Makanan Khas Bandung

Makanan Khas Kota Bandung Yang Tidak Boleh Dilewatkan

Posted on

Halo pembaca setia gedubar.com. apa yang kalian pikirkan setelah mendengar kata Bandung, pasti kalian semua memikirkan bahwa bandung adalah salah satu kota sejarah di Indonesia yang memiliki sejuta kenangan untuk diingat. Tentu saja kota Bandung memiliki banyak hal yang bisa kita jelajah, mulai dari tempat wisatanya, makanan khasnya dan juga tempat belanja yang murah meriah dan berkualitas.

Makanan Asli Bandung
Makanan Asli Bandung

Nah, berbicara tentang kuliner- kuliner yang ada di Bandung, ternyata kota sejarah ini memiliki banyak kuliner yang wajib anda coba, mulai dari makanan khas kota Banung ini sendiri, maupun makanan dari berbagai negara pun ada di kota Kembang ini.

Dan disini saya akan memberikan informasi tentang makanan khas dari bandung yang akan membuat anda ngiler setelah melihatnya, lalu, makanan apa saja yang enak dan lezat yang bisa membuat anda tergoda, berikut ini adalah ulasanya.

Makanan khas kota Kembang yang bikin ngiler

  1. Serabi Bandung

Makanan khas kota Kembang yang pertama adalah serabi. Serabi adalah makanan nikmat dan lezat yang terbuat dari tepung dan memiliki bentuk seperti pancake, yang membedakan antara serabi dan pancake adalah serabi diolah dengan cara dibakar diatas tungku dan memiliki adonan yang tebal, makanan yang satu ini biasanya dilengkapi dengan toping yang lezat, seperti nagka, keju, coklat dan sebagainya. Dengan demikian makanan ini menjadi makanan terlaris di kota Kembang ini.

  1. Piscok

Pada urutan kedua ada Piscok. Piscok adalah kependekan dari pisang cokelat, jadi bisa dipastikan bahwa makanan yang satu ini memiliki bahan dasar pisang dan cokelat. Namun kalian semua jangan salah, walaupun memiliki bahan dasar yang sederhana, namun piscok yang satu ini memiliki rasa yang manis yang lumer di mulut, sehingga akan memberikan efek kepuasan tersendiri bagi pemakannya, jika anda menginginkan kelezatan yang tersendiri, anda bisa memakannya saat kondisi piscok masih panas.

  1. Cimol Bandung

Selanjutnya ada Cimol. Cimol adalah suatu makanan khas dari kota Kembang ini, cimol terbuat dari tepung kanji yang digoreng dengan bentuk bulat- bulat kecil. Jika dilihat dengan sekilas, maka akan terlihat seperti bakso goring yang ada di pasaran ,namun makanan yang satu ini memiliki rasa yang kenyal dan gurih. Walaupun tidak begitu membuat kita menjadi kenyang, tetapi bisa saya jamin jika anda akan ketagihan setelah makan makanan khas kota Kembang yang satu ini, apalagi jika makannya ditemani dengan secangkir teh hangat dan dimakan pada pagi hari.

  1. Siomay Bandung

Pada urutan yang ke empat ditempati oleh siomay. Siapa yang tidak pernah makan makanan yang satu ini, makanan ini sudah banyak tersebar di seluruh Indonesia, seperti di sekolah, pinggir jalan, dan tempat tempat wisata di Indonesia. Makanan yang sangat lezat ini terbuat dari daging ikan tenggiri yang dicampur dengan sagu berkualotas, sehingga terciptalah siomay yang nikmat tersebut. Dan biasanya siomay ini juga dicampur dengan bumbu kacang agar bisa memiliki rasa yang menggiurkan lidah kita.

  1. Bandros

Selanjutnya ada bandros. Bandros adalah sebuah makanan asli Bandung yang memiliki banyak penggemar karena kelezatannya. Bandros ini adalah makanan yang terbuat dari tepung terigu yang dicampur dengan santan dan dicetak pada cetakan cekung sehingga terciptalah makanan yang lezat tersebut, dan biasanya orang- orang menaburkan parutan kelapa agar memiliki rasa yang lebih gurih. Bandros ini termasuk jajanan khas bandung yang memiliki harga yang terjangkau dan pas di dompet.

  1. Nasi Tutug Oncom Bandung

Pada urutan ke enam ada nasi tutug oncom. Nasi tutug oncom ini bisa dibilang adalah salah satu masakan dengan menggunakan nasi sebagai bahan dasarnya yang memiliki rasa terenak di Indonesia. Nasi ini dimasak dengan cara dibakar dengan bumbu oncom yang diberi sedikit tepung tapioca untuk mengikat rasa lezatnya.

Jika anda sedang jalan- jalan ke Bandung dan merasa lapar, anda tidak boleh melewatkan masakan yang satu ini, karena anda bisa menemukan makanan ini di pinggir jalan raya di Bandung. Pasti anda tidak akan menyesal jika membeli makanan yang satu ini, karena disamping akan membuat perut anda kenyang pada waktu yang lama, nasi tutug oncom ini memiliki harga yang terjangkau bagi siapa saja.

  1. Peuyeum

Selanjutnya ada peuyeum. Peuyeum adalah makanan yang paling sering dijadikan sebagai oleh- oleh bagi siapa saja yang berkunjung ke kota Kembang ini, karena peuyeum memiliki rasa yang nikmat dan manis, jika dipandang sekilas, peuyeum ini mirip dengan tape yang ada di pasaran , tetapi peuyeum ini memiliki tekstur yang lebih kering dan memiliki cara pembuatan yang berbeda dengan tape pada umumnya. Jika tape biasa hanya dimakan langsung, namun peuyeum ini biasanya disajikan dengan berbagai toping diatasnya sehingga bisa lebih menarik perhatian bagi para pengunjung kota sejarah ini.

Karena makanan yang satu ini dibatasi dengan umur, jadi kita bisa membeli mentahannya saja untuk dibawa pulang, yang nantinya akan menjadi matang saat sudah dibawa pulang kerumah nanti.

  1. Mie Kocok

Mie kocok juga merupakan salah satu makanan khas kota Kembang ini. Mie kocok ini memiliki tekstur yang datar, biasanya mie ini juga dilengkapi dengan sayur- sayuran dan kikil sapi yang akan membuat anda ketagihan lagi dan lagi. Kenapa mie ini memiliki nama mie kocok, arena cara penyajian mie ini adalah di rebus dan dikocok sehingga bisa menciptakan rasa yang menggiurkan lidah kita.

Itulah beberapa makanan khas bandung yang bisa saya informasikan kepada kalian semua, sebenarnya masih ada banya lagi, mungkin bisa dilanjutkan lain kesempatan.

Terima kasih telah membaca dan sampai jumpa.

One thought on “Makanan Khas Kota Bandung Yang Tidak Boleh Dilewatkan

Leave a Reply