Surabaya

Nikmatnya Bercuti di Kota Surabaya

Posted on

Kota Surabaya merupakan ibukota dari provinsi Jawa Timur dan juga Kota Surabaya ini merupakan kota metropolitan terbesar di provinsi Jawa Timur. Kota Surabaya juga merupakan kota di Indonesia yang menduduki kota terbesar kedua di Indonesia setelah Jakarta. Surabaya merupakan kota yang terletak di pantai sebelah utara dari Pulau Jawa di bagian timur dan juga berhadapan langsung dengan Laut Jawa dan juga Selat Madura. Kota Surabaya terletak di 796 km sebelah timur dari DKI Jakarta atau juga 415 km sebelah barat dari laut Denpasar, Bali.

Wilayah atau daerah metropolitan dari Kota Surabaya ini yaitu berada di Gerbangkertosusila dan juga wilayah mwtroolitan tersebut merupakan wilayah metropolitan terbesar kedua setelah Jabodetabek. Di wilayah metropolitan tersebut terdapat penduduk kurang lebih 10 juta jiwa. Surabaya memiliki luas wilayah yaitu sekitar 350,54 km2 dengan penduduk yang ada yaitu sekitar 2.765.487 jiwa pada tahun 2010. Di Kota Surabaya sudah banyak fasilitas yang digunakan untuk transportasi yaitu ada pelayanan dengan menggunakan sebuah bandar udara, yaitu Bandar Udara International Juanda dan juga ada pelayanan dengan menggunakan dua pelabuhan yaitu Pelabuhan Ujung dan Pelabuhan Tanjung Perak.

Kota Surabaya terkenal dengan sebutan sebagai Kota Pahlawan karena memang sejarah dari Arek-Arek Suroboyo yang memang sangat diperhitungkan dalam mempertahankan kemerdekan Bangsa Indonesia dari serangan para penjajah. Salah satu perjuangan dari Arek-Arek Suroboyo yang hingga kini masih dikenang yaitu perjuangan melawan penjajah pada tanggal 10 November  1945, yang terjadi di Surabaya. Pada saat itu Arek-Arek Suroboyo sedang melawan penjajah dari Britania Raya atau dari Inggris. Peristiwa pertempuran tersebut merupakan salah satu pertempuran terbesar yang terjadi di Indonesia. Sampai sekarang peristiwa tersebut masih dikenang dengan dijadikannya tanggal 10 November menjadi Hari Pahlawan di Indoesia.

Selain terkenal dengan Kota Pahlawan, Kota Surabaya juga merupakan kota yang memiliki banyak tempat wisata yang bisa kita kunjungi pada saat liburan atau pada saat kita sedang bercuti kerja. Pada saat kita bercuti, kita bisa merencanakan untuk mengunjungi beberapa tempat wisata yang ada di Kota Surabaya ini. Tempat wisata yang cocok untuk kita kunjungi pada saat sedang bercuti kerja dan juga untuk berlibur bersama keluarga yaitu antara lain :

  1. Kebun Binatang Surabaya

Kebun Binatang Surabaya
Kebun Binatang Surabaya

Kebun Binatang Surabaya ini merupakan salah satu tempat wisata yang cocok apabila kita sedang berlibur bersama dengan keluarga. Kebanyakan dari anak-anak menyukai apabila diajak untuk berlibur di sebuah kebun binatang. Maka dari itu kebun binatang  inilah salah satu tempatnya untuk menikmati bercuti bersama keluarga.

Selain itu, Kebun Binatang Surabaya ini juga merupakan tempat wiasata yang populer di Kota Surabaya. Harga tiket masuk dari Kebun Binatan ini pun juga tidaklah terlalu mahal yaitu Rp. 15.000. Kebun Binatang Surabaya ini terletak di Jalan Setail, Surabaya dan juga memiliki luas yaitu sekitar 37 hektar. Binatang yang ada didalam Kebun Binatang Surabaya ini yaitu binatang dari wilayah Asia Tenggara dan lain sebagainya. Kebun Binatang Surabaya ini merupakan Kebun Binatang terlengkap di Asia Tenggara.

  1. Ciputra Waterpark

Ciputra Waterpark Surabaya
Ciputra Waterpark Surabaya

Apabila anda ingin menghabiskan liburan anda dengan menikmati liburan di wahana air. Maka anda bisa mengunjungi wahana air terbesar di Kota Surabaya yaitu Ciputra Waterpark. Ciputra Waterpark merupakan sebuah tempat dengan wahana air yang terbesar di Kota Surabaya. Ciputra Waterpark ini memiliki luas yaitu sekitar 5 hektar. Ciputra Waterpark ini berlokasi di Surabaya Barat. Tema yang diterapkan di waterpark ini yaitu tema yang menyerupai sebuah dongeng Petualangan Sinbad sehingga tepat sekali apabila anda mengajak anak-anak berlibur ke tempat tersebut, karena pastinya anak-anak akan menyukainya.

Ciputra Waterpark ini memiliki kolam renang yang peling dalam yaitu hanya 1 meter saja. Kolam renang yang paling dalam dibuat hanya 1 meter saja memang karena Ciputra Waterpark itu dibuat dengantujuan untuk empat bermain air saja dan bukan untuk berenang. Sehingga kita tidak perlu khawatir lagi apabila tenggelam. Harga tiket masuk ke Ciputra Waterpark pada hari biasa yaitu Rp. 70.000 dan untuk hari libur yaitu Rp. 90.000. Orang tuan yang berusia lebih dari 60 tahun harga tiketnya yaitu gratis hanya cukup dengan menunjukkan KTP saja.

  1. Jembatan Suramadu

Jembatan Suramadu
Jembatan Suramadu

Dengan tujuan awal yaitu untuk mempercepat transportasi dari Surabaya ke Madura ataupun sebaliknya dan juga untuk mempercepat pembangunan Madura. Namun sekarang Jembatan Suramadu ini telah menjadi salah satu ikon dan juga sekaligus erupakan tempat wisata di Kota Surabaya yang sudah sangat terkenal.

Sesuai dengan namanya yaitu Suramadu, jembatan ini menghubungkan antara Surabaya dengan Madura. Jembatan Suramadu ini merupakan jembatan terpanjang di Indonesia. Panjang dari jembatan ini yaitu 5.500 meter atau sekitar 5.5 km.

  1. House of Sampoerna

House of Sampoerna
House of Sampoerna

House of Sampoerna merupakan salah satu tempat wisata di Surabaya yang wajib anda kunjungi pada saat sedang berlibur ke Kota Surabaya. Bangunan tersebut terletak di Surabaya Lama yang merupakan bangunan yang bersejarah sekaligus juga merupakan museum yang menarik. Museum ini bergayakan Belanda dan juga memiliki tiang depan yang unik yaitu berbentuk rokok. Museum ini merupakan bangunan yang dilestarikan oeh negara, museum ini juga memiliki berbagai koleksi alat pengolah tembakau , berbagai koleksi jenis pematik, foto keluarga, alat-alat musik dan masih banyak lainnya. Selain itu juga, kita dapat membeli sebuah souvenir dan juga melihat proses pembuat rokok yang ada di House of Sampoerna lantai dua (2).

Leave a Reply