Resep Cara Membuat Ayam Goreng Kecap Manis

Posted on

Kali ini resep makanan sehat  yang hendak kita Bahas adalah tentang cara membuat ayam goreng kecap manis special yang bisa menjadi pilihan untuk hidangan utama saat moment makan bersama keluarga kita. Baiklah jika bunda sudah mengetahuinya, alangkah baiknya jika bunda menyimak resep terlebih dahulu guna mengoreksi resep yang bunda tahu. Dan apabila bunda telah mengetahuinya, bunda bisa mempelajari pembahasan dan resep detailnya berikut ini.

Berdasarkan data terakhir yang beredar tingkat penjualan daging ayam semakin hari semakin meningkat. Hal ini tentu saja dikarena tingkat konsumsi masyarakat terhadap daging ayam yang terus meningkat pula. Dan hal itu pun bisa kita lihat pula di masyarakat. Kali ini kereasi masakan daging ayam sudah banyak beredar, baik dari ayam goreng kalasan, resep ayam goreng mentega, resep semur ayam, dan sebagainya.

Nah bagi bunda yang hobi sekali memasak pada makanan makanan yang mengandung kecap, kali in, kita akan mengajak bunda untuk mengolah daging ayam yang kita bahas kali ini dengan menggunakana kecap manis. Maka dari itu kali ini kita akan membahas tentang resep cara membaut ayam goreng keca manis. Untuk lebih detailnya bisa bunda simak dibawah ini.

Pembahasan Cara Membuat Ayam Goreng Kecap Manis

Sebelum kita membahas tentnang cara membuat ayam goreng kecap manisnya, alangkah baiknya jika kita menyiapkan bahan bahannya terlbih dahulu. Adapun bahan bahan yang harus kita persiapkan bisa kit simak di bawah ini.

  1. 1 ekor ayam ukuran sedang besar potong sesuai selera. Gunakan ayam yang masih segar, bukan ayam frozen.
  2. 12 pcs Bawang merah lokal ukuran besar yang sudah diiris tipis tipis
  3. 2 pcs Bawang putih ukuran besar, iris tipis tipis untuk bumbu tumisannya.
  4. 10-11 sdm Kecap manis kental. Gunakan kecap yang berkualitas bagus
  5. 1 sdm Kecap Inggris sebagai penyedap makanan.
  6. 5 cm Jahe yang sudah dipotong kecil kecil
  7. 1 sdm saus sambal pedas. Dapat ditamabah sesuai selera. Bisa juga mengguanakan cabe rawit
  8. 2 sdm Saus tomat. Gunakan yang berkualitas baik
  9. ½ sendok kecil Lada halus/lada bubuk. Bisa diatamabah sesuai selera.
  10. Garam dapur beryodium secukupnya.
  11. Air dari perasan satu jeruk nipis ukuran sedang besar.
  12. Air bersih secukupnya.
  13. Minyak secukupnya untuk menumis bumbu bumbunya.

Langkah Cara Membuat Resep Ayam Bumbu Kecap Lezat

setelah bahan bahan untuk membuat ayam goreng kecap ini sudah disiapkan semuanya, anda bisa langsung menyimak lebih detail cara membuat ayam goreng kecap nya di bawah ini.

  1. Pertama, rebus daging ayam yang sudah di potong potong sampai setengah matang.
  2. Kemudian, siram air perasan jeruk nipis ke atas potongan daging ayamnya lalu aduk aduk menggunakan tangan kita sampai tercampur rata.
  3. taburan garam dapur kedalam ayamnya kurang lebih sekitar 1 sdm. Aduk aduk daging ayamnya lagi samapi garam nyua tercampur dengan ayamnya. Lalu diamkan selama kurang lebih 13-15 menit.
  4. Didihkan air. Lalu rebus potongan dagingya lagi di dalamnya dia atas api sedang. sampai daging setengah matang. Jangan lupa untuk sesekali di aduk.
  5. Panaskan minyak untuk tumis bumbu untuk resep cara membuat ayam goreng kecap manisnya.
  6. masukkan irisan bawang merah dan irisan bawang putih lalu tumis dengan api sedang. Aduk aduk hingga tercium bau harumnya.
  7. Masukkan jahe lalu aduk sebentar bersama bumbu tumisan yang tadi. Masukkan beberapa cabe jika menghendaki rasa pedas.
  8. Masukkan kecap inggris dan kecap manisnya. Kemudaian aduk sampai semua bahan tercampur rata.
  9. Masukkan saus sambal dan saus tomatnya. Aduk aduk lagi hingga  bahan bahan tercampur rata.
  10. Masukkan air bersih yang sudah disiapkan . lalu aduk bersama bahan lain sampai semua bahan tercampur rata.
  11. Masukkan potongan daging ayam yang tadi sudah direbus lalu aduk aduk bersama dengan bahan yang lain.
  12. Masukkan lada bubuk, gula dan garam kira kira butuh sekitar satu sendok teh). Aduk semua bahan lagi sampai semua tecampur rata sampai airnya mengental dan tinggal sedikit.

 

Bagaimana? Mudah bukan bund acara membuat ayam goreng kecap manis ini, sekarang bunda tidak perlu beli lagi dipasaran untuk membuat resep ini, semoga resp ayam goreng kecap ini bermanfaat bagi kita semua.

Gravatar Image
Pemuda desa yang ingin berkarya untuk diri sendiri, keluarga, agama dan negara. Memulai dari yang kecil dan selalu bermimpi untuk bisa sukses dunia dan akhirat. Salam dari Anak Desa Rejeki kota

Leave a Reply