rica rica ayam mantap
rica rica ayam mantap

Resep Ayam Rica – Rica Pedas Mantap Spesial

Posted on

Hai para netizen setia gedubar, bagaimana kabar kalian hari ini? Tetap ceria dan sehat kan. Pada kesempatan kali ini, saya akan menuliskan artikel tentang cara membuat masakan khas mando yang enak, mantap dan menggoyang lidah tentunya. Sebut saja ayam rica – rica pedas. Siapa yang tak kenal dengan masakan ini. Pasti sudah kenal kan. Mungkin anda pernah mencobanya ketika di rumah bersama keluarga atau ketika di restoran. Pasalnya, masakan ini sudah sangat umum di ketahui dan banyak sekali di sajikan sebagai menu makanan di restoran.

Selain itu, mungkin kita sering melihat masakan ini di warteg bukan? Yap, karena masakan ini sangat cocok menjadi menu makanan di siang hari untuk anda yang sibuktidak sempat masak dan untuk para pekerja kantor yang tidak sempat pulang untuk makan. Jadi, sangatlah cocok bila makanan ini di jadikan menu di warteg.

Resep ayam rica – rica pedas ini, sejatinya memiliki beberapa varian yang siap menjadi pilihan anda. karena, resep yang satu ini sangatlah cocok di kombinasikan dengan berbagai campuran makanan yang relevan denganya. Jadi tak ayal bila banyak sekali berbagai jenis masakan ayam rica – rica yang menggunakan berbagai bahan dalam pembuatanya, namun tetap tidak mengurangi rasa pedasnya.

Perlu di ketahui, bahwa resep ayam rica – rica ini tidaklah rumit dalam pembuatanya, karena sangat cocok untuk yang sudah pro dan yang masih awam dalam bidang masak – memasak. Selain itu, bumbu yang di butuhkan juga tidak perlu muluk – muluk, karena cukup dengan bumbu yang sederhana saja. Namun rasa yang di hasilkan sudah cukup untuk menggoda lidah kita.

Menurut sejarah, resep ayam rica – rica ini, merupakan masakan tradisional nusantara sekaligus masakan andalan asli khas kota Manado, Sulawesi Utara. Menurut tata bahasa orang manado, nama “  Rica “ memiliki arti “ Pedas “ atau “ Cabai “ dan jika nama ini di gabungkan, maka artinya adalah Ayam pedas bumbu cabai. Namun tidak ada yang mengetahui siapa dan apa orang yang telah memberi nama resep tersebut dengan sebutan Ayam rica – rica ini.

rica rica ayam

Seperti itulah sejarah singkat tentang masakan yang akan kita bahas ini, jadi masakan ayam rica – rica memiliki inti rasa pedas yang menjadi ciri khasnya karena memang di dominasi dengan balutan cabai di sekujur tubuh ayamnya. Oke langsung saja kita masuk ke tahap selanjutnya, yakni cara membuat masakan ayam rica – rica spesial mantap. Dari pada penasaran, langsung saja simak di bawah ini.

Bahan – Bahan Ayam Rica – Rica Pedas Mantap

Perhatikan, usahakan untuk menggunakan bahan – bahan yang masih segar dan bagus, agar hasilnya benar – benar mantap untuk menggoyang lidah anda sekeluarga.

  • 3 batang serai, lalu memarkan batang serai tersebut
  • 6 siung bawang putih, lalu cincang sampai halus
  • Jeruk nipis 1 buah, lalu peras dan ambil airnya saja
  • 5 lembar daun jeruk ( yang bagus )
  • 5 sendok makan minyak goreng atau secukupnya, untuk menggoreng.
  • 1 ekor ayam kampung, lalu potong menjadi 8 bagian saja.

Bumbu – Bumbu Ayam Rica – Rica Pedas Mantap

Perlu di ketahui, bahwa bisanya di mando menggunakan cabai khusus atau tertentu untuk membuat sambalnya. Tetapi kita dapat menggunakan jalur alternatif saja, yakni menggunakan cabai merah biasa.

  • Jahe 5 cm
  • Cabai merah 12 biji ( bisa di atur sesuai selera anda )
  • Bawang merah 10 butir
  • 1 sdt garam biasa
  • ½ sdt gula pasir biasa
  • 10 buah cabe rawit biasa.

Pelengkap Sajian Ayam Rica – Rica Pedas Mantap

Untuk urusan pelengkap masakan yang satu ini, biasanya menggunakan nasi bungkus yang masih hangat atau daun kemangi dan timun segar.

Cara memasak Ayam Rica – Rica Pedas Mantap

  • Panaskanlah 5 sendok makan minyak goreng di atas wajan penggorengan, lalu nyalakan api sedang saja.
  • Jika sudah panas, maka masukanlah bawang putih, lalu tumis hingga keluar aroma wangi khasnya.
  • Jangan lupa masukan batang serai, air jeruk nipis, daun jeruk, dll. Lalu tumis hingga matang dan sedap baunya.
  • Masukanlah ayam ( pelan – pelan ) lalu aduk hingga bumbu meresap dan rata pada ayam
  • Tutup wajan penggorengan dan tunggu hingga matang
  • Setelah hidangan telah matang, maka ayam rica – rica pedas mantap siap di sajikan untuk keluarga dengan nasi bungkus, mentimun dan juga daun kemangi. Jika tidak ada nasi bungkus, anda dapat menggunakan nasi putih yang masih hangat dan nikmat.

Cukup mudah bukan cara pembutanya, selain bumbu dan bahan yang di butuhkan tidak terlalu rumit. Cara memasaknya pun juga simpel. Jadi, tak ayal bila masakan ini cocok bagi yang sudah pro dan yang masih awam dalam urusan masak – memasak.

Selain itu, taukah anda bahwa 6 porsi ayam rica – rica pedas mantap, memiliki kandungan kalori per potong sekitar 283 kkal/porsi. Jadi, jangan takut gemuk ya! Selama mengkonsumsinya dengan atauran dan porsi yang tepat serta di imbangi dengan gaya hidup sehat, makanan ini tidak akan membuat anda gemuk kok.

Setelah mengetahui resep ayam rica – rica pedas mantap, jadi tidak ada salahnya bukan, jika anda mencoba resep ini di rumah dengan keluarga tercinta. Karena rasa dan keenakan ayam rica – rica pedas mantap ini, mampu memanjakan lidah anda dan keluarga di rumah. Di jamin mantap deh pokoknya. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda. sekian dan terima kasih atas kunjunganya.

Leave a Reply