Jenis kucing

Jenis Kucing Peliharaan Lucu dan Menggemaskan

Posted on

Siapakah dari kita yang tidak mengenal hewan yang satu ini yaitu kucing, pasti dari kita semua sudah mengenalnya bahkan juga memeliharanya. Kucing merupakan hewan peliharaan yang banyak disukai oleh orang dan juga peliharaan yang paling populer di kalangan masyarakat. Kucing memang hewan yang memberikan penampilan yang mengemaskan dan lucu sehingga membuat  banyak orang untuk mengkoleksi atau memelihara hewan mamalia ini.

Disamping banyak orang yang menyukai kucing ternyata ada juga sebagaian orang yang tidak suka dengan kucing dengan berbagai faktor dan alasan seperti kucig dapat menimbulakan virus kucing yang juga disebut dengan toksoplasma.

Meskipun demikian kucing tetap merupakan hewan peliharaan yang sangat terkenal atau populer di kalangan masyarakat, mereka mengangap bahwa kucing adalah hewan yang mengemaskan dan lucu yang mampu membuat seseorang merasa senang dan kagum dan juga dapat menghibur seseorang ketika keadaan jenuh atau bosan dengan keadaan yang ada.

Kucing peliharaan lucu
Kucing

Kucing juga merupakan hewan atau binatang yang sering di jumpai disekitar Lingkungan hidup masyarakat, dan hampir di semua lingkungan tempat tinggal kita pasti dapat menjumpainya. Kucingpun banyak digemari olah banyak kalangan orang muali anak kecil, orang dewasa bahkan orang tua.

Dan saat ini kucing sangat mudah untuk kita jumpai karna perkembagbiakan kucing yang sangat cepat membuat kucig banyak hidup di berbagai tempat mulai di tempat umum seperti pasar, tempat pembuangan sampah, di rumah – rumah warga.

Dan jenis kucing juga sangat beragam dan berfareasi, tidak hanya itu bentuk atau ukuran badan, warna bulu juga bermacam – macam. Untuk dapat lebih jelasnya mari kita simak tentang beberapa jenis kucing.

1. Jenis Kucing Anggora

Jenis Kucing Anggora lucu
Jenis Kucing Anggora

Kucing anggora merupakan salah satu jenis kucing yang banyak digemari dan dipelihara oleh banyak orang. Nama anggora berasal dari sebuah kota yang berada di turki dan kota anggora disebut Ankara sejak tahun 1930. Jika kita perhatikan, kucing anggora hampir sama dan mirip dengan kucing persia, namun jika kita perhatikan lebih detail lagi maka akan terlihat jelas beberapa perbedaanya seperti pada anggota badan seperti hidung, bulu dan badan.

Kucing persia biasanya memiliki ciri – ciri tersendiri seperti memiliki hidung pesek, memiliki bulu yang panjang di sekujur badanya dan berbadan agak bulat, namun sebaliknya kucing anggora biasanya memiliki hidung yang mancung, memiliki bulu yang panjang pada anggota badan bagian – bagian tertentu saja dan memiliki badan yang agak ramping.

Kucing anggora juga biasa dikenal dengan kucing anggora Turki atau juga biasa dikenal dengan sebutan kucing Ankara Kedis. Dan kini kucing anggora merupakan salah satu jenis atau sepesies kucing yang sangat populer di dunia sudah banyak orang yang mengetahui atau mengenal jenis kucing anggora ini.

Kucing anggora ini membuat banyak orang merasa gemas karna keindahan yang dimilikinya seperti keindahan pada bulunya, bentuk tubuhnya yang agak ramping serta  wajahnya yang sangat imut dan mengemaskan.

Ciri – Ciri Kucing Anggora:

  • Telinga lebar dan agak menunjuk
  • Memiliki warna yang bervareasa, ada yang berwarna hitam, coklat, putih, kombinasi 3 warna dan masih banyak warna yang lai nya
  • Bentuk kepala secara keseluruhanya berbentuk segitiga
  • Berhidung mancung
  • Bulu ekor mengembang serta tebal seperti ekornya musang
  • Ekor dan juga kakinya panjang
  • Memiliki ukuran badan yang panjang
  • Memiliki tubuh yang relatif besar
  • Kucing anggora berperawakan elegan dan anggun
  • Bermata besar seperti kacang almond

2. Jenis Kucing Persia

Jenis Kucing Persia
Jenis Kucing Persia

Saat ini jenis kucing persia juga mendominasi jenis kucing peliharaan yang juga paling diminati oleh banyak orang. Sudah hampir banyak orang mengenal jenis kucing yang satu ini, akan tetapi bagi anda yang baru saja mengetahui atau mengenal jenis kucing persia ini, alangkah baiknya bila anda mengenal tentang ciri – ciri kucing persia ini agar anda dapat membedakan dengan jenis kucing yang lainya.

Menurut asal – usul kucing persia, kucing persia ini sudah dikenal cukup lama yaitu sejak tahun 1684 sebelum masehi tepatnya yaitu di Hieroglif. Banyak orang mengira bahwa kucing persia ini dapat pindah dari negara asal mereka yaitu persia. Namun karna adanya campur tangan kalifah yang sedang melakukan perjalanan ke berbagai belahan dunia, maka hal inilah yang pada akhirnya menjadikan asal – usul kucing persia menjadi semakin samar, namun hal itu tidak bertahan lama karna pada akhirnay munculah sebuah program pemulihan yang diperuntukan untuk kucing persia yaitu pada abad ke-16  yang bertempat di perancis dan italia.

Tidak hanya berhenti di situ saja program itu berlanjut hingga ke the Internatiomal cat Associationatau yang disingkat dengan TICA yang menunjukan jenis kucing persia di britania raya di tahun 1800-an yang silam. Berhubung pada tahun itu kucing persia menjadi salah satu hewan peliuharaan yang sangat populer maka pada saat itu mulai banyak permintaan dari amerika untuk mengimpor kucing persia tersebut. Maka sejak keberadaan kucing persia di amerika membuat kucing ini semakin terkenal dan populerkarna kucing ini banyak dijadikan sebagai sebagai binatan atau hewan pameran atau show.

Dan saat ini kucing persia juga menjadi salah satu jenis kucing yang banyak digemari oleh banyak orang serta juga banyak orang yang memeliharanya. Dan tentunya kucing persia ini juga memiliki ciri – ciri yang khas dan menarik. Berikut ciri – ciri kucing persia.

Ciri – Ciri Kucing Persia:

  • Memiliki bulu yang panjang, tebal dan mengkilap yang menutupi seluruh badanya
  • Berekor panjang, lurus dan tebal
  • Memiliki cakar yang kokoh, bulat dan besar
  • Kaki di bagian depan mempunyai lima jari sedangkan kaki bagian belakang memiliki empat jari
  • Memiliki mata lebar dan berbentuk bulat, warna pada matanya sinkron dengan warna pada bulu yang dimilikinya
  • Memiliki bentuk kepala yang bulatdan besar
  • Berahang kuat serta lebar
  • Memiliki badan yang lebar atau berbadan bulat gembul
  • Berhidung pesek
  • Memiliki sifat cenderung tenang, mudah untuk dikandang dan tidak gampang berisik, mudah untuk diatur
  • Memiliki suara yang lembut

3. Jenis Kucing Himalayan

Jenis Kucing Himalayan lucu
Jenis Kucing Himalayan

Himalaya atau yang juga dikenal dengan nama persia himalaya merupakan salah satu keturunan kucing yang merupakan dari hasil persilangan antara ras siamese dengan ras persia. Adanya persilangan itu bertujuan untuk dapat menghasilkan ras kucing yang memiliki tipe badan yang sama seperti persia namun dengan sekema warna seperti siamese.

Kucing jenis himalaya sangat identik dengan bagian mata yang berwarna biru dan kini kucing jenis himalaya juga tidak kalah dengan jenis kucing lainya mulai dari segi warna, bentuk badan, keunikan dan lain- lain . Kucing jenis himalaya juga sudah dikenal sejak ratusan tahun yang silam, kucing himalaya ini awal mula dikenal di benua Eropa tepatnya pada tahun 1950-an. Dan kini harganyapun sudah lumayan berkelas dapat mencapai 5-15 jutarupiah. Dan tentunya kucing jenis himalaya ini juga memiliki ciri – ciri tersendiri.

Ciri – Ciri Kucing Himalaya

  •  Memiliki postur tubuh yang besar dan tulang yang kuat
  •  Memiliki kepala yang bulat
  •  Memiliki hidung pesek
  •  Memiliki kaki yang pendek dengan warna gelap
  •  Memiliki bulu ekor yang lebat
  •  Mampu bertahan hidup hingga 9 sampai 15 tahun
  •  Kucing ini termasuk kucing yang aktif

4. Jenis Kucing Russian Blue

Jenis Kucing Russian Blue lucu
Jenis Kucing Russian Blue

Kucing jenis russian blue ini juga tidak kalah populernya dengan jenis kucing yang lainya, ras kucing ini belum diketahui kepastian daerah asalnyn namun berapa penelitian memastikan bahwa kucing ini hidup di semenanjung laut putih di port pada awal abad ke-17. Kucian russian blu ini disilangkan dengan kucing siam biru yang bertujuan agar memperkuat gen, akan tetapi dari persilangan itu munculah warna lain.

Dan ada beberapa ciri – ciri khas dari kucing rusoian blue ini yang membuatnya berbeda dengan kucing yang lainya.

Ciri –Ciri Kucing Rusian Blue

  • Memiliki ukuran tubuh medium
  • Berbulu pendek
  • Memiliki sterektur tulang yang bagus
  • Berwarna kebiruan dengan nuansa silver

5. Jenis Kucing Bengal

Jenis Kucing Bengal
Jenis Kucing Bengal

Kucing Bengal adalah blacan (kucing hutan Indonesia) Karena mereka ini mempunyai kemiripan di bulu mereka. Dan kucing Bengal ini sering disebut dengan kucing yang mirip dengan macan ataupun harimau, akan tetapi sifat mereka tidak sebuas macan ataupun harimau pada umumnya. Dan tujuan untuk mengembangkan kucing Bengal adalah untuk menghasilkan macan kecil yang bisa di pelihara di rumah.

Kucing Bengal ini memiliki dua pola warna dasar yaitu Kucing Bengal Rosetted dan Kucing Bengal Marble. Dan sangat banyak variasi padda ke dua pola kucing tersebut, tetapi yang paling banyak di cari adalah kucing Bengal ang memiliki pola yang sangat jelas dan kontras dengan warna dasar bulu.

Untuk pola yang pertama adalah Rosetted ini mempunyai 4 jenis tipe pola yaitu Donuts, Cloud ini mempunyai tambahan Single Spot, Pawprint, dan Arrow. Dan pada pola kucing Bengal pada rosette ini ada yang sejajar dengan tulang belakangnya, dan di di setiap sisi itu disebut juga dengan Chaining.

Dan untuk pola yang pola yang ke dua adalah Marble ini juga memiliki 4 pola warna dasar yaitu yaitu Horizontal Flowing Marble, Chaos Pattern atau Sheet Marble untuk tambahannya Bullseye Pattern, Chaos Pattern Marble, dan  Reduced Pattern Horizontal Flowing Marble.

6. Jenis Kucing Domestik / Kampung

Jenis Kucing Domestik- Kucing Kampung
Jenis Kucing Domestik

Oke sekarang kita berlanjut ke kucing domestic atau kucing kampong/domestic. Domstik ini merupakan sinonim padan kata dari lokal.

Kecnderungan sebagai cat lover untuk lebih memilih dan akan memelihara kucing hias ataupun kucing ras luar. Kucing kampun ini sering juga dikenal sebagai kucing liar. Dan bagaimana tidak kucing kampunglah yang sering mencuri ikan di meja makanan kita. Dan kucing kampong juga yang sering berkeliaran, tetapi disamping itu kucing ini juga memiliki keunikan yang membuat kita menjadi gemas dan ingin untuk memiliki nya.

Kucing kampong ini dibedakan menjadi beberapa dan mengingat sudah banayak sekali varian warna dari kucing lokal ini dan ada 4 bagian yaitu:

  • Kucing Kampung Merah Bata

Kucing kampung yang satu ini mungkin sudah tidak asing lagi buat kita jumpai karena kucing ini sudah banyak sekali di Indonesia. Kucing ini tergolong kucing yang sangat manja dan juga penurut, kucing yang seperti ini lebih suka disayang dan juga di manja, yaitu dengan cara mengelus perutnya.

  • Kucing Kampung Putih

Kucing putih ini merupakan lambing kesucian, kecantikan,dan kebersihan. Memiliki warna putih yang sangat cerah dan menjadikan kucing ini di sukai para pecinta kucing. Dan perlu anda ketahui jika anda sudah memiliki kucing ini anda harus sering sering memandikannya karena kucing ini akan terlihat kusam bila tidak di mandikan.

  • Kucing Kampung Belang Tiga

Kucing Belang Tiga ini merupakan kucing yang tergolong sangat sulit di temui dan apalagi yang berkelamin jantan. Dan cerita nya bila induknya melahirkan anak jantan langsung di bunuhnya. Dan ini tidak tau kabar benar nya atau tidak benarnya.

  •  Kucing Kampung Hitam Putih

Dan yang terakhir adalah Kucing Hitam Putih ini memiliki 2 warna yang berbeda yaitu warna hitam dan warna putih ini merupakan sebuah perpaduan yang sangat cantik. Jenis kucing ini hampir sama dengan kucing merah bata. Kucing ini merupakan kucing yang pemalas tetapi bisa diatur. Tetapi yang menjadi perbedaan dari kucing ini dengan kucing merah bata adalah kucing ini sangat gemar unutk berburu dan bertengkar pada sesame nya

7. Jenis Kucing Turkish Anggora

Jenis Kucing Turkish Anggora lucu
Jenis Kucing Turkish Anggora

Kucing ini sudah terkenal sekali dengan bulunya yang sangat panjang. Ciri dan bentuk kucing angora Turkish adalah kucing yang mempunyai ras angora ini memiliki ukuran badan yang sedang, dengan menggunakan gaya yang lemah  demulai serta manis. Langsing, badan panjang, menggunakan kaki serta ekor yang sangat panjang.

Kucing yang satu ini mrupakan kucing yang ber ras alami yang sudah sangat tua sekali dan cukup langka juga . dan ras kucing ini berasal dari angora. Angora adalah ras kucing yang memiliki badan sedang dengan bulu yang sangat panjang. Badannya itu langsing dan sangat ramping sekali. Kucing ini juga memiliki ras asli angora yang memiliki harga sekitar 4-15 juta rupiah. Tetapi jika angora hasil perkawinan dengan kucing yang lainnya harga nya bisa lebih murah lagi yaitu sekitar 200 ribu hingga 2,8 juta rupiah.

Dengan ekor yang berbulu tebal dan membesar seperti ekor musang. Dengan hidung yang sangat mancung, keseluruhan ketua berbentuk seperti segi 3, menggunakan telinga yang sangat lebar.

8. Jenis Kucing American Shorthair

Jenis Kucing American Shorthair
Jenis Kucing American Shorthair

Kucing yang ini memiliki tubuh yang sangat kekar dan sudah pasti terkesan sangat kuat sekali. Dan bulu kucing ini sangat pendek, tetapi sangat tebal dan juga banyak sekali.

Sifat Kucing American Shorthair:

  •         Sangat mudah untuk beradaptasi
  •         Sangat ramnah terhadap orang asing
  •         Sangat manja
  •         Tingkat kesehatan yang sangat baik sehingga tidak repot untuk merawatnya
  •         Memiliki kemampuan berburu yang sangat tangguh
  •         Aman jika bermain dengan anak anak

Kucing jantan ini akan terlihat lebih besar dibqandingkan yang betina. Berat kucing ini bisa mencapai angka 5,5kg hingga mencapai 8kg. dan sudah bisa dibayangkan bahwa kucing ini sangat besar sekali kan.

Ada lebih dari delapan puluh varian warna dari bulu kucing ini, tetapi mayoritas kita bisa menemukannya yang berwana hitam abu-abu dengan motif marble.

Untuk para pecinta kucing yang baik, mungkin kucing ini adalah sebuah rkomendasi kucing ras yang sangat cocok untuk dipelihara dalam jangka waktu yang sangat lama. Karena ras dari kucing ini memiliki rata-rata umur hingga 20 tahun dan itu pun dalam kondisi perawatan yang sangat bagus.

9. Jenis Kucing Siamese

Jenis Kucing Siamese lucu
Jenis Kucing Siamese

Kucing yang satu ini adalah ssalah kucing dengan satu ras kucing yang pertama diakui jelas sebagai kucing yang berjenis oriental. Sudah sesuai dengan namanya, kucing tang satu ini berasal dari Negara Siam yang sekarang berganti nama menjadi Thailand.Dan kucing ini sangat mudah sekali didapatkannya.

Kucing ini merupakan hewan yang sudah popular sekali menjadi hewan peeliharaan di dunia. Dan ras kucing ini sendiri merupakan kucing keturunan jalur mini. Pada awal munculnya kucing siam ini di Eropa adalah pada saat ras kucing ini dijadikan sebagai hadiah unutk duta besar Britania Raya di negara Thailand, dan seiring dengan berjalannya waktu kucing ini perlahan-lahan popular di Eropa pada abad ke-18.

Dan semua kucing siam ini memiliki pola warna dan bulu yang sama dengan mata yang berwarna biru. Kucing siam tradisional atau juga disebut dengan siam kepala apel adalah nama yang telah di usulkan oleh The Traditional Cat.

10. Jenis Kucing Norwegian Forest

Jenis Kucing Norwegian Forest lucu
Jenis Kucing Norwegian Forest

Kucing Hutan Norwegia atau Norwegian Forest Cat merupakan kucing yang sudah sangat populer di Norwegia, Islandia, Perancis dan Swedia. Kucing yang mempunyai nama Kucing Hutan Norwegia atau Norwegian Forest Cat ini sebenarnya keberadaannya sudahlah sangat lama. Dahulu pada era Perang Dunia II kucing ini hampir saja mengalami kepunahan. Setelah mengetahui keberadaan kucing inihampir mengalami kepunahan, akhirnya Norwegian Forest Cat Club melakukan program pembiakan kepada kucing ini. Hingga pada akhirnya kucing ini masih dapat bertahan sampai sekarang.

Banyak sekali teori yang menjelaskan tentang asal usul dari kucing ini, salah satu teori yang terkenal menjelaskan kucing ini yaitu teori viking. Teori viking ini menjelaskan bahwa dahulunya Kucing Hutan Norwegia ini dibawa oleh seorang yang berasal dari bangsa Viking ke Norwegia pada zaman abad ke-11. Namun sampai sekarang teori tersebut belum pernah ada yang menguji kebenaran dari teori tersebut.

Carl Fredrik Nordane merupakan badan yang sangat berjasa bagi Kucing Hutan Norwegia atau Norwegian Forest Cat dalam mendaftarkannya kedalam European Federation Internationale Feline sehingga pada tahun 1970-an kucing ini mendapatkan pengakuan sampai sekarang.

Kucing ini sangat bersahabat dengan manusia. Walaupun kucing ini memiliki cakar yang kuat, namun kucing ini jarang sekali mencakar majikannya. Kucing ini sangat pandai dalam memanjat pohon. Kucing ini bisa dikatakan kembaran dari kucing Maine Coon karena memang mereka sangat mirip sekali. Tubuh dari kucing ini kuat dan juga besar di lengkapi dengan ekor yang mengembang serta memiliki kaki-kaki yang panjang.

11. Jenis Kucing Maine Coon

Jenis Kucing Maine Coon lucu
Jenis Kucing Maine Coon

Kucing Maine Coon merupakan salah satu kucing yang mempunyai keunikan. Menjadi salah satu ras kucing yang tertua di dunia, Kucing Maine Coon berasal dari Maine, Amerika Serikat yang dahulu kononnya merupakan sebagai nenek moyang dari ras kucing Hutan Norwegia (Norwegian Forest Cat) dan kucing Anggora di tempatnya.

Ciri khas dari kucing ini yaitu antara lain memiliki bentuk mulut dengan moncong serta hudung yang khas, memiliki mata yang tajam. Salah satu ketrampilan yang dimiliki oleh kucing ini adalah memiliki ketrampilan berburu yang sangat cerdas. Kucing Maine Coon inijuga merupakan kucing terpopuler di dunia.

Selain itu juga kucing Maine Coon ini juga memiliki beberapa ciri-ciri yang harus kita ketahui. Ciri dari kucing Maine Coon yaitu antara lain :

  1. Memiliki tubuh yang besar dan juga panjang
  2. Ekor dari Kucing Maine Coon yang menyerupai sulak atau kemoceng
  3. Memiliki bentuk kepala yang unik
  4. Memiliki warna bulu yang khas
  5. Mempunyai tubuh yang dapat beradaptasi

Selain memiliki ciri khas, kucing ini juga memiliki beberapa sifat yang unik pula. Kucing Maine Coon ini merupakan kucing yang mudah bersahabat dengan manusia danjuga kucing ini sangat ramah. Dengan kita sering melakukan kegiatan bersama kucing Maine Coon dengan manja dan juga kita sering membelai kucingini maka kucing ini akan semakin lebih suka berada disekitar kita dan juga hubungan kita dengan kucing iniakan menjadi lebih baik lagi.

12. Jenis Kucing Sphynyx

Jenis Kucing Sphynyx lucu
Jenis Kucing Sphynyx

Kucing yang dahulunya bernama Canadian hairless sekarang memiliki nama Sphynyx. Kucing Sphynyx merupakan salah satu kucing dari ras kucing yang tidak memiliki bulu atau memiliki bulu yang sangat pendek dan juga itu pun sangat sedikit sekali. Namun apabila kita lihat secara sekilas, kucing ini tampak tidak mempunyai bulu sama sekali.

Apabila kita mengamati dengan saksama ternyata kucing ini memiliki bulu atau rambut halus yang ada di beberapa bagian yaitu antara lain di telinga, ekor, kaki dan juga didekat organ kelamin. Kucing Sphynyx ini berasal dari negara bagian Amerika yaitu dari negara Kanada. Penyebaran dari kucing ini sudahlah bisa di beberapa tempat di negara seperti Kanada, Rusia, Meksiko, Maroko, Amerika Serikat dan juga Australia.

Kucing ras Sphynyx ini merupakan salah satu jenis kucing dengan hasil rekayasa genetik. Di negara kita yaitu Indonesia, kucing Sphynyx ini tergolong kucing impor yang memiliki harga jual yang mahal yaitu harganya dapat mencapai sekitar 25 juta rupiah.

Kucing Sphynyx memiliki ciri yaitu antara lain :

  1. Memiliki badan yang cukup sedang
  2. Dada dan perutnya tegap dan juga bulat
  3. Memiliki kepala yang berbentuk segitiga dan juga lebih panjang jika dibandingkan dengan lebar kepalanya
  4. Memiliki ukuran hidung dengan lekukan yang jelas atau hanya terdapat sedikit lekukan
  5. Memiliki dau yang tegap dan juga terkadang mempunyai kumis
  6. Memiliki telinga yang besar dan lebar
  7. Memiliki mata seperti buah lemon yang terbuka lebar dengan ujung bagian luar mengarah ke telinga.

13. Jenis Kucing Scottish Fold

Jenis Kucing Scottish Fold lucu
Jenis Kucing Scottish Fold

Kucing Scottish Fold merupakan kucing dengan ukuran medium yang memiliki wajah yang sangat bulat. Nama dari kucing ini berasal dari ciri fisik dan juga asal dari kucing ini. Scottish atau Skotlandia merupakan sebuah negara dibagian Britania Raya dan juga merupakan asal dari kucing ini. Fold yang berarti terlipat yang menunjukkan bahwa ada bagian tubuh dari kucing ini yang terlipat. Bagian yang terlipat yaitu merujuk pada teinga kucing ini yang terlipat kebelakang. Jadi kucing ini bisa diartikan kucing dari Skotlandia yang terlipat telinganya.

Banyak sekali orang yang ingin memiliki kucing Scottish Fold ini, karena kucing ini memiliki bentuk yang menggemaskan dan juga lucu. Keunikan dari wajah kucing ini mengingatkan kita kepada boneka beruang ataupun boneka burung hantu.

Kucing ini memiliki dua jenis yang dapat kita pelihari di rumah. Dua jenis dari kucng inidapat kita bedakan dari bentuk telinganya. Beriut merupakan perbedaanya :

  • Folded ear

Kucing Scottish Fold yang ini memiliki telinga yang terlipat ke arah depan dan turun menghadap kebawah. Ketika kucing ini sudah dewasa biasanya telinga dari kucing ini terlipat karena merupakan hasil dari mutasi gen yang spontan.

  • Straight ear

Berbeda dengan kucing scottish pada umumnya, kucing ini memiliki telinga yang normal seperti kucing biasanya. Sehingga kucing ini jarang diminati karena kehilangan dari ciri khasnya kucing scottish.

14. Jenis Kucing Ragdolls

Jenis Kucing Ragdolls lucu
Jenis Kucing Ragdolls

Kucing Ragdolls merupakan ras kucing yang terbesar yang ada didunia. Kucing Ragdolls sudah diakui oleh Guines World of Records. Kucing jenis ini memiliki banyak sejarah yaitu antara lain dahulu pertama kali kucing ini di kembang biakkan oleh seorang yang notabenya peternak kucing Persia dari negara Amerika yang mana orang itu bernama Ann Baker.

Kucing Ragdolls ini memiliki harga yaitu berkisaran antara Rp. 3.500.000- Rp. 10.000.000. Kucing Ragdolls ini memiliki ciri khas yaitu pada kucing ini terdapat bulu kucing di bagian muka yang warnanya itu lebih gelap dari bulu lainnya. Hal yang membedakan antara kucing Himalaya dan Ragdolls adalah warna dibagian wajah tadi. Kucing Ragdolls ini memiliki ciri-ciri yaitu antara lain :

1. Fisik

  • Dibagian mata rata-rata memiliki warna oval biru.
  • Untuk warna bulunya variatif, ada beberapa warna yaitu vanda, mited, bicolor, serta warna point yang memang digolongkan dalam bentuk solid, lynk dan tortie.
  • Mempunyai ukuran tubuh yang berukuran besar, dan juga memiliki dada yang lebar serta panggul yang cukup besar juga.
  • Memiliki bulu yang panjangnya sedang dan halus seperi bulu yang dimiliki oleh kelinci.

2. Karakter

  • Bersahabat
  • Memiliki suara yang lembut
  • Tidak suka untuk menggangu siapapun
  • Mudah untuk dilatih
  • Manja
  • Suka bermain atau Aktif

15. Jenis Kucing Cornish Rex

Jenis Kucing Cornish Rex
Jenis Kucing Cornish Rex

Bagi kalian para pecinta kucing peliharaan bulu pendek kucing yang satu ini patutlah menjadi kucing peliharaan anda. Rex Cronish merupakan salah satu keturunan kucing domestic yang mempunyai bulu yang sangat pendek dan anehnya bulu kucing ini keriting yang mana bulu tersebut terjadi karna nenek moyang kucing ini.

Yang mana seekor kucing yang lahir tahun 1950-an di sebuah tempat area pertanian yang berada di Cornwall, Inggris yang mana kucing ini terkena mutase genetik sampai akhirnya diberi nama “Cornish” yang diambil dari nama “Cornwall”.

Sejarah dari kucing ini terjadi saat seekor kucing jantan mempunyai penampilan yang tidak biasa yaitu bulu yang keriting sampai akhirnya saat kucing ini dewasa oleh seorang pemilik merawat kucing ini dan mengawinkan dengan induk kucing lain.

Dan menghasilkan 1 kucing betina dan 1 kucing jantan yang mempunyai bulu keriting, tak lama kemudian sang pemilik kucing membawa kucing ini ke amerika dan mengawinkan silang dengan kucing Siam yang akhirnya lahirlah kucing jenis “ Rex Cornish”.

Kucing ini mempunyai warna yang solid : putih, coklat, jingga, ungu, biru, dank rem yang pastinya membuat anda senang melihatnya, harapan hidup dari kucing ini diperkirakan tidak terlalu lama atau sekitar 10 sampai 15 tahun. Tapi yang menegesankan dari kucing ini adalah rekor bertahan hidup dari kucing ini yang pernah dicapai adalah 33 tahun, tertarik?.

16. Jenis Kucing Manx

Jenis Kucing Manx lucu
Jenis Kucing Manx

Kucing yang satu ini merupakam salah satu kucing yang biasa di sebut “Rumpy” atau kucing yang tidak memiliki ekor dan bila ada ekornya pasti pendek. Kucing yang satu ini berasal dari Britania Raya yang masuk sebagai kucing taertua yang masuk daftar di CFA di tahun 1908.

Kebanyakan kucing mungkin sangat membenci air bahkan jarang menyentuh air, tapi kucing Manx berbeda dia sangatlah suka dengan air bahkan berani masuk kedalam air tanpa di suruh.

Sebagai kucing yang unik kucing yang satu ini terkenal dengan kemahalannya yang bisa mencapai sekitar 10-40 juta karena banyak para pecinta kucing yang memburu kucing ini sebagai peliharaan mereka.

Sebagai kucing yang unik Manx merupakan kucing yang setia dengan satu majikan atau satu keluarga berbeda dengan kucing lainnya yang mungkin bisa berpindah-pindah majikan tapi kucing ini berbeda.

Sifatnya yang begitu sampai akhirnya kucing ini mendapatkan gelar “ one family atau one person “ karna sifatnya yang begitu kucing ini sangatlah sulit beradaptasi dengan tetangga lain atau keluarga yang lain.

Karena sifatnya yang setia banyak para petani yang menyukai kucing ini untuk dipelihara dan bukan hanya untuk dipelihara tapi kucing ini juga sangat handal dalam menagkap tikus sehingga banyak para petani yang menyukainya.

17. Jenis Kucing Peter Bald

Jenis Kucing Peter Bald lucu
Jenis Kucing Peter Bald

Sedikit cerita dari kucing ini, Peter Bald adalah kucing yang unik yanag mana kucing ini berasal dari Rusia yang berasal dari persilangan antara kucing Don Sphynx dan Oriental Shorthair yang mana kejadian ini terjadi di tahun 1994.

Ciri khas dari kucing ini ada pada bulunya yang sangat sedikit , keornya yang panjang , kaki yang berselaput dan cakarnya yang berbentuk oval membuatnya terligat lebih manis dari pada kucing lainnya. Walaupun kucing ini memang terlihat aneh tapi jangan salah kucing yang satu ini sangatlah manis, ramah, baik, tenang, penyayang, cerdas, dan rasa ingin tahu yang tinggi.

Sebagai kucing yang ramah Peterbald sangatlah mudah untuk beradaptasi dengan majikannya dan sangatlah senang mengikuti majikannya pergi kemana-mana. Yang unik lagi dari kucing Peterbald adalah kecerdasannya yang tinggi yang mana dia sangatlah mudah menangkap hal-hal yang baru, terkadang dia suka mengulang-ngulang perilaku atau sifat sang majikan.

Bahkan dia bisa membuka gagang pintu rumah dengan mengunakan kukunya yang unik itu mukanya yang manis dan bentuknya yang unik pasti akan membuat anda semakin senang dengan kucing yang satu ini.

Sebagai kucing yang ingin tahu kucing ini banyak dicari para pemburu kucing juga, kecerdasannya dan cepat menangkap hal baru menjadikan kucing ini banyak diburu untuk dipelihara.

18. Jenis Kucing Savannah

Jenis Kucing Savanna lucu
Jenis Kucing Savanna

Dari namanya saja mungkin sudah unik, Savannah merupakan salah satu kucing ras Hibrida yang dihasilkan dari persilangan kucing liar Serval dari afrika dengan kucing tas domestic. Sebagai kucing yang berasal dari persilangan kucing liar Serval kucing ini telah dinobatkan sebagai kucing terpanjang di dunia yang mana panjangnya mencapai 17,1 inci atau kira 44 cm.

Kucing ini merupakan kucing terpopuler di amerika sekarang dan juga karna keunikannya yang mengesankan kucing ini juga mempunyai harga yang mendewa yaitu $4.000-$35.000 atau jika dirupiahkan mencapai sekitar 126-343 juta rupiah tapi itu hanya di Amerika, jika di Indonesia harganya hanya 35 jutaan saja.

Karakter dari kucing yang satu ini sangatlah banyak, penampilannya yang mengerikan berbeda dengan sifat aslinya, Savannah mempunyai sifat yang ramah, penyayang, rasa ingin tahu yang tinggi, kecerdasan yang tinggi, dll.

Kesetian dari kucing yang satu ini hampir sama dengan anjing kepada pemiliknya tubuhnya yang tinggi besar, dan bulu yang tebal dan bertutul membuat pemiliknya semakin senang jika melihatnya.

Kucing yangh satu ini mempunyai lompatan yang tinggi juga yaitu sekitar 2,5 meter bukan hanya itu saja dia juga mempunyai kecerdasan yang tinggi seperti membuka gagang pintu, membuka tutup makanan, dll.

19. Jenis Kucing Siberian

Jenis Kucing Siberian lucu
Jenis Kucing Siberian

Dan selanjutnya adalah kucing Siberia yang mana banyak orang yang memanggil kucing ini “Moscow Semi-longhair” yang mana kucing ini termasuk ras kucing domestic yang memang alami. Kucing satu ini berasal dari negara yang besar yaitu Siberia dari Rusia, Siberia mempunyai nama lengkap kucing “Hutan Siberia” yang mana kucing Siberia mempunyai tubuh atau fisik yang kecil tapi bulunya sedang dengan beberapa warna macam bulu yang mengesankan.

Sebagai kucing Siberia kucing ini termasuk kerabat tetangga dengan ras “Maine Coon dan Norwegian Forest”. Kucing Siberia di teliti sudah pernah ada sejak 1000 tahun SM dan pernah mengikuti kontes kucing yang diselenggarakan di Inggris pada tahun 1817.

Ciri khas dari kucing yang satu ini adalah berad pada daun telinganya yang yang meruncing seperti benda yang runcing dan juga matanya yang berukuran kecil yang jika di bandingkan dengan ukuran kepalanya, ekornya yang mengembang membuat kucing ini lebih menarik dan lebih elegant.

Kepribadian dari kucing ini juga sangat menarik sifatnya yang ramah, cerdas, kuat, lincah, dan giat membuat nilai ples sendiri dari kucing ini, kucing ini juga sering mendekur saat tidur atau saat sedang ingin di manja oleh majikannya.

Sifat unik dari kucing ini adalah suaranya yang khas saat menyambut majikannya yang pastinya membuat semua masalah anda bisa hilang dalam sekejap saat disambut dengan kucing yang lucu dan unik ini.

20. Jenis Kucing Ashera

Jenis Kucing Ashera lucu
Jenis Kucing Ashera

Kucing Ashera adalah kucing ras terbaru yang merupakan hasil dari perkawinan silang dari kucing Blacan, kucing Serval Afrika dan kucing rumahan biasa. Tujuan daripada menciptakan kucing jenis ini adalah membuat kucing peliharaan yang tidak hanya penurut kepada manusia, tetapi juga memiliki nilai eksotis yang tinggi.

Bagi anda yang barusaja melihat gambar diatas, mungkin kalian semua berfikir bahwa kucing ini adalah kucing Savannah, tetapi jika anda melihatnya secara langsung dari dekat, maka kucing ini akan terlihat berbeda dengan kucing lainnya, karena kucing Ashera ini sendiri memiliki nilai eksotis tersendiri, karena disamping kucing ini penurut dengan semua orang, tetapi kucing ini juga memiliki belang- belang yang indah jika dilihat secara langsung.

Menurut pengalaman saya selama saya memelihara berbagai jenis kucing dan menurut informasi yang telah saya dapatkan, ternyata kucing jenis ini menjadi perdebatan yang besar pada beberapa tahun silam. Konon, kucing Ashera ini memiliki DNA yang sama dengan kucing Savannah, oleh karena itu, kucing ini hampir sama memiliki penampilan seperti kucing Savannah.

Jika anda berminat untuk memiliki dan memelihara kucing yang satu ini, anda mungkin harus mempersiapkan dana yang lebih pada hari- hari sebelumnya, karena kucing ini memiliki harga jual yang sangat tinggi jika dibandingkan dengan kucing- kucing jenis lainnya.

21. Jenis Kucing Toyger

Jenis Kucing Toyger lucu
Jenis Kucing Toyger

Kucing Toyger adalah kucing yang berasal dari negara Amerika Serikat, asal usul kucing ini diberi nama kucing Toyger karena berasal dari kata “tiger” yang bermakna harimau atau macan, karena kucing ini memiliki corak pada bulunya seperti halnya harimau, kucing dari Ras Toyger ini sendiri  berasal dari perkawinan silang dari jenis kucing Bengal dengan kucing Ras Domestik.

Perkawinan silang ini dilakukan oleh peternakan yang berada di Amerika Serikat sana yang bernama EEYAAS Cattery. Pemilik peternakan ini bernama Judy Sugden inila yany mengawin silangkan kucing- kucing tersebut sehingga terciptalah kucing Toyger yang amat anggun nan elok.

Kucing ini memiliki beberapa ciri khas yang bisa anda lihat, antara lain :

  •  Memiliki mata yang liar dan tajam saat mengincar mangsanya, mata berwarna abu- abu kehijauan.
  • Memiliki bulu pendek, dan tidak terlalu lebat, corak bulu seperti harimau atau macan.
  • Memiliki bentuk kepala yang sama dengan kucing kampung pada biasanya, hanya dibedakan oleh bulu yang bercorak harimau yang khas ini.
  • Otot- otot kakinya kencang dan memiliki tubuh yang panjang.
  • Seluruh tubuhnya diselimuti oleh corak motif harimau.

Mungkin jika anda menginginkan memelihara harimau di rumah anda, namun anda takut karena harimau sendiri adalah hewan yang buas, anda bisa memelihara kucing eksotis yang satu ini, karena kucing inilah yang bagus untuk menjadi hewan peliharaan anda dirumah.

22. Jenis Kucing British Shorthair

Jenis Kucing British Shorthair lucu
Jenis Kucing British Shorthair

Kucing British Shorthair adalah kucing yang sudah terkenal di tanah air kita sejak tahun 2007 dan pada saat itu juga sudah menjadi primadona kucing peliharaan oleh kebanyakan masyarakat di Indonesia. Sesuai dengan nama yang diberikan kepada kucing ini, kucing ini berasal dari negara Inggris dan telah menjadi primadona pilihan juga bagi masyarakat Inggris sebagai hewan peliharaan.

Kucing British Shorthair ini merupakan hasil dari perkawinan silang dari kucing Mesir dengan kucing Domestik yang dikawin silangkan dan dikembangkan di negara Inggris. Perkawinan silang tersebut akhirnya membuahkan hasil yang sempurna, karena melahirkan anakan kucing yang memiliki tubuh yang besar dan memiliki bulu yang lebat nan elok dipandang.

Kucing British Shorthair ini memiliki sifat yang tenang dan cenderung memilih diam daripada bergerak kesana- kemari jika dibandingkan dengan jenis kucing yang lain, karena kucing ini memiliki badan yang cenderung lebih gendut dan besar daripada kucing biasanya. Namun anda jangan salah, walaupun kucing ini berbadan gemuk, tetapi jika anda mau merawat dan memelihara kucing ini, maka saya akan menjamin bahwa anda tidak akan merasa kesepian karena kelakuan kucing yang menggemaskan ini.

Tetapi jika anda mau memelihara kucing yang satu ini, anda tidak perlu memiliki uang yang banyak, karena harga jual dari kucing yang satu ini tidaklah terlalu mahal, dan mungkin semua masyarakat bisa membeli dan mmeliharanya karena harga jualnya yang tidak terlalu tinggi.

23. Jenis Kucing Abyssinian

Jenis Kucing Abyssinian lucu
Jenis Kucing Abyssinian

Kucing Abyssinian merupakan ras kucing tertua didunia, penampilan dari kucing ini mirip dengan lukisan dan patung pada zaman kuno dahulu. Kucing ini memiliki otot- otot yang kuat pada sekujur tubuhnya, lengkungan leher dan bahu yang indah dan elok dan juga memiliki telinga yang besar yang menyerupai bentuk almond.

Dahulu, bangsa mesir melarang perdagangan dari kucing ras tertua ini , bahkan mereka membuat kuil khusus untuk pemujaan kepada kucing ini. Mumy kucing Aby ini masih bisa banyak ditemukan di makam- makam kuno mesir.

Kucing ini menjadi legenda bagi masyarakat Mesir sampai sekarang, dan sekarang kucin ini sendiri sudah sangat jarang sekali dijumpai keberadaanya. Kucing ini memiliki kecerdasan yang tinggi jika dibandingkan dengan jenis kucing lainnya, kucing ini lebih memilih berada didekat manusia daripada sendiri, kucing ini berukuran sedang, langsing dan anggun dengan bulu- bulu pendek yang menempel di sekujur tubuhnya, bentuk kepala yang cenderung berbentuk segitiga ini akan memberikan kesan kuno daripada kucing ini sendiri dan juga kucing ini memiliki pola bulu bintik- bintik yang biasa juga disebut dengan Ticked Agouti.

24. Jenis Kucing Japanese Bobtail

Jenis Kucing Japanese Bobtail lucu
Jenis Kucing Japanese Bobtail

Kucing Japanese Bobtail adalah salah satu ras kucing yang terbentuk secara alamiah tanpa adanya perkawnan silang yang dilakukan oleh manusia. Sesuai dengan namanya “bobtail”, kucing ini memiliki ekor yang pendek. Kucing ini berasal dari negara Jepang dan sudah ada sejak beberapa abad silam. Kucing ini juga digambarkan pada dokumen- dokumen kuno di negara Jepang.

Kucing yang satu ini juga disimbolkan sebagai keberuntungan bagi mayoritas masyarakat Jepang, maka sebab itu, Orang- orang jepang memajangnya dirumahnya agar mendapat keberuntungan dari tuhan.

Telah ada banyak ditemukan barang barang yang berbentuk sama dengan kucing ini, seperti halnya boneka di toko toko tionghoa.

Kucing ini memiliki beberapa ciri khusus yang unik, seperti halnya :

  •         Berkuran sedang/ medium
  •         Memiliki badan yang berotot
  •         Ekornya pendek dan melingkar
  •         Tulang pipi agak menonjol
  •         Memiliki telinga yang lebar
  •         Memiliki mata yang berbentuk oval

Sekarang banyak orang yang memelihara kucing ini karena keunikan tersendiri yang terdapat pada kucing ini, seperti halnya dari segi ekor, kucing ini memiliki ekor yang pendek dan melingkar pada bagian belakangnya dan memiliki wajah yang imut nan lucu. Tentusaja ini sangatlah cocok jika digunakan sebagai hewan peliharaan dirumah.

25. Jenis Kucing Cheetoh

Jenis Kucing Cheetoh lucu
Jenis Kucing Cheetoh

Kucing Cheetoh adalah kucing yang memiliki bulu pendek dengan motif yang sesuai dengan namanya yaitu motif tutul. Kucing ini berasal dari hasil persilangan antara kucing Bengal dan Kucing Ocicat. Dengan penampilanya yang terlihat gagah, berotot dan atletis maka pantas bila kucing ini di sebut-sebut mirip dengan kucing hutan.

Menurut riwayat, kucing Cheetoh ini di kembangkan untuk menghasilkan keturunan kucing yang lebih besar, cerdas dan juga terlihat liar namun tetap menawan dan tanpa harus menambahkan sifat liar sehingga tetap memiliki sifat sosila seperti kucing biasa lainya.

Eits, namun jangan mudah terkecoh dengan paras si kucing Cheetoh ini, karena di balik parasnya yang terlihat liar dan agresif sebenarnya di bersifat jinak dan penyayang. Sehingga bisa di katakan aman bila di dekat anak-anak.

Sebenarnya bila kita amati lebih detail, ukuran kucing Cheetoh lebih besar dari indukanya, yaitu kucing Ocicat ataupun kucing Begal. Namun berat badan kucing Cheetoh jantan bisa mencapai 7-11 kg dan yang betina cenderung memiliki berat dan ukuran yang sedikit lebih kecil, yaitu dengan bobot di atas 65 kg.

Namun perlu anda ketahui, bahwa kucing Cheetoh tidak suka makan  tikus, burung atau hewan-hewan kecil lainya seperti kucing rumahan biasa. Mereka lebih cenderung makan makanan kucing kering yang anda berikan dan akan lebih baik bila sesekali anda beri menu tambahan daging mentah, sebagai pensuplai nutrisnya.

Secara resmi kucing Cheetoh sudah diakui oleh United Feline Organization sejak bulan November tahun 2004 dan saat ini kucing Cheetoh juga sudah masuk di dalam catatan The International Cat Association  aatau biasa di sebut ( TICA ) dengan status “ Experimen Breed “. Meski masih dalam status eksperimen persilangan kucing ini sudah  diberi garansi bahwa kualitas kucing Cheetoh ini sudah bisa dikatakan baik.

Bagi anda yang ingin membelinya, kucing Cheetoh ini dapat anda bawa pulang dengan harga $800 atau sekitar 7,5 juta rupiah saja. Namun bila anda membeli dengan kualitas Kucing Cheetah untuk show atau anakanya, mungkin harganya sudah jauh berbeda.  Mungkin bisa lebih murah atau mahal.

26. Jenis Kucing American Bobtail

Jenis Kucing American Bobtail lucu
Jenis Kucing American Bobtail

Kucing Amerika Bobtail bisa di katakana kucing ini adalah ras kucing baru yang mulai terkenal di era 60-an. Sesuai namanya bobtail, maka kucing ini memang jika di amati memiliki ekor pendek, dengan panjang yang hanya mencapai sepertiga hingga setengah panjang ekor kucing biasa pada umumnya. Pemendekan ekor ini terjadai karena adanya mutasi genetic pada pertumbuhan ekor kucing ini.

Secara umum banyak orang yang mengatakan bahea kucing ini mirip dengan kucing Japanese bobtail, meskipun sekilas terlihat mirip. Kucing Amerikan Bobtai memiliki double mantel bulu panjang dan pendek di tambah kucing ini sangat kuat. Selain itu kucing ini juga memiliki bulu yang terkesan kusut, variasi warna bulu dan bola mata degan penampilanya yang terbilang berkesan liar.

Bnaya para pengembang kucing ini yang mengatakan bahwa kucing American Bobtail ini memiliki karakteristik ramah, enerjik, senang bermain, lincah, dan juga sangat cerdas. Namun ada juga beberapa kucing dari ras ini yang terlahir dengan sifat penakut atau kurang ceria namun kucing ini juga di kenal sangat toleran dengan anak-anak sehingga kucing ini dapat di katakana aman bila di ajak bermain oleh anak-anak.

Kepribadian kucing ini mirip dengan anjing, yaitu mereka suka bermain dengan benda-benda yang kita lempar dan juga suka sekali menunggu si majikan pulang di depan pintu di tambah kebiasan anjing ini yang suka kabur atau lepas dari kandang.

Selain karakternya yang mirip dengan anjing. Kucing American Bobtail ini juga memiliki kebiasaan yang terbilang unik yaitu menggumpulkan barang-barang mengkilat. Jadi bagi anda yang memelihara kucing ini harus tau di mana persembunyian barang-barang yang ia ambil.

Kucing ini juga dapat dikatakan lambat dalam urusan berkembangbiak dari pada kucing pada umumnya. yaitu memerlukan waktu sekitar 2-3 tahun. Namur as kucing American Bobtailsudah di akaui oleh Cat International Association sejak tahun 1989, selain itu kucing ini juga sudah dapat di ikutkan dalam berbagai kompetisi.

27. Jenis Kucing Ocicat

Jenis Kucing Ocicat lucu
Jenis Kucing Ocicat

Kucing Ocicat adalah kucing yang berasal dari berbagai hasil persilangan kucing domestic yang berpenampilan liar, namun sama sekali tidak memiliki sifat seperti kucing liar. Dengan persilangan ini maka menghasilkan kucing Ocicat yang memiliki bulu bercorak tutul bak macan tutul yang liar. Namun bertempramen ala kucing domestik.

Kucing ini berasal dari hasil persilangan antara kucing domestik yang bernama ras kucing Siam dan Kucing Absyssinian, lalu di silangkan kembali dengan ras kucing bernama American Shorthair dengan warna silver tabby. Sehingga menghasilkan kucing Ocicat yang pertama.

Secara umum kucing ini memili jiwa atau sifat seperti anjing karena banyak laporan yang mengatakan bahwa kucing ini cenderung berperilaku seperti layaknya anjing.

Selain itu kucing ini juga di kenal sebagai kucing yang seang bersahabat, social dan juga tidak malu-malu berada di dekat orang yang belum ia kenal. Selain sifatnya yang ramah kucing ini juga mampu saling akur dengan hewan peliharaan lainya.

Kebanyakan orang mengatakan bahwa kucing ocicat cenderung lebih cocok di pelihara bagi merekayang dapat meluangkan waktu luang dan bukan orang yang sibuk karena kucing ini lebih membutuhkan perhatian. Di banding kucing pada umumnya.

Pada tahun 1987 kucing Ocicat ini sudah berstatus ‘ Championship’ dari lembaga Cat fancier’ Associations inc. Lalu beberapa tahun kemudian beberapa registry lain juga mengakui keberadaan kucing ini. Sehingga saat ini kucing Ocicat sudah di kenal di berbagai Negara di dunia.

28. Jenis Kucing California Spangled

Jenis Kucing California Spangled lucu
Jenis Kucing California Spangled

Kucing California Spangled adalah salah satu ras kucing yang bermotif macan tutul, merupakan kucing yang berasal dari persilangan antara beberapa ras kucing, yaitu ras kucing American Shorthair, Abyssinian dan juga British Shorthair. Meskipun parasnya dan penampilanya terlihat liar namun ras kucing ini tidak memiliki sifat liar.

Jika kita amati lebih detail, terkadang motif dari ras California Spangled ini memiliki bentuk oval, segitiga dan agak kotak. Selain motifnya yang unik, warna dari ras kucing ini yang bermacam-macam mulai dari coklat, perunggu, keemasan, hitam, silver, merah, dan putih.

Selain itu kucing ini sangat senang bermain terutama dengan si majikan dan juga bersifat interaktif dengan manusia. Secara umu kucing ini di kenal penuh kasih saying, menyenangkan, sangat dekat dengan majikan, dan juga rasa ingin tau yang besar. Meskipun demikian itu kucing ini juga dapat di katakana kucing yang enerjik,lumayan akrobatik, cerdas dan juga memiliki kemampuan berburu yang bagus.

Karena kucing ini termasuk langka dan mahal maka bagi anda yang ingin membawa pulang kucing ini harus menyiapkan uang sekitar  $800 sampai $2.500 namun jika harga belum naik dan masih setabil

29. Jenis Kucing Sailan

Jenis Kucing Sailan

Kucing sailan adalah kucing domestik yang berasal dari sri lanka, maka wajar bila kucing ini juga sering di sebut sebagai kucing sri lanka. Menurut sejarah kucing ini di kembangkan oleh cat club of sri lanka, meskipun baru di kembangkan pada tahun 1988, namun popularitas kucing ini sudah mendunia.

Sailan adalah kucing yang memiliki pola bulu berbentuk bintik-bintik, sehingga wajar bila kucing ini di katakana mirip dengan kucing ras abisinia.

Jika di amati maka dapat di katakana bahwa ras kucing ini yang padat,berotot namun pendek. Bobot si jantan berkisar 2,7-4,9 kg dan si betina memiliki bobot yang berkisar 6-11 pon saja. Kucing ras sailan ini memiliki bulu pendek, lembut dan juga halus dengan lapisan bawah bulu tipis. Matanya memiliki warna hijau. Selain itu kucing ini memiliki penampilan yang anggun berkat 2 kaki belakan yang lebih tinggi dari pada belakangnya.

Selain penampilanya yang anggun, kucing ini memiliki sifat atau kepribadian yang ramah, penuh perhatian, enerjik dan juga aktif.Sehingga tak ayal bila mereka di katakana sebagai kucing yang menyenangkan. Bahkan kucing ras sailan ini mudah bergaulhewan peliharaan lainya dan juga anak-anak. Sehingga kucing ini bisa di katakana cukup aman bila bermain dengan anak-anak.

30. Jenis Kucing Chausie

Jenis Kucing Chausie lucu
Jenis Kucing Chausie

Jenis Kucing Chausie adalah merupakan jenis ras kucing domestik yang memiliki dan di biakkan dari beberapa jenis kucing yang non domestik. Jenis kucing yang satu ini pertama kali diakui sebagai jenis kucing domestik oleh TICA(The International Cat Assosiation. Jenis kucing ras ini dimasukan sebagai kategori kucing hasil persilangan oleh kucing non domestik , bersama dengan jenis kucing lainya, seperti jenis kucing Bengal, dan jenis kucing savannah.

Dari segi penampilan, jenis kucing chausie ini memang terlihat seperti kucing liar, namun, pada kenyataannya itu, jenis kucing ini benar-benar hampir menyerupai seperti kucing domestik lainya. Yaitu memiliki sifat yang sangat cerdas, sangat aktif, dan suka sekali bermain, penuh akan rasa ingin tahu, dan sangat senang berjalan-jalan di luar rumah. Saat masih kecil, jenis kucing ini memeiliki sifat yang sangat aktif dan selalu sibuk.

Tetapi, ketika kucing ini menginjak usia yang dewasa, sifatnya berubah menjadi lebih tenang, tapi memiliki rasa penasaran, dan senang bermainya masih tetap ada.kucing jenis yang satu ini sangat tidak suka bila di tinggal sendirian, mereka butuh teman untuk bermain. Mereka juga memiliki sifat yang sangat setia, dan senang tinggal bersama orang yang cerdas, dan senang bila hidup bersama kucing yang cerdas dan banyak tingkahnya.

Ukuran dari kucing ini yaitu, jika kucing dewasa, beratnya itu sekitar 4,5 sampai 7,5kg. Sedangkan utnuk yang betina itu sekitar 3,4 hingga 5kg. Warna dari kucing ini pun adalah hitam mutlak, hitam tutul. Tetapi, di karenakan jenis kucing ini masih tergolong kucing baru, maka beberapa anakan kucing ini memiliki warna yang bermacam.

31. Jenis Kucing American Curl

Jenis Kucing American Curl lucu
Jenis Kucing American Curl

Jenis Kucing American Curl ini adalah erupakan jenis kucing liar. Kucing yang satu ini merupakan jenis kucing ras asli negara Amerika. Ciri khas daari kucing yang satu ini adalah yaitu memiliki telinga yang melengkung lucu ke arah belakang. Maka dari itulah, mengapa kucing ini di berikan nama curl. Jenis kucing yang satu ini memeiliki ukuran tubuh yang sedang, yaitu 2,2 – 4,5kg. Bulunya itu bisa panjang, dan bisa juga pendek.

Warna dari kucing jenis ini itu bermacam-macam. Tanda yang pasti dapat di lihat sepintas yaitu hanya pada telinganya saja yang melengkung, karena jenis kucing yang memiliki telinga yang melengkung ya hanya jenis kucing American Curl ini saja. Pada tahun 2012, jenis kucing ini hanya di pelihara di beberapa negara saja, yaitu di negara amerika serikat, spanyol, perancis, jepang, rusia dan beberapa negara lainya. Jenis american curl ini bukan dari hasil rekayasa genetik, dan hasil persilangan kucing lain, maka dari itu, kucing ini memiliki kesehatan yang cukup baik.

32. Jenis Kucing American Ringtail

Jenis Kucing American Ringtail lucu
Jenis Kucing American Ringtail

Jenis kucing American Ringtail sangat mudah sekali di kenali jenisnya. Sesuai dengan namanya, kucing ini mempunyai ekor yang melengkung seperti cincin, penyebab dari melengkungnya ekor kucing ini karena akibat dari mutasi genetik. Kcuing jenis yang satu ini, baru di kembang biakan pada tahun tepatnya tahun 2000-an.

Awal mulanya kucing jenis ini yaitu berawal pada tahun 1998, ketika seorang anak yang waktu itu di ketahui keponakan dari Susan Manley, menemukan seekor anak kucing, tepatnya dia menemukanya di kelas Washinton High di Fremont, California. Kemudian anak kucing itu di rawat, dan di beri nama yaitu dengan nama Solomon.

Uniknya dari anak kucing ini yaitu memiliki bentuk ekor yang unik, yaitu melengkung ke punggungnya. Setelah melakuka banyak penelitian, Susan menemukan fakta, bahwa tidak ada kucing ras murni, ataupun jenis kucing campuran yang memiliki bentuk ekor seperti ekornya kucing solomon ini, terutama di daerah California itu.

Kucing American Ringtail ini adalah merupakan memiliki sifat yang cenderung aktif, ramah, dan serba ingin tahu sesuatu yang di lihatnya. Kucing ini juga dapat bergaul dengan anjing(hanya anjing tertentu saja). Kucing jenis ini juga sangat senang bermain dengan air, senang bermain kota, dan sua sekali memanjat, tapi kucing yang satu ini masih memiliki sifat seperti kucing liar, yaitu suka mengubur sisa makanannya, mencari air yang mengalir untuk di minum.

33. Jenis Kucing Egyptian Mau

Foto Jenis Kucing Egyptian Mau lucu
Jenis Kucing Egyptian Mau

Kucing Egyptian Mau adalah merupakan ras kucing yang memiliki ukuran medium yang memiliki bulu yang pendek. Corak tutul dari kucing ini bukanlah hasil rekayasa genetik, melainkan memang tutul ini muncul secara alami. Warna tutul ini bukan hanya warna bulunya saja, melainkan samoai kulitnya pun memiliki warna yang bercorak tutul.

Kucing jenis ini adalah merupakan jenis kucing ras murni, yang di perkirakan yaitu sudah ada sejak 3000 tahun yang lalu, ataupun lebih. Hal ini di buktikan, karena adanya di temukan hasil gambaran kucing jenis ini pada hasil karya yang ada di mesir kuno. Namun, ada keterkaitan jenis kucing ini dengan kucing liar afrika.

Keunikan dari kucing yang satu ini yaitu warna dari bola matanya dapat berubah dari warna awal yaituw arna hijau, menjadi warna turquoise, sesuai dengan suasana hati kucing tersebut. Selain itu, jenis kucing ini juga termasuk kucing yang cerdas. Ukuran dari kucing jenis ini tidaklah sebesar kucing bengal, maupun kucing tutul lainya. Utnu membedakan kucing ini dengan kucing tutul lainya itu caranya mudah, kucing ini memiliki corak yang membentuk huruf M di jidatnya.

34. Jenis Kucing Anatolian

Foto Jenis Kucing Anatolian lucu
Jenis Kucing Anatolian

Jenis kucing Anatolian ini adalah merupakan jenis kucing ras murni berbulu pendek yang berasal dari negara turki, biasanya kucing jenis ini di kenal dengan nama kucing Turkish Shorthair. Namun, di turki, jenis kucing ini lebih di kenal dengan mana kucing Anadolu kedisi. Kucing jenis ini memiliki kemiripan dengan kucing turkish Van. Saat ini, kucing jenis ini sudah banyak tersebardi penjuru negara turki, dan sudah di ekspor di negara eropa dan negara Amerika Serikat.

Sifat dari kucing ini yaitu  memiliki sifat yang cenderung Bersahabat, sangat penyayang, dan lembut, terutama jika kucing ini di rawat dari kecil, sudah di sosialisasikan dengan baik kepada pemiliknya, maupun kepada manusia. Kucing jenis ini terkenal karena lompatanya yang cukup kuat, dan karena sifatnya itu yang suka bermain.

Kucing jenis ini termasuk ke dalam kucing berbadan medium. Tubuh dari kucing ini pun memiliki otot, dan termasuk kucing yang kuat, memiliki struktur tubuh yang menyerupai kucing Turkish Van. Panjang dari kucing ini yaitu panjang kaki depanya cenderung lebih pendek, di banding kaki bagian belakangnya.

Bulu dari kucing jenis ini pun memiliki tekstur yang halus dan lembut, meski berukuran pendek. Dan kucing jenis ini tidak memiliki bulu lapisan bawah. Dan jenis kucing ini memiliki jenis variasi warna yang baik, tanpa marking van.

35. Jenis Kucing Aphrodite

Foto Jenis Kucing Aphrodite lucu
Jenis Kucing Aphrodite

Jenis Kucing merupakan salah satu dari diantaranya dua kucing yang mana dari ras murni dan juga yang mana jenis kucing ini berasal dari Cyprus.

Kucing ini juga bisa termasuk dari jenis kucing yang begitu domestic dan juga yang mana untuk dari ukurannya yang besar dan juga dengan bodynya yang begitu panjang, dan juga kaki yang amat jenjang.

Untuk jenis kucing yang ini Bisa saja dibilang untuk hidungnya yang begitu meruncing dan juga yang begitu mancung.

Untuk jenis Kucing ini yang mana dibagian kaki belakang,yaitu lebih panjang dibandingkan halnya dengan kaki bagian depannya.

Untuk bagian Tubuhnya yang begitu panjang dan juga begitu kuat yang mana akan semakin terlihat begitu mempesona, yaitu dengan ekor yang mana berukuran yang begitu medium sampai-sampai panjang yang berbulu lebat.

Namun untuk jenis kucing ini sangatlah cenderung lambat untuk memasuki masa kedewasaanya. Mereka ini baru saja untuk dewasa sepenuhnya oada saat ketika usianya yang genap, yaitu 3 tahun.

Kucing ini juga termasuk jenis kucing yang begitu berbulu semi-longhair dan juga dengan tekstur bulu yang mana begitu lembutnya dan juga halus yang mana sama seperti halnya kapas. Untuk jenis Kucing ini juga yang mana memiliki bulu, yaitu berupa lapisan bawah yang mana kegunaannya untuk menghangatkan tubuhnya diri sendiri, yaitu pada saatnya musim yang dingin.

36. Jenis Kucing Balinese

Foto Jenis Kucing Balinese Lucu
Jenis Kucing Balinese

Untuk Jenis kucing Balinese ini adalah, yaitu kucing yang mana dengan berupa tipe tubuh yang mana kucing yang begitu oriental (langsing dan panjang) dan juga ditutupi oleh berupa bulu yang begitu panjangnya dengan berupa pola yang begitu warnanya seperti halnya ras yang siam.

Bagian Bulu dari kucing jenis Balinese ini tidak begitu sepanjang bulu jenis kucing himalayan.

Jenis kucing Balinese ini juga terbentuk halnya secara spontan dan juga sebagai dari akibat dan juga dari mutasi ras yang siam. Untuk kata-kata dari Siam adalah berupa kucing yang mana berbulu yang pendek, karena dia mengalami suatu mutasi yang begitu spontan dan juga muncullah berupa kucing yang siam.

yaitu dengan berupa bulu yang panjangnya. Yang mana Secara sederhananya untuk jenis kucing siam dan juga jenis kucing balinese adalah berupa kucing yang juga sama, untuk dari suatu perbedaan hanyalah terletak pada berupa panjangnya suatu bulu.

Untuk berupa Pada awalnya dulu jenis kucing Balinese ini didaftarkan, yaitu sebagai longahired siamese. Yang mana pada saat Sekitar tahun 1920 jenis kucing yang siam berbulu yang panjang juga bisa dianggap sebagai dari suatu keanehan dan juga dapat dijual, yaitu sebagai hewan berupa peliharaan yang berupa biasa.

Dan juga Tidak ada dari suatu usaha yang begitu khusus, yaitu untuk mengembang biakkan dari jenis-jenis kucing ini.

37. Jenis Kucing Devon Rex

Foto Jenis Kucing Devon Rex lucu
Jenis Kucing Devon Rex

Untuk jenis kucing Devon Rex ini merupakan jenis kucing yang mnaa berbulu yang sangat lah pendek dan juga memiliki bulu yang keriting, akan tetapi bulunya ini sangatlah lembut sekali. Karena juga dari jenis bulunya nya juga dapat sebut, kucing ini juga bisa saja disebut-sebut yang mana sebagai dari salah satu, yaitu berupa jenis kucing yang mana paling aman dan juga bagi para penderita yang alergi bulu kucing.

Untuk yang pertama kalinya juga telah ditemukan oleh seseorang yang mana bernama Beryl Cox di Buckfastleigh, Devon, Inggris, yaitu berupa pada tahun yang ke 1960 di mana yang berada dekatnya berupa lokasi tambang timah berupa miliknya sendiri yang mana ditemani bersama dengan juga beberapa anak-anak kucing lainnya juga.

Pada saat Dulunya kucing ini juga saat itu dikira juga memiliki suatu berupa hubungan , yaitu dengan kucing yang mana ber jenis Cornish Rex, tetapi pada saat kucing jenis Devon Rex ini tes dan juga telah membuktikan bahwa hasilnya tidaklah seperti demikian itu.

Untuk dari berupa Kucing ini yang mana berukuran medium saja dan juga ini sering sekali disebut dengan halnya sebagai serupa kucing pixie atau juga bisa disebut dengan kucing alien karena dari berupa penampilannya yang mana berupa sangatlah unik. Untuk jenis Kucing ini memiliki berupa 3 jenis bulu yang mana berupa down hair, awn hair, dan guard hair.

  1. Jenis Kucing Nebelung
Foto Jenis Kucing Nebelung lucu
Jenis Kucing Nebelung

Untuk jenis kucing Nebelung ini yang mana merupakan kucing yang mana jenis ini kucing yang berbulu dan juga panjang yang mana juga penampilannya yang begitu terlihat sangatlah mirip sekali dengan kucing yang berjenis Russian Blue,akan tetapi juga berbulu yang panjang.

untuk Nama dari Nebelung ini sendiri juga bisa merujuk pada salah satu dan juga kata yang dalam dan berupa dari bahasa Jerman yang mana berarti asap, untuk jenis kucing ini sangatlah cocok dengan warna bulu kucing yang berjenis ini. untuk Kucing ini juga tergolong berupa jenis kucing ras yang baru, dan juga ras kucing yang amat masih langka.

Jenis Kucing Nebelung ini juga merupakan berupa jenis yang mana kucing ini berukuran yang begitu medium berupa tubuh yang amatlah kokoh dan juga begitu berotot lho. Untuk Tubuhnya yang begitu memanjang yang mana berupa bulu semi-panjang dan juga bulu yang lembut dan juga padat yang mana berwarna yang kebiruan, yaitu dengan ujung yang mana agak terlihat berwarna lebih silver.

Untuk dari Ekornya  sendiri yang mana begitu panjang dan juga ada halnya juga berbulu, untuk daun telinganya yang begitu cukup besar, dan juga berupa matanya yang mana terlihat begitu bulat dan juga begitu besar.

Untuk jenis Kucing nebelung ini yang mana merupakan yang mana jenis kucing yang amat sangalah pemalu,cenderung, dan juga sangatlah cerdas.

39. Jenis Kucing Exotic

Foto Jenis Kucing Exotic lucu
Jenis Kucing Exotic

Untuk Jenis berupa kucing yang Exotic, yaitu adalah berupa jenis kucing yang mana dikembangkan untuk bisa menjadi sebuah Kucing Persia yang merupakan versi kucing dengan bulu pendek.

Exotic Shorthair ini juga sangatlah mirip dengan halnya Kucing Persia, yang mana kucing ini juga termasuk temperamen dan juga berupa fisiknya, akan tetapi kecuali juga berupa bulunya yang begitu pendek.

Untuk jenis Kucing Exotic Shorthair ini yang mana pertama kali telah dikembangkan  dengan halnya secara rahasia, yaitu oleh para breeder American Shorthair yang mana pada akhir tahunnya yang mana pada tahun 1950-an yang mana untuk meningkatkan dari suatu kualitas yang mana berupa dari warna bulu dan juga ras kucing yang ada di American Shorthair.

Namun pada saat dari suatu usaha tersebut akan tetapi gagal karena dari suatu hasil tersebut yang mana membuat kucing American Shorthair menjadi kucing yang mana berkepala bulat, bertulang yang besar , berhidung pendek dan juga yang mana bulunya yang lebih panjang.

Dan juga Para mayoritas breeder American Shorthair juga tidak sangatlah tidak suka dengan berupa dari hasil persilangan tersebut dan juga langsung juga akan mendiskualifikasi kucing jenis ini jika akan ditemukan berupa tanda-tanda dari persilangannya tersebut. Untuk dari Salah satu dari berupa breeder yang mana melakukan dari suatu persilangan bersama Persia-American Shorthair yang mana bernama Jane Martinke yang telah melihat dari suatu potensial dari suatu jenis kucing tersebut dan juga sebagai suatu ras kucing yang amatlah terbaru

40. Jenis Kucing Pantherette

Foto Jenis Kucing Pantherette lucu
Jenis Kucing Pantherette

Kucing Pantherette merupakan jenis kucing ras yang baru pada saat ini masih dalam proses pembentukan. Kucing ini dibentuk dari menyilangkan beberapa jenis kucing dengan tujuan untuk menghasilkan sebuah ras kucing yang mempunyai penampilan seperti menyerupai black panther. Maski tanpa menggunakan sedikitpun gen panther.

Kucing ini bisa disebut  hasil dari pembiakan kucing pantherette ini sama persis dengan tujuan dan menghasilkan dari pembiakan kucing Bombay yaitu sama-sama menghasilkan kucing yang mempunyai penampilan menyerupai miniature black panther.

Jika kucing tersebut dibiakkan dengan menyilangkan kucing American shorthair dengan kucing Burmese, maka kucing pantherette generasi yang pertama justru malah dihasilkan dari menyilangkan kucing amur F1 bengal dengan kucing desert lynx ekor panjang yang berbulu hitam solid. Yang dihasilnya adalah seekor kucing yang berbadan besar, tulang yang besar, sangat berotot, berbulu hitam solid, dan sangat menyerupai miniature dari black panther.

Pada generasi kedua pun dihasilkan dengan cara menyilangkan hasil dari generasi pertama dengan kucing melanistic Bengal. Kemudia dilanjutkan dengan generasi ketiga yang menyilangkan dengan kucing melanistic Bengal yang lain untuk menghasilkan F4 jantan dan betina. Selanjutnya F4 jantan dan betina itu bisa dikawinkan. Dan bisa dikatakan kucing pantherette ini adalah 1/8 desert lynx dan 7/8 black amur Bengal. Karena apa kucing itu masih ada keturunan dari desert lynx, maka dimungkinkan, dan kemudian akan lahir lahir kucing pantherette yang berbulu panjang.

Menurut informasi yang kita dapatkan bahwa kucing pantherette generasi yang pertama sudah dijual sejak tahun 2002. Dan pada saat ini kucing pantherette sudah terdaftar di international progressive cat breeders alliance (IPCBA). Tapi, ternyata program pembiakan kucing jenis baru ini masih berlangsung sampai sekarang.

41. Jenis Kucing Poodle

Foto Jenis Kucing Poodle lucu
Jenis Kucing Poodle

Kucing poodle mungkin bagi kita kedengarannya aneh. Pasti kita yang pertama kali kita dipikiran kita adalah hanya sosok anjing mungil, yang lucu, serta dengan bulu-bulu yang aneh. Tapi perlu kita ketahui, sekarang ini ada jenis kucing yang disebut sebagai kucing poodle.

Menurut informasi dari dailymail, kucing poodle ini dikenal juga karena sebelumnya sebagai kucing Selkirk rex sampai sekarang. Kucing yang dikenal dengan sebutan kucing berbulu domba ini sudah resmi dideklarasikan sebagai ras tersendiri oleh para peneliti.

Pada setiap kucing poodle didunia ini sudah terlahir dari satu induk kucing yang bernama miss depesto, adalah seekor kucing jalanan yang mempunyai bulu kriting. Dan kucing poodle ini bisa diperkirakan keturunan yang ke-9 dari kucing yang pertama ditemukan pada tahun 1987 di Montana tersebut.

Nenek moyang kucing poodle ini ditemukan oleh seorang breeder kucing Persia yang bernama jeri newman. Suatu ketika dia menemukan seekor kucing dijalanan yang mempunyai bulu keriting. Lalu kemudia  dia pun mengadopsinya dan memberi nama miss dipesto, yang diambil dari nama seorang resepsionis yang berambut keriting diserial tv moonlighting yang bernama agnes dipesto.

Menurut sebagian penelitian dari university of veterinary medicine Vienna, kucing Selkirk rex yang mempunyai bentuk yang berbeda dari kebanyakan jenis kucing dan merupakan salah satu dari emapt kucing yang berbulu keriting.

Bulu keriting yang mempunyai oleh kucing ini dikarenakan oleh gen dominan. Sehingga kucing itu dapat disilangkan dengan ras kucing yang lainnya, dan akan mampu meninggalkan ciri bulu keritingnya.

42. Jenis Kucing Owyhee Bob

Jenis Kucing Owyhee Bob
Jenis Kucing Owyhee Bob

Kucing Owyhee bob merupakan salah satu jenis kucing cantik yang kembangkan dengan mengawinkan kucingsiam dengan kucing manx. Dan hasilnya adalah kucing yang mempunyai warna colorpoint dengan ekor super pendek.

Kucing Owyhee bob mempunyai sifat yang sangat cerdas, setia, seperti seekor anjing, manis, dan sosial. Mereka sangat senang menjadi bagian dari sebuah keluarga. Dan mareka senang karena mengikuti pemiliknya ketika sedang berada didalam rumah, dan senang meringkuk dipangkuan.

Kucing Owyhee bob termasuk jenis kucing yang memiliki ukuran yang cukup besar. Kucing betina beratnya sekitar 4 sampai 6 kg, dan sedangkan yang jantan sekitar 6-8 kg. kepalanya bentuknya bulat dan lebar, serta dengan daun telinga yang berukuran medium hingga besar dan berbulu. Mata kucing yang berwarna biru.

Kucing ini mempunyai kaki yang sangat kuat dan kokoh, cakranya besar dan terkadang berjari banyak. Kucing jenis ini mempunyai pertumbuhan yang bisa dikatakan lambat. Karena mereka hadir dalam 2 bulu yaitu bulu panjang dan bulu pendek. Serta ekornya mungkin masih bisa terlihat, tapi sangat pendek.

43. Jenis Kucing Safari

Foto Jenis Kucing Safari
Jenis Kucing Safari

Kucing safari merupakan kucing yang memiliki berkepribadian lembut dan manis. Jangan sampai teripu dengan kucing yang satu ini karena tampilannya yang tampak buas. Kucing safari ini versi hybrid dari kucing jenis south American geoffroys. Pada tahun 1970-an adalah tahun yang pertama kucing safari lahir. Karena kucing ini lebih sering dijadikan bahan penelitian di Washington state university yang tujuannya untuk meneliti penyakit leukemia. Tak jarang yang menjadikan kucing safari sebagai peliharaan.

Kucing F1 safari ini sangat sulit dihasilkan sehingga keberadaannya sangat langkah ditemukan diseluruh dunia. Padahal kucing tersebut menyenangkan dan sangat ramah kepada siapapun. Untuk membatasi jumlah kucing yang aka nada, kucing dikembangkan dengan beberapa macam kromoson yang berbeda.

Pada persilangan antaa geoffroys dan kucing domestic kini menjadi perhatian. Karena apa geoffroys mempunyai 36 macam kromosom dan sedangkan kucing domestic mempunyai 38 macam kromosom. Hal tersebut menjadi suatu keuntungan, keturunan dari hasil perkawinan ini dan dapat bisa mempunyai bentuk tubuh yang jauh lebih besar dibandingkan induknya.

44. Jenis Kucing Ragamuffin

Foto Jenis Kucing Ragamuffin Lucu
Jenis Kucing Ragamuffin

Kucing ragamuffin adalah salah satu jenis kucing yang pertama kali muncul pada tahun 1994. Kucing tersebut dikenal akan bulunya yang sangat lebat dan seperti bulu kelinci.

Kucing ragamuffin mempunyai bentuk tubuh yang berotot dan butuh waktu sekitar 4 sampai 5 tahun untuk menjadi kucing jenis ini. Kucing ini mencapai bentuk tubuh yang benar-benar matang. Karena apa terbilang baik dan mereka ramah, penyayang sangat jinak, dan teman yang menyenangkan.

Kucing jenis ini sudah termasuk jenis kucing berbulu panjang. Uniknya lagi, meskipun bulu kucing ini panjang dan lebat, konon bulunya tidak mudah kusut dan tidak mudah menggumpal. Sehingga dapat terbilang mudah merawat bulunya.

Semua variasi warna dan corak bulu diijinkan, baik itu dengan tanpa warna putih atau hanya warna colorpoint saja. Yang tidak diijinkan oleh standar cfa. Tapi kucing ragamuffin memiliki bulu warna putih yang full. Dan kucing ini merupakan yang paling banyak dicari. Namun jumlahnya yang langkah dibandingkan dengan ragamuffin berwarna lainnya.

Meskipun tampilannya yang mirip sekali dengan kucing ragdoll, dan harga kucing ragamuffin ini cenderung lebih mahal. Seekor anak kucing ragamuffin yang berkualitas paling murah harganya sekitar $1,000.00 atau sekitar  sampai 10 juta rupiah.

45. Jenis Kucing Puppykat

Foto Jenis Kucing Puppykat lucu
Jenis Kucing Puppykat

Jenis kucing ini adalah kucing yang memiliki tubuh yang sedang tidak terlalu kecil dan tidak terlalu besar, dan kucing jenis ini juga memiliki tubuh yang seimbang. Kucing ini memiliki bulu yang bermacam-macam ada yang hadir dengan bulu yang panjang juga ada yang hadir dengan bulu yang pendek, yang mana bulu kucing ini sangat tebal dan sangat lembut.

Kucing Puppykat ini ada berbagai macam warna dan pola bulu, diantaranya calico, tortie, solid, smoke, dan masih banyak lagi. Dan juga ada kucing yang memiliki pola bulu yang banyak disukai dan lebih dipilih oleh orang-orang untuk menjadi hewan peliharaan. Dan itu adalh kucing yang memiliki jenis pola bulu Tux.

Kucing jenis ini adalah spesies kucing yang sangat unik. Karna kucing ini meiliki tubuh yang sangat unik, didalam tubuh kucing ini memiliki tiga mutase gen sekaligus yaitu memiliki daun telinga yang melipat, memiliki jari yang baik yaitu Polydactyl, dan juga memiliki ekor yang pendek.

Kucing Puppykat merupakan kucing yang cerdas, lebih mudah dirawat, penurut, dan juga senang bermain. Kucing ini juga lebih mudah untuk dilatih untuk atraksi-atraksi misalnya seperti berjalan diatas tali atau bermain fetch.

Kucing Puppykat merupakan keturunan dari kucing Scottish Fold. Yang mana kucing ini memiliki telinga yang meilipat, namun tidak semua anak dari kucing Puppykat memiliki telinga yang melipat. Masih ada beberapa yang telinganya masih daun telinga yang lancip.

46. Jenis Kucing Tiffany

Foto Jenis Kucing Tiffany
Jenis Kucing Tiffany

Kucing Tiffany ini memiliki tubuh yang sedikit berbeda denga jenis kucing yang lainnya, karena memiliki tubuh yang asing yang dieselimuti bulu yang semi panjang. Kucing jenis ini memiliki tubuh yang sangat halus dan lembut.

Kucing Tiffany ini hanya memiliki satu lapisan bulu, dan menjadikan lebih mudah dalam merawatnya dibandingkan merawat kucing yang memiliki dua lapisan bulu.

Kucing ini merupakan kucing yang berbeda dengan yang lainnya, karena kucing ini memiliki pertumbuhan yang tergolong cukup lambat. Biasanya pertumbuhan sempurna mereka ketika sudah berumur dua tahun.

Hidung kucing ini tidak terlalu mancung dan juga tidak pesek, moncong pada kucing ini sangat kuat, luas pendek dan lembut.

Sejarahnya kucing ini dulu sekitar tahun 1967 di New York, Amerika Serikat. Ada seseorang yang bernama Jennie Robinson yang membeli rumah, dan dia tidak meyangka karna pada saat membeli rumah juga mendapatkan paket sepasang kucing.

Kucing itu memiliki nama Thomas dan Shirley. Yang berwarna coklat dan bebulu semi longhair dan merupakan tipe badan semi foreign.

Pada awalnya kucing ini merupakan kucing yang sudah dianggap punah, dan daftar namanya pun sudah dihapus di ACA (American Cat Association). Awalnya mereka mengira kucing ini adalah keturunan kucing Birman, namun kucing ini tidak memiliki warna sepia seperti kucing Birman.

Kemudian kucing ini melahirkan 6 anak kucing, dan kemudian Jennie membuat sebuah program pembiakan kucing ini, dan pada tahun 1970 Jeniie mendaftarkan kembali jenis kucing Tiffany ini  mereka ke ACA, karena jumlahnya sudah cukup banyak.

47. Jenis Kucing Oriental Shorthair

Foto Jenis Kucing Oriental Shorthair
Jenis Kucing Oriental Shorthair

Kucing Oriental Shorthair merupakan jenis kucing yang memiliki tubuh yang langsing, anggun, dan kuat. kucing ini memiliki ukuran yang terbilang medum yang beratnya sekitar 4kg – 6,6kg. Kepala kucing ini berbenruk segitiga dan memiliki telinga yang besar. Matanya berbentuk almond dan miring, dengan demikian tampak bentuk orientalnya.

Kucing ini memiliki sifat yang cerdas, ramah, dan sangat menyenangkan untuk diajak bermain. Kucing ini akan mengeluarkan suara yang keras jika dia sedang bahagia.

Kucing ini memiliki saudara yang tidak jauh berbeda, namun yang membuatnya menjadi berbeda yaitu memiliki bulu yang panjang yaitu jenis kucing Oriental Longhair.

Kucing Oriental Shorthair memiliki ras yang beragam warnanya yaitu warna putih, merah, krem, hitam, biru, cokelat, lavender, kayu manis, dan warna coklat kekuningan. Terdapat lebih dari 300 warna dan pola kombinasi yang berbeda. Kepribadian kucing ini hampir sama dengan kucing siam, karena kucing ini sangat senang dan menyukai pada segala macam mainan dan stimulasi.

Kucng ini merupakan kucing yang ideal untuk dipelihara, karena kucing Oriental ini sangat mudah berdaptasi dengang rumah dan sagat ramah terhadap hewan peliharaan yang lain seperti kucing lainnya, bahkan anjing.

48. Jenis Kucing Munchkin

Foto Jenis Kucing Munchkin lucu
Jenis Kucing Munchkin

Kucing jenis ini merupakan kucing yang sangat unik, karena pada bagian dari tubuhnya ini memiliki keunikan yaitu memiliki kaki yang pendek. Namun walumpun memiliki kaki yang pendek kucing jenis ini tidak memiliki gangguan pada tulang punggungnya.

Seorang dokter yang bernama Solveig Pfluege yang meneliti selama 7 tahun pada kucing ini, dia tidak menemukan adanya gangguan yang pada kucing Munchkin, padahal penyebab yang menyebabkan kucing ini memiliki kaki yag pendek adalah gen yang sama yang menimpa anjing Daschund. Namun anjing ini mengalami gangguan pada tulang punggungnya.

Kucing ini sangat suka bermain, dan kucing ini sangat mudah dan cepat beradaptasi dengan manusia juga dengan hewan yang lainnya.

Sejarah dari kucing Munchkin yaitu dahulu ada seorang dokter yang bernama H.E. Williams yang menemukan kucing yang berkaki pendek. namun beliau masih ragu-ragu karna kucing itu sempat hilang pada saat perang dunia ke II. Kemudian pada tahun 1983 seorang guru musik yaitu Sandra Hochened. Menemukan dua ekor kucing betina dibawah truk, kucing itu berwarna hitam dan abu-abu, kemudian kucing itu seang dalam kedaan hamil.

Kemudian kucing itu diberi nama Bluberry dan Blackberry. Dan ketika kucing ini melahirkan kemudian Sandra memberikan anak-anaknya pada temannya, dan kemudian mengembangbiakan. Nama Munchkin terinspirasi dari sebuah film Wizard of Oz, karena nama Munchkin diberikan kepada kurcai-kurcaci itu. Kucing jenis ini ketika sedang dalam posisi duduk sangat mirip dengan posisi kelinci.

49. Jenis Kucing Manx

Foto Jenis Kucing Manx
Jenis Kucing Manx

Kucing jenis ini adalah kucing yang sangat unik, karena kucing ini memiliki keunikan pada bagian tubuhnya yaitu tidak memiliki ekor. Kalian pasti tau pada umumnya kucing itu memiliki ekor. Yang mana ekor pada kucing itu berfungsi sebagai alat keseimbangan.

Kepala kucing ini bentuknya bulat dan memiliki leher yang panjang, dan memiliki hidung yag kecil. Telinganya berdiri, berujung bulat, dan menghadap kedepan, matanya bulat, besar, dan menonjol dengan sudut luarnya lebih tinggi dibandingkan dengan sudut dalamnya. Warna mata kucing ini disesuaikan dengan warna pola bulunya.

Namun kucing jenis ini sangat menarik yaitu, pada umumnya kucing yang tidak memiliki ekor akan sangat berpengaruh dengan keseimbanganya. Namun kucing ini tidak memiliki kesimbangan yang buruk walaupun tidak memiliki ekor. Itu semua dikarenakan memiliki apparatus vestibulae yang sangat sensitive pada telinganya yang fungsinya sebagai pengganti ekor.

Sejarah kucing Manx ini yaitu, pada abad ke-19 kucing Manx ini ditemukan di Isle of Man, yaitu disuatu pulau yang terletak diantara Inggris dan Irlandia.

Hilangnya ekor kucing ini dikarenakan mutasi alami yang terjadi pada pulau tersebut. Gen pada kucing ini bersifat dominan, itu semua akibat dari pulau yang terisolir, dan kemudian populasi kucing ini mulai mendominasi pada pulau tersebut dan mulai berkembang biak banyak.

Kucing Manx memiliki ekor maskimal panjangnya sekitar 3cm. semakin pendek ekornya maka semakin bagus nilanya. Kucing jenis ini memiliki tubuh yang medium dengan berat 3 ampai 5 kilogram.

Kucing ini memiliki beberapa warna seperti color point dan juga memiliki pola marble dan spotted. Dan warna yangpaling langka adalah warna putih solid.

50. Jenis Kucing Burmese

Foto Jenis Kucing Burmese lucu
Jenis Kucing Burmese

Kucing ini adalah salah satu kucing yang asalnya dari Burma. Kucing ini banyak mempunyai banyak jenis yang merupakan hasil dari perkawinan antara kucing siam dan antara kucing lainnya yang mirip dengan kucing Burma. Kucingini biasanya tinggalnya di kuil kuil yang sangat kuno yaitu di kuil Buddha Burma dial ah dari abad ke 15.

Biasa nya kucing ini sangat lah terkenal di luar negri dan sangat elok termaksud kucing ini ucing yang mempunyai banyak kelangkaan, kucing ini sangat lah di kenal orang kecerdasannya, kelincahnya, serta penyayangan dan mempunyai daya Tarik yang sangat lah kuat serta sangat lah cocok buat anak anak kucing hewan lainnya.

Sejak  awal tahun 1930 an, Dr Joseph Thompson dari San Francisco yaitu mengeksporkan seekor kucing betina yang berwarna coklat tua dari Burma yaitu mengirimnya ke Myanmar. Pada saat itu di Amerika Serikat, tidak ada kucing yang sama dengan kucing Burma tersebut, makanya dari itu kucing ini akan di ekspor ke mana mana dan kucing memng di ekspor supaya lebih terkenal lagi.

Jika kucing ini di lihat dari depan, bentuk kepala kucing tersebut kepalanya bulat dan melengkung kearah tengkoraknya. Kenapa kalian heran, karena sudah di teliti betul Karena kucing ini bener bener kepalanya bulat dan dan kepalanya melengkung kea rah tengkorak.

Kucing ini adalah kecing yang tidak telalu agresif, kucing ini baik, ramah dan mudah beradaptasi dengan lingkungannya yang baru. Dan majikkannya juga sangat baik jangan sampe kucing kehilangan, kalo sudah kehilangan sangat lah rugi besar bagi para yang melihara kucing ini.

51. Jenis Kucing Turkish Van

Foto Jenis Kucing Turkish Van
Jenis Kucing Turkish Van

Kucing ini telah hidup selama beribu ribu tahun di daerah asalnya di sebut Anatolia. Yang telah di jelas kan di sejarahnya kucing ini di juluki dengan kucing ‘ cincin putih ‘ yang pada ekornya.  Kucing ini mirip sekali dengan kucing angora, kenapa mirip dengan kucing angora karena kucing mempunyai bulu yang sangat lah lebat, karena itu kucing ini mirip dengan kucing angora.

Kucing ini yang pertama kali di di bawa adalah di amerika serika yaitu pada tahun 1983. Yang baru pada tahun 1995 yaitu kucing ini untuk di konteskan di mana mana dan kucing ini yang sangat lah cantik untuk di pelihara para orang orang yang sangat mencintai kucing tersebut.

Salah satu kucing ini mempunyai ciri khas nya adalah bermain di air. Tiap tiap hari kucing ini selalu ada di kolam untuk mandi dan berenang. Sebagaian besar kucing yang ada di amerika serikat adalah kucing ang tinggal dai dalam rumah rumah saja dan tidak mempunyai silaturrahim di daerah daerah mana saja terdapat banyak air seperti kolam ikan dan sungai .

Bentuk kucing ini adalah kepalanya yang berbentuk segitiga, panjang hidung nya sedang dan tulang pipinya enonjol kedepan bukan kebelakang, dagu kecilnya dan teingan yang sangat lah lebar.

52. Jenis Kucing Birman

Foto Jenis Kucing Birman
Jenis Kucing Birman

Kenapa kucing ini di namain kucing Birman. Karena kucing ini yang berasal dari Birman tersebut. Hamper semua kucing mempunyai perbedaan yang sangat beda atau ada yang mirip sekali, tapi kucing kali sangat berbeda dengan kucing lainnya. karena kucing ini mempunya wana bulu di dominasi warna putih dengan warna yang hanya ada 2 variasi yaitu warna hitam dan putih.

Paduan tesebut banyak lah orang yang mau memeliharanya kucing tersebut, kucing ini mempunyai warna hitam putih pada bagian bagian wajahnya, telinga, ujung kakinya dan ujung ekornya. Kucing ini mempunyai tubuh yang mendekati sangat besar dengan beratnya 5 hingga 7 kilogram.

Kcing ini yang paling mencolok adalah warna kedua boal matanya yang biru. Kemudian menjadi kucing yangsangat lah unik dan jarang ada kucing seperti ini atau lain lainnya. bulu nya yang sangat lah tebal seprti kucing anggora. Kalian semua pastilah sangat menyukai kucing tersebut kucing ini mempunyai tipe tipe berbulu yang sangat lebat.

Kucing ini kalau di jual sangat lah mahal. Kalau di jual harus sesuai dengan umur kucingnya yang sekarang, kalao tidak tau maka kucing tersebut tidak bisa di jualnya. Dan saya akan memberi tahukan jual kucing tersebut yang ada di bawah ini.

  • Kucing Birman Kitten asli  umurnya 2.5 buan  harga jualnya Rp 5.400.000 – Rp 8.000.000
  • Kucing Birman Anakan Betina  umurnya 5 bulan  harga jualnya Rp 6.700.000
  • Kucing Birman Dewasa Jantan  umurnya 1 tahun  harga jualnya Rp 11.900.000

53. Jenis Kucing Persia Peaknose

Foto Jenis Kucing Persia Peaknose lucu
Jenis Kucing Persia Peaknose

Kucing ini menjadi para idaman untuk di pelihara para orang orang di antaranya jenis kucing ini yang ada di Indonesia saja. Pada saat sekitar 4 jenis kucing yang sangat berbeda dan palig di sukai oleh para orang orang di Indonesia saja. Kucing ini mendapatkan kan julukan nya yang berasal dair negaranya tersebut, yaitu Indonesia atau bagi Negara iran dari beberapa tahun yang lalu di sebut dari negaranya.

Kucing tersebut mempunyai bulu yang sangat tebal seperti kucing anggora, kucing Persai Flatnose dan lain lain yang bulu itu tebal tebal. Kucing ini kepala nya bulat seperti kucing Burmese, kucing persai di kenal mempunyai pipi yang sangatlah montok dan matanya yang bulat dari pada kucing lain. Terkadang mata kucing lainya itu lonjong atau setengah bulat.

Kucng persai ini adalah kucing tipe tipe tradisional yaitu yang memiliki kesan muka nya seperti boneka boneka yang mirip dengan kucing ini dengan hidungnya panjang yang sesuia dengan wajahnya atau mukanya.

Kucing ini sangat lah cocok untuk kalian yang mau memelihara kucing cantik dan unik tersebut karena kucing ini bnyak pengunjung yang mau membelinya walaupun mahal tetep saja kucing ini pintar dan cerdas, dari situ lah pengunjung mau membeli kucing tersebut walaupun  mahal atau punmurah. Kalian juga harus menjaga kesehatan bagi kucing dan kucing tersebut harus di jemur biar kucing tersebut selalu sehat sama kucing lainnya

54. Jenis Kucing Persia Flatnose

Foto Jenis Kucing Persia Flatnose
Jenis Kucing Persia Flatnose

Kucing ini ( kucing Pesa Flatnose ) yang pertama kali di kembangkan adalah di maerika serikat. Namun dia tidak memiliki hidung yang begitu pesek seperti kucing Persai Peaknose. Banyak sekali kucing yang di kembang kan di amerika serikat yaitu seperti kucing lainnya. contohnya antara lain : kucing Persai Flatnose, Kucing Peaknose, Kucing Birman, kucing Turkish Van, Kuicng Burmese dan lain lain.

Kucing ini ( Kucing Persai Flatnose ) mempunyai ciri ciri khas yaitu pada hidung yang sangat lah pesek yang sama dengan muka ( datar ). Kemudian juga itu tidak terlau pesek seperti jenis kucing lainnya Persai Peaknose, kepala kucing pun tidak terlalu bulat seperti kucing lainya. Kepala kucing terlihat kotak dan tidak bulat.

Pada bagian bulu nya seperti kucing lainnya atau seperti kucing anggora tapi kucing ini beda dengan kucing anggora karena bulunya sangat lah panjang kalo kucing anggora itu bulu nya Cuma tebal doang tidak panjang seprti kucing ini. Makanya itu kkucinng ini sangat lah unik. Kaki kucing pu juga pendek tetapi juga itu tidak terlalu pendek.

Dalam memelihar kucing tersebut harus mempunyai beberapa perawatan yang khusus untuk kucing ini agar semua itu kelihatan cantik dan sehat juga. Dan ini lah cara merawat kucing antara lain :

  1. Berikan makanan khusus untuk kucing ini yang mengandung nutrisi pada kucing tersebut yang mempunyai tanggungan mata yang sangat sehat.
  2. Luangkan sedikit untuk mengajak bermain pada kucing ini karena kucing ini sangat lah manja seperti anak anak padanya.
  3. Ajak kucing tersebut di jemur smpe setengah jam supaya kecing tersebut agar sehat selalu.

Begitu banyak jenis kucing yang bisa kita pelihara untuk menemani di rumah maupun diajak jalan-jalan. Kucing memiliki banyak bentuk dan warna dengan bulu yang lembut yang menyenangkan. Kita dapat memilih jenis kucing yang sesuai dengan yang kita inginkan.

Semoga dengan artikel ini dapat bermanfaat untuk kita semua. Terimakasih. 🙂

Gravatar Image
Pribadi yang sederhana, berjuang, berusaha, dan terus berdoa untuk bisa menjadi orang yang bermanfaat dan berguna untuk sesama. Mencari ilmu akhirat dan dunia untuk hidup yang Barokah.

Leave a Reply