Bahaya dan Dampak Minuman Bersoda bagi Kesehatan

Posted on

Minuman bersoda adalah minuman yang banyak digemari terutama oleh anak anak dan remaja atau minuman ringan yang berkolaborasi. Menurut penelitian di eropa, 1 minuman kaleng soda per hari bisa meningkatkan resiko penyakit diabetes atau gula maupun stroke.

Banyak iklan minuman soda di televisi yang membuat orang yakin bahwa minuman tersebut tidak berbahaya saat dikonsumsi. Banyak ahli yang yakin bahwa terlalu banyak fruktosa dalam minuman ringan dapat meningkatkan tekanan darah yang akhirnya menyebabakan jantung terbakar (heartburn). Soft drink juga dapat menyebabkan sindrom metabolic atau penceraan, termasuk kombinasi gejala darah tinggi, kegemukan (obesitas), kolesterol tinggi, gagal ginjal, dan perlawanan insulin (insulin resistance).

Terlalu banyak mengonsumsi soda lonjakan gula darah dan insulin dapat menyebabkan peradangan dan resistensi insulin, yang keduanya dapat meningkatkan resiko stroke, penyakit jantung, diabetes, obesitas dan kanker. Dosis yangbesar fruktosa dari kedua sukrosa (gula dapur) dan sirup jagung fruktosa tinggi mungkin sangat merugikan kesehatan anda karena dapat menyebabkan akumulasi metabolic racun lemak perut metabolic, kelainan kolesterol termasuk trigliserida tinggi dan menurunnya tingkat HDL (kolesterol baik) dan penyakit hati berlemak yang berkaitan dengan nonalkohol.

Soda juga berhubungan dengan gejala penyakit refluks gastro esophagus, ketika kebocoran isi perut kembali dan menyebabkan sensasi terbakar di kerongkongan.

Bahaya dan dampak dari minuman bersoda antara lain:

  1. Menyebabkan obesitas (perut bisa buncit)

Kandunagn gula dalam seporsi minuman bersoda mengandung sekitar empat kali lipat gula dalam minuman manis lainnya. Hal ini dapat memberi kalori berlebih pada tubuh dan membuat tubuh menjadi obesitas.

  1. Merusak gijal

Taukah anda bahwa pewarna minuman dalam minuman bersoda tidak baik untuk ginjal? Pewarna tersebut dapat merusak ginjal bila teru menerus dikonsumsi.

  1. Gigi dapat membusuk

Kandungan  karbonisasi dalam minuman bersoda dapat membuat gigi jadi rusak bahkan dapat membusuk.

  1. Tulang mudah rapuh

Minuman bersoda menganduna asam fosfat yang dapat merapuhkan dan mengkikis tulang. Ini membuat osteoporosis lebih cepat menghampiri kita.

  1. Gangguan pada jantung

Kandungan natrium dalam miuman bersoda dapat merusak kekuatan jantung dan dapat membuat gagal jantung atau penyakit jantung dadakan.

Demikian artikel di atas semoga bermanfaat bagi anda terima kasih.

Gravatar Image
Saya adalah orang yang pantang menyerah. Apapun tantangan yang dihadapi seberat apapun tantangan itu SAYA akan selalu siap menghadapinya. Untuk itu jangan gampang putus asa.

Leave a Reply