Biji Pepaya Sendok
Biji Pepaya Sendok

Manfaat Tersembunyi Dibalik Biji Pohon Pepaya

Posted on

Halo pembaca setia gedubar.com. berbicara tentang buah- buah an lokal indonesia, ternyata Indonesia punya banyak sekali buah- buahan lokal yang tentusaja mempunyai rasa khas masing- masing yang tidak mau kalah dengan rasa buah- buahan import, seperti halnya pepaya, pisang, semangka dll. Seperti yang sudah kita ketahui bahwa buah- buah diatas tidak hanya memiliki rasa yang sangat lezat, namun juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh kita.

Biji Pepaya
Biji Pepaya

Salah satunya pepaya, pepaya memiliki rasa yang nikmat jika langsung dimakan dalam keadaan segar, tapi anda jangan salah bahwa biji, akar dan daun dari pohon pepaya yang biasanya kita buang ternyata juga memiliki banyak khasiat yang bisa menyehatkan tubuh kita. Tetapi kebanyakan orang langsung membuangnya sebelum memakan buah pepayanya, tetapi jika anda mengetahui tentang banyaknya manfaat biji pepaya, pasti anda merasa rugi karena telah membuangknya dengan sia- sia. Jika anda sudah penasaran dengan manfaat biji pepaya, langsung saja disimak artikel dibawah ini.

Manfaat Biji Pepaya Bagi Kesehatan

  1. Menjaga kesehatan hati

Manfaat yang pertama adalah menjaga kesehatan hati manusia. Didalam biji pepaya memiliki kandungan nutrisi vital yang mampu membantu menjaga kesehatan hati manusia, tentu saja bagi anda yang sayang dengan hati anda, anda wajib mencoba metode yang satu ini, karena disamping mudah didapatkan, buah pepaya juga memiliki harga yang bisa dibilang cukup murah.

Selain dapat menjaga kesehatan hati manusia, ternyata biji pepaya juga mampu berguna sebagai agen detoxs bagi organ hati manusia.

  1. Mampu menjaga kesehatan ginjal

Telah dilakukan berbagai riset dan penelitian oleh beberapa pakar ahli di berbagai dunia, dan mereka menyimpulkan bahwa biji pepaya mampu menjaga kesehatan ginjal manusia, dan juga mampu mencegah terjadinya gagal ginjal pada manusia. Selain mampu menjaga kesehatan ginjal, biji pepaya ini juga mampu mengatasi segala gangguan yang berkaitan dengan ginjal lho.

  1. Mampu mencegah radang

Manfaat biji pepaya yang ketiga adalah mampu mencegah radang. Didalam biji pepaya ternyata juga mengandung kandungan agen anti inflamasi yang mampu meredakan segala peradangan manusia, mulai dari radang sendi, bengkak, hingga bintik kemerahan pada kulit.

  1. Dapat menjadi zat anti bakteri dan zat anti jamur

Dalam manfaat yang keempat adalah mampu menjadi zat anti bakteri dan zat anti jamur. Tidak memperlukan banyak biji pepaya, hanya dengan beberapa biji sudah mampu membunuh berbagai bakteri dalam tubuh kita, seperti halnya bakteri E.Coli, Staph, Salmonella dll. Selain itu, biji pepaya juga mampu menjadi penangkal bagi berbagai virus pengganggu tubuh, oleh karena itu, biji pepaya sangatlah efektif untuk mencegah dan juga menyembuhkan pasien yang keracunan makanan.

Biji pepaya juga mampu menyembuhkan berbagai penyakit berat juga lho. Seperti halnya penyakit demam berdarah, tifus dll. di negaa Nigeria, biji pepaya dicampurkan dengan susu yang sudah terbukti mampu menyembuhkan demam tifus tinggi.

  1. Mampu mencegah penyakit kanker

Manfaat yang kelima adalah mampu mencegah kanker. Kanker adalah salah satu penyakit mematikan yang sangat berbahaya bagi manusia. Ternyata biji pepaya juga mampu mencegah sel kanker tumbuh didalam tubuh manusia, karena biji pepaya mengandung zat isotiosianat yang sudah dipercaya mampu mencegah tumbuhnya sel kanker dan tumor dalam tubuh, khususnya pada kanker usus, kanker payudara, kanker paru- paru, kanker prostat dll.

  1. Mampu membunuh parasit berbahaya dalam tubuh

Manfaat biji pepaya yang keenam adalah mampu membunuh parasit berbahaya dalam tubuh manusia. Manfaat yang satu ini tentu saja sangat membantu bagi kesehatan manusia, karena kemampuanya yang mampu membunuh cacing serta amoeba parasit dalam usus manusia. Semuanya itu berkat kandungan senyawa alkaloid dan kandungan enzim proteolitik yang tinggi sehingga mampu mencegah tumbuhnya sel kanker tumbuh dalam tubuh manusia.

Berbagai praktek telah dilakukan oleh warga Nigeria dengan mengkonsumsi biji pepaya selama 7 hari berturut- turut mereka mampu terbebas dari parasit.

  1. Sebagai kontrasepsi alami

Manfaat yang ketujuh adalah sebagai kontrasepsi alami, biji pepaya dari dulu memang sudah banyak dipakai oleh seluruh masyarakat india, baik itu pria maupun wanita. Mereka memanfaatkan biji buah pepaya ini untuk mengontrol kesuburan. Oleh karena itu, ibu hamil tidak disarankan untuk mengkonsumsi biji pepaya ini. Larangan ini juga ditujukan kepada ibu menyusui karena sifat anti parasit dalam biji buah pepaya ini dapat melukai saluran cerna buah hati yang ada didalam perut.

Sedangkan bagi laki- laki, mengkonsumsi biji buah pepaya ini selama 3 bulan berturut- turut juga mampu mengurangi produksi sperma tanpa mengurangi gairah seksual kita. Namun ulasan diatas hanya bersifat sementara, karena jika berhenti mengkonsumsi biji pepaya, maka kesuburan akan menjadi normal kembali.

  1. Membantu melancarkan pencernaan

Didalam biji pepaya mengandung enzim papain yang sangat tinggi, yang mana enzim satu ini akan membantu proses pencernaan protein dalam tubuh kita. Tentusaja ini menjadi berita baik bagi kita semua, karena jika anda menyayangi pencernaan anda, anda hanya perlu mengkonsumsi biji dari buah pepaya ini saja.

  1. Sebagai sumber antioksidan

Biji pepaya memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, yang tentu saja kandungan ini sangat bermanfaat bagi kesehatan manusia, terutama dalam menghambat pertumbuhan sel tumor dalam tubuh, hal ini pasti menjadi berita yang baik bagi orang anti-kanker dan tumor

Setelah mengetahui manfaat- manfaat dari biji buah pepaya diatas, apakah anda masih mau membuang  biji yang bermanfaat tersebut. Tentu saja tidak, karena disamping mudah dicari, buah pepaya juga memiliki harga yang murah.

Mungkin cukup sekian artikelnya, terima kasih telah membaca dan sampai jumpa.

Leave a Reply