birrul walidaini
bahagialah orang tua yang anaknya birrul walidaini

Bahagianya Orang Tua Punya Anak Yang Birrul Walidaini

Posted on

Birrul Walidaini atau juga disebut berbuat baik kepada kedua orang tua.Al birr yang artinya kebaikan, atau  Al birr artinya “baiknya akhlaq”(HR.Muslim).

birrul walidaini
bahagianya orang tua yang anaknya birrul walidaini

Birrul Walidaini merupakan suatu kebaikan-kebaikan dan berkhimat oleh seorang anak kepada kedua orang tuanya, serta mentaati perintahnya kedua orang tua(kecuali perintah untuk maksiat) dan selalu mendo’akan kedua orang tua, dalam keaadan masih hidup ataupun yang telah wafat  keduanya.

Dan Wajibatul walid atau kewajibannya kedua orang tuauntuk anaknya adalah untuk mempersiapkan dan mengajarkan anak-anaknya agar bisa berbakti kepada kedua orang tuanya.

Ibu dan Bapak sebagai orang tua sepantasnya mendapatkan kebaikan dan penghormatan dari sang anak.Islam sangat memperhatikan tentang maslah satu ini, karena apa?karena sudah sangat jelas ditegaskan didalam al-quran dan al-hadist.Salah satunya yang ditegaskan oleh firmannya Allah SWT :

“Dan kami perintahkan kepada manusia (berbuat baik) terhadap kedua orang tuanya, Ibu yang telah mengandung dalam kedaan lemah yang bertambah, bahkan menyusukan pula kurang lebih selama 2 tahun.Maka dari itu bersyukurlah kepada-Ku dan kepada kedua orang tuamu, hanya kepada-Ku tempat kamu kembali.”

birrul walidaini
Berbaktilah kepada kedua orang tua

Sedangkan Uquud walidaini maksudnya durhaka terhadap kedua orang tuanya dan tidak berbuat baik kepadaanya.Durhaka kepada kedua orang tua itu dosa besar.”Barang siapa yang membuat keddua orang tuanya marah dan menagis, maka dia anak harus mengambalikan membuat kedua orang tuanya agar bisa tertawa(senang) lagi.”

Hukumnya Birrul Walidaini :

Bahwa hukumnya birrul walidaini atau berbuat baik kepada kedua orang tua itu wajib untuk seorang anak kecuali terhadap perkara yang haram atau maksiat.Karena apa?Birrul Walidaini sudah jelas-jelas di jelaskan didalam al-quran dan al-hadist.

Keutamaan Dari Birrul Walidaini :

  • Termasuk Amalan Yang Paling Dicintai disisi Allah Setelah Ibadah Sholat.

Hadist yang diriwayat Abdir Rahman Abdillah Ibn’i Mas’ud.Amalan yang paling  dicintai disisi Allah ada 3 yaitu :

1.Sholat tepat pada waktunya.

2.Berbakti kepada kedua orang tua.

3.Jihad di jalan Allah. (H.R Bukhari dan Muslim)

  • Do’anya Mustajab.

“Tiga golongan yang tidak tertolak yaitu, do’anya orang tua, do’anya orang yang berpuasa, do’anya orang yang musafir.”
Karena seorang anak itu berbakti kepada orang tua, sehingga kedua orang tuanya berdo’a untuk anaknya, maka do’a itu terkabul atau mustajab.

  • Merupakan Salah Satu Di Ampuni Dosanya.

Dijelaskan di dalam al-quran (Al-Ahqaf 15-16)

  • Merupakan Keridhoan Allah.
  • Merupakan Sebab Di Tambahnya Umur.
  • Merupakan Sebab Di Barokahkahkan Rizki atau Sebab turunnya Rahmat.
    Bahagiakan kedua orang tua kita, selagi kedua orang tua kita masih ada di samping kita.Minta maaflah jika masa lalu kita pernah menyakiti kedua orang tua.

Gravatar Image
Saya orangnya enggak suka terlalu cerewet. Suka menulis, ,membaca paling suka membaca tentang motivasi. Saya sering diajak curhat. Salah satu dari cita-cita saya ingin menjadi pengusaha muda yang sukses, dan tentunya ingin membahagiakan kedua orang tua. ingin lebih tau tentang saya.. ajak ngobrol atau temui saya.

Leave a Reply