Cara Membuat Cincau Hitam Instan – Makanan Pencegah Diabetes Alami

Posted on

Apa kabar bunda? masih bersama kami. Setelah sebelumnya kita membahas tentang cara membuat cincau hijau. Sekarang saatnya kita membahas pembahasan tentang cara membuat cincau hitam yaitu salah satu makanan pencegah diabetes. Tips ini mungkin saja bisa bermanfaat bagi kita, apa lagi bagi bunda yang yang menggemari cincau. Cincau hitam ini bisa di sajikan sebagai hidangan penutup, minuman spesial dan juga sebagai minuman santai saat ngumpul bareng dengan keluarga.

Cincau adalah salah satu bahan minuman yang berbentuk seperti gel atau agar agar yang terbuat dari serat daun beberapa tumbuhan tertentu yang di rendam di dalam air. Untuk jenis dari cincau sendiri sebenarnya ada dua macam. Yaitu cincau hijau dan cincau hitam seperti yang kita akan bahas kali ini.

cincau hitam adalah salah satu jenis cincau yang di sedikit berbeda dengan cincau hijau. Selain warnanya yang berbeda, manfaat dan rasanya pun sudah berbeda. Cincu hitam memiliki manfaat yang lebih banyak terhadap beberapa penyakit. Seperti mencegah penyakit jantung, kanker, dan juga dapat menurunkan resiko penyakit diabetes. Kemudain dari rasaynya, pada cincau hitam rasanya lebih segar lho sehingga cocok sekali untuk menjadi campuran minuman kita pada saat siang hari yang panas seperti ini.

adapaun bagi bunda yang tertarik untuk mencoba cara membaut es cincau hitam ini, bunda bisa menyimak pembuatan makanan pencegah diabetes ini dalam pembahasan di bawah ini.

Pembahasan Cara Membuat Cincau Hitam

Jika bunda penasaran tentang cara membuat cincau hitam ini, langkah langkah pembuatan bahan makan pencegah diabetes ini, namun sebelumnya hal yang akan kita bahas adalah tentang bahan bahannya dahulu.

Alat dan Bahan Bahan Cincau Hitam

  • 500 gram daun cincau kering atau daun janggelan
  • NaOH/Abu Qi yang berguna untuk mengeluarkan zat pati
  • tepung tapioka secukupnya
  • 8 liter air bersih
  • kompor atau tungku
  • panci besar yang nantinya untuk merebus
  • spatula yang berguna untuk mengaduk
  • alat penyaring yang bersih

Langkah Pengolahan Cara Membuat Cincau Hitam

Jika buna hendak mencoba tips cara membuat cinau hitam ini. bunda bisa meyimak makanan pencegah diabetes ini di bawah ini.

  1. Langkah pertama, cuci daun cincau atau daun janggelan kering nya menggunakan air hingga bersih
  2. Lengkah berikutnya, rebus daun janggelan bersama denagn zat NaOH/Abu Qi dengan air hingga mendidih, saat proses perbusan kita aduk-aduk dengan spatula agar tidak meluap air cincaunya.
  3. Langkah berikutnya, saring air cincaunya untuk mengambil larutan zat pati cincau hitam nya menggunakan alat penyaring yang bersih
  4. Setelah itu, diamkan larutan cincaunya hingga dingin untuk proses pembutak jel cincau hitamnya
  5. setelah campuran cincanunya mendingin, langkah berikutnya campurkan cincau dengan tepung tapioka yang telah kita larutkan sebelumnya lantas sambil kita aduk-aduk
  6. kemudian, kita rebus hingga mendidih dan mengental campuran cincaunya dengan terus kita aduk-aduk agar campuran cincaunya tidak menggumpal
  7. setelah itu, tuang campuran cincaunya kedalam cetakan atau Loyang kemudian kita biarkan hingga benar-benar dingin
  8. tips cara membuat cincau hitamnya sudah selesai dan siap untuk di nikmati

bagaimana bunda? mudah bukan pembahan cara membuat cincu hitam ini? sekarang bunda bisa langsung mencoba nya di rumah dengan bahan yang lebih higenis pastinya.

Demikianlah pembahasan tenang cara membuat cincau hitam ini yang bisa kami bagikan. Semoga apa yang telah kita bagikan bisa bermanfaat bagi kita semuanya.

Gravatar Image
Pemuda desa yang ingin berkarya untuk diri sendiri, keluarga, agama dan negara. Memulai dari yang kecil dan selalu bermimpi untuk bisa sukses dunia dan akhirat. Salam dari Anak Desa Rejeki kota

Leave a Reply