Cerita Dongeng
Cerita Dongeng

Cerita Dongeng Rakyat Indonesia

Posted on

Dongeng merupakan bentuk cerita tradisional atau juga cerita yang disampaikan secara turun temurun mulai dari nenek moyang. Sebuah bentuk cerita dari sastra lama yang mengisahkan suatu kejadian tentang yang sangat luar biasa dan juga kejadian yang penuh dengan fiksi atau khayalan yang sering dianggap oleh para masyarakat sebagai hal yang tidak pernah benar-benar terjadi merupakan definisi dari dongeng. Fungsi dari dongeng yaitu untuk mendidik atau untuk mengajarkan ajaran moral, dan juga tentunya untuk menghibur.

Dongeng memiliki struktur yang terbagi menjadi tiga bagian yaitu antara lain bagian pendahuluan, bagian isi atau peristiwa, dan bagian penutup. Bagian pendahuluan merupakan bagian dimana untuk mengantarkan kalimat pembukaan untuk memulai sebuah dongeng. Bagian isi atau peristiwa merupakan bentuk dari kejadian-kejadian yang terjadi didalam dongeng tersebut dan juga sudah diatur sedemikian rupa atau sudah disusun berdasarkan urutannya masing-masing. Bagian penutup merupakan akhir dari bagan-bagan cerita yang dibuat untuk menutup atau mengakhiri cerita tersebut.

Dongeng biasanya diceritakan dengan alur yang sederhana. Penulisan sebuah dongeng ditulis dalam sebuah alur cerita yang cukup singkat dan juga bergerak dengan cepat.

Di indonesia ada banyak cerita dongeng yang bisa kita lihat. Contoh dongeng itu antara lain :

  • Malin Kundang

Cerita Malin Kundang
Cerita Malin Kundang

Pada suatu hari, hiduplah sebuah keluarga yang sangat memprihatinkan keadaanya. Keluarga tersebut memiliki seorang anak laki-laki yang bernama Malin Kundang. Kemudian suatu hari ayah Malin,memutuskan untuk berkerja dinegeri seberang. Lama kemudian, ayah Malin tidaklah kunjung pulang.

Setelah Malin beranjak dewasa akhirnya dia memutuskan untuk bekerja dinegeri seberang bersama seorang yang sudah sukses dinegeri seberang. Akhirnya Malin berangkat belayar bersama dengan temannya tersebut. Saat dikapal mulaibanyak ilmu yang Malin dapatkan dari anak buah temannya tersebut. Namun disuatu ketika saat sedang berlayar, kapal yang dinaiki oleh Malin disrang oleh bajak laut. Hingga pada akhirnya Malin terdampar disuatu pulau yang subur.

Singkat cerita Malin menjadi orang yang kaya raya dan memiliki banyak kapal. Dan jga setelah menjadi kaya raya, akhirnya Malin menikah dengan seorang gadis. Setelah lama menikah, akhirnya pada suatu hari Malin dan juga istrinya melakukan pelayaran menggunakan sebuah kapal yang besar. Ketika memasuki pelabuhan, ibu Malin melihat bahwa yang berdiri bersama seorang perempuan di kapal itu adalah Malin. Lalu setelah Malin turun dengan istrinya dari kapal, ibu Malin menghampirinya dan saat itu ibunya melihat bekas luka ditangannya Malin yang membuat ibunya Malin semakin yakin bahwa itu adalah anaknya. Kemudian ibu Malin menghampiri Malin dan langsung memeluk Malin, lalu ibunya berkata ”lama sekali kau pergi anakku.” Lalu seketika itu Malin langsung melepaskan pelukanya dan mendorong ibunya hingga jatuh. Setelah itu Malin berkata “dasar wanita tidak tau diri, sembarangan saja menggangap aku anakmu.”

Singkat cerita, pada akhirnya ibu Malin berdoa “ya tuhan, jika benar dia anakku. Aku bersumpah dia akan menjadi sebuah batu.” Kemudian setelah ibunya Main berdoa seperti itu, akhirnya terjadilah sebuah musibah yang dahsyat. Musibah tersebut sampai membuat kapal Malin hancur dan lama-kelamaan akhirnya setelah hancurnya kapalnya Malin, tubuh Malin berubah menjadi sebuah batu karang.

  • Asal Mula Danau Toba

Danau Toba
Danau Toba

Disuatu wilayah Sumatra hiduplah seorang yang bekerja sebagai pengarap ladang dan pencari ikan. Suatu ketika saat dia mencari ikan, dia mendapatkan seekor ikan. Namun ikan tersebut berbeda dengan ikan biasanya, ikan tersebut bisa berbicara dan ikan itu mengatakan bahwa “jangan makan saya, biarkan saya hidup.” Setelah ditanya-tanya dan petani itu mau melepaskan ikan tersebut. Akhirnya ikan tersebut menjadi wanita lalu dinikah oleh petani tersebut. Namun saat petani itu menikah dengan wanita jelmaan ikan itu, petani itu diberi sebuah pantangan yaitu tidak boleh menyebutkan bahwa apabila mereka mempunyai anak nanti dia tidak boleh megatakan bahwa anaknya adalah anak dari ikan.

Singkat cerita, mereka mempunyai seorang anak laki-laki. Suatu hari anak tersebut diperintah untuk mengantarkan makanan untuk bapaknya di sawah, namun ternyata makanan tersebut malah dilalap habis oleh anak itu lalu setelah habis dia tidur disebuah gubug. Dilain tempat bapaknya telah lama menunggu makanan dari anaknya. Dan akhirnya petani tersebut memutuskan untuk pulang. Saat ditengah perjalanan dia menjumpai anaknya sedang tertidur disebuah gubug, dan seketika itu petani tersebut memarahi anaknya dan mengatakan bahwa anak tersebut adalah anaknya ikan. Akhirnya petani tersebut mengatakan pantangan tersebut.

Tak berselang lama, akhirnya suatu musibah besar melanda desa tersebut. Musibah tersebut adalah sebuah banjir yang sangat deras hingga bisa membentuk sebuah telaga dan akhirnya membentuk sebuah danau. Danau itu akhirnya dikenal dengan nama Danau Toba dan pulau yang ada ditengah Danau dikenal dengan nama Pulau Samosir.

  • Timun Mas

Disebuah kampung yang indah hiduplah seorang wanita tua yang hidunya sebatang kara. Wanita itu bernama Mbok Yem. Mbok Yem mempunyai keinginan agar dia bisa merawat seorang anak, tapi itu sangatlah mustahil karena dia tidak mempunyai seorang suami.

Setiap harinya Mbok Yem pergi kehutan untuk mencari kayu bakar. Disuatu hari disaat Mbok Yem sedang mencari kayu bakar dihutan, datanglah seorang raksasa yang besarnya melebihi pepohonan. Disitu Mbok Yem mulai ketakutan, namun raksasa itu kemudian berkata pada Mbok Yem “wahai wanita tua, jangan takut padaku, aku tidak akan memakanmu. Karena kamu sudahlah tua dan juga daging yang kamu miliki pastilah sudah tidak enak untuk aku makan. Namun, kamu akan aku beri beberapa butir benih yang harus kamu tanam dan juga kamu rawat. Jika benih itu sudah tumbuh dewasa maka kamu harus membaginya kepadaku sebagai tanda terima kasihmu kepadaku.” begitu ucap raksasa kepada Mbok Yem. Lalu Mbok Yem hanya bisa mengangguk-angguk saja dan diberilah Mbok Yem sebutir benih oleh raksasa itu.

Singkat cerita setelah timun mas besar, akhirnya raksasa akan mengambilnya. Namun pada saat ingin mengambil timun mas, raksasa harus melalui banyak cobaan. Dan pada akhirnya raksasa tidak mampu melalui semua rintangan yan diberikan timun mas kepadanya. Akhirnya timun mas hidup bahagia dengan ibunya dan suaminya.

Leave a Reply