Belimbing Wuluh

Khasiat Dibalik Rasa Asam Belimbing Wuluh

Posted on

Halo pembaca setia gedubar.com. pada kesempatan kali ini, saya akan memberikan informasi tentang dunia kesehatan kepada kalian semua. Apakah anda tahu tentang belimbing wuluh (Averrhoa Bilimbi), belimbing wuluh memang sudah populer dengan rasa asamnya dan juga biasa dipanggil dengan belimbing sayur karena biasa dibuat untuk campuran penyedap dan penyegar rasa sayur itu sendiri.

Belimbing Wuluh Segar
Belimbing Wuluh Segar

Tetapi apakah kalian semua sudah mengetahui tentang manfaat dan khasiat dar belimbing wuluh, pasti kebanyakan kalian belum mengetahui manfat dan khasiat dari buah yang satu ini. Nah, kebetulan sekali disini saya akan memberikan informasi tentang manfaat dan khasiat belimbing wuluh kepada kalian semuanya yang mungkin saja bisa menambah wawasan dan juga pengetahuan anda semuanya.

Manfaat dan khasiat belimbing wuluh bagi kesehatan

  1. Mampu menurunkan tekanan darah tinggi

Manfaat belimbing wuluh yang pertama adalah mampu menurunkan tekanan darah tinggi. Manfaat belimbing wuluh yang satu ini tentu saja sangat diinginkan bagi orang- orang yang terkena hipertensi, karena hipertensi adala salah satu penyait yang sangat mengganggu kegiatan aktivitas keseharian kita. Jika seseorang terkena penyakit hipertensi biasanya akan mengalami berbagai gejala yang berbeda- beda, seperti halnya detak jantung berdebar kencang, pusing secara berlebih, rasa pegal- pegal di tengkuk maupun telinga berdengung selalu. Jika anda menghendaki untuk menurunkan tensi darah anda dengan buah yang satu ini, anda bisa melakukannya dengan cara merebus potongan buah belimbing wuluh dan meminumnya rutin setiap hari. Dengan car tersebut maka tensi darah anda akan turun dengan sendirinya.

  1. Bisa menjadi pembantu diet

Jika anda sedang manjalankan program diet, pastikan anda juga mengkonsumsi belimbing wuluh ini ya, karena belimbing wuluh ini mengandung vitamin c dan serat yang tinggi, yang tentu saja akan membantu program diet anda. Kandungan vit c yang terkandung pada belimbing ini akan membantu meningkatkan metabolisme tubuh. Lancarnya proses metabolisme tubuh yang berjalan dengan baik, maka berarti akan membakar lemak dengan baik pula. Kandungan serat yang terdapat pada belimbing wuluh ini pula juga mampu menekan nafsu makan kita, sehingga akan menghindarkan kita dari makan makanan yang berlebihan.

  1. Mampu menjadikan wajah menjadi cerah berseri

Pasti semua orang mengharapkan untuk bisa mempunyai wajah yang cerah berseri, karena ketampanan wajah juga merupakan salah satu faktor kepercayaan diri seseorang. Jadi jika anda menginginkan wajah anda menjadi cerah dan berseri, anda juga bisa memanfaatkan belimbing wuluh ini sebagai masker agar wajah anda menjadi cerah berseri. Anda hanya perlu menghancurkan dua sampai tiga buah belimbing wuluh ini sampai benar benar halus, dan menggunakannya seperti masker diwajah anda. Jika menurut anda masih terlalu kental, anda juga bisa menambahkan sedikit campuran air hangat agar tidak terlalu kental. Menurut sumber informasi yang saya dapatkan, anda bisa membuatnya maksimal jika rutin dipakai sebelum tidur.

  1. Mampu menjadi obat batuk

Siapa yang disini pernah mengalami batuk, pasti kalian semua pernah mengalaminya karena batuk adalah penyakit yang biasa di derita oleh kebanyakan masyarakat. Apalagi jika musim penghujan sudah tiba, biasanya pada saat- saat itulah batuk dan pilek mulai menyerang manusia. Tapi siapa sangka bahwa buah belimbing wuluh ini juga mampu menjadi obat penyembuh batuk. Jika anda mau untuk mencobanya anda bisa mencobanya dengan cara merebus belimbing wuluh yang sudah dipotong- potong yang dicampur dengan gula, lalu saring dan ambil airnya saja dan menumlah air saringan tersebut dua kali sehari sebelum makan. Dengan cara tersebut, saya jamin selama tiga hari berikutnya batuk anda akan hilang dengan sendirinya.

  1. Mampu menjadi obat penyakit kencing manis

Kencing manis atau yang biasa kita panggil dengan penyakit diabetes adalah salah satu penyakit mematikan yang biasanya menyerang orang yang usia lanjut. Penyakit ini bisa terjadi apabila kita memiliki kadar gula yang sangat tinggi di tubuh kita, sehingga kadar gula darah tersebut menjadi penyakit kencing manis. Dan didalam belimbing wuluh ini terdapat kandungan saponin dan flavonin yang bermanfaat untuk meningkatkan produksi insulin didalam pankreas yang nantinya mampu mencegah naiknya kadar gula darah dalam tubuh manusia. Cara pengolahannya pun cukup sederhana, anda hanya perlu meminum air rebusan belimbing wuluh yang sudah dipotong- potong secara rutin setiap hari.

  1. Mampu menjadi obat sakit gigi

Belimbing wuluh ternyata juga bisa kita manfaatkan sebagai obat sakit gigi lho. Biasanya sakit gigi itu ditimbulkan oleh bakteri yang berkembang di gigi yang berlubang. Dan didalam belimbing uluh ini mengandung kandungan yang sangat baik untuk melawan bakteri jahat yang meruak gigi kita, sehingga gigi kita tidak akan berlubang dan sakit lagi. Anda bisa memanfaatkan belimbing wuluh ini dengan cara menumbuk halus lalu memetakkanya di gigi anda yang berlubang, walaupun memiliki rasa asam yang sangat tinggi, namun ini hanyalah cara alternatif jika cara utama anda tidak manjur.

  1. Mampu menghilangkan panu pada kulit

Apakah anda adalah salah satu dari orang yang memiliki panu pada kulit anda, jika iya anda jangan khawatir, karena disini saya akan memberitahu kepada kalian semua yang memiliki panu pada kulit anda. Biasanya panu tumbuh pada bagian leher, punggung, bahu, wajah dan lain sebagainya.

Anda bisa memanfaatkannya dengan cara menumbuk halus belimbing wuluh yang sudah dicampuri kapur sirih, dan oleskan pada bagian kulit anda yang terkena panu. Dengan begitu, jika anda mau merutinkannya setiap hari, maka panu anda akan hilang dengan sendirinya.

Itulah beberapa manfaat dari belimbing wuluh, sebenarnya masih ada banyak lagi, mungkin bisa dilanjutkan lain waktu.

Terima kasih telah membaca pada postingan saya kali ini dan sampai jumpa.

Leave a Reply