Daun Mint
Daun Mint

Khasiat Dan Bahaya Daun Mint Yang Wajib Kalian Ketahui

Posted on

Halo pembaca setia gedubar.com, pada kesempatan kali ini, saya akan membagikan informasi penting kepada kalian semuanya, yaitu khasiat dan bahaya mengkonsumsi daun mint secara terus menerus. Hampir di setiap kita pernah mengkonsumsi daun mint, baik itu dalam keadaan daun mint segar, makanan yang mengandung mint maupun minuman yang mengandung mint. Daun mint sendiri bisa dipastikan dapat kita jumpai di seluruh dunia karena daun mint ini memiliki khasiat yang besar bagi kesehatan manusia dan sudah diterapkan hampir di seluruh dunia sebagai obat- obatan herbal. Khasiat daun mint tidak hanya satu saja, melainkan ada banyak.

Daun Mint Segar
Daun Mint Segar

Seperti yang sudah saya jelaskan diatas, bahwa daun mint mempunyai banyak sekali kandungan nutrisi yang baik bagi kesehatan manusia. Tapi anda jangan salah, karena jika mengkonsumsi daun mint terlalu banyak dan juga berlebihan maka akan memberikan efek negatif pula bagi tubuh, dengan begitu, konsumsilah mint dengan tidak berlebihan. Dari pada membuat anda penasaran tentang manfaat dan khasiat daun mint bagi kesehatan tubuh manusia, langsung saja disimak ulasan berikut ini.

Manfaat dan khasiat daun mint bagi kesehatan

  1. Mampu menjadi pencegah dari serangan penyakit dan radikal bebas

Manfaat yang pertama yaitu mampu mencegah datagnya berbagai penyakit bagi tubuh . mengkonsumsi mint ternyata juga mampu menangkal radikal bebas juga, sehingga tubuh kita akan tetap sehat dan prima karena mengkonsumsi mint ini.  Daun ini mengandung kandungan antioksidan yang sangat tinggi sehingga mampu mencegah diri kita dari berbagai penyakit yang berbahaya.

  1. Mampu menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam darah

Yang kedua adalah mampu menurunkan kadar kolesterol jahat didalam tubuh kita. Di dalam daun mint ini mengandung kandungan vitamin, juga minyak esensial dan juga serat yang mampu menurunkan kolesterol jahat didalam tubuh kita, sehingga akan bermanfaat juga sebagai pelancar peredaran darah di dalam tubuh kita dan menormalkan tekanan darah.

  1. Mampu membantu menghilangkan rasa sakit pada tubuh

Kandungan yang terdapat di dalam daun mint salah satunya adalah minyak essensial dan juga menthol yang mampu menjadi analgesik. Apa itu analgesik, analgesik adalah sesuatu yang mampu meredakan rasa sakit di dalam tubuh kita, dengan demikian kandungan analgesik daun mint mampu meredakan rasa sakit pada tubuh kita.

  1. Mampu menjadi obat bagi iritasi lambung dan usus

Berbagai peneletian telah dilakukan untuk meneliti kandungan dan khasiat daun mint, dan salah satu hasil dari penelitian tersebut yakni mampu menenangkan dinding usus dan lambung manusia, kandungan- kandungan itu dikenal dengan istilah anti-spasmodik didalam dunia kesehatan. Selain itu, kandungan yang terdapat didalam daun mint juga mampu menyembuhkan sakit perut serta beberapa gangguan pencernaan lainnya.

  1. Bisa menjadi penyegar nafas kita dari bau mulut yang tidak sedap

Apakah anda termasuk orang yang memiliki nafas yang tidak sedap, jika iya, anda tidak perlu khawatir, karena daun mint ini ternyata juga bisa menjadi sumber penyegar bau nafas mulut kita. Didalam daun mint ini mengandung banyak kandungan yang bisa menyegarkan bau mulut kita, seperti halnya menthol, menthone, menthol acetate dll. Dengan demikian bisa mendapatkan bau mulut yang segar setiap harinya. Anda bisa mengkonsumsinya secara langsung tanpa pengolahan, atau bisa juga dicampurkan didalam minuman hangat.

  1. Mampu menetralkan detak jantung dan juga tekanan darah tubuh kita

Manfaat yang ke- 6 yaitu mampu menetralkan detak jantung dan juga tekanan darah dalam tubuh kita. Spearmint maupun peppermint ternyata mengandung banyak mineral yang dibutuhkan oleh tubuh, seperti halnya potassium dan juga zat besi. Kedua zat ini mampu membentuk sel- sel darah merah dalam tubuh, mengontrol detak jantung didalam tubuh kita dan bisa menstabilkan tekanan darah dalam tubuh kita. Dengan mendapat zat- zat tersebut, maka tubuh kita tentu saja akan menjadi lebih sehat daripada sebelumnya.

  1. Bisa menjadi obat alami penghilang rasa stress dan kelelahan

Yang selanjutnya yaitu mampu menjadi obat alami jika kita sedang mengalami stress dan rasa lelah berlebih. Kandungan didalam daun mint (a-pinene, carvone, b-pinene, cineole, limonene, dll) mampu menjadi obat penenang saat kita dilanda stress karena memiliki banyak pikiran, dengan demikian kalian bisa memanfaatkan daun ini sebagai obat penenang alami yang halal bagi kesehatan. Tetapi anda jangan salah, jangan sampai anda menyalahgunakan daun mint ini sebagai penenang secara berlebih dan berlarut- larut, karena bisa membahayakan bagi kesehatan kalian sendiri.

  1. Bisa menjadi obat rasa gatal pada kulit kita

Apakah anda termasuk orang yang sering melakukan aktivitas diluar rumah, seperti halnya bertani, berkebun dll. Jika iya, pasti anda tidak pernah luput dari rasa gatal yang disebabkan oleh gigitan serangga pada kulit anda. Namun anda jangan khawatir, karena ternyata daun mint ini mampu menjadi obat penawar rasa gatal pada kulit kita.

  1. Bisa menjadi obat sakit kepala

Sakit kepala adalah salah satu gangguan kesehatan yang tidak pernah luput dari semua orang, karena pasti semua orang pernah mengalaminya. Anda bisa memanfaatkan daun mint ini sebagai obat sakit kepala dengan cara merebus dan meminum air rebus daun mint ini saat sakit kepala kambuh. Namun anda jangan salah, disamping mampu menyembuhkan rasa sakit kepala, daun mint ini juga mampu menjadi obat bagi penyakit asma dan juga flu.

Bahaya mengkonsumsi mint

Disamping memiliki kandungan yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia, ternyata mint ini sendiri memiliki dampak negatif pula bila dikonsumsi terlalu banyak/ sering. Dan inilah beberapa dampak negatif jika mengkonsumsi daun mint terlalu banyak/ sering :

  • Bisa membuat kulit kita menjadi iritasi pada kulit sensitif
  • Bisa membuat lambung iritasi jika mengkonsumsinya terlalu sering
  • Bisa membuat perut menjadi mulas jika dikonsumsi secra berlebihan
  • Bisa menyebabkan kemerahan pada kulit sensitif
  • Bisa membuat janin menjadi gugur pada wanita hamil jika dikonsumsi terlalu sering
  • Bisa menyebabkan diare yang berkelanjutan jika dikonsumsi secara terus menerus

Itulah beberapa khasiat dan bahaya daun mint bila dikonsumsi secara terus menerus. Terima kasih telah membaca dan sampai jumpa.

Incoming search terms:

  • bahaya daun mint

Leave a Reply