Bentuk Kegiatan Kebugaran Jasmani

Bentuk Kegiatan Kebugaran Jasmani

Posted on

Apa kalian selalu berolahraga? Apa kalian tau apa itu kebugaran jasmani? Sebagian orang banyak yang tidak mengetauhi dengan baik hal tersebut, dan sebagian juga ada yang mengetahuinya namun tidak semuanya bisa memahami akan hal tersebut. Hanya mengetahuinya saja tetapi tidak mau melakukannya. Oleh karena itu pada pembahasan dari saya kali ini akan membahas mengenai kebugaran jasmani, tidak hanya itu saja saya juga akan menjelaskan bentuk latihannya, caranya, dan manfaatnya.

Bentuk Kegiatan Kebugaran Jasmani
Bentuk Kegiatan Kebugaran Jasmani

Kebugaran jasmani jika dalam bahasa inggris diartikan sebagai physical fittnes yang dalam artinya adalah kemampuan fisik manusia yang digunakan untuk melakukan kegiatan tanpa merasa terlalu lelah atau capek. Memang banyak orang yang memiliki penjelasan yang berbeda tentang arti dari kebugaran jasmani, namun intinya kebugaran jasmani bertujuan untuk membantu seseorang dalam melakukan kegiatan rutinitas-nya setiap hari secara baik dan efektif tanpa mengalami kelelahan yang berlebihan.

Nah berikut adalah bentuk latihan kebugaran jasmani yang saya akan jelaskan secara jelas, jadi bagi kalian supaya membacanya dengan teliti, dan supaya memahaminya karena artikel ini akan berguna bagi kalian. Berikut adalah penjelasannya.

Bentuk Latihan Kebugaran Jasmani

Banyak bentuk latihan yang tujuannya untuk meningkatkan kebugaran tubuh. Adapun latihan tersebut dibagi berdasarkan komponen-komponen kebugaran jasmani yang ada pada manusia. Berikut adalah beberapa bentuk latihan kebugaran jasmani yang bisa kalian lakukan dimana-mana.

1. Kekuatan (Strength)

Kekuatan dapat diartikan sebagai kondisi fisik yang mana kondisi fisik ini berkaitan dengan kemampuan dari penggunaan otot pada saat diberi beban untuk melakukan kegiatan. Nah untuk kalian yang menginginkan bentuk otot yang kuat kalian supaya bisa melakukannya secara teratur dan konsisten.

Adapun bentuk latihan untuk melatih kekuatan otot yaitu dengan melakukan kegiatan angkat beban, Anda bisa melakukan seperti dibawah ini:

  • Push-up, untuk kekuatan otot lengan.
  • Sit-up, untuk kekuatan otot perut
  • Squat-jump, Untuk meningkatkan otot tungkai dan perut.

2. Daya Tahan (Endurance)

Daya tahan merupakan kesanggupan seseorang dalam menggunakan organ tubuhnya seperti jantung, paru-aru, dan masih banyak lagi. Intinya hal tersebut dilakukan secara tepat sasaran dan efisien untuk melaksanakan kegiatan.

Adapun untuk melakukan atau melatih daya tahan yaitu bisa dengan melakukan latihan-latihan ringan misalnya seperti joging, senam, dan olahraga ringan lainnya yang dikerjakan secara rutin setiap hari.

3. Daya Otot (Muscular Power)

Daya otot adalah kemampuan seseorang dalam memanfaatkan tenaganya secara maksimal dalam waktu yang singkat. Berikut adalah latihan yang termasuk dari kebugaran jasmani yang dapat digunakan untuk melatih daya otot:

  • Verical Jump yang tujuannya untuk meningkatkan daya ledak otot tungkai.
  • Front jump manfaatnya untuk meningkatkan kemampuan otot betis dan tungkai.
  • Side jump bermanfaat untuk meningkatkan daya otot tungkai dan paha.

4. Kecepatan (Speed)

Kecepatan merupakan kemampuan seseorang dalam melakukan gerakan yang berkesinambungan dalam waktu yang singkat. Hal ini sangat diperlukan dalam melakukan kegiatan atau olahraga dengan kecepatan,  misalnya seperti lari jarak pendek. Daya otot tungkai juga bisa berdampak atau melatih pada kecepatan gerak tubuh manusia. Adapun untuk  melatih kecepatan Anda bisa dengan melakukan olahraga lari dengan jarak 50-20 meter.

5. Kelenturan (Flexibility)

Kelenturan merupakan kegiatan yang baik untuk tubuh manusia yang bisa menjadikan manusia itu bisa beradaptasi dengan kegiatan yang sengat membutuhkan kelenturan. Untuk melatihnya Anda bisa melakukan kegiatan kelenturan seperti senam, yoga, dan renang.

6. Kelincahan (Agility)

Kelincahan adalah sebagian dari kemampuan manusia dalam menyesuaikan diri dengan segala bentuk posisi tubuh. Misalnya seperti bergerak dari depan ke belakang atau dari kanan ke kiri. Dana salah satu kegiatan yang dapat mengasa kemampuan kelincahan adalah bulu tangkis dan sepak bola.

Adapun untuk melatih kebugaran jasmani untuk melatih kelincahan seperti lari zig-zag dan naik turun tangga.

7. Koordinasi (Coordination)

Selanjutnya adalah koordinasi yang merupakan dalam memadukan berbagai gerakan tubuh yang berbeda  yang dimasukan ke dalam satu gerakan yang tujuannya sesuai.  Dalam melakukan kegiatan ini diperlukan kemampuan gerak insting yang kuat dan fokus yang tinggi. Adapun untuk melakukan atau latihan koordinasi Anda bisa melakukan gerakan memantulkan bola ke tembok dengan tangan kiri dan menangkapnya dengan tangan sebelah kiri.

8. Keseimbangan (Balance)

Keseimbangan adalah kemampuan dalam mengatur organ dan saraf otot, sehingga kita bisa mengatur gerakan tubuh secara baik dan benar. Salah satu olahraga yang mengandalkan kemampuan keseimbangan adalah senam dan loncat indah.

Latihan keseimbangan ini berfungsi untuk melatih konsenterasi dalam menjaga keseimbangan tubuh. Untuk melatihnya Anda bisa melakukan latihan sikap lilin,  berjalan di atas balok, atau bisa berdiri dengan tangan.

9. Keakuratan (Accuracy)

Keakuratan adalah kemampuan dalam mengatur gerakan cocok dengan target. Adapun olahraga yang membutuhkan keakuratan adalah olahraga bowling, memanah, dan masih banyak lagi. Untuk melatihnya Anda bisa melakukan dengan melempar bola kedalam keranjang atau melempar sesuatu dengan benda. Dalam melakukan hal ini dibutuhkan juga kecermatan dan kira-kira yang tinggi.

10. Reaksi (Reaction)

Kemudian yang terakhir adalah reaksi. Reaksi adalah kemampuan dalam merespon dari berbagai macam rangsangan. Adapun jeis latihan yang dapat dilakukan  untuk meningkatkan kemampuan reaksi adalah dengan melakukan lempar dan tangkap bola.

Bentuk Kegiatan Kebugaran Jasmani
Bentuk Kegiatan Kebugaran Jasmani

Nah itu tadi adalah bentuk latihan kebugaran jasmani, juga manfaat dari olahraga-nya, dan juga  macam-macam olahraga yang bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja. Intinya bagi kalian yang ingin agar tubuh menjadi ideal adalah dengan melakukan olahraga secara rutin, namun ingat jangan terlalu memaksanya karena jika dipaksakan malah akan melukai diri kalian sendiri.

Leave a Reply