Dewasa! Dimana Sikap Kita harus Lebih Baik dari Sebelumnya

Posted on

Dewasa itu apa sih? Apakah dewasa itu rela mengorbankan sahabatnya demi seorang pacar? Apa yang kalian ketahui tentang kedewasaan? Dewasa itu bukanlah berarti seseorang menjadi tua, dan bukan juga orang tua itu dewasa.

dewasa

 

Dewasa itu ialah dimana kita mau belajar, belajar untuk tidak egois, belajar untuk bisa bertanggung jawab atas apa yang kita lakukan, berpikir untuk kedepannya, bisa mengerti lingkungan yang ada di sekitarmu, dan bisa mengerti mana situasi pada saat main-main dan mana situasi serius.

Dan yang paling jelas itu dewasa tidaklah bisa kita dapatkan secara instan, tidak semudah kita memiliki powerrangers yang tinggal kita pencet-pencet jam ajaibnya saja terus bisa berubah menjadi pahlawan yang warna-warni. Tetapi dewasa itu ialah pembelajaran yang membutuhkan waktu.

Adapun cirri utama orang dewasa yaitu diawali dengan Diam Aktif maksudnya kemampuan untuk menahan diri dalam berkomentar. Orang yang memiliki kedewasaan pastinya bisa mengendalikan kemampuannya baik sikap atupun lisan. Dan orang yang kurang dewasa mulutnya itu sangat mudah/sering berbunyi, semua hal diomentari, bahkan ketika melihat sesuatu hal pastinya dia langsung akan mengomentarinya.

Dan adapun cirri kedewasaan selanjutnya ialah dapat kita lihat dari Empati. Anak-anak pada umumnya belum bisa meraba perasaan orang lain, orang yang bertambah umurnya tetapi ia tidak dapat meraba perasaan orang lain berarti ia belum dapat dikatak dewasa. Karena kedewasaan seseorang itu dapat ita lihat dari keberania melihat dan meraba perasaan orang lain. Misalkan seorang ibu yang dewasa dan bijaksana itu dapat ita lihat dari sikaonya terhadap pembantunya yaitu tidak semena-mena menyuruh pada pembantunya, walaupun sudah merasa , menggajinya tetapi bukan berarti berkuasa. Semakin ornag bisa meraba penderitaan orang lain Insya Allah akan semakin bijak pula. Dan percayalah akan bijaksana orang yang hidupnya memikirkan perasaannya sendiri.

Tetapi tidak semua orang yang sudah tua itu dewasa, dan ada beberapa kebiasaan buruk yang dilakukan oleh orang dewas dan harus mereka ubah secepat mungkin, antara:

  1. Membuang ludah sembarangan

Mungkin kebiasaan yang jorok ini sering kali dilakukan oleh para pria dewasa dan remaja. Membuang ludah dengan sembarang ini selain tidak enak dipandang juga dapat mencemari lingkungan yang ada di sekitarnya. Dan oleh karena itu usahakanlah agar tidak membuang ludah sembarangan. Jika terpaksa ingin meludah supaya membuangnya tidak di hadpan umum, kalau bisa tahanlah sejenak keinginan anda itu, dan cobalah mencari pepohonan atau rerumputan supaya bisa meludah di tempat itu saja jangan di hadpan umum.

  1. Merokok di tempat yang umum

Pastilah setiap orang sudah mengetahuinya bukan, baik itu bagi perokok ataupun bukan perokok, bahwa rokok itu sangatlah membahayakan sekali bagi kesehatan. Oleh karena itu , bagi anda khususnya para perokok, jika anda menghormati orang lain dan anda tidak ingin orang lain terkena penyakit dari asap rokok yang anda hisap, janganlah anda merokok di tempat-tempat umum, merokoklah di tempat yang khusus yang telah di sediakan bagi para perokok.

  1. Mengucapkan kata-kata kasar

Bukankan kata-kata kasar ini sangatlah menyakitkan hati bukan, khususnya bagi orang lain yang mendengarkannya. Serapa serta makian tidak pernah mendatangkan kebahagian bukan. Maka gunakanlah bahasa-bahasa yang sopan dan baik yang dapat mengilhami, menghormati orang yang lebih tua dari anda sendiri, karena kita itu akan dihormati atau justru kita kan direndahkan dari apa yang kita ucapkan nantinya.

  1. Berbohong

Bagi para orang tua janganlah sesekali anda mengajarkan berbohong kepada anak-anak anda. Maka didiklah anak-anak anda dengan perkataan jujur karena kebiasaan berbohong itu tidaklah akan menyelesaikan masalah.

  1. Membiarakan rumah berantakan

Dalam hal ini rumah yang berantakan pastinya tidak nyaman untuk kita tinggali disamping tidak sedap dipandang rumah yang berantakan juga mencerminkan kepribadian si pemilik rumah itu. Dan oleh kerena itu, rapihkanlah setiap saat rumah anda, libatkanlah anak-anak anda kedalamnya, untuk berpantisipasi dalam menjaga rumah agar tetap terlihat bersih. Ruamh yang bersih itu sehat, rumah yang bersihitu dapat mendatangkan inspirasi, bahkan dengan rumah yang bersih kita akan dapat terhindar dari berbagai macam penyakit-penyakit yang berbahaya.

  1. Tidak menumpuk pakaian kotor

Akan lebih hemat dan ringan jika anda segera mencuci pakaian kotor, daripada anda menumpuknya hingga berbulan-bulan barulah anda mencucinya. Mencuci pakaian yang kotor secara langsung anada mengajarkan pada anak-anak anda untuk lebih bisa bertanggung jawab terhadap barang-barang yang mereka miliki atau pada brang-barang pribadinya.

  1. Mematikan lampu dan TV bila sudah tidak digunakan

Kebiasaan yang satu ini Nampak sepele tapi pelakunya yang paling banyak. Dengan anda mematikan lampu atau TV bila sudah tidak digunakan lagi berarti anda menghemat pppengeluaran untuk membayar tagihan listrik tiap bulannya. Maka ajarilah kepada anak-anak anda untuk terbiasa melakukannya. Agar berhasil biarkanlah anak-anak anda belajar dari teladan anda bukannya belajar dari banyaknya kata-kata kotor yang anda ucapkan.

  1. Ngerumpi

Kebiasaan yang satu ini sering kali dilakukan oleh para ibu, namuntidak sedikit pula para pria yang gemar melakukannya. Ngerumpi membahas hal-hal yang tidak penting itu hanya membuang-buang waktu saja. Akan lebih berguna jika waktu ngerumpi anda digantikan dengan memulai kegiatan yang lebih bermanfaat dan menghasilkan.

  1. Mengkomsumsi makanan yang tidak sehat

Kebiasaan yang satu ini adalah perihal makanan yang tidak sehat dikomsumsi. Bahkan orang dewasa cenderung lebih suka mengkomsumsi makanan yang tidak sehat ini, padahal makana yang tidak sehat ini banyak mengandung zat pengawet dan bahan-bahan yang berbahaya lainnya. Dan biasakanlah makan dengan makan yang sehat, seperti syur-sayuran, buah-buahan dan masih banyak lagi.

Oke, mungkin ini sedikit pengertian tentang Dewasa dan prilaku orang Dewas yang harus diubah, dan semoga ini bisa bermanfaat bagi anda semuanya yang membacanya. Bye bye~

Incoming search terms:

  • sebelumnya
Gravatar Image
Fitri Aulia Rahmah, itulah nama yang dikasih dari kedua orangtua saya. Hidup Adalah Pilihan! Seperti halnya memilih jurusan saat kita mau masuk sekolah, dengan pilihan yang kita pilih itu akan membawa kita ke dalam dunia yang sebenarnya atau dunia yang akan kita hadapi nantinya.

Leave a Reply