tumbuhan-langka-di-indonesia
tumbuhan langka di indonesia yang terancam punah

Tumbuhan Langka Di Indonesia Yang Terancam Punah

Posted on

Indonesia merupakan salah satu negara yang sangat terkenal dengan kekayaan alamnya. Berbagai macam tumbuhan yang tumbuh dan berkembang dengan baik di Indonesia. Indonesia beriklim tropis. Oleh karena itu, banyak tanaman yang tumbuh subur di Indonesia. Tapi ada beberapa tanaman yang di lindungi oleh pemerintah, karena semakin berkembangnya zaman dan berlalunya waktu tanaman di Indonesia semakin sedikit. Sedikitnya tanaman ini di karenakan banyaknya tanaman yang diburu dan kemudian di jual keluar negeri. Dan itu semua membuat bebrerapa tanaman menjadi langka bahkan terancam punah.

tumbuhan-langka-dan-terancam-punah-di-indonesia
tumbuhan langka diindonesia yang terancam punah

Nah kali ini saya akan mengupas beberapa tanaman langka dan terancam punah yang ada di Indonesia :

  • Kantong semar

Kantong semar adalah tanaman yang unik karena tanaman ini memangsa serangga yang amsuk dalam kantungya seperti lalat,lebah,laba-laba dan lainya. Tumbuhan karnifora ini semakin langka dan harus dibudidayakan agar tidak terancam punah.

Di dalam kantung semar ini terdapat cairan yang manis, tujuanya untuk menarik perhatian serangga, saat serangga sudah masuk dalam kantungnya, maka dia menutup kantungnya dan kantung semat langsung mencerna serangga tersebut. Kantung semar bisa memangsa serangga saat usianya sudah dewasa.

  • Rafflesia arnoldii

Rafflesia arnoldi merupakan bunga raksasa yang saat mekar mengeluarkan bau busuk. Karena mengeluarkan bau busuk kadang-kadang orang salah menyebutnya sebagai bunga bangkai.

Tumbuhan ini tumbuh dan mekar ke samping tidak seperti tumbuhan lainya yang tumbuh keatas. Saat ini populasai tumbuhan ini semakin sedikit karena adanya alih fungsi hutan menjadi area perkebunan, pertanian, pemukiman bahkan pertambangan.

  • Bunga bangkai

Bunga bangkai adalah tanaman raksasa yang unik karena tumbuhan ini mengeluarkan bau busuk seperti bangkai. Bau tersebut sebenarnya untuk mengundang lebah, lalat atu srangga lainya untuk membantu penyerbukan.

Bunga bangkai hanya mampu hidup sampai 5 tahun. Habitat asli bunga ini berada di sumatera. Karena semakin sedikitnya tanaman ini. Taman hutan ray air.djuanda (bandung) membantu untuk melestarikanya.

  • Cendana

Cendana adalah salah satu pohon yang memiliki banyak kegunaan dan manfaat di Indonesia. Kayu cendana bisa digunakan sebagai bahan baku pembuatan parfum, dupa, rempah-rempah, aroma terapi, hingga warangka. Menurut mitos, harum dari kayu cendan mampu bertahan sampai ratusan tahun lamanya.

Karena banyak kegunaanya dan manfaatnya. Kayu cendana saat ini mulai langka, karena kayu cendana bukanlah tumbuhan yang mudah dibudidayakan .

  • Anggrek tebu

Anggrek tebu merupakan bunga anggrek yang paling besar dan yang paling besar. Satu rumpun anggrek tebu dewasa beratnya bisa sampai lebih dari 1 ton dengan panjang hingga 3 meter. Karena ukuranya yang besar, anggrek ini sering di sebut anggrek raksasa.

Bunga ini memiliki warna kuning dengan kombinasi bintik-bintik merah kehitaman, coklat dan merah. Bunga ini sangat unik karena meskipun batangnya di potong, namun bunganya tetap bertahan sampai 2 bulan.

  • Daun payung

Daun payunga dalah daun yang sering di sebut daun sang dan salo. Tumbuhan ini merupakan tumbuhan yang banyak hidup di daerah sumatera.

Tumbuhan ini memiliki daun yang besar,lebar dan juga kuat. Pada jaman dahulu daun ini sering digunkan sebagai atap rumah atau dinding rumah. Karena kegunaanya itu, tumbuhan ini disebut sebagai daun paying.

  • Damar

Tumbuhan langka ini memiliki batang yang tinggi yang bisa mencapai 60 meter. Tumbuhan ini tumbuh di berbagai daerah di Indonesia dan sebutanya pun berbeda seperti sebutan salo (ternate), kisi (buru), ki dammar (sunda), dayungon (samar), dan lainya.

Selain kayunya, tumbuhan ini di manfaatkan getahnya, getah pohon dammar dapat di gunakan sebagai bahan baku pembuatan kopal. Kopal adalah salah satu bahan dasar cairan pelapis kertas dan juga lak atau vernis.

Demikian informasi yang dapat saya berikan, semoga bermanfaat bagi anda pembaca.

Incoming search terms:

  • tumbuhan yang hampir punah
Gravatar Image

Hay sobat, nama panjang saya Dwi Eksanti aka Desi, hidup itu berjuang tapi jangan pernah perjuangkan sesuatu yang tidak dapat di perjuangkan, stay cool pada jalanmu karena jalan yang di pilih diri sendiri itu bukti bahwa kamu “BISA DAN MAMPU”. jangan lupa bahagia nggeh

Leave a Reply