Info Tentang Taman Bunga Nusantara
Info Tentang Taman Bunga Nusantara

Info Tentang Taman Bunga Nusantara

Posted on

Taman merupakan sebuah tempat, area, atau sebidang tanah yang mana pada tanah tersebut di tanami dengan berbagai macam tumbuhan yang diberikan dengan beberapa komponen tambahan yang bermanfaat untuk manusia. Adapun komponen tersebut yang terdapat pada taman tersebut terdiri dari komponen biotik dan abiotik, yang mana kedua komponen tersebut sangat cocok sehingga kedua komponen tersebut bisa saling mendukung satu sama lain.

Info Tentang Taman Bunga Nusantara
Info Tentang Taman Bunga Nusantara

Adapun komponen biotik tersebut terdiri dari: manusia, hewan, dan tumbuhan. Adapun komponen abiotik terdiri dari: tanah, air, udara, dan cahaya matahari. Pada sebagian taman ada beberapa komponen tambahan misalnya seperti air mancur, jalan setapak, kolam, gazebo, ayunan, hiasan yang menambah estetika, dan masih banyak lagi.

Taman di buat tujuannya untuk menyusun, menanam, dan berbagai macam tanaman. Seperti pohon, rumput, dan bunga sebagai salah satu upaya penghijauan atau tempat hiburan. Tetapi walaupun taman berbeda-beda tetapi tetap satu tujuan yaitu sebagai area menjadi indah, sejuk, nyaman, dan dan mengesankan. Misalnya seperti taman yang ada di indonesia dan sudah tidak asing di sebagian orang yaitu adalah Taman Bunga Nusantara yang ada di Jawa Barat tepatnya di Jalan Mariwati KM.7, Kawungluwuk, Sukaresmi, Kawungluwuk, Sukaresmi, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat 43254.

Info Tentang Taman Bunga Nusantara
Info Tentang Taman Bunga Nusantara

Taman Bunga Nusantara adalah taman display bunga yang ada pertama kali di Indonesia. Taman ini di tanami dengan berbagai macam koleksi tumbuhan bunga, yang mana bunga ini sudah terkenal bagus dan unik di seluruh dunia. Di Taman Bunga Nusantara ini sudah menjadi tempat bunga yang ada di seluruh dunia tumbuh. luas lahan Taman Bunga Nusantara yaitu 50.000 m2 dan tidak heran lagi bagaimana luasnya taman ini. Taman ini menampilkan bunga-bunga yang ada di Amerika Selatan, Australia, Afrika, dan juga Asia.

Yang pertama kali merintis Taman ini adalah seorang wanita yaitu Ibu Dani Bustanil Arifin. Namun ibu Dani tidak sendirian beliau dibantu oleh pemerkasa yaitu sekarang sebagai ketua umum yayasan Bunga Nusantara, dan juga anggota lainnya. Taman ini mulai di rintis Ibu Dani pada tahun 1933, yang mana tujuan utama dari pembuatan atau pembangunan taman ini yaitu menciptakan Taman  Bunga Nusantara sebagai salah satu dari aset wisata yang berbasis wisata argo nasional yang dengan skala internasional. Selain itu taman bunga ini memiliki tujuan yang lainnya, berikut adalah tujuan lainnya dari pembangunan taman ini:

  • Membantu Pemerintah dalam bidang pembangunan argowisata.
  • Memberikan fasilitas berupa saran untuk melakukan penelitian, pendidikan, dan juga untuk meningkatkan kreatifitas masyarakat.
  • Membantu dalam meningkatkan pertumbuhan sektor ekonomi, pendapatan daerah, dan juga masyarakat. Teruatam bagi para petani bunga.
  • Membantu dalam pelestarian tumbuhan yang langka dan juga menambah wawasan dalam lingkungan hidup.
  • Meningkatkan kecintaan masyarakat terhadap bunga sebagai sumber pendapatan dan kesejahteraan.
  • Mencari sumber pertumbuhan baru dalam sektor pertanian.

Yayasan Bunga Nusantara sudah dikenal pada saat melakukan pengembangan dan hal tersebut menjadikan yayasan ini ikut serta dalam parede kendaraan hias Tournament of Roses di Pasadena, di California. Tujuan dari ikut sertanya yayasan ini bertujuan agar masyarakat Internasional bisa tau kalau Indonesia bisa mengembangbiaan atau menumbuhkan tanaman hias.

Yayasan ini sudah mengikuti parade tersebut selama lima tahun. Sehingga Yayasan Bunga Nusantara ini sudah banyak memperoleh penghargaan karena karya-karyanya yang menarik. Sebab hal tersebut akhirnya timbul rasa untuk menciptakan taman yang bergaya internasional, dan hal tersebut akan menjadikan taman ini bisa diakui oleh para masyarakat di seluruh dunia.

Pada saat itu pembukaan akbar ini disamakan dengan perayaan memperingati 50 tahun kemerdekaan Indonesia. Pada saat itu yang memimpin upacara pembukaan sekaligus menandatangani pada sebuah batu peringatan di Taman Bunga Nusantara yang di pimpin oleh Presiden Soeharto pada tanggal 20 Sepetember 1955. Adapun yang meresmikan penggunaan Menara Pandang dengan tinggi 28 meter ini diresmikan oleh Ibu Tien Soeharto.

Taman Bunga Nusantara merupakan tempat yang sangat cocok untuk dijadikan sebagai inspirasi bagi orang-orang yang mencintai taman amatir dan juga profesional. Taman ini sangat cocok bagi kalian yang ingin lingkungan yang sangat indah, sehat, segar, dan juga penuh ketentraman yang pastinya tidak ada polusi seperti di kota. Tentunya para wisatawan yang datang ke Taman Bunga Nusantara ini pasti akan membuat para pengunjung menjadi merasa takjub dengan keindahan berbagai jenis bunga dan membuat para wisatawan menjadi cinta terhadap tanaman bunga.

Taman ini juga sangat cocok untuk para fotograpfer yang ingin ojek foto yang indah dan pastinya menawan. Selain fotografer taman ini juga cocok untuk sinematografer, yang menjadikan taman ini sebagai studio alam terbuka yaitu untuk shooting film, sinetron, dan masih banyak lagi. Selain itu Taman Bunga Nusantara ini dijadikan sebagai tempat untuk pertemuan orang-orang yang memiliki kepentingan.

Info Tentang Taman Bunga Nusantara
Info Tentang Taman Bunga Nusantara

Taman Bunga Nusantara akan terasa seperti sebuah museum kehidupan yang bergerak secara dinamis. Tumbuhan-tumbuhan pada taman ini mulai tumbuh saat kondisi bertunas, berakar, tumbuh, berbunga, dan kemudian diganti dengan yang baru. Sirkulasi yang normal dari perkembangan tanaman bunga dalam satu musim berkisar antara dua sampai lima bulan. Para pengunjung akan dihibur dengan pemandangan yang selalu tampak berbeda, itu semua dikarenakan sistem pergantian bunga dilakukan secara periodik.

Taman Bunga Nusantara tidak hanya digunakan sebagai tempat rekreasi, namun taman ini juga dijadikan sebagai kebun percobaan dengan berbagai jenis bunga dan tanaman lainnya yang berasal dari daerah subtropis dan negara yang beriklim dingin seperti di Eropa, Amerika, dan Australia. Dalam percobaan yang sudah menghasilkan hal yang positif dalam arti berhasil. Menunjukan bahwa Taman Bunga Nusantara dapat menumbuhkan dan merawat tumbuhan-tumbuhan dari berbagai musim.

Yah itu tadi merupakan informasi tentang Taman Bunga Nusantara, mulai dari sejarahnya, tujuannya, dan masih banyak lagi. Tujuannya agar kalian bisa tau apa itu Taman Bunga Nusantara. Adapun bagi kalian yang menginginkan tempat yang indah, untuk menyegarkan pikiran, kalian  bisa berkunjung ke Taman Bunga Nusantara. Semoga bermanfaat untuk kalian semua.

Leave a Reply