Cara membuat tahu bulat
Cara membuat tahu bulat

Cara Membuat Tahu Bulat Yang Gurih Dan Nikmat

Posted on

Siapa yang tidak kenal degan tahu bulat? pasti kita semua telah mengenalnya. Tahu bulat merupakan jajanan atau makanan yang cukup populer untuk saat ini terlebih di pulau jawa ini, tahu bulat kini memang menjadi salah satu makanan yang digemari oleh banyak orang dari berbagai kalangan masyarakat mulai dari anak – anak, orang dewasa, dan juga orang tua.

Resep membuat tahu bulat
Cara membuat tahu bulat

Keberadaan tahu bulat saat ini mungkin sangat mudah sekali untuk kita jumpai, karna memang tahu bulat sudah di pasarkan ke berbagai tempat di indonesia ini dan banyk di temui di pingir – pingir jalan, pedagang kaki lima, pedagang keliling dan bahkan di rumah makan. Tahu bulat dibuat dengan berbahan dasar tahu dan dicampur dengan bermacam – macam bumbu sehingga rasa yang dipamerkanya pun sangat nikmat.

Resep membuat tahu bulat
Cara membuat tahu bulat

Membuat tahu bulat bukanlah merupakan hal yang sulit melainkan hal yang sangat mudah dan bahan – bahanya pun juga sangat mudah untuk dijumpai di sekitar lingkungan kita. Bagi anda yang ingin membuat tahu bulat sendiri di rumah maka hal ini akan jauh lebih baik karna anda dapat menyesuaikan rasanya sesuai dengan selera anda dan anda juga dapat menggunakan bahan – bahan yang baik bagi tubuh anda, untuk membuat tahu bulat anda harus mempersiapkan beberapa bahan – bahan seperti tahu, bawang putih dan bumbu – bumbu atau bahan yang lainya. Berikut beberapa resep cara membuat tahu bulat yang nikmat dan lezat.

Resep 1

Bahan – Bahan

  • 3 butir kuning telur
  • 15 buah tahu putih halus
  • 3 sdt kaldu bubuk
  • 1 sdt baking powder double
  • Minyak goreng secukupnya

Langkah – Langkah Pembuatan

  1. Untuk langkah yang pertama cuci tahu putih yang telah dipersiapkan, kemudian hancurkan tahu tersebut dan saring airnya dengan menggunakan kain atau alat yang lainya. Usahakan sampai benar – benar airnya hilang dan tingal hanya ampasnya saja.
  2. Langkah berikutnya masukan kuning telur, Baking Powder Double Acting, dan juga kaldu bubuk. Campur bahan – bahan tersebut sambil diremes – remes supaya bahan – bahan tersebut tercampur rata dan adonan tahu menjadi lembut.
  3. Setelah semua adonan tersebut tercampur rata, kemudian bentuk bulat – bulat adonan tersebut dengan menggunakan telapak tangan, ketika membulatkan adonan sesuaikan dengan selera anda.
  4. Setelah semua adonan di bentuk bulat – bulat kemudian masukan kedalam wadah yang ada tutupnya dan simpan kedalam kulkas minimal 3 – 4 jam. Tidak boleh masuk kedalam freezernya.
  5. Setelah disimpan di dalam kulkas selama 3 – 4 jam, setelah itu keluarkan dan biarkan sebentar kira – kira selama 10 menit.
  6. Sambil menunggu adoanan tersebut, siapkan wajan penggorengan, setelah minyak goreng panas lalu masukan tahu bulat tersebut dan jangan lupa untuk di aduk – aduk agar matangnya dapat merata.
  7. Setelah dirasa sudah matang kemudian angkat dan tiriskan dari minyaknya.
  8. Tahu bulatpun sudah dapat dihidangkan atau dinikmati.

Resep 2
Bahan – Bahan

  • 3 siung bawang putih
  • 100 buah tahu putih
  • Minyak goreng secukupnya
  • ½ sdt garam
  • 1 Sdt kaldu bubuk
  • ½ sdt baking powder

Langkah – Langkah Pembuatan

  1. Langkah yang pertama haluskan tahu yang telah dipersiapkan diatas dengan menggunakan ulekan hingga halus atau anda dapat menggunakan tangan, kemudian peras airnya menggunakan kain yang bersih, usahakan samapi kadar air berkurang dan tersisa seperti ampas.
  2. Langkah yang berikutnya masukan tahu yang telah dihaluskan kedalam wadah lalu masukan juga garam, bubuk kaldu, baking powder dan bawang putih, kemudian aduk – aduk hingga tercampur rata.
  3. Kemudian bentuk adonan menjadi bulat – bulat seperti bola dan sesuaikan ukuranya dengan selera anda.
  4. Setelah semua adonan dibentuk bulat – bulat kemudian masukan kedalam wadah yang mempunyai tutup dan masukan kedalam kulkas atau lemari es kurang lebih selama 1 – 2 jam hal itu bertujuan agar tahu menjadi dingin dan baking poeder yang terkandun hany bereaksi di saat digoreng saja.
  5. Kemudian siapkan wajan penggorengan dan panaskan minyak goreng, kemudian goreng tahu bulat tersebut dan jangan lupa untuk di aduk – aduk supaya matangnya dapat merata.
  6. Sekiranya sudah matang kemudian angkat tahu bulat tewrsebut dan tiriskan dari minyaknya.
  7. Tahu bulatpn siap untuk dihidangkan dan disantap. Agar lebih nikmat tambahkan saus atau bumbu makan disaat akan menikmatinya.

Reesp 3

Bahan – Bahan

  • 2 tahu putih besar
  • Bubuk cabe sesuaikan dengan selera
  • 2 siung bawang putih, haluskan terlebih dahulu
  • ½ sdt lada
  • 1 sdt baking powder
  • Bubuk asin atau manis secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya, untuk menggoreng
  • Garam secukupnya

Langkah – Langkah Pembuatan

  1. Langkah yang pertama haluskan terlebih dahulu tahu yang telah dipersiapkan dengan menggunakan ulekan atau anda dapat meremas – remasnya menggunakan tangan, setelah hancur kemudian saring airnya dengan menggunakan kain atau serbet yang bersih, usahakan sampai air benar – benar habis sehingga tahu membentuk seperti ampas.
  2. Langkah yang berikutnya masukan tahu yang telah dihancrkan tersebut kedalam baskom atau tempat yang lainya kemudian tambahkan garam, merica bubuk, bawang putih yang telah dihaluskan, dan tambahkan juga baking powder dan aduk – aduk hingga merata.
  3. Kemudian bentuk adonan tersebut membentuk bulat – bulat sesuaikan dengan selera anda.
  4. Setelah semua adonan dibentuk bulat – bulat kemudian masukan kedalam suatu wadah dan masukan kedalam lemari es atau kulkas kurang lebih selama 3 sampai 4 jam.
  5. Langkah selanjutnya panaskan minyak goreng dan goreng tahu bulat tersebut dan ketika menggoreng jangan lupa untuk di aduk – aduk agar matangnya dapat merata.
  6. Kemudian sajikan.

Leave a Reply