Resep membuat sambal korek
Cara membuat sambal korek

Cara Membuat Sambal Korek Yang Nikmat Dan Lezat

Posted on

Cara Membuat Sambal Korek – Sambal merupakan salah satu makanan pendamping hidangan utama yang memiliki cita rasa pedas dan gurih, hampir kebanyakan orang di seluruh wilayah terutama di Indonesia ini  menyukai rasa pedas, rasa pedas yang disukai pun pasti rasa pedas yang berasala dari cabae. Sambal memang sudah tidak asing lagi di kalangan masyarakat pasalnya sambal memang banyak digemari oleh banyak orang dan sering menjadi pendamping lauk makanan yang dihidangkan seperti tempe goreng, tahu goreng, ayam goreng, dan lauk yang lainya.

Resep membuat sambal korek
Cara membuat sambal korek

Terdapat banyak resep sambal yang dapat anda sajikan yang cocok untuk menjadi pendamping lauk makanan seperti sambala trasi, sambal bawang, sambal kacang, sambal cabe hijau, dan sambal yang lainya, dan dalam kesempatan kali ini yang akan kami bahas yaitu mengenai resep sambal korek.

Bagi anda para pecinta rasa pedas kurang pas rasanya jika belum mencoba sambal yang satu ini yaitu  sambal korek, sambal korek saat ini juga menjadi makanan yang digemari oleh banyak orang dari berbagai kalangan terutama kalangan pencinta rasa pedas karna memang sambal korek memiliki cita rasa yang khas dan memiliki rasa pedas yang nikmat dan lezat.

Cara membuat sambal korek
Resep membuat sambal korek

Bahan utama sambal korek yaitu lombol  atau cabe, dan cara pembuatan sambal korekpun sangat beragam dan bervaresi tergantung si pembuatnya. Dan saat ini juga sudah banyk rumah makan yang menyediakan menu sambal korek dengan beberapa hidangan lauk yang bervareasi. Maka bagi anda yang ingin membuat sambal korek sendi di rumah anda tak perlu kuatir karena membuat sambal korek bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan siapapun dapat membuatnya dan bahan – bahan untuk membuat sambal korek juga sangat mudah untuk dijumpai di sekitar anda dan jika anda membuat sambal korek sendiri di rumah anda akan jauh lebih mudah untuk menentukan ukuran rasa sambal korek tersebut dan juga anda dapat mengukur seberapa banyak cabe yang akan anda gunakan karna cabe tersebutlah yang akan memberikan cita rasa pedas pada sambal korek tersebut.

Resep membuat sambal korek
Cara membuat sambal korek

Dengan adanya keberadaan sambal korek saat ini tentu dapat melengkapi jamuan makan malam atau makan siang anda sehari – hari dengan disertai nasi yang masih hangat dan beberapa lauk serta lalapanyang  lauk yang bermacam – macam tentu rasanya akan begitu nikmat dan lezat. Bagi anda yang ingin mengetahui cara membuat sambal korek, simaklah beberapa resep berikut.

Resep 1

Bahan – Bahan   

  • Bawang putih sebanyak 4 siung
  • Cabe rawit merah sebanyak 17 sampai 20 buah
  • Kaldu bubuk atau penyedap rasa sebanyak ¼ sendok teh
  • Garam dapur sebanyak ¼ sendok teh
  • Minyak goreng sebanyak 8 sendok makan ( yang telah dipanaskan terlebih dahulu )

Langkah – Langkah Untuk Membuat Sambal Korek

  1. Untuk langkah yang pertama siapkan cobek atau tempat pengulekan kemudian masuakn bahan – bahan di atas seperti cabe rawit merah, bawang putih, dan juga garam dapur.
  2. Langkah yang selanjutnya ulek kasar bahan – bahan yang telah dimasukan tersebut, jangn lupa masukan juga penyedap rasa kemudian aduk – aduk hingga merata.
  3. Langkah yang berikutnya yaitu tuangkan minyak goreng yang sebelumnya telah dipanaskan terlebih dahulu aduk – aduk hingga merata
  4. Sambal korekpun telah siap untuk dihidangkan atau disajikan.

Resep 2

Bahan – Bahan

  • 10 buah cabe rawit merah
  • Garam secukupnya
  • 3 siung bawang putih
  • Minyak goreng secukupnya ( gunakanlah minyak goreng yang telah dipanaskan terlebih dahulu )

Langkah – Langkah Untuk Membuat Sambal korek

  1. Untuk langkah yang pertama cuci bersih bahan – bahan tersebut seperti cabe rawit merah dan bawang putih.
  2. Langkah berikutnya masukan bahan – bahan tersebut seperti cabe merah dan bawang putih kedalam blender, blender sampai setengah halus atau sesuaikan dengan keinginan anda dan masukan juga garam secukupnya. Anda dapat juga menggunakan cobek atau ulekan untuk dapat menghaluskan bahan – bahan tersebut.
  3. Setelah selesai di blender atau diulek tuangkan minyak goreng panas dan aduk – aduk hingga merata.
  4. Samal korekpun siap untuk dihidangkan.

Resep 3

Bahan – Bahan

  • 15 buah cabe rawit
  • Garam ½ sendok teh
  • 2 siung bawang putih
  • Gula secukupnya
  • Minyak goreng secukupnyaan

Langkah – Langkah Untuk Membuat Sambal Korek

  1. Untuk langkah yang pertama cuci bersih bahan – bahan tersebut seperti cabe rawit, bawang putih.
  2. Berikutnya Ulek kasar cabe rawit dan bawang putih atau anda dapat mengguanak blender.
  3. Kemudian masukan garam dan gula secukupnya.
  4. Untuk langkah yang terakhir siram dengan minyak goreng yang masih panas agar lebih nikmat gunakan bekas minyak goreng yang habis digunakan untuk mengoreng ikan atau ayam.
  5. Sambal korekpun siap untuk dihidangkan.

Itulah beberapa resep untuk membuat sambal korek, sangat mudah bukan. Silahkan anda mencoba resep tersebut dan kereasikan sesuai selera anda, untuk lebih nikmatnya santaplah sambal korek bersamaan dengan hidangan yang lainya seperti nasi, ayam goreng, tempe goreng ikan lele goreng dan hidangan yang lainya dan biasanya sambal korek juga dihidangan bersama dengan lalapan seperti daun kemangi, mentimun, lobak, kubis dan lalapan yang lainya. Dan ketika anda membuat sambal korek sebaiknya anda menggunakan bahan – bahan yang berkualitas baik dan tentunya gunakanlah bahan – bahan yang baik bagi kesehatan tubuh. Dari beberapa resep diatas anda dapat memilih resep mana yang anda sukai karan beberapa resep diatas memberikan beberapa fareasi namun pada intinya cara pembuatanya sama dan bahan – bahan yang digunakan juga hampir sama, dari beberapa bahan tersebut cabelah yang akan memberikan cita rasa pedas pada samabl korek maka ketika anda membuat sambal korek sesuaikan penggunaan cabai dengan selera anda.

Leave a Reply