Sambung nyawa
Sambung nyawa

Manfaat dan Khasiat Daun Sambung Nyawa Bagi Kesehatan Manusia

Posted on

Halo pembaca setia gedubar.com. kembali lagi dengan saya di kesempatan yang berbahagia ini. Pada postingan kali ini saya akan memberi ilmu kepada kalian semua tentang dunia kesehatan.

Daun sambung nyawa. Apakah yang terlintas didalam pikiran anda saat pertama kali mendengar kata sambung nyawa, pada awalnya saya masih bingung ketika mendengar dua kata ini. Namun ketika saya telah tahu bahwa sambung nyawa adalah jenis tanaman yang bisa dijadikan sebagai obat seperti halnya daun kumis kucing, temulawak, kunir dan tanaman obat lainnya.

Tanaman sambung nyawa ini bukanlah tanaman seperti tanaman hias, namun hanyalah tanaman liar yang biasa tumbuh pada tempat- tempat pekarangan pada umumnya. Karena sekarang sudah banyak orang yang telah mengetahui tentang manfaat tanaman yang satu ini, sekarang sudah banyak orang yang justru malah menanam tanaman liar ini di pekarangan rumahnya untuk dijadikan sebagai cadangan obat alternatif.

Bagi anda semua yang belum tahu tentang manfaat dari tanaman yang satu ini, kalian janganlah khawatir karena saya disini akan memberikan informasi ini kepada kalian semua. Daripada anda menjadi lebih penasaran, langsung saja disimak ulasan dibawah ini.

Manfaat dan khasiat daun sambung nyawa

Tanaman sambung nyawa mempunyai berbagai kandungan yang sangat baik untuk kesehatan manusia, diantaranya adalah minyak atsiri, saponin, flavonida dan lain sebagainya. Tentu saja kandungan- kandungan diatas akan sangat membantu kesehatan manusia apabila dikonsumsi. Berikut ini adalah beberapa penyakit yang bisa disembuhkan dengan memanfaatkan tanaman sambung nyawa :

  1. Mampu menurunkan darah tinggi (hipertensi) dan juga radang tenggorokan

Manfaat daun sambung nyawa yang pertama adalah mampu menurunkan tekanan darah tinggi dalam tubuh manusia. Didalam daun sambung nyawa terdapat kandungan yang mampu menurunkan darah tinggi yang tentu saja ini menjadi berita yang sangat baik bagi anda yang memiliki penyakit darah tinggi dan menginginkan untuk sembuh dari penyakit tersebut. Anda bisa mengkonsumsnya dengan cara memakannya untuk dijadikan sebagai lalapan, namun bagi anda yang tidak suka lalapan, anda juga bisa mengolahnya dengan cara menumis nya maupun merebus nya.

  1. Mampu menjaga kesehatan ginjal manusia

Manfaat yang kedua adalah mampu menjaga kesehatan ginjal. Siapa sih yang disini tidak menyayangi ginjalnya, pasti semua orang menyayanginya karena ginjal merupakan salah satu organ tubuh manusia yang memiliki perana penting bagi kesehatan tubuh, maka dari itu, jika anda juga salah satu orang yang menyayangi ginjal anda, anda juga tidak salah untuk mencoba mengkonsumsi tanaman yang sudah dipercaya mampu menjaga kesehatan ginjal ini. Anda bisa mengolahnya dengan cara merebus dan meminum hasil air rebusan dari daun sambung nyawa ini. Dengan meminumnya secara teratur, maka dengan sendirinya ginjal anda akan bekerja dan berfungsi secara optimal.

  1. Mengurang resiko terkena penyakit tumor, liver, kencing manis, maag, ambien dan sebagainya

Manfaat yang ketiga adalah manfaat yang paling banyak dicari, yaitu mampu mengurangi resiko terkena penyakit- penyakit berbahaya diatas. Karena jika saja penyakit tersebut sudah menyerang tubuh kita, niscaya nyawa kita tidak akan panjang lagi. Anda bisa megkonsumsinya dengan cara memakannya sebagai lalapan saat anda makan setiap hari.

  1. Mampu menjadi obat bisul

Siapa sih yang disini tida pernah mengalami penyakit kulit yang satu ini, pasti kebanyakan manusia pernah mengalaminya, tetapi tahukah kalian bahwa penyakit kulit ini mampu diobati dengan tumbuhan yang satu ini. Jika anda berminat untuk mencobanya, anda bisa memanfaatkannya dengan cara menumbuk halus daun sambung nyawa ini dan menempelkannya di tempat dimana bisul itu tumbuh, jika anda menginginkannya agar tidak mudah jatuh, anda juga bisa menempelkan perban pada tumbukan daun ini.

  1. Mampu menghilangkan rasa gatal pada tubuh karena gigitan serangga

Pasti kalian pernah beraktivitas di luar ruangan. Dan saat kalian sudah selesai, anda merasakan rasa gatal pada sekujur tubuh anda yang biasanya disebabkan oleh ulat maupun gigitan serangga lainnya. Jika sudah terlanjur begitu, anda bisa menghilangkan rasa gatal tersebut dengan daun yang satu ini lho. Anda hanya perlu menggosokan daun ini pada tubuh anda yang terasa gatal sampai daun tersebut mengeluarkan air.

  1. Mampu mengatasi rasa sakit karena bisa serangga

Apakah kalian juga pernah merasakan rasa sakit yang mana rasa sakit itu disebabkan oleh gigitan serangga, pasti kalian pernah mangalaminya saat beraktifvitas diluar ruangan. Jika sudah begitu, anda juga bia menghilangkan rasa sakit karen bisa serangga tersebut dengan memanfaatkan daun sambung nyawa lho. Anda hanya perlu menggosokan daun sambung nyawa pada tempat yang digigit serangga tersebut sampai daunnya mengeluarkan cairan.

  1. Mampu menjadi penangkal penyakit diabetes militus

Siapa sih yang disini tidak takut dengan penyakit yang mengerikan nan mematikan yang satu ini, pasti semuanya takut, karena penyakit ini sangatlah mematikan bagi manusia. Jika anda memang sudah terlanjur terkena penyakit yang satu ini, anda bisa mencoba menyembuhkannya dengan cara merebus beberapa daun sambung nyawa ini dan memium air rebusannya rutin setiap hari. Dengan langkah diatas, lama kelamaan penyakit kencing manis ini akan hilang dari tubuh anda, ajaib bukan ?.

  1. Mampu menjadi obat penyakit ambien

Siapa yang disini pernah mengalami penyakit yang sangat mengganggu ini, terlebih lagi anda masih memilikinya sampai sekarang, pasti anda merasa sangat terganggu bukan ?. jika iya, anda janganlah takut nan risau karena salah satu manfaat daun ini juga mampu mengobati penyakit ambien. Anda bisa megkonsumsinya dengan cara memakan beberapa lembar daun untuk dijadikan sebagai lalapan saat makan.

Itulah beberapa manfaat dari daun sambung nyawa. Terima kasih telah meluangkan waktu anda untuk membacanya.

Semoga artikel ini bermanfaat dan sampai jumpa.

Leave a Reply