Desain Rumah Sakit Modern Ibu Dan Anak

Desain Rumah Sakit Modern Ibu Dan Anak + Warna Properti Fasilitas Rumah Sakit

Posted on

Rumah sakit selama ini dikaitkan dengan bangunan yang seram dan mencekam. Lorong – lorong yang panjang dan gelap, sepi dan ada kamar mayat menjadi bumbu – bumbu cerita yang mengerikan tentang rumah sakit.

Datang ke rumah sakit jika saking tidak terpaksa karena sakit atau karena sedang ingin ada menjenguk keluarga atau kerabat yang sakit pasti setiap orang enggan untuk ke sana. Rumah sakit yang selalu dikaitkan dengan mistis dan menyeramkan membuat orang takut untuk berkunjung ke sana.

Oleh karena itu, membuat desain rumah sakit modern diperlukan ide – ide yang fresh baik mengenai interior maupun eksterior bangunan. Selain desain rumah sakit modern tersebut akan terlihat lebih indah, fasilitias pelayanan dan kenyamanan juga harus diperhatikan.

Rumah sakit identik dengan lorong – lorong yang panjang. Cerita seram dibalik lorong rumah sakit yang ada di film malah memperburuk pandang terhadap rumah sakit. Lorong juga sudah pasti masih menjadi bagian dari desain rumah sakit modern. Supaya lorong tidak berkesan menakutkan lagi bisa dilakukan perubahan view. Misal jika lorongan terdapat di luar ruangan, maka bisa menambahkan taman yang indah di sebelahnya. Gunakan tanaman hias yang indah dan hindari menanam pohon yang besar dan tinggi agar taman tidak terkesan menakutkan juga.

Jika lorong terdapat di bagia dalam rumah sakit, pasang penerangan yang cukup dan gunakan warna dinding yang cerah. Bisa juga menambahkan ornament atau wallpaper dengan motif yang menarik juga supaya menambah nilai interior rumah sakit modern.

Penataan ruangan juga harus diperhatikan. Ruangan untuk IGD, ibu hamil, lansia dan disabilitas sebaiknya di taruh di lantai bawah agar pelayanan terhadap mereka lebih mudah. Letak apotek juga harus strategis dan mudah dijangkau oleh semua pasien.

Desain rumah sakit modern juga harus menyediakan fasilitas penting seperti tempat parkir, tempat ibadah, kantin dan juga ruang terbuka hijau. Selain itu ruang dokter, ruang laboratorium, kamar mayat, kantor dan sarana lain juga harus tersedia. Bila perlu disediakan pula ruang khusus seperti ruang merokok dan ruang hiburan. Meski disediakan ruang hiburan namun ketenangan dan kenyamanan para pasien juga tidak boleh terganggu. Ruang hiburan ini hanya sebagai sarana hiburan disaat para dokter atau perawat jenuh dengan padatnya kegiatan di rumah sakit. Ruang hiburan ini juga bisa digunakan untuk pengunjung agar keluarga pasien yang lelah menunggu bisa mendapatkan hiburan di sana.

Desain rumah sakit modern ini bisa membuat pandangan yang seram dan mencekam rumah sakit bisa berubah menjadi tempat yang menarik untuk dikunjungi.

Beberapa Tips Memilih Desain Interior Untuk Rumah Sakit Ibu Dan Anak

Rumah sakit adalah tempat yang paling penting yang di gunakan untuk menolong setiap orang. seperti namanya, rumah sakit adalah rumah yang di dalamnya di gunakan untuk memberikan perawatan yang terbaik agar anda dapat dengan mudah mendapatkan segala hal dengan baik dan benar. Maka tidak heran jika saat ini banyak sekali rumah sakit yang menawarkan banyak fasilitas dan lingkungan yang lebih sehat dari pada rumah yang biasa. dengan fungsi utama dari rumah sakit, tentunya banyak hal yang harus anda sesuaikan dengan baik untuk memberikan kemudahan bagi siapapun yang datang ke tempat ini. rumah sakit adalah rumah yang di peruntukan bagi siapapun yang datang agar mendapatkan kemudahan dengan baik. dengan ini anda dapat dengan mudah memberikan semua hal dengan baik dan benar. Namun, ada hal yang harus anda perhatikan dalam pembangunan atau pemilihan ruangan yang ada di rumah sakit. Rumah sakit sendiri memiliki banyak ruangan yang setiap ruangan memiliki perbedaan fungsi di dalamnya.

Desain Interior Rumah Sakit Modern Ibu Dan Anak

Dengan keberagaman dari fungsi rumah sakit ini membantu setiap orang dapat dengan mudah menentukan setiap hal lebih baik. dengan kemudahan inilah bagi setiap orang yang datang ke rumah sakit sehingga dapat di atasi dengan baik. namun, bagaimana dengan ruangan rumah sakit yang mengkhususkan untuk ibu dan anak?? Apakah berbeda dengan ruangan lainnya yang ada di rumah sakit?? Sebenarnya tidak ada yang membedakan antara ruangan ibu dan anak dengan ruangan lainnya yang ada di rumah sakit. Jika di ruangan tempat lainnya di jaga ke strelisasiannya dan kebersihannya, begitu juga dengan ruangan yang ada untuk ibu dan anak. Ruangan ini akan lebih terjaga dan lebih baik karena dengan banyaknya kondisi ibu yang habis melahirkan dan bayi mungil yang masih rentan dengan kondisinya membuat banyak hal yang harus anda perhatikan. Perhatiaan ini tentunya harus di sesuaikan dengan adanya interior yang di gunakan. maka tidak ada salahnya jika anda menggunakan tips memilih desain interioruntuk rumah sakit ibu dan anak agar lebih baik dalam menjaga kondisi keduanya.

Dengan menggunakan tips memilih desain interior untuk rumah sakit dan anak akan sangat membantu anda dengan baik. kenapa?? Hal ini di karenakan dengan kondisi setiap orang yang banyak tidak betah saat berada di rumah sakit. Dengan keadaan ini akan sangat membatasi gerak gerik yang ada di empat ini. maka tidak heran jika banyak orang yang tidak betah tinggal d rumah sakit. Namun, jika rumah sakit yang di gunakan bisa mengaplikasikan dengan baik setiap hal akan membantu siapapun dengan baik. berikut ini beberapa tipsnya:

1. Menggunakan desain ruangan yang rapi

Dengan ruangan yang rapi akan membuat setiap tatanan ruangan dalam ruangan ibu dan anak akan terlihat lebih nyaman dan lebih baik. dengan ini akan membuat kesan dan suasana lebih nyaman jika di bandingkan dengan rumah sakit lainnya.

2. Interior ruangan yang full color.

Dengan ruangan yang menggunakan full color akan membantu dengan baik setiap hal yang anda inginka. Penggunaan warna yang baik dan tepat akan membantu pemulihan pasien dengan baik dan selama penyembuhan akan membuat betah dan nyaman.

3. Minimalis ruangan yang unik

Dengan desain ruangan yang unik akan membantu setiap proses yang di gunakan lebih baik dan nyaman. dengan bentuk kenyamanan yang di ciptakan dari bentuk unik ini akan menambah suasana lebih baik. selain itu, si kecil yang menyukai hal yang unik akan mempengaruhi penyembuhan dan psychology si kecil.

Itulah beberapa tips memilih desain interior untuk rumah sakit ibu dan anak agar lebih baik mendapatkan perawatan yang lebih baik dengan penyembuhan yang tepat. Dengan adanya hal yang menarik untuk para ibu dan anak- anak akan sangat bermanfaat dengan adanya penggunaan interior yang tepat. Jadi, anda tidak perlu takut lagi untuk mendapatkan perawatan yang lebih baik dengan kondisi anda.

Warna yang Tepat untuk Properti Fasilitas Rumah Sakit

Memilih warna untuk property fasilitas rumah sakit tidak bisa sembarangan. Ada beberapa warna yang sebaiknya jangan digunakan seperti warna hitam, merah dan hijau. Karena percaya tidak percaya, warna memiliki pengaruh terhadap psikologi seseorang. Tidak hanya berdampak pada psikologis pasien tetapi juga berdampak pada psikologis dokter dan perawat. Oleh karena itu pilihlah warna yang tepat untuk property fasilitas rumah sakit.
Warna yang harus dihindari pertama adalah warna hitam. Menurut Dina Hartadi, Dewan Pembina Himpunan Desain Interior Indonesia (HDII) dalam seminar “Psycology of color: hospital and health facility,” dia menuturkan warna hitam menyimbolkan kematian. Setiap pasien yang datang ke rumah sakit pasti menginginkan perawatan yang baik untuk kesembuhanya.

Namun penggunaan warna hitam untuk property fasilitas rumah sakit bisa menimbulkan persepsi yang negative bagi psikologi pasien. Warna yang harus dihindari selanjutnya adalah warna merah. Warna merah identik dengan warna darah. Penggunaan warna merah bisa menyebabkan perasaan traumatic terhadap psikologi pasien. Oleh karena itu sebaiknya hindari penggunaan warna merah ini.

Di beberapa rumah sakit, warna hijau biasanya digunakan pada beberapa property fasilitas seperti pakaian dokter atau perawat dan juga ruangan klinikal. Warna hijau memang bisa menimbulan kesan natural. Tetapi warna hijau ini menurut Dina sebaiknya jangan diguanakan untuk property fasilitas rumah sakit karena warna hijau reflek pada kulit manusia akibatnya dokter bisa salah dalam melakukan diagnosa terhadap pasien. Ini tentu akan sangat membahayakan, karena salah diagnosa juga akan berbuntut panjang pada penanganan masalah kesehatan pasien.

Lalu apa warna yang tepat untuk property fasilitas rumah sakit?
Menurut Dina, warna yang tepat untuk property fasilitas rumah sakit adalah warna – warna pastel atau warna – warna yang lembut. Warna tersebut bisa merupakan warna yang tepat karena bisa menciptakan kenyamanan bagi pasien.

Rumah sakit sebagai tempat untuk perawatan dan penyembuhan memang sudah seharusnya memberikan tempat dan fasilitas yang nyaman bagi pasien. Salah satu kenyamanan pasien ini bisa didapatkan dari pemilihan warna yang tepat untuk property fasilitas rumah sakit.

Gravatar Image
Pemuda desa yang ingin berkarya untuk diri sendiri, keluarga, agama dan negara. Memulai dari yang kecil dan selalu bermimpi untuk bisa sukses dunia dan akhirat. Salam dari Anak Desa Rejeki kota

Leave a Reply