HIV dan AIDS
HIV dan AIDS

Penyebab Penyakit HIV/AIDS

Posted on

Penyakit yang satu ini sangat sering sekali menyerang para masyarakat terutama para kalangan remaja maupun usia dewasa. Penyakit ini memang sangat dikenal akan bahayanya, bahkan ada satu hari yang dibuat khusus untuk memperingati penyakit HIV/AIDS ini. Namun sering kali orang-orang belum mengetahui bahwa dia telah terkena penyakit ini. Walaupun ada orang yang sudah mengetahui bahwa dirinya sudah terinfeksi atau terkena penyakit ini, penyakit ini juga msih belum ada untuk obat penyembuhannya. Sehingga kita harus bisa menghindarinya agar kita tidak trinfeksi penyakit ini.

Penyakit HIV merupakan penyakit yang berupa virus, virus HIV menyerang pada system kekebalan tubuh dari manusia dan melemahkan kemampuan dari tubuh untuk bisa melawan dari penyakit dan infeksi. HIV merupakan singkatan dari Human Immunodeficincy Virus. Virus dari penyakit yang satu ini sampai sekarang masih belum ada yang bisa untuk menyembuhkannya. Namun ada sebuah pengobatan yang berguna untuk memperlambat perkembangan dari virus HIV. Sehingga dengan penderita tersebut melakukan pengobatan tersebut akan bisa membuatnya hidup lebih lama dan akan bisa hidup seperti layaknya orang normal.

Dengan kita menjalani diagnosis HIV sejak dini dan juga melakukan penanganan yang tepat dan juga efektif, maka bagi anda yang telah mengidap HIV tidak akan bisa berubah menjadi penyakit yang lebih berbahaya lagi yaitu AIDS. AIDS merupakan penyakit yang berkembang atau stadium akhir dari infeksi virus HIV. Pada saat pengidap penyakit HIV telah terinfeksi menjadi penyakit AIDS, maka kemapuan tubuh dari penderita untuk melawan infeksi dari penyakit sudahlah hilang sepenuhnya.

Penyebab atau Penyebaran HIV

Penyebab HIV
Penyebab HIV

Virus HIV tidak akan bisa menular semudah yang dibayangkan oleh manusia. Virus HIV ini tidak dapat menyebar hanya dengan melalui udara yaitu seperti flu ataupun batuk. Pada kenyataannya virus HIV ini hidup di dalam beberapa cairan tubuh dan juga di dalam darah manusia. Namun tidak semua cairan yang ada di dalam tubuh manusia bisa menularkan virus ini. Cairan seperti air liur, urine, atau keringat tidak dapat untuk menularkan virus HIV ini kepada orang lain. Memang ada virus yang terdapat pada cairan tersebut, namun jumlahnya tidak banyak sehingga tidak dapat untuk menularkannya. Ada beberapa cairan yang dapat menyebarkan virus tersebut kepada orang lain yaitu sebagai berikut:

  • Dinding Anus
  • Sperma
  • Darah
  • ASI (Air Susu Ibu)
  • Cairan Vagina, termasuk darah menstruasi.
  • Melalui dinding tips yang ada di mulut dan mata.
  • Malalui luka yang terbuka di kulit.
  • Melalui suntikan langung ke pembuluh darah dengan memakai suntikan atau jarum yang sudah terinfeksi.
  • Melalui dinding tipis di dalam alat kelamin atau anus.

Virus HIV tidak bisa menular hanya dengan melakukan hubungan seperti ciuman, gigitan, berbagi perlangkapan untuk mandi seperti handuk, berbagi perlengkapan untuk makan, menggunakan kamar mandi atau kolam renang yang sama, karena air ludah, digigit oleh serangga atau binatang seperti nyamuk. Namun penularan yang utama terjadi yaitu virus biasanya menularkan melalui aliran darah. Cara utama virus menularkan melalui aliran darah yaitu dengan cara sebagai berikut:

  • Hubungan Seks
Hubungan Seks
Hubungan Seks

Penyebaran virus HIV yang paling utama yaitu melalui hubungan seks. Hubungan seks melalui vagina dan anal yang tidak menggunakan pelindung akan sangat beresiko terkena virus HIV ini. Seks oral tanpa menggunakan pelindung juga beresiko terinfeksi virus HIV, namun sangat kecil untuk yang ini. Seks oral akan bisa sangat beresiko apabila orang yang melakukannya mengalami sariawan atau terdapat luka di mulut. Dengan melakukan hubungan seks dengan orang yang baru saja terinfeksi virus HIV ataupun orang yang sudah memiliki banyak virus HIV didalam tubuhnya akan lebih beresiko lagi terkena penyakit ini.

  • Melakukan seks oral dengan pria atau wanita yang sudah positif terkena HIV dan orang tersebut memiliki ejakulasi di mulutnya.
  • Menerima seks oral dari orang lain yang telah positif menderita HIV sangat kecil beresiko untuk terkena virus ini, karena virus ini tidak menular melalui air liur.
  • Tinggi rendahnya resiko terkenanya virus HIV berbeda-beda, tergantung pada hubungan seks seperti apa yang dilakukan.

Selain virus ini menular melalui hubungan seks, virus ini juga bisa menular melalui:

  • Berbagi jarum suntik, terutama untuk para pengguna narkotika suntik.
  • Tranfusi darah.
  • Berbagi jarum, terutama bagi orang yang suka mentato atau menindik.
  • Dari ibu kepada bayi, baik saat melahirkan, menyusui ataupun pada saat masih dalam masa kehamilan.
  • Berbagi alat bantu seks dengan orang yang positif terkena HIV.

Setalah kita mengetahui apa saja penyebab dari virus HIV ini, maka kita supaya menghindari apa saja hal yang bisa menyebabkan terkenanya diri kita pada virus tersebut. Agar diri kita bisa hidup dengan nyaman, tenang dan juga damai.

Orang-orang yang Beresiko Berinfeksi Virus HIV

Stop HIV dan AIDS
Stop HIV dan AIDS

Jangan sampai anda berfikir bahwa anda tidak akan beresiko terkena virus HIV. Karena semua orang beresiko terkena virus HIV ini tanpa harus mengenal batasan usia. Namun ada beberapa kelompok orang yang lebih beresiko terkena virus HIV ini. Kelompok yang lebih beresiko tersebut yaitu sebagai berikut:

  • Orang yang membuat tindik atau membuat tato di tubuhnya.
  • Panasun atau pengguna narkotika suntik.
  • Orang yang melakukan hubungan seks bersama orang yang menggunakan narkotika suntik.
  • Orang yang melakukan hubungan seks tanpa menggunakan kondom baik itu dengan lain jenis, sesame jenis kelamin maupun heteroseksual.
  • Orang yang sering berpergian atau bertempat tinggal di daerah yang nilai angka HIV tinggi, yaitu seperti di Afrika, Eropa Timur, Amerika di bagian selatan dan Asia.
  • Orang yang melakukan transfusi darah di daerah yang angka HIV tinggi.
  • Orang yang sudah terinfeksi penyakit seksual lainnya.

Kita jangan sampai terkena virus HIV ini, karena memang virus ini sangat berbahaya. Virus HIV ini telah memakan banyak sekali korban tiap tahunnya. Maka dari itu kita supaya bisa menghindari apa saja hal yang menyebabkan tersebar atau tertularnya virus HIV kepada orang lain. Semoga artikel yang saya buat ini bisa bermanfaat bagia anda untuk menghindari dari virus HIV. Semoga bermanfaat. Sekian.

Leave a Reply