bumi hancur
akhir zaman

Definisi Sikap Sopan Santun Dalam Menghadapi Zaman Akhir

Posted on

Nabi Muhammad pernah bersabda : “ semakin bertambahnya tahun maka kerusakan dan fitnah juga akan bertambah ”, jika kita piker-pikir semakin zaman bertambah maka teknologi juga akan semakin bertambah dalam arti semakin canggih tapi jika kita teliti lagi kerusakan dan fitnah juga bertambah bisa kita lihat bagaimana perbedaan tahun 80-an dan tahun 2000-an ini pasti mempunyai perbedaan yang jauh.

Bagi orang-orang yang senang melakukan pelanggaran mereka berpikir semakin zaman maka akan bertambah kenikmatan dan kebaikan tapi jika orang islam yang berpikir maka semakin zaman maka bertambah juga kerusakan dan fitnah itu semua tergantung orang yang melihat dan kepribadian orang itu sendiri.

Karena zaman yang semakin lama semakin rusak maka kiamat pun juga akan semakin dekat oleh karena itu kita harus bisa mempersiapkan diri kita di zaman yang hampir hancur ini dengan keimanan yang kuat karena kalau sampai diri kita tertarik dan ikut pada kerusakan dan perilaku mereka maka kita sudah bisa di katakan gagal dan kesempatan seperti itu tidak datang dua kali karena belum tentu kita bisa mendapatkan kesempatan untuk yang kedua kalinya.

Untuk dapat menghadapi hal itu kita perlu hati yang kuat dan dapat mengantisipasi hal tersebut dengan cara menjadi pejuangnya orang yang baik karena memang menjadi rang yang baik itu sudah cukup tapi karena yang kita hadapi ini kerusakan dunia maka kita harus bisa menjadi pejuanganya orang yang baik karena hal itu bisa dikatakan lebih dari cukup untuk diri kita.

Salah satu hal yang bisa membuat diri kita bisa menjadi pejuangnya orang yang baik yaitu bisa mempunyai hal yang dinamakan “ Sopan Santun “, mengapa harus “Sopan Santun” ? sudah jelas kali bahwa sopan santun bisa membuat orang keras kepala menjadi lemah lembut sudah banyak sekali bukti-bukti yang membenarkan tentang sifat sopan santun ini salah satu contoh yang paling benar adaah nabi Muhammad SAW yang mana di dalam hadist-hadist besar banyak sekali sifat-sifat dan perilaku sopan santun yang dimiliki nabi Muhammad yang mana hal itu semua menjadi contoh dan juga cermin hidup kita untuk menghadapi zaman yang rusak.

Sopan santun adalah suatu kelakuan yang baik yang menguntungkan diri sendiri dan juga orang lain yang mempunyai maksud baik agar suatu percakapan atau perkumpulan bisa lebih baik dan akrab yang mana sifat sopan santun ini hanya di miliki oleh orang yang memang sudah punya sifat ini dari kecil atau mungkin memang punya niat sifat ini di masa mudanya Karena tidak lah mudah bagi seseorang untuk memiliki sifat ini.

Untuk memiliki sifat sopan santun ini kita harus melewati hal-hal atau kebiasaan yang memang harus di lewati dengan hati dan kesabaran yang kuat oleh karena itu sifat sopan santun ini mahal harganya karena hanya bisa di dapatkan oleh orang-orag tertentu saja, dan hasil dari sifat sopan santun ini sangatlah besar sekali karena dengan sopan santun kita bisa menguasai dunia bagaimana bisa? Tentu saja bisa karena memang sopan santun merupakan rajanya sifat karena semua sifat baik berada di dalam sopan santun ini.

Sopan santun dapat di dapatkan dengan beberapa cara yang kecil karena memang sopan santun ini butuh hal yang kecil agar bisa mendapatkan hal besar seperti sopan santun ini sebenarnya sopan santun ini bukan sifat tapi lebih detailnya adalah kumpulan sifat-sifat baik yang jika anda mendapatkan sopan santun ini maka anda bisa dikatakan mendapat semua sifat baik itu.

Dalam banyak nya sifat baik yang ada di dalam sopan santun ada beberapa sifat yang mewakili dari semua sifat baik itu dan sifat inilah yang bisa membuat anda dikatakan memiliki sopan santun ini, berikut :

  1. Perhatian

orang perhatian
Perhatian

Menjadi orang yang perhatian mungkin tidak lah mudah karena semua orang itu mempunyai sifat yang berbeda-beda oleh karena itu tentunya kita harus berbeda-beda pula menanggapi sikap mereka dengan perhatian yang berbeda pula, perhatian ini dalam arti perhatian dan ramah kepada orang seperti : menanyakan kabar, saling bercerita, seru-seruan seperti itulah perhatian itu. Orang yang perhatian akan di sukai banyak orang dan juga mempunyai banyak teman dan itu lebih baik dari pada tidak mempunyai teman sama sekali.

  1. Sabar

menunggu
Sabar

Yang kedua adalah sabar hal ini merupakan sopan santun yang lumayan berat karena sifat ini menyuruh kita untuk menahan diri kita dari kesakitan orang lain ataupun kesakitan dari diri kita sendiri oleh karena itu diperlukan hati yang kuat untuk sopan santun yang ini.

Banyak orang yang mengatakan bahwa sabar itu ada batasannya tapi itu salah sebenarnya sabar itu tidak ada batasannya tapi itu hanya bagi orang-orang tertentu saja memang wajarnya manusia akan marah jika tidak sabar lagi tapi setidaknya kita bisa menahan rasa marah kita dengan hati yang tenang dan pikiran yang dingin oleh karena itu sabar merupakan sopan santu yang memang berat.

  1. Jujur

jujur
Jujur

Dan yang terakhir adalah jujur yang mana sifat ini mewakili beberapa sifat lainnya yang mana jika kita bisa jujur maka kita bisa di percaya dan di amanati oleh orang dan bukan hanya itu saja jujur juga membuat kita menjadi patokan orang-orang yang artinya menjadi juru hukum orang-orang yang ingin di adili.

Jujur merupakan sifat mengatakan dan mengungkapkan sesuatu yang benar dan tidak ada kebohongan dalam arti semua yang dia lakukan itu memang benar dan dipercaya banyak orang tapi terkadang wajarnya manusia itu sulit sekali untuk berkata jujur karena takut hal buruk akan datang pada hal sebenarnya jujur itu sangatlah baik bagi diri kita.

Dan mungkin itlah beberapa sifat yang dapat mewakili diri kita untuk mempunyai sopan santun agar kita bisa menghadapi zaman akhir yang rusak ini, semoga bermanfaat.

Leave a Reply