ikan cupang

Cara Budidaya ikan Cupang Lengkap dan Mudah

Posted on

Hai para netizen setia gedubar, jumpa lagi dengan saya. Bagaimana kabarnya? Pasti sehatkan. Di pagi hari yang cerah nan sepoi – sepoi anginya ini, saya ingin menuliskan artikel yang membahas tuntas tentang cara budidaya ikan cupang lengkap dan mudah. Hmmm…tentunya sudah tau kan apa itu ikan cupang? Yap, benar sekali ikan cupang adalah salah satu keluarga ikan hias yang tergolong mini ukuranya dan memiliki ragam warna eksotis nan memukau mata memandang.

Selain di sebut ikan cupang. Ikan ini juga di sebut sebagai ikan betta, nama ”  betta “ di ambil dari kata “ bettah “ yang di ambil dari klan kuno warrior yang suka bertempur. Sehingga, ikan ini di beri nama betta fish karena sifatnya yang sangat agresif nan territorial. Selain itu, di kala tahun 1800 pertengahan ikan betta juga sering di lagakan dalam arena pertandingan betta fish.

Menurut sejarah, ikan cupang pertama kali di temukan di kawasan asia tenggara. Lebih tepatnya ia hidup di kawasan sawah, parit, rawa hangat. Namun seiring terjadinya perubahan ekosistem. Maka, ikan cupang beradaptasi menggunakan labyrinth secara penuh, yang mampu membuatnya mampu bertahan hidup dengan kondisi ekosistem minim udara atau ekstrem. Seperti air keruh, oksigen minim dan juga tempat sempit ruang. Selain itu, ikan cupang juga memiliki banyak sekali spesies yang tersebar di berbagai kawasan asia tenggara.

Secara umum, ikan cupang banyak di gemari untuk di jadikan pelengkap isi akuarium, namaun Tak jarang juga ada orang yang menyimpan ikan cupang pada tempat atau wadah sempit, lalu apakah keadaan tersebut baik untuk ikan? Jawabanya tidak, karena Meskipun sebenarnya ikan cupang mampu bertahan dalam kondisi tersebut.Hal akan menganggu perkembangan serta kesehatan ikan cupang secara berkala. Jadi, janganlah simpan ikan cupang pada tempat minim ruang atau oksigen.

Itulah sekilas pengenalan tentang ikan cupang. Setelah anda mengetahui hal – hal umum tentang ikan cupang, maka pada kita akan masuk pada tahap yang di tunggu – tunggu, yakni cara budidaya ikan cupang lengkap dan mudah. Dari pada anda penasaran, mari langsung saja simak di bawah ini.

Cara Budidaya Ikan Cupang Lengkap dan Mudah

  1. Proses pemilihan induk

Dalam budidaya ikan cupang, maka langkah awal adalah memilih indukannya. Usahakan cari indukan yang berkualitas tinggi, seperti sehat kondisinya, tidak sakit, cacat, dll. Setelah di pilih, maka simpan antara pejantan dan betina pada tempat terpisah.

Mungkin bagi pemula akan sulit dalam membedakan antara ikan cupang betina dan jantan. Maka, saya juga berikan tipsnya yakni pejantan cenderung terlihat lincah, sirip dan ekor nampak mengembang, cerah warnanya  dan tubuhnya lebih besar. Sedangkan betina gerakanya lambat, sirip dan ekor pendek, kusam warnanya dan tubuhnya cenderung lebih kecil.

Sebelum di kawinkan, maka kenali dulu ciri – ciri indukan dan pejantan yang sudah siap di kawinkan.

Ikan cupang jantan

  • Bentuk badanya panjang
  • Setidaknya berumur 4 – 8 bulan
  • Agresif dan lincah gerakanya
  • Memiliki warna traktif dan sirip yang panjang

Ikan cupang betina

  • Bentuk badan agak bulat dan bagian perut terlihat agak buncit
  • Setidaknya berumur 3 – 4 bualn
  • Gerakanya cenderung lambat
  • Memiliki warna kusam atau kurang menarik dan siripnya pendek
  1. Proses pemijahan ikan cupang

Setelah pemilihan dan penyiapan indukan yang sudah siap di kawinkan, maka tahap selanjutnya adalah menyipakan wadah plastik atau akuarium mini dengan di mensi atau ukuran 20X20x20 cm. jangan lupa, sediakn juga gelas plastik untuk tempat ikan cupang betina dan tumbuh – tumbuhan air, seperti tanaman kayambang sebagai media penempatan telur ikan.

proses pemijahan cupang
proses pemijahan cupang

Dalam sekali pengawinan, ikan cupang mampu menghasilkan telur yang banyak sekali, yakni berkisar 1000 butir telur. Ini adalah angka yang cukup fantastis. Namun, sayangnya telur yang berhasil bertahan dan menetas menjadi ikan hanya 30 – 50 ikan saja.

Indukan jantan dapat di kawinkan sampai 8 kali, namun dalam kurun waktu interval 2 – 3 mingguan. Sedangkan indukan betina sangat di sarankan untuk di kawinkan seklai saja. Karena jika di kawinkan lagi, kan menurunkan tingkat produksi telur berjenis kelamin jantan.

Setelah semua media telah di siapkan, maka inilah langkah – langkah lengkap cara pemijahan ikan cupang yang baik dan benar, langsung saja simak di bawah ini

media pemijahan
media pemijahan
  • Isilah media pemijahan dengan air bersih sampai setinggi 10 – 15 cm. jangan gunakan air PAM atau air yang memiliki kandungan kaporit. Usahakan untuk menggunakan air tanah ( netral ) atau air sungai yang telah di endapkan selama 1 malam.
  • Tambahkan tanaman air, namaun jangan terlalu banyak. Karena tanaman air yang terlalu banyak dan padat beresiko menyerap kandungan oksigen air.
  • Masukan ikan cupang jantan terlebih dahulu dan diamkan selama 1 hari. Kemudian ambil ikan cupang betina dan masukan ke dalam gelas akua plastika, lalu masukan ke dalam aquarium tersebut bersama si pejantan. Gunanya untuk memancing pejantan agar membuat gelembung air yang nantinya akan di gunakan untuk menaruh telur – telur yang telah di buahi.
  • Setelah pejantan membuat gelembung yang cukup banyak, maka sudah saatnya si betina di satukan untuk proses kawin. Biasanya proses kawin terjadi pada jam 7 – 10 pagi atau kisaran jam 4 – 6 sore. Sebaiknya tutup dan hindarkan dari kebisingan, karena ikan cupang sangat sensitif ketika kawin.
  • Setelah proses pembuahan selesai, maka segera angkat si betina. Karena tugas selanjutnya akan di lakukan oleh si pejantan dengan memunguti telur yang telah di buahi ke gelembung yang telah di siapkan. Jika si betina tidak di ambil, maka telur – telur tersebut akan di makan olehnya.
  • Setelah kisaran 1 hari, maka telur – telur tersebut akan berubah menjadi burayak dan selama 3 hari kedepan, burayak tidak perlu di beri makan. Karena masih ada sisa nutrisi yang terbawa dari dalam telur.selain itu si pejantan juga akan berpuasa selama menjaga burayak.
  • Setelah tiga hari terhitung sejak telur telah menetas, maka berikanlah kutu air ( moina atau dophnia ). Pemberian pakan tidak boleh melewati jumlah burayak yang ada. Karena hanya akan mengotori air dan menimbulkan kematian pada si burayak.
burayak ikan cupang
burayak ikan cupang
  • Setelah 2 minggu sejak burayak menetas. Maka, ambil si indukan jantan. Lalu pindahkan si burayak larva nyamuk atau kutu air yang lebih besar ukuranya.
  • Setelah burayak berumur 1,5 bulan, maka namanya bukan burayak lagi yakni sudah bisa di sebut ikan. Dengan rentang umur yang sudah cukup ini, maka si ikan cupang mungil sudah dapatdi pilah berdasarkan jenis kelaminya dan di pindahkan pada tempat pengembangbikan.
  1. Pemberian pakan ikan cupang

Pemberian makan terbaik untuk ikan cupang adalah sedikit – sedikit namun teratur, yakni berikan pakan 3 – 4 kali sehari. Karena dengan cara ini dapat mengurang resiko sisa pakan yang menyebabkan penyakit dan bau pada air.

Untuk pakan yang di gunakan dapat berupa kutu air, cacing sutera dan juga larva nyamuk. Namaun, terkadang sulit sekali mencarinya. Maka, anda dapat membelinya di toko pakan ikan atau membudidayakanya sendiri dirumah.

  1. Proses perawatan ikan cupang

Ikan cupang adalah ikan yang kuat dalam kondisi minim udara atau kualitas air yang keruh. Namun ada baiknya untuk selalu memasang filter air dan aerasi agar ikan dapat berkembang dengan sempurna dan maksimal tentunya.

Jangan lupa untuk selalu menganti air secara berkala, agar tidak terjadi penumpukan sisa makanan yang beresiko menimbulkan penyakit bahkan kematian pada si ikan. Selain itu, usahakan untuk tidak menaruh 2 ikan cupang jantan dewasa dalam satu akuarium, karena akan beresiko terjadi saling beradu dan rusak bagian sirip dan ekornya.

Itulah pembahasan lengkap dan mudah mengenai cara budidaya ikan cupang. Sebagai seorang pembudidaya, sudah sepatutnya untuk selalu memberikan perawatan terbaik pada si hewan, agar hasilnya maksimal dan sesuai harapan. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda. Sekian dan terima kasih atas kunjunganya.

Leave a Reply