Surakarta
Surakarta

Tempat Wisata di Kota Solo

Posted on

Kota Solo atau nama sebutan dari Kota Surakarta merupakan salah satu kota di Indonesia yang terkenal akan budayanya. Kota Solo merupakan wilayah otonom dengan status kota dibawah Provinsi Jawa Tengah. Kota Solo merupakan kota dengan penduduk terbesar di Pulau Jawa bagian selatan ke-tiga setelah Bandung dan Malang. Kota Solo atau Surakarta merupakan pewaris Kesultanan Mataram bersama Yogyakartayang dipecah melalui Perjanjian Giyanti. Kota Solo berbatasan dengan Kabupaten Boyolali dan Kabupaten Karanganyar di sebelah barat dan juga timur, dan di sebelah selatan berbatasan dengan Kabupaten Sukoharjo. Sebelah timur Kota Solo ada sebuah sungai yang mengalir disana dan namanya juga terabadikan di sebuah lagu keroncong yaitu lagu Bengawan Solo. Dahulu Surakarta merupakan karesidenan yang meliputi wilayahnya yaitu Surakarta, Wonogiri, Sukoharjo, Boyolali, Karanganyar, Klaten, dan Sragen.

Kota Surakarta merupakan kota yang mempunyai banyak tempat wisata yang kurang lengkap apabila kita berkunjung ke Surakarta namun kita tidak mengujunginya. Tempat wisata di Kota Surakarta yaitu antara lain :

  1. Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat

Keraton Kasunanan Surakarta
Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat

Apabila kita sedang berkunjung ke Kota Surakarta, rasanya kurang lengkap apabila kita belum berkunjung ke tempat yang satu ini yaitu Keraton Surakarta. Nama lengkap dari keraton ini yaitu Keraton Kasunanan Surakarta Hadingningrat. Sebenarnya dahulu Keraton Surakarta ini merupakan bagian dari Kerajaan Mataram. Namun, karena ada permasalahan politis dengan Belanda pada akhirnya Kerajaan Mataram terpecah menjadi 2 yaitu Kasultanan Yogyakarta dan juga Kasunanan Surakarta. Kasultanan Yogyakarta dipimpin oleh Pangeran Mangkubumi dan Kasunanan Surakarta dipimpin oleh Pakubuwono III. Akhirnya, Pangeran Mangkubumi mendapatkan gelar Sultan Hamengku Buwono I dan juga sekaligus menjadi awal berdirinya Kerajaan Yogyakarta hingga sampai kini. Keraton Surakarta sampai saat ini juga masih berdiri tegak. Didalam Keraton Surakarta banyak tersimpan berbagai barang-barang peniggalan Raja-raja sebelumnya. Keraton Surakarta ini hingga kini masih dipakai untuk upacara adat yang diselenggarakan pada hari-hari tertentu. Ada upacara adat seperti Sekaten yang dilakukan pada malam Maulid nabi dan juga arak kebo Kyai Slamet yang dilaksanakan pada malam 1 Suro. Pada saat kalian mengunjung Keraton Surakarta ini, kalian bisa melihat berbagai macam koleksi yang ada didalam istana. Maka dari itu Keraton Surakarta ini menjadi tempat wisata di Surakarta atau Solo yang banyak diminati dan juga dikunjungi oleh berbagai macam orang baik lokal maupun mancanegara.

  1. Kampung Batik Laweyan

kampung batik laweyan
Kampung Batik Laweyan

Di Kota ini banyak sekali orang yang mencari atau ingin membeli batik dari sini. Karena memang Kota Surakarta terkenal dengan batiknya, sehingga tidak heran apabila di Kota Surakarta banyaksekali tempat yang menjual batik. Di Kota Surakarta juga ada sebuah tempat yang namanya Kampung Batik Laweyan dan Kampung Batik Kauman. Di dua Kampung itu terdapat banyak orang yang sedang mengrajin batik tradisonal. Namun, setiap kampung memiliki corak batiknya masing-masing sehingga berbeda antara batik dari Kampung Batik Laweyan dan juga Kampung Batik Kauman. Di Kampung Batik Kauman motif dan juga coraknya itu lebih cenderung lebih gelap, sedangkan di Kampung Batik Laweyan lebih cenderung agak terang. Rasanya kurang lengkap apabila kita berkunjung kesuatu tempat wisata, namun kita tidak membeli oleh-oleh dari sana. Pastinya dari kampung itu sudahlah menyediakan tempat untuk membeli oleh-oleh yang berupa batik. Kampung Laweyan bisa menjadi tempat alternatif sebagai tempat untuk membeli oleh-oleh.

  1. Museum Batik Danar Hadi

Museum Batik Danar Hadi
Museum Batik Danar Hadi

Kota yang terkenal akan budayanya yaitu antara lain terkenal dengan batiknya. Maka wajar saja apabila di Kota Solo terdapat sebuah Museum Batik. Di Kota Solo terdapat museum batik yaitu Museum Batik Danar Hadi. Di museum itu kalian bisa melihat berbagai macam koleksi batik dari berbagai daerah yang ada di Nusantara. Jika kalian berasal dari luar kota dan kalian sedang berwisata di Kota Solo, nampaknya kurang lengkap apabila kalian tidak mengujungi museum tersebut dan juga membeli cinderamata dari sana. Batik Danar Hadi juga merupakan salah satu merk batik ternama yang berasal dari Kota Solo. Koleksi dari Batik Danar Hadi bisa kalian jadikan sebagai cinderamata dari Kota Solo yang sangat bagus dan juga berkesan.

Leave a Reply