tampilan photoshop
adobe photoshop

Pengertian dan Manfaat Adobe Photoshop

Posted on

Dengan menggunakan aplikasi photoshop kalian bisa mengedit apa saja sesuka hati kalian . Bisa mengedit foto, bikin undangan ,mengedit image grafis, mengolah foto digital , mendesin gambar,dll.

Pada tahun 1987, thomas knoll , mahasiswa PhD di universitas michigan, beliau mulai menulis program pada macinthost plus-nya untuk menampilkan  gambar grayscale pada layar monokrom.Pada tanggal 21 maret 2012 telah rilis photoshop versi baru yaitu photoshop CS6.berikut merupakan tampilan photoshop :

tampilan photoshop cs6
adobe-photoshop-cs6

Dan photoshop juga pada dasarnya untuk mengerjakan tugas-tugas sebagai berikut:

  1. Membuat logo
  2. Mendesain stiker
  3. Mengedit foto
  4. Membuat desain grafis
  5. Membuat tekstur atau material-material yang beragam dengan langkah-langkah tertentu.
  6. Membuat tulisan atau teks dengan efek tertentu sesuai hati kalian.
  7. Memproses materi web

Untuk keperluan web kalian juga bisa menggunakan photoshop , misalnya kompresi file gambar menjadi ukuran kecil., membuat web photo gallery. Photoshop juga mempunyai beberapa macam format file khas yaitu: PSD (photoshop document) , PSB, PDD.

  • PSD merupakan format yang menyimpan gambar berbentuk layer, karna kepopuleran photoshop membuat format file ini digunakan secara luas.
  • PSB adalah versi baru PSD yang di desain untuk file dengan ukuran lebih dari 2 gb
  • PDD adalah versi lain dari PSD , hanya dapat mendukung fitur perangkat lunak pada photoshopdeluxe

Didalam photoshop juga terdapat beberapa tools, misalnya brush, type, blur, image adjustment dan filter, healing clone stamp, lasso tool,  stamp tool, history brush tool , eraser tool, pen dan point  tool, background colour, foreground tool, path tool, zoom tool, dll.

Banyak juga digunakan oleh desainer, seniman, pembuat film , fotografer,dll. Photoshop juga mempunyai kekurangan dalam menciptakan image , bahwa adobe photoshop hanya bisa digunakan untuk  menciptakan image yang statis.

Leave a Reply