kentang goreng mantap
kentang goreng mantap

Cara Jitu Usaha Kentang Goreng Lengkap dan Mudah

Posted on

Hai para Netizen setia gedubar. Bagaimana kabarnya hari ini? Pasti sehatkan. Di pagi hari yang cerah di iringi kilau mentari hangat ini, saya ingin menuliskan artikel yang membahas tentang cara membuat dan bisnis kentang goreng gurih mantap. Ngomong – ngomong kentang goreng, pasti kita akan ingat dengan perusahaan makanan cepat saji yang sangat tenar di kalangan masyarakat dunia karena resepnya yang mantap tiada duanya, yap benar sekali KFC. Memang banyak sekali menu makanan selain ayam yang di sajikan di restoran ternama tersebut, yakni kentang goreng salah satunya. Kentang goreng buatan KFC memang telah mendunia di kalangan masyarakat dunia, khususnya bagi mereka yang berkantong tebal.

Namun, pada umumnya KFC membuka restoranya di area perkotaan besar. Jadi, bagi kita yang ingin membeli akan rumit dan susah memesanya, karena kondisi dan situasi yang tidak tepat. Eits, jangan sedih dulu guys. Walaupun jarak dan kondisi yang tidak memungkinkan ini, sebenarnya dapat menjadi peluang positif jika kita mau membuka peluang usaha.

Usaha apa? Yap, salah satunya dengan membuka peluang usaha berjualan kentang goreng masakan sendiri yang tentunya lebih enak, mantap dan gak kalah ngehitz pokoknya.

Bagimana caranya? Caranya mudah, yaitu dengan 4 langkah jitu usaha kentang goreng mantap ala saya. Jiak anda memang benar – benar ingin membuka usaha yang satu ini, maka ikuti terus corat – coret ilmu dari saya di bawah ini.

kentang goreng gurih
kentang goreng gurih

Oke, ternyata anda memang berniat sungguh untuk membuka peluang usaha ini, maka saya akan sangat antusias memberikan 4 langkah jitu ala saya ini. Langkah nya cukup mudah yaitu Pilih bahan berkualitas, Tentukan lokasi jitu, tentukan nama dan promosi di media sosial. Dengan 4 langkah jitu ini, saya yakin jika tuhan berkehendak anda akan sukses dalam menekuni usaha yang satu ini. Untuk lebih lengkapnya, mari lagsung saja simak di bawah ini.

  1. Pemilihan bahan berkualitas

Sebagai pengusaha pemula yang ingin sukses, maka anda harus selalu menggunakan bahan yang berkulitas bagus, agar masakan yang anda hasilkan memiliki cita rasa yang mampu mengugah selera konsumen.

  1. Tentukan lokasi

Menentukan lokasi yang tepat dan setrategis adalah salah satu hal yang perlu di perhatikan, karena bisa jadi inilah yang dapat mempengaruhi banyak atau tidaknya konsumen yang akan hingap pada warung usaha kita.

  1. Tentukan nama

Penentuan nama usaha yang tepat adalah sesuatu yang dapat mempengaruhi daya tarik konsumen. Usahakan untuk memberikan nama yang unik namun tidak terlalu menyimpang dengan usaha anda. Misalnya, jika anda berjualan kentang goreng. Maka, beri nama kentang goreng goyang lidah. Dengan nama yang unik seperti itu, maka konsumen akan tertarik untuk membelinya.

  1. Promosi di media sosial

Trik jitu yang terakhir adalah promosi di media sosial, jika usaha anda ingin di kenal masyarakat, maka promosi di media sosial adalah cara terbaik, karena media sosial akan di lihat oleh jutaan orang yang sedang online dan terhubung dengan page usaha anda. Untuk cara termudah, anda bisa meposting usaha anda di Facebook, Instagram, WA, BBM, dll.

Setelah anda mengetahui cara jitu memulai usaha kentang goreng, maka tahap selanjutnya adalah proses pembuatanya, yap pembuatan kentang goreng mantap. Perlu di ketahui sebelumnya, untuk menghasilkan produk makanan yang berkualitas, maka gunakanlah bahan baku terbaik atau setidaknya standar. Ok, langsung saja simak cara membuat kentang goreng mantap untuk usaha di bawah ini.

Sebelum kentang di goreng, anda harus memastikan kentang benar – benar enak dan renyah nantinya. Karena terkadang ketika kentang di goreng malah terjadi terlalu gosong, terlalu lembek, bahkan terlalu banyak minyak yang menempel.  Lalu, bagaimana caranya? Caranya cukup mudah, yakni:

  • Pilih kentang yang masuh mulus
  • Pilih yang berwarna kuningan kecoklatan jangan hijau
  • Rendam dalam air es ( cukup 30 menit )
  • Taburi tepung maizena untuk menyerap kelembapan kentang
  • Siram dengan air jenuk nipis yang di campur es batu
  • Lalu simpan di lemari es ( 30 menitan saja ) sebelum di goreng

Setelah semua tahapan di atas anda kerjakan, maka saatnya kita masuk ke tahap masak – memasak kentang goreng. Untuk lebih lengkapnya, langsung saja masuk ke alenia berikutnya di bawah ini.

  1. Bahan – Bahan

  • ½ kg kentangsegar, ukurang besar atau sedang ( standar )
  • Air putih, untuk merebus kentang
  • Air dingin ( mengguankan es batu )
  • Minyak goreng secukupnya saja
  • Tepung maizena secukupnya saja
  • Saus sambal atau saus tomat segar
  1. Bumbu – Bumbu

  • 1 sdt garam biasa
  • 3 siung bawang putih, di geprek dulu lalu di cincang hingga halus
  1. Cara membuat kentang goreng mantap

  • Langkah pertama, cuci semua kentang yang telah di siapkan tadi hingga bersih dari kotorang yang menempel.
  • Kemudia, kupas kulit kentangnya. Apabila ingin lebih mudah anda dapat menggunakan alat khusus pengupas kentang.
  • Setelah semua telah di kupas dan bersih, potong – potong kentang menyerupai bentuk stick, namun akan lebih mudah jika anda menggunakan alat khusus agar hasilnya tapak rapi.
  • Rebus air secukupnya, lalu masukan kentang goreng yang teah di bentuk stick tadi bersama dengan garam dan bawang putih yang telah di haluskan tadi.
  • Setelah di rebus, angkat kentang lalu tiriskan. Setelah itu, langsung masukan kentang pada air es dan dimakanlah selama lima menit lalu tiriskan lagi.
  • Siapkan tepung maizena, lalu gulirkan kentang di atasnya dan diamkan sebentar. Hal ini di lakukan untuk menyerap kandungan air pada kentang dengan bantuan tepung maizena.
  • Selanjutnya, goreng kentang dengan minyak goreng sampai kentang terendam dalam minyak pengorengan. Untuk melakukan proses ini anda dapat menggunakan deep fryer penggorengan. Setelah itu angkat, tiriskan dan biarkan sampai tidak panas lagi. Kemudian masukan ke dalam lemari pendingin atau freezer.
  • Setelah selesaidi dinginkan di lemari es atau freezer, maka goreng kentang dengan minyak yang banyak sampai berwarna kuning kecoklatan.
  • Jika sudah matang, maka kentang goreng mantap siap untuk di sajikan bersama saus tomat atau saus sambal untuk konsumen dan keluarga di rumah.

Itulah salah satu tips membuat sekaligus usaha kentang goreng mantap dengan cukup mudah dan modal yang tidak terlalu mahal. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda. Sekian dan terima kasih atas kunjunganya.

Leave a Reply