buah menteng
buah menteng

Sejuta Manfaat Yang Terdapat Pada Buah Menteng

Posted on

Halo pembaca setia gedubar.com. pada kesempatan kali ini saya akan memberi informasi yang cukup penting bagi kalian semua yang mungkin belum anda ketahui sampai sekarang, Yaitu manfaat dan khasiat buah menteng. Pasti kalian semua tau tentang buah yang kecil nan manis ini. Yup, buah ini adalah buah asli Indonesia, yang mana berasal dari kota Menteng, Jakarta Pusat. Buah ini memiliki ukuran yang kecil seperti halnya buah kelengkeng. Buah ini memiliki rasa yang manis nan legit yang tidak mau kalah dengan buah kelengkeng.

Buah menteng manis
Buah Menteng Manis

Kulit buah menteng yang hijau biasanya memandakan bahwa buah tersebut masih mentah, begitu juga dengan sebaliknya, jika kulit buah menteng sudah berwarna kuning , maka buah menteng berarti sudah matang dan boleh untuk dikonsumsi. Namun siapa sangka, buah yang berukuran kecil ini memiliki banyak kandungan nutrisi dan memiliki banyak manfaat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh manusia. Kandungan buah tersebut antara lain zat besi, vitamin c3, vitamin b1, vitamin a, protein, karbohidrat, kalsium, fosfor, lemak, kalori dan lain sebagainya. Tentu saja kandungan- kandungan diatas sangat dibutuhkan tubuh untuk pertumbuha manusia.

Dan disini saya akan menyajikan beberapa manfaat dan khasiat dari buah menteng bagi kesehatan manusia, dan berikut adalah ulasanya.

Manfaat dan khasiat buah menteng

  1. Membantu proses pertumbuhan sel darah merah

Manfaat buah menteng yang pertama yaitu membantu proses pertumbuhan sel darah merah dalam tubuh, yaukah anda bahwa jika kita memiliki banyak sel darah merah didalam tubuh, tubuh kita akan lebih bertenaga dan tidak akan mudah terserang penyakit kekurangan darah merah atau yang disebut dengan anemia. Tentusaja ini menjadi berita baik bagi orang yang tidak mau memiliki penyakit ini, kita hanya perlu memakan buah ini secara rutin.

  1. Mampu menyehatkan gigi

Manfaat buah menteng yang kedua adalah mampu membuat gigi kita menjadi sehat dan kuat karena kandungan kalsium yang terkandung didalam buah ini, apalagi kandungan kalsium didalam buah ini sudah termasuk kategori tinggi. Jadi buah yang satu ini juga sangat cocok untuk dimakan anak- anak agar pertumbuhan gigi mereka bisa berjalan baik.

  1. Menjaga kesehatan tulang

Manfaat yang ke tiga adalah mampu menyehatkan dan memperkuat kesehatan tulang, didalam buah menteng ini terdapat kandungan kalsium yang tinggi sehingga disamping mampu menjaga kesehatan dan pertumbuhan gigi, juga mampu untuk menjaga kesehatan tulang kita dari berbagai penyakit tulang. Sebagai contoh rematik, osteoporosis dan lain sebagainya. Tentu saja ini menjadi kabar yang baik bagi orang yang tidak mau terkena penyakit tulang. Hanya dengan memakan buah yang enak rasanya, tulang kita juga bisa menjadi sehat karena ternutrisi oleh buah yang satu ini.

  1. Mampu menjaga metabolisme tubuh dengan baik

Didalam buah menteng ini ternyata juga terdapat kandungan vitamin dan mineral lho. Tentu saja ini sangatlah bermanfaat bagi kesehatan metabolism tubuh kita. Dan tentu saja jika tubuh kita selalu mendapat supply vitamin dan mineral ini, maka tubuh kita akan menjadi lebih sehat dan bugar daripada sebelumnya. Oleh karena itu.

  1. Mampu menjadi obat alternative diare

Apakah anda termasuk orang yang sering mengalami penyakit diare, jika iya, berarti anda beruntung, karena buah yang satu ini juga bisa dijadikan sebagai obat diare. Didalam buah ini mengandung kandungan yang mampu membunuh bakteri penyebab penyakit diare tersebut. Oleh karena itu, diare anda akan hilang denga sendirinya saat anda mengkonsumsi buah ini saat diare melanda.

  1. Melancarkan sirkulasi haid

Manfaat yang ke enam adalah mampu melancarkan sirkulasi haid. Biasanya haid yang tidak lancar akan mengakibatkan permasalahan kesehatan yang cukup serius, tentu saja dengan lancarnya sirkulasi haid kita, maka tidak mungkin akan ada penyakit serius yang menyerang tubuh kita terutama pada masalah organ kewanitaan. Tentusaja dengan lancarnya sirkulasi haid maka tubuh kita akan menjadi lebih sehat dan bugar.

  1. Mampu menjadi obat mata bengkak

Manfaat yang ke tujuh yaitu mampu menjadi obat bagi mata bengkak. Siapa sangka bahwa buah kecil nan manis ini juga bisa mengobati mata bengkak. Buah ini mengandung vitamin A yang tinggi sehingga mampu menjaga maupun mengobati berbagai penyakit mata seperti halnya peradangan mata atau bengkak. Tentu saja ini menjadi berita yang sangat baik bagi kita semua, karena jika mata kita bengkak, kita hanya dituntut untuk memakan buah ini agar mata kita bisa menjadi normal dan seht kembali.

  1. Sebagai sumber anti oksidan

Didalam buah menteng ini mengandung banyak vitamin C, sehingga bisa menjadi anti oksidan bagi tubuh kita yang bermanfaat untuk menangkal radikal bebas. Dengan kemampuanya bia menangkal radikal bebas, maka sel kanker pun tidak akan bisa tumbuh didalam tubuh kita. Inilah manfaat utama dari buah menteng sendiri.

  1. Bisa sebagai sumber tenaga bagi tubuh kita

Jika anda mau merutinkan untuk mengkonsumsi buah ini setiap hari, ternyata buah ini juga mampu menjadi sumber tenaga bagi manusia lho. Tentu saja dengan mengkonsumsinya rutin setiap hari akan membuat tubuh kita menjadi sehat, bugar dan juga bertenaga untuk menjalani aktivitas keseharian kita. Maka dari itu, konsumsilah buah ini rutin di pagi hari sebelum anda bekerja.

  1. Mampu menyehatkan jantung

Manfaat yang terakhir yaitu mampu menyehatkan jantung. Jika anda mencintai jantung anda, disamping anda rutin berolahraga, anda juga perlu mencoba untuk rutin mengkonsumsi buah ini gan, karena buah ini akan memperlancar aliran darah yang di pompa dari jantung ke seluruh tubuh.

Itulah beberapa manfaat buah menteng bagi kesehatan tubuh kita.

Terima kasih atas perhatiannya dan sampai jumpa.

Leave a Reply