masjid terbesar
masjid terbesar

Subhanallah, Inilah Masjid Terbesar dan Megah Di Indonesia

Posted on

Hai para netizen setia Gedubar, bagaimana kabarnya hari ini. Pasti sehat kan. Di hari yang lumayan panas nan terik tiada ampun ini. Saya ingin menuliskan artikel tentang masjid termegah yang ada di Indonesia.

Tak dapat di pungkiri lagi, bahwa Indonesia merupakan Negara yang mayoritas penduduknya berstatus pemeluk agama islam dan sekaligus memiliki masjid – masjid megah nan indah di setiap pelosok penjuru nusantara. Mulai dari masjid megah di wilayah desa dan kota sampai pelosok sekalipun. Dengan terbangunya masjid yang megah nan indah ini, sudah sepatutnya kita selalu mengungkapkan rasa syukur kita melalui ucapan dan perbuatan yang baik dan terpuji.

Sebagai Negara pemeluk agama islam terbesar di dunia, bukan berarti tiada umat pemeluk agama lain di Indonesia. Tentu ada, seperti konghucu, buda, Kristen dan katolik bahkan beberapa umat non muslim di daerah tertentu ada yang membangun tempat peribadahan berdekatan dengan masjid. Namun hal ini bukanlah sesuatu yang di angap kurang baik, justru malah sangat baik untuk menyatukan tali persaudaraan antar umat muslim dan non muslim. Karena berbeda agama, bukan berarti anti bersaudara. Seperti itulah kita seharusnya.

Salah satu bukti dari tali persaudaraan antara umat muslim dan non muslim tersebut di buktikan dengan adanya saling tolong menolog,”  seperti yang telah di contohkan oleh umat muslim di daerah masjid istiqlal yang ketika itu, kehabisan lahan parkir. Lalu, umat non muslim pemilik lahan tempat peribadahan yang terletak di depan masjid istiqlal memberikan fasilitas parkir gratis untuk umat muslim yang akan melaksanakan ibadah di masjid istiqlal ” subehanallah, sungguh perbuatan yang mulia nan terpuji demi persaudaraan yang terbatas ini.

Masjid terbesar di indonesia
Masjid terbesar di indonesia

Sangking asiknya ngobrolin tali persaudaraan antar umat muslim dan non muslim. Saya jadi lupa untuk membahas topik intinya. Oke langsung saja kita membahas tentang destinasi masjid termegah dan indah di indonesia.

MASJID TERMEGAH DI INDONESIA

  1. Masjid Istiqlal, Jakarta

Masjid Istiqlal adalah masjid terbesar di indonesia, yang di bangun oleh seorang beragama kristen protestan pada tahun 1951 atas prakarsa presiden RI pada saat itu, Ir. Soekarno. Masjid ini memiliki luas bangunan sekitar 2,4 hektar dan dapat menampung sekitar 200.000 jamaah. Selain itu, masjid Istiqlal juga berdekatan dengan letak Gereja Katerdal, sehingga memberikan kesan saling menghormati antara seorang muslim dan non muslim.

  1. Masjid Dian Al-Mahri Depok,Jawa Barat

Masjid Dian Al-Mahri adalah masjid yang terkenal memiliki 5 kubah emas  berlapis emas setebal 3mm dan terletak di kawasan wisata religi, tepatnya di jl. Meruyung, Kec. Limo, Kab. Depok, Jawa Barat. Sehingga wajar bila banyak wisatawan yang tertarik mengunjungi masjid ini, karena pesona dan gedung yang  megah bernuansa islamic. Tak hanya itu, masjid ini juga memiliki relief yang di lapisi emas 18 karat dan pilar masid yang berlapis sisa emas atau biasa di sebut Prado yang sangat indah bila di pandang.

  1. Masjid Islamic Center Samarinda, Kalimantan Timur

Masjid Islamic Center adalah masjid yang memiliki peringkat terbesar ke dua setelah Masjid Istiqlal. Masjid indah ini di bangun di tepi sungai Mahakam, Samarinda, Kalimantan Timur. Uniknya, masjid ini memiliki inspirasi dari perpaduan Masjid nabawi dan Masjid Artistik di Turki. Masjid ini di rancang memiliki tinggi 99 meter yang memiliki makna Asmaul Husna.

  1. Masjid Agung Semarang, Jawa Tengah

Masjid Agung adalah masjid di rancang dengan gaya arsitektural yang di padukan dengan gaya jawa dan romawi, sehingga menghasilkan model bangunan masjid yang indah. Pertamakali di resmikan pada tahun 2006. Masjid ini pun, lantas menjadi salah satu destinasi wisata relig yang banyak dikunjungi oleh wisatawan. Masjid  ini memiliki bangunan utama yang beratapkan lmas dan kubah berdiameter 20 meter dan 4 menara yang memiliki tinggi 62 meter di setiap penjuru atap. Hal yang paling menarik lainya adalah adanya Al Husna Tower setinggi 99 meter.

  1. Masjid Raya Baiturrahman, Aceh

Masjid Raya Baiturrahman adalah masjid yang berpredikat sebagai masjid tertua di indonesia, dulunya masjid ini adalah masjid kesultanan Aceh. Uniknya lagi, atas kuasa Allah SWT masjid ini di selamatkan dari tsunami dan hanya mengalami kerusakan yang tak berarti.dengan halaman luas dan ukiran menarik dari masjid ini, maka patut bila di jadikan destinasi wisata religi saat berada di Aceh.

  1. Masjid Raya Makassar, Makassar

Masjid raya Makassar adalah masjid yang terletak di Makassar, Sulawesi Selatan. Masjid ini di bangun di atas lahan lapangn sepak bola Exelsiornseluas 13.912 meter persegi yang di bangun pada tanggal 25 Mei 1949. Uniknya, masjid ini memiliki kubah utama yang di datangkan langsung dari negara tetangga kita, yaitu Australia. Selain kubah utama, masjid ini juga memiliki  2 menara setinggi 66 meter dan mampu menampung sebanyak 10.000 jamaah. Tak hanya itu, bahkan masjid ini juga di lengkapi dengan fasilitas perpustakaan dan Kantor MUI Sulawesi Selatan.

  1. Masjid Agung Tubah, jawa Timur

Masjid Agung Tuban adalah masjid yang berdiri kokoh nan megah di area alun – alun kota Tuban, Jawa Timur. Menurut sejarah masjid ini pertama kali di dirikan oleh seorang bupati pertama kota Tuban yang bernama Adipati Raden Ario Tedjo pada abad ke 15 era kerajaan Majapahit. Masjid ini telah mengalami perubahan sampai 4 kali, yakni pada tahun 1894, 1895 dan terakhir tahun 2004 silam. Uniknya, masjid ini memiliki desain adosian dari gaya arsitektur Masjid Imam di Iran dan bagian interiornya terinspirasi dari bangunan Masji Cordoba di Spanyol. Selain itu tangga masjid ini di buat dari kuningan yang di ukir.

Itulah beberapa destinasi Masjid terbesar di Indonesia, semoga dengan adanya Masjid yang besar dan megah atas karunia Allah SWT ini, kita bisa mendapat tambahan keimanan dan rasa syukur yang selalu tertanam di hati kita. Semoga Artikel ini bermanfaat bagi anda. Sekian dan terima kasih atas kunjunganya.

Leave a Reply