihat sebagai awal perkembangan ilmu pengetahuan pada masa itu.Rene Descrates adalah Tokoh yang terkenal sebagai bapak Filsafat.

Dia telah mewariskanmetode berfikir yang menjadi tempat berfikir dalam ilmu pengetahuan modern. Langkah-langkah descrates adalah sebagai berikut:

  1. Memilah masalah menjadi bagianterkecil untuk menyelesaikan permasalahan.
  2.   Berfikir jernih mulai dari hal yang sederhana sedikit demi sedikit untuk sampai ke hal yang paling susah/rumit.
  3.   Rincian yang lengkap dan yang menyeluruh diperlukan supaya tidak ada yang terlupakan
  4.  Tidak menerima apapun sebagai hal yang benar kecuali kalau diyakini sendiri bahwa itu memang benar.

Demikian pengetahuan singkat seputar Sejarah Perkembangan Ilmu Pengetahuansemoga bisa menjadi tambahan informasi untuk anda, semoga bermanfaat.

Leave a Reply