Makassar
Makassar

Makanan Khas Makassar

Posted on

Makassar atau kota yang pernah dikenal sebagai Ujung Pandang merupakan ibu kota dari provinsi Sulawesi Selatan. Kota Makassar merupakan kota metropolitan terbesar diwilayah Indonesia Timur. Dahulu Kota Makassar merupakan ibu kota dari Provinsi Sulawesi dan juga menjadi ibu kota Negara Indonesia Timur. Kota initergolong sebagai kota yang multi etnik atau multi kultur, karena ada banyak jenis suku bangsa yang ada dan juga menetap di dalamnya. Suku bangsa yang ada dan juga jumlahnya itu signifikan yaitu antara lain suku Bugis, Mandar, Toraja, Jawa, Buton dan juga Tionghoa. Selain dikenal sebagai kota yang memiliki wisata pantai yang indah. Di Kota Makassar banyak sekali dijumpai makanan khas dari sana. Makanan Khas Kota Makassar yaitu diantaranya adalah :

  1. Sop Saudara

sop saudara
Sop Saudara

Sop Saudara merupakan makanan khas Makassar yang berasal dari daerah Pangkep, Sulawesi Selatan. Sop ini yaitu berupa makanan yang dihidangkan dengan daging sapi, perkedel kentang dan bihun yang diberi kuah. Satu mangkok sop saudara ini juga dihidangkan dengan satu piring nasi dan juga ditambahkan dengan ikan bandeng bakar. Di daerah Pangkep lah Sop Saudara ini berasal, yaitu kurang lebih 60 kilometer dari Kota Makassar. Didaerah Pangkep banyak warung yang menjual Sop Saudara. Warung yang menjual Sop Saudara biasanya juga menjual Ikan Bolu Bakar (bandeng). Karena memang antara Sop Saudara dengan Ikan Bolu Bakar memang sudah menjadi satu paket yang mungkin tak bisa dipisahkan.

  1. Sup Konro

sop konro
Sop Konro

Sup Konro merupakan salah satu makanan khas dari Indonesia yang berasal dari tradisi Makassar dan juga Bugis. Sup konro ini biasanya dibuat dengan menggunakan bahan daging sapi atau iga sapi. Sup konro ini biasanya dimakan dengan menggunakan tambahan ketupat yang di potong kecil-kecil dan juga warna dari sup ini biasanya berwarna coklat kehitam-hitaman. Warna coklat kehitaman itu berasal dari buah kluwek yang memang berwarna hitam. Bumbu dari sup ini relatif kuat karena ditambahkan dengan menggunakan bumbu ketumbar. Variasai lain dari sup konro yaitu konro bakar. Konro bakar biasanya dibuat dengan bumbu khas konro. Konro bakar paling pas dikonsumsi dengan atau dimakan dengan sambal dan juga dengan nasi.

  1. Mie Titi

mie titi
Mie Titi

Mie titi merupakan makanan khas dari Makassar. Penampilan dari mie titi ini sangatlah mirip dengan Ifune. Selain itu mie titi ini juga penampilannya hampir mirip dengan mie yang digoreng kering lalu kemudian disirami dengan kuah yang kental yaitu seperti makanan capcay. Kuah dari mie ini pun sangat mirip dengan makanan capcay. Pada saat anda ingin mengonsumsi mie titi ini, anda bisa menambahkan berbagai macam sayuran didalamnya. Sayuran seperti wortel, bunga kol ataupun sawi bisa anda tambahkan. Mie titi ini sebenarnya makanan yang berasal dari Tionghoa, namun mie ini ternyata disukai oleh masyarakat umum yang ada di Makassar. Juga untuk agar mie ini lebih lengkap, anda juga bisa menambahkan bakso, udang maupun irisan daging ayam didalam mie titi. Mie ini memang hampir sama dengan capcay.

  1. Coto Makassar

coto makassar
Coto Makassar

Coto Makassar atau nama lainnya yaitu Coto Mangkasara merupakan makanan tradisional dari Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan. Untuk membuat makanan yang satu in bahan yang diperlukan yaitu jeroan sapi (isi perut) yang telah direbus dalam jangka waktu yang lama. Kemudian setelah jeroan yang bercampur dengan daging sapi itu direbus dalam jangka waktu yang lama, selanjutnya potong-potong atau iris jeroan itu lalu bumbui dengan menggunakan bumbu yag sudah diracik secara khusus. Coto Makassar biasanya dihidangkan dengan ketupat dan juga burasa yang dihidangkan didalam mangkuk. Pada saat ini Coto Makassar atau Coto Mangkasara ini sudah menyebar ke berbagai daerah yang ada di Indonesia. Mulai dari warung yang ada dipinggir jalan hingga ada di restoran. Bahkan pada bulan November 2008 Coto Makassar akan menjadi menu makanan yang dihidangkan pada penerbangan domestik dari dan ke Makassar menggunakan Garuda Indonesia.

  1. Pallubasa

pallubasa
Pallubasa

Pallubasa merupakan salah satu makanan tradisional yang berasal dari Makassar, Sulawesi Selatan. Pallubasa ini hampir sama dengan makanan tradisional dari Makassar juga yaitu Coto Makassar. Pallubasa juga terbuat dari bahan jeroan sapi atau kerbau. Cara memasaknya Pallubasa dengan Coto Makassar pun juga hampir sama yaitu dengan merebus jeroan dengan jangka waktu yang lama. Kemudian setelah jeroannya matang, ditambahkan dengan daging sapi yang sudah diiris-iris. Lalu setelah itu dihidangkan dengan menggunakan mangkuk. Berbeda dengan Coto Makassar yang menambahkan ketupat sebagai tambahan, namun Pallubasa menambahkan nasi untuk tambahannya. Selain itu juga, yang membedakan antara Coto Makassar dan Pallubasa selain makanan yang ditambahkan. Bumbu yang dipakai untuk Coto Makassar juga lebih khas daripada Pallubasa.

  1. Nasu Palekko

nasu palekko
Nasu Palekko

Bagi kalian para pecinta kuliner makanan pedas, tak ada salahnya untuk kalian mencoba makanan yang satu ini. rasa dan juga sensasi pedas dari makanan yang satu in dijamin pasti akan menggoyangkan lidah dan juga membuat kalianmenjadi mandi keringat. Bahan utama dari makanan nasu palekko yaitu itik. Nama nasu palekko sebenarnya berasal dari bahasa Bugis. Nasu yang berarti masak dan palekko yang berarti panci. Cara memasak makanan yang satu ini juga terbilang sangat unik. Walaupun nama dari nasu palekko ini tidak setenar Coto Makassar dan juga Sup Konro namun untuk cita rasa dri makan ini mampu bertanding dengan makanan tersebut.

Leave a Reply