Warna untuk Interior Rumah
Warna untuk Interior Rumah

Memilih Warna Untuk Interior, Ruang Tamu dan Bagian Depan Rumah Minimalis

Posted on

Memilih Warna untuk Interior Rumah

Permainan warna bisa membuat tampilan interior rumah semakin indah. Tetapi untuk melakukan permainan warna, keselarasan masing – masing warna juga harus diperhatikan. Tidak hanya berpaku pada warna dinding, pemilihan warna furnitur juga bisa mempengaruhi keselarasan warna tersebut.

Ada beberapa hal yang patut diperhatikan dalam memilih warna untuk interior rumah:

  1. Mulai dari bagian yang paling luas

Memilih warna untuk interior sebaiknya dimulai dari bagian yang paling luas di dalam rumah tersebut. Mulai dari lantai, dinding hingga langit – langit. Lantai mengambil peran yang sangat penting untuk warna interior yang lain.

Jika lantai menggunakan warna yang lembut, maka untuk warna lain seperti warna dinding dan warna furnitur juga harus memiliki warna yang senada. Jika lantai menggunakan warna yang hangat dan agak gelap, maka interior lain juga bisa menggunakan warna yang selaras tetapi jangan terlalu gelap supaya tidak membuat kesan ruangan menjadi sempit.

  1. Gunakan palet warna

Terkadang seseorang sangat sulit untuk menentukan warna interiornya. Hal ini bisa disebabkan penguasaan warna yang dimilikinya kurang. Padahal ada ribuan warna yang bisa dipilih untuk interior ruangan. Dengan menggunakan bantuan dari palet warna anda bisa mengetahui lebih banyak warna yang bisa dipadupadankan untuk menciptakan kombinasi warna yang indah untuk interior rumah.

  1. Gunakan warna emas, tembaga dan perak

Emas, tembaga dan perak juga merupakan bagian dari warna. Ketika kesulitan memberikan warna pada interior, warna – warna tersebut bisa menjadi solusi untuk mencari jalan keluar ketika kesulitan memilih aksesoris. Warna emas, tembaga dan perak biasanya digunakan pada aksesoris meja makan, meja tamu dan berbagai furnitur lainya.

Hiasan dinding juga banyak yang menggunakan warna tersebut untuk menciptakan kesan mewag, glamor dan elegan. Namun pemilihan warna tersebut juga sebaiknya disesuaikan dengan konsep rumah anda. Jangan sampai pemilihan warna tersebut menghilangkan konsep rumah yang anda pilih.

Desain minimalis dan sederhana biasanya sedikit menghindari warna glamor jadi jika rumah anda menggunakan konsep tersebut sebaiknya jangan menggunakan warna yang glamor untuk interior rumah anda.

Warna Cat Yang Bagus Buat Rumah Minimalis

Karena menjadi bagain rumah yang bisa menampilkan kesan yang bagus, warna cat dinding pada rumah minimalis ini harus di perhatikan dengan baik. Kombinasi warna cat rumah yang tepat juga akan mempengaruhi penampilan rumah hunian yang telah anda miliki. Cat tembok yang di dalam rumah ( interior ) maupun juga cat rumah yang ada di luar (eksterior ) merupakan elemen yang sangat penting sekali yang dapat menentukan model dari tiap tiap bangunan.

Pada kenyataaanya dalam proses pemilihan warna cat rumah tidaklah mudah seperti yang telah di bayangkan. Apalagi ketika sedang menentkan warna yang sangat dominan untuk rumah hunian anda. Biasanya yang sangat membingungkan adalah dalam proses memadukan dua jenis warna cat atau lebih yang akan di gunakan pada rumah. Oleh sebab itu akan sangat baik jika anda sebelum membangun rumah sebaiknya rencanakanlah tentang kombinasi warna yang cocok untuk rumah anda.

Warna Cat Interior Rumah Ungu
Warna Cat Interior Rumah Ungu

Pada setiap tema dan konsep rumah minimalis sering kali di temukan contoh perpaduan warna cat rumah dan cat tembok. Memadukan berbagai warna cat akan sangat baik untuk desain rumah yang anda huni. Dengan menerapkan perpaduan warna cat rumah akan semakin memperjelas konsep rumah minimalis yang anda punya sehingga setiap bagian rumah anda akan terlihat sangat jelas. Selain itu juga, dengan menerapkan kombinasi warna yang tepat akan dapat menampilkan kesan yang elegan, mewah dan keren.

Lalu apakah rumah anda terlihat suram….?

Jika rumah yang anda miliki terlihat suram,maka tidak ada salahnya jika anda ingin mengganti warna yang lama dengan warna cat yang baru. Hasilnya akan sangat bagus jika rumah anda menggunakan warna cat yang baru, namun hal itu bisa terwujud jika anda bisa tepat dalam memilih warna cat. Dan pada postingan ini kita akan memberikan informasi menganai bagaimana memilih warna cat yang nantinya akan di gunakan untuk mengecat rumah agar bisa terlihat mewah dan elegan.

Warna putih

Warna ini merupaka warna yang netral dan bisa di padu padankan denga beberapa warna yang lain. Bagi anda yang memiliki jiwa senang dengan kebersihan serta menginginkan kesan rumah simpel dan lapang, maka warna ini adalah warna yang tepat untuk mewujudkan keinginan anda. Akan tetapi dalam penggunaan warna ini janganlah berlebihan karena bisa menimbulkan kesan yang kaku dan tidak bersahabat. Serta jangan sampai ada seorang tamu beranggapan bahwa berkunjung ke rumah anda seakan akan mengunjungi rumah sakit.

Warna cat rumah yang bagus dan menarik

Warna Abu- Abu – Warna ini merupakan warna yang sedang booming dan juga ngetrend pada rumah minimalis. Warna ini mampu menghadirkan rasa nyaman dan tentram bagi pemiliknya serta bisa menampilkan kesan luas pada rumah anda. Akan tetapi dalam proses penggunaan warna jangan terlalu berlebihan, seperti halnya warna putih, warna ini juga bisa memberikan kesan yang kaku dan dingin jika penggunaan warna terlalu banyak.

Warna hitam

Sangat menabjubkan sekali jika menggunakan warna ini, karena warna hitam mampu memberikan kesan yang kokoh elegan, gagah serta bisa memberikan efek melindungi rumah. Akan tetapi warna ini tidak di rekomendasikan untuk seluruh ruangan yang ada di dalam rumah. Jika seluruh rumah menggunakan warna ini maka rumah anda akan terlihat angker dan juga bersahabat dengan nyamuk.

Warna kuning

Warna yang bisa menampilkan kesan yang penuh semangat, enerjik dan mewah. Warna ini sangat identik dengan warna emas karena melambangkan kemakmuran. Warna ini bisa di gunakan pada ruang kerja anda.

Warna orange

Warna ini bisa menampilkan kesan bahagia, ceria dan penuh semangat. Warna ini akan sangat bagus jikan di gunakan pada ruang makan.

Warna coklat

Warna ini banyak di sukai oleh beberapa orang karena mampu memberikan kesan yang hangat, tenang dan nyaman. Warna ini sangat cocok di gunakan pada ruang keluarga atau ruang tamu. Anda bisa menggunakan warna ini pada ruang yang agak luas agar ruangan tersebut tidak terkesan sepi dan dingin.

Warna biru

Warna ini merupakan warna yang sangat favorit. Kesan nyaman, sunyi dan tenang bisa anda dapatkan jika rumah anda meggunakan warna ini. Selain itu warna ini bisa menjadikan ruangan anda yang dulunya sempit bisa terlihat luas. Akan sangat cocok sekali jika di gunakan pada kamar tidur utama anda. Namun penerapannya harus dengan di kombinasikan dengan warna lain, perpaduan warna ini mampu menampilkan kesan yang indah serta bisa menciptakakn karya seni yang bagus pada rumah hunian anda.

Ruang Tamu Warna Warni

Kritikan orang yang pedas selain kamar mandi dan dapur adalah ruang tamu. Ya, bagaimana tidak ruang yang satu ini adalah yang pertama kali mereka rasakan ketika bertamu. Ruang tamu di dalam sebuah rumah biasanya juga merupakan ruang yang multifungsi. Artinya ruangan ini diciptakan bukan untuk menjamu tamu saja tetapi juga bisa menjadi ruang keluarga, ruang menonton TV, ruang kumpul – kumpul, ruang bermain anak dan lain sebagainya.

Kebanyakan orang membuat ruang tamu dengan desain yang minimalis dan warna yang monoton. Warna yang monoton ini bisa membuat suasana di ruang tamu lama kelamaan menjadi membosankan. Oleh karena itu cobalah untuk lebih berani berkreasi dengan warna. cobalah untuk menciptakan ruang tamu warna warni sehingga nuansa yang diciptakan bisa berbeda.

Ruang tamu warna warni bisa memberikan efek yang bagus untuk mood seseorang. Permainan warna warni yang cerah bisa membuat mood menjadi positif. Warna cerah juga bisa membangkitkan keceriaan di dalam rumah.

Warna Ruang Tamu Rumah Minimalis
Warna Ruang Tamu Rumah Minimalis

Ruang tamu warna warni bisa didapatkan dari cat dinding yang lebih berani seperti biru muda, pink, kuning, hijau dan lain sebagainya. bisa pula di dapatkan dari permainan warna furnitur yang mengisi ruang tamu.

Yang perlu diperhatikan di sini adalah permainan warna yang anda buat harus memiliki keselarasan dengan warna dinding rumah dan konsep rumah. keharmonisan satu warna dengan warna lain bisa membuat suasana interior ruang tamu juga berubah. jika permainan warna warninya cocok maka akan membuat suasana rumah yang baru yang lebih full color tentunya. Tetapi jika perpaduanya kurang tepat bisa jadi malah membuat mood menjadi kurang enak karena banyak warna yang bertubrukan sana sini.

Ruang tamu warna warni bagi sebagian orang mungkin akan menghasilkan persepsi yang berbeda. Ada yang memiliki persepsi positif ada pula yang negatif. Namun berkaca dari tren saat ini. permainan warna juga banyak dilakukan oleh para trendsetter untuk membuat model atau desain baru yang lebih bergaya. Seperti yang dilakukan para bintang K-Pop, meski mereka menggunakan warna warni yang bertubrukan namun karena dikemas dengan tampilan ya

Warna Cat Yang Bagus Untuk Rumah Minimalis Bagian Depan

Bagian rumah pertama kali yang bisa menampilkan kesan keindahan dan kenyamanan pada setiap rumah adalah bagian depan. Kondisi ini membuat para pemilik rumah menghias bagian depan rumah mereka agar terkesan indah. Namun keindahan dan juga kesan mewah pada rumah sangat tergantung dari pemilihan warna cat rumah yang akan di gunakan. Meskipun pada bagian depan rumah bisa menampilkan kesan luas dan elegan namun akan tidak bisa berarti jika tanpa menggunakan pilihan warna cat rumah yang selaras dan serasi. Secara umum warna cat yang di gunakan pada setiap rumah akan mengikuti bentuk dokorasi maupun kntruksi rumah.

Demikian juga dengan desain rumah mewah sederhana yang menonjolkan pola warna yang modern. Yang di sebut kombinasi warna adalah kunci utama dalam mendapatkan warna cat yang bagus dan sesuai dengan selera pada bagian depan rumah. Pada umumnya hampir sama seperti yang di alami oleh para pemilik rumah yang merasa bingung pada waktu memilih warna yang akan di gunakan pada bagian depan rumah. Kondisi ini membuat para pemilik rumah selalu berupaya mencari warna yang bagus yang bisa di terapkan pada bagian depan rumah mereka.

Warna Cat Rumah Minimalis Bagian Depan
Warna Cat Rumah Minimalis Bagian Depan

Sering kali kita temukan bahwa hampir pada setiap desain rumah minimalis memiliki interior dan konstruksi yang hampir sama antara satu rumah dengan rumah yang lainnya. Namun dengan cara memadukan warna cat anda bisa membuat kondisi rumah anda bisa terasa berbeda dengan rumah lainnya. Sebagai bagian rumah yang berpengaruh ketika seorang tamu memandang rumah maka sisi iniliah yang pertama kali perlu di perhatikan keindahannya karena menyangkut karakter dari si pemilik rumah. Untuk bisa mendapatkan hasil yang maksimal anda harus memperhatikan desain teras dan taman rumah.

Dan sangat penting juga untuk menyeimbangkan antara bagian luar ( eksterior ) dan dalam ( interior) rumah yang sesuai dengan kegunaan pada setiap ruangan. Umumnya warna cat yang di gunakan pada bagian depan rumah juga akan di padukan dengan warna pagar rumah mewah. Dan perpaduan dua komponen tersebut harus di selaraskan dengan kondisi dan situasi lingkungan sekitar rumah. Baganimanapun juga kondisi lingkungan sekitar bisa juga jadi bahan pertimbangan untuk pemilihan warna eksterior rumah.

Warna cat rumah minimalis tampak depan

Hal yang berhubungan dengan pemilihan warna cat rumah akan mendapatkan perhatian yang fundamental. Pasalnya pada zaman modern ini jenis warna cat di ciptakan dengan berbagai warna yang bisa di gunakan pada setiap bagian rumah. Tentunya cat yang di gunakan untuk interior rumah alangkah baiknya jangan di gunakan pada bagian eksterior. Secara spesifik cat yang di gunakan pada rumah minimalis bagian depan biasanya di pilih dari berbagai jenis yang terbuat dari bahan bahan tertentu. Biasanya untuk cat eksterior rumah memakai bahan yang tahan terhadap berbagai macam cuaca dan bisa melindungi dari panasanya sinar matahari.

Agar warna cat rumah pada bagian depan rumah bisa tahan lama setidaknya dalam kurun waktu lima tahun, pastikanlah bahwa jenis cat yang anda pilih mengandung bahan akrilik murni yang bisa membuat warna cat rumah minimalis bagian depan daya tahannya lebih lama. Pergantian cuaca antara hujan dan panas menuntut cat yang di gunakan pada bagian luar rumah sebaiknya terdapat anti-uv serta anti jamur. Selain itu hal yang tidak kalah penting dalam warna bagian depan rumah adalah permaina warna tersebut.

Kombinasi warna cat rumah minimalis bagian luar

Banyak sekali manfaat dari setiap warna yang di gunakan pada tembok rumah, semisal contoh warna cat yang cerah akan menampilkan energi yang positif bagi para pemilik rumah minimalis tersebut. Kemudian warna yang bisa menciptakan kesan cerah dan hidup seprti warna merah marun, hijau lumut danabu misty. Setiap warna bisa menyiratkan makna khusus dan alangkah baik jika menggunakan makna tersebut. Sebagai contoh warna putih yang bisa menunjukkan bahwa penghuni rumah sangat menghormati kebersihan.

Dan untuk warna cat pada rumah minimalis yang anggap warna yang netral ialah warna abu abu yang menonjolkan kesan tentram. Selain itu warna tersebut jika di aplikasikan pada bagian depan rumah bisa menciptakan kesan millenium. Sedangkan warna hijau muda dapat menimbulkan kesan kedekatan dengan suasana alam, kesan kedamaian dan keteduhan. Selanjutnya warna yang terakhir adalah warna biru, warna biru terang ini biasanya di gunakan pada rumah minimalis karena bisa memberikan kesan modern.

Contoh Warna Cat Rumah Minimalis Bagian Depan

Contoh Warna Cat Rumah Minimalis Bagian Depan Membangun sebuah rumah pastinya akan lebih indah jika si pemilik rumah memberi warna cat rumah sehingga terlihat lebih indah untuk dipandang karena warna cat rumah menentukan nilai keindahan tersendiri pada rumah tersebut. Pada kali ini, kami akan memberikan informasi seputar warna cat untuk rumah minimalis. Untuk menentukan warna cat rumah minimalis yang baik tidakla sebentar, jadi tidak jarang juga orang yang ingin membangun rumah menghabiskan waktu yaang tidak sebentar agar istananya yang dibangun menjadi sedap dipandang nan indah.

Dalam menentukan warna cat rumah minimalis, ada banyak pertimbangan diantaranya bisa dari kebutuhan, selera, ataupun dari selera si pemilik rumah tersebut. Jika memberi warna cat rumah minimalis tampak depan sudah terlihat begitu cantik menarik dengan pilihan warna yang tepat, maka orang yang sekedar melihat rumah anda akan merasa yakin jika bagian dalam rumah tersebut jauh terlihat lebih cantik.

Contoh Warna Cat Rumah Minimalis Bagian Depan
Contoh Warna Cat Rumah Minimalis Bagian Depan

Sebagian orang menganggap bahwa cat rumah yang indah untuk rumah minimalis ialah warna netral karena warna netral menjadi warna favorit dan warna netral tersebut sangat cocok apabila dikombinasikan dengan warna yang menurut anda itu bagus, lebih tepatnya sesuai selera anda. Beberapa contoh warna netral yakni seperti krem, putih, dan abu-abu. Rumah minimalis tentunya memiliki ukuran yang sederhana dan tidak terlalu besar, oleh karena itu apabila anda salah dalam memilih dan menentukan warna cat rumah untuk rumah minimalis anda, resikonya pasti akan berdampak pada rumah anda yang akan terlihat lebih sempit. Oleh sebab itu, usahakan menghindari warna yang gelap, karena warna gelap itu akan membuat rumah terlihat lebih sempit dan bisa mengurangi kenyamanan anda.

Apabila saat ini anda masih ragu dalam menentukan warna cat rumah minimalis, disini kami terdapat beberapa gambar warna cat rumah minimalis tampak depan yang dirangkum dari berbagai sumber yang kami dapatkan.

Kami telah menjelaskan seperti yang diatas bahwa warna netral menjadi warna favorit. Selain itu, warna netral juga dapat membuat rumah anda akan terlihat lebih mewah, modern, dan elegan. Warna inilah yang cocok untuk anda yang telah menginginkan rumah minimalis yang sederhana tetapi terlihat modern dan elegan.

Warna cat rumah cerah.

Tidak ada salahnya jika anda memilih warna yang cerah, jika anda ingin sentuhan yang berbeda pada warna cat rumah minimalis anda. Tidak hanya sekedar menentukan warna yang cerah, akan tetapi anda harus lebih cerdas dalam memilih untuk mengkombinasikan warna yang cocok, karena jika warna yang anda kombinasikan tidak cocok, maka rumah anda bukannya terlihat cantik malah akan menjadi terlihat aneh.

Jangan khawatir, masih banyak warna lain yang dapat anda pilih sesuai selera hati anda, dan yang pasti sebelum anda menentukan warna cat rumah minimalis, alangkah lebih baiknya jika anda konsultasikan kepada desaigner atau ahlinya terlebih dahulu warna cat rumah minimalis yang cocok, sehingga warna cat anda anda pilih nanti akan sesuai dengan keinginan anda, dan kalau sudah sesuai maka akan terasa lega dan hati pun ikut senang.

Demikian beberapa contoh warna cat rumah minimalis yang bisa anda gunakan untuk referensi dan mempertimbangkan dalam mempercantik rumah idaman kesayangan anda.

Kombinasi Warna Cat Yang Bagus Untuk Rumah Minimalis

Warna cat untuk rumah minimalis merupakan salah satu unsur sebuah rumah yang memang harus di perhatikan ketika sedang membangun rumah minimalis dengan gaya modern. Dalam proses pemolesan warna cat pada rumah minimalis, ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan. Hal ini agar polesan yang anda terapkan pada rumah tersebut bisa membuat pemilik rumah merasa nyaman ketika tinggal di dalamnya.

Selain mempertimbangkan warna dan kualitas cat yang di gunakan, anda juga patut memikirkan tentang model polesan pada rumah tersebut. Tentunya dalam proses pewarnaan pada rumah minimalis modern ini, anda tidak cukup jika memakai satu warna cat saja, akan tetapi dalam proses pewarnaan dan pemolesan rumah anda juga di tuntut untuk mengkombinasikan berbagai macam warna agar rumah minimalis anda terlihat cantik dan mewah.

Warna Cat Rumah Minimalis
Warna Cat Rumah Minimalis

Kombinasi warna cat eksterior rumah minimalis

Pada umumnya rumah minimalis memakai konsep gradasi warna untuk membikin rumah terasa nyaman dan indah. Walaupun begitu, dalam menerapkan dan memilih warna anda tidak boleh memilih secara sembarangan. Jika asal piih warna cat, maka bisa jadi kombinasi warna cat untuk rumah minimalis anda akan terlihat berantakan sehingga menyebabkan rumah hunian anda tampak sangat jelek.

Sebelum menentukan warna cat yang akan di kombinasikan, alangkah baiknya anda mengetahui suasana seperti apa yang di inginkan di dalam ruang tersebut, sehingga dengan demikian fungsi dari tiap tiap ruangan bisa tersampaikan dengan sangat baik. Setelah itu anda dapat menentukan warna cat yang akan anda gunakan untuk memoles beberapa ruangan pada rumah yang anda miliki.

Model warna cat rumah minimalis terbaru

Pada saat ini yang lagi ngetrend dalam pengecatan rumah minimalis adalah model cat rumah outdor dan indoor. Pastinya bagi sebagian kalangan masyarakat model ini masih begitu asing di telinga mereka. Model cat outdoor dan indor yang di gunakan pada rumah minimalis adalah tehnik mengecat yang menggunakan warna yang berbeda pada dalam dan luar rumah sehingga rumah terssbur bisa kelihatan mewah dan elegan.

Akan tetapi jika anda ingin menggunakan model warna tersebut pada rumah hunian ada beberapa hal yang harus anda perhatikan, usahakan warna cat dalam dan luar rumah menggunakan warna yang tidak begitu kontras sehingga rumah tersebut bisa memberikan kesan elegan. Misal warna yang kontras yaitu anda bisa menggunakan warna putih pada indor rumah dan warna abu abu sebagai warna outdoor rumah minimalis anda.

Selain itu dalam menentukan pilihan warna cat untuk rumah minimalis tidak boleh ragu karena keraguan ini bisa menyebabkan rumah hunian anda akan terkesan biasa biasa saja. Janganlah takut ketika sedang mengkombinasikan warna cat pada rumah, asal warna yang di gunakan tidak terlau kontras pasti rumah anda masih tetap terlihat mewah dan indah.

Gunakanlah warna cat dengan konsep gelap terang hal inin bisa membuta rumah anda benar benar akan tampak hidup. Namun untuk warna yang terang sebaiknya jangan memilih warna yang terlalu moncolok karena warna tersebut bisa membikin rumah anda terkesan norak. Sekian yang dapat kami sajikan mengenai kombinasi warna cat rumah minimalis dan semoga bisa bermanfaat bagi anda. Terima kasih

Gravatar Image
Pemuda desa yang ingin berkarya untuk diri sendiri, keluarga, agama dan negara. Memulai dari yang kecil dan selalu bermimpi untuk bisa sukses dunia dan akhirat. Salam dari Anak Desa Rejeki kota

Leave a Reply