cara-merawat-sepatu
merawat sepatu dengan benar

Tips dan Cara Merawat Sepatu (Mencuci Menyemir dan Menyimpan Sepatu

Posted on

Sepatu adalah salah satu elemen fashion yang penting bagi pria maupun perempuan. Coba bayangkan kalu kita keluar dari rumah tanpa menggunakan sepatu, kaki kita pasti kotor terkena tanah,pasir dan debu. Bahkan kaki kita pasti terkena panas matahari yang membuat kaki kita melepuh. Selain untuk menjaga kaki kita sepatu juga sebagai penyempurnaan penampilan kita. Ini terbukti dengan banyaknya ragam sepatu yang ada di dunia.

merawat-sepatu-dengan-benar
merawat zepatu dan merapikan sepatu dengan benar

Walaupun sepatu di pakai untuk alas kaki, sepatu yang kamu pakai jangan biarkan kotor, bahkan jangan sampai menjadi sarang bakteri. Sepatu harus kamu bersihkan setiap hari atau satu minggu sekali, tapi, gimana sih tips dan cara untuk membersihkan sepatu yang benar? Nih, saya punya cara dan tips untuk membersihkan berbagai Janis sepatu.

  1. Bersihkan kotoran dari sepatu terlebih dahulu sebelum di semir

Jangan sampai anda menyemir sepatu tetapi sepatu anda belum bersih dari kotoran, karena kalau anda menyemir tanpa membersihkan kotoranya, maka kotoran itu akan meneyebar keseluruh permukaan sepatu. Sebaiknya cuci terlebih dahulu dengan menggunakan cream sepatu, kemudian sikat keseluruh permukaan sepatu , diamkan selama beberapa menit lalu lap sepatu sampai sepatu kering.

  1. Semir sepatu secara rutin

Setelah sepatu di cuci dan sudah bersih dari kotoran, semir sepatu anda dengan menggunkan semir sepatu yang sesuai dengan warna sepatu anda, kemudian lap sepatu anda dan tunggu beberapa menit, setelah itu sepatu anda akan mengkilat.

  1. Keringkan sepatu jika sepatu basah

Jangan biarkan terlalu lama sepatu anda terkena air, jika sepatu anda terkena air segeralah anda mengeringkanya. Mengeringkan sepatu bisa menggunakan tisu atau hair dryer dan lain-lain. Biarkan sepatu anda kering dengan natural.

  1. Keringkan kaki

Kai yang basah kan membuat kaos kaki anda basah , keaadaan daal sepatu pun menjadi lembab , Karena sepatu yang terkena air lama-lama akan menumbuhkan bakteri pada sepatu, menumbuhkan kuman yang tentunya tidak baik bagi kesehatan dan sepatu anda akan berbau yang tidak enak.

  1. Mempunyai sepatu lebih dari satu pasang

Jika sepatu anda hanya satu maka sepatu anda akan cepat rusak, cepat berkerut karena anda memakainya setiap hari. Milikilah sepatu dari satu pasang agar sepatu anda awet dan tetap bagus.

  1. Hindari mencuci dengan mesin cuci

sepatu akan cepat rusak dan kainya cepat berkerut jika anda mencuci sepatu menggunakan mesin cuci dan anda jangan sampai mencuci sepatu dengan pemutih karena noda pada sepatu susah hilang karena pemutih akan membuat sepatu cepat rusak, sebaiknya mencuci sepatu menggunkan sikat dan cream sepatu.

  1. Gunakan baking soda untuk penghilang bau.

Anda bisa menggunakan baking soda untuk membersihkan bau yang tidak enak pada sepatu. Parakteknya, taburkan baking soda pada sepatu di saat malam hari dan di pagi harinya anda bisa membersihkan taburanya.

  1. Simpan sepatu dengan baik dan rapi

Setelah anda selesai dari aktifitas anda. Taruhlah sepatu di tempat khusus sepatu. Sediakan rak sepatu atau lemari sepatu, agar sepatu anda tetap bersih dan tertata rapi.

Demikian informasi yang dapat saya berikan, semoga bermanfaat bagi anda pembaca.

Gravatar Image
Hay sobat, nama panjang saya Dwi Eksanti aka Desi, hidup itu berjuang tapi jangan pernah perjuangkan sesuatu yang tidak dapat di perjuangkan, stay cool pada jalanmu karena jalan yang di pilih diri sendiri itu bukti bahwa kamu "BISA DAN MAMPU". jangan lupa bahagia nggeh

Leave a Reply