Resep Cara Membuat Ayam Goreng Mentega
Resep Cara Membuat Ayam Goreng Mentega

Resep Cara Membuat Ayam Goreng Mentega Enak

Posted on

Resep masakan Indonesia kali ini yang hendak kita akan Bahas adalah tentang cara membuat ayam goreng mentega enak, dalam pembuatan resep ayam goreng mentega ini, kita akan mencoba mengolah daging ayam menjadi menu utama keluarga yang sangat special cita rasanya. Bagaimanakah cara mengolah dan membuat ayam goreng jenis ini? mari kita simak pembahasannya dibawah ini.

Bagi beberapa orang mungkin, resep makanan yang mengolah dagin ayam adalah hal yang sudah tidak asing lagi, ada banyak sekali menu makanan yang bahan utamanya dagin gayam yang bisa kita temui di Indonesia ini. ada ayam goreng kalasan, ada ayam goreng kecap manis, ayam goreng kecap pedas, dan juga termasuk ayam goreng mentega dan menu makanan daging ayam lainnya. nah kali ini resep makanan olahan daging ayam yang kali ini akan kita bahas adalah tentang cara membuat ayam goreng mentega. Adapun resep daging ayam yang lain bisa kita simak di artikel selanjutanya.

Mungkin kita sudah sering menjumpai resep ayam goreng mentega ini di warung warung, namun bukankah akan lebih baik lagi jika bunda sendirilah yang membuat dan menyajikannya di rumah? Akan lebih special bukan? Maka dari itu bunda, mari kita simak resep nya dibawah ini.

Pembahasan Cara Membuat Ayam Goreng Mentega enak

Cara membuat ayam goreng mentega ini sebenarnya tidak begitu rumit, untuk mengikitu resep ayam goreng mentega ini, kita hanya perlu menyiapkan beberapa bahan saja yang mudah di dapat, dan kita hanya perlu mengikuti beberapa langkah yang akan dibahas di bawah ini.

Adapun bahan bahan yang kita perlukan, bunda bisa simak semuanya dibawah ini.
Bahan dan bumbu :

  • ½ kg daging ayam yang sudah dipotong sesuai selera
  • ½ sendok teh merica bubuk
  • 1 sendok teh garam
  • larutan air asam jawa
  • 2 sendok makan saus sambal
  • ½ buah jeruk nipis
  • 1 buah bawang bombay
  • 1 rua1 sendok teh kecap asin
  • s jari jahe, rajang halus
  • 3 sendk makan kecap manis
  • 2 sendok makan saus tiram
  • ½ sendok teh merica dan garam bila perlu
  • 4 sendok makan kecap inggris
  • 4 sendok makan margarin atau mentega
  • 100 ml air

Langkah Cara Membuat Ayam Goreng Mentega

Baikalah setelah semua bahan sudah kita persiapkan, sekarang saatnya kita memulai pembahasan cara membuat ayam goreng mentega nya. Adapun langkah langkah lebih detailnya, bunda bisa menyimak langkah langkah di bawah ini.

  1. Pertama tama, Lumuri daging ayam nya dengan campuran atara merica, garam dan air asam jawa, setelah itu diamkan selama 30 menit.
  2. Setelah 30 menit, Goreng daging ayamnya dalam minyak panas sampai daging merwarna kecoklat coklatan dan matang, kemudian tiriskan lalu sisihkan.
  3. Panasakan minyak goreng di atas pan,
  4. Kemudain tumis margarin bersama dengan bawang bombai hingga layu dan berbaru harum.
  5. Setelah itu,  Masukkan jeruk nipis, jahe, kecap inggris, kecap asin, kecap manis, saus tiram, dan saus sambal ke dalam tumisan kemudian aduk semua bahan sampai rata lalu beri air secukupnya.
  6. Kemudian masukkan daging ayam gorengnya kedalam tumisan, lalu tambahkan garam dan merica kemudian aduk lagi makanannya hingga merata.
  7. Masak daging ayam goreng menteganya hingga kuahnya sebagian menyusut dan dan bumbu telah meresap ke dalam daging.
  8. Angkat ayam goreng menteganya lalu siap untuk disajikan.

Bagaimana bunda? Mudah bukan cara membuatnya, sekarang dari pada beli di luar, lebih baik bunda membuatnya sendiri sehingga masakan yang disajikan untuk keluarga tercinta bisa lebih spesial.

Resep ayam goreng mentega ini bisa bunda gunakan ketika ada kumpul kumpul bersama dengan keluarga sebagi menu utama. Akan lebih nikmat lagi jika ayam goreng ini kita sajikan dengan sajian yang cantik untuk menambah kenikmatannya. Adapun contoh penyajiannya, bunda bisa melihat lihat di bawah ini

Demikianlah resep tentang cara membuat ayam goreng mentega yang bisa di bagikan. Semoga resep ini bisa bermanfaat. Terima kasih.

Gravatar Image
Pemuda desa yang ingin berkarya untuk diri sendiri, keluarga, agama dan negara. Memulai dari yang kecil dan selalu bermimpi untuk bisa sukses dunia dan akhirat. Salam dari Anak Desa Rejeki kota

Leave a Reply