Manfaat Buah Manggis dan Kulitnya Manggis

Posted on

Apakah kalian pernah dengar buah mangis!!!. Buah manggis mempunyai banyak manfaatnya loh..

Buah manggis adalah sejenis pohon hijau di daerah tropica  yang di yakini dari kepulauan nusantara.tinggi pohonnya itu 7 meter sampai 25 meter. Warnanya merah keunguan kalau matang,meskipun ada pula variasi yang  kulitnya warna merah .

Buah ini menggandung  antiinflamasi dan antioksidan,sehingga diluar negeri buah manggis dikenal sebagai buah yang memiliki kadar tertinggi didunia.kenyataan di lapang menunjukkan adanya keanekaragaman tanaman manggis  yang munggkin di sebabkan oleh lingkungan maupun faktor genetik  akibat mutasi alam sejalan dengan sejarah tumbuhan manggis yang telah berumur  ribuan tahun.

Saat buah membesar selama 2 hingga 3 minggu ,warna kulitnya akan menjadi hijau gelap.sifat kimia  dari permukaan kulit buah manggis terdiri dari berbagai polifenol, termasuk xanthones dan tanin menjamin astingent dapat menghambat perhartian serangga,jamur,virus tanaman,bakteri dan pemangsa hewan.

Manfaat mangiis tak boleh diremehkan, seperti diantaranya adalah mengurangi resiko kanker,peradangan, alergi dan diabetes.

Kandungan Nutrisi pada Buah Manggis

Manfaat buah manggis
Buah Manggis

Manggis adalah buah sehat yang akan kaya air,energi, protein,karbohidrat dan serat. Mengandung banyak nutrisi penting seperti natrium, kalsium, zat besi, fosfor, magnesium, kalium, natrium, seng, tembaga dan mangan. Vitamin yang terdapat pada buah manggis meliputi  vitamin yang banyak diperlukan oleh tubuh, yaitu vitamin c, B6, B12  dan A. Masih banyak senyawa vitamin lainnya, seperti thiamin, riboflain, niasin, asam pantonet, asam folat, karoten dan cryptoxanthin juga ditemukan di manggis.

Manfaat buah manggis dan kulit manggis:

  1. Kulit manggis bermanfaat untuk mengobati sariawan

Kulit manggis mengandung vitamin C yang berfungsi menyembuhkan sakit sariawan

  1. Kulit manggis bermanfaat untuk mengatasi diare

Dapat menggunakan rebusan dari air kulitnya

  1. Kulit manggis bermanfaat untuk anti kanker

Kulit manggis  bersifat anti ploliinferasi danapoptosis yang efektif untuk menghambat pertumbuhan sekaligus menghancurkn sel-sel kanker

  1. Kulit manggis bermanfaat untuk mencegah jantung

Buah manggis mengandung minerak seperti tembag, mangan dan magnesium. Kalium didalamnya membantu mengontrol detak jantung  dan tekanan darah. Sehingga dapat melindungi dari stoke dan penyakit jantung koroner

  1. Kulit manggis bermanfaat menjaga kesehatan kulit

Kandungan antioksidan dalam kulit buah manggis mampu mencegah penuaan dini dan meregenerasi kulit . selain itu juga mengobati berbagi penyakit kulit.

Efek Samping dari Buah Manggis

manfaat manggis

Sama halnya bahan herbal lainnya,tubuh saat pertmama pemakaian akan mengalami anti-reaksi.Yang terjadi dari efek sampoing ramuan kulit manggis biasanya;

  • Alergi ringan dari efek mengkonsumsi kulit manggis

Gejalanya yaitu kelit menjadi kemerahan,terjadi pembekakan, gatal-gatal pada beberapa bagian tubuh , dan kulit menjadi bersisik

  • Alergi yang mempengaruhui sistem kerja tubuh

Tubuh akan mengalami nyeri sendi, sakit kepala, nyeri otot, perut mual dan kembung, insomnia dan jantung berdebar-debar.

Yang perlu diperhartikan lainnya adalah anda hanya perlu  herhati hati  dalam mengkonsumsi kulut manggis terlalu banyak. Karena kulit manggis  memiliki kandungan kadar resin ,kadar serat,dan tanin yang dapat menyebabkan  gangguan percernaan jika dikonsumsi terlalu banyak .

Begitu besar manfaat yang dapat diperoleh dari buah manggis, bahkan kulit dan daun manggis  mempunyai khasiat dan manfaat untuk menyembuhkan  berbagai penyakit.

Semoga artikel kali ini tentang manfaat buah manggis dan kulit manggis dapat bermanfaat dan berguna untuk anda.

Leave a Reply