Makanan Khas Bandung
Makanan Khas Bandung

10 Makanan Khas Bandung Yang WAJIB!!! Kalian Coba

Posted on

Halo. Temen-temen sekalian pada kesempatan yang berbahagia ini saya akan membagi sedikit ilmu yaitu sama seperti judul yang diatas, yaitu Makanan Khas bandung Yang WAJIB!!! Kalian Coba. Siapa sih yang dari kalian yang ngak tau bandung? Kalo kalian ngak tau bandung berarti kalian kudet banget tuh. Bandung adalah kota yang terkenal dengan alam dan orangnya, dan satu lagi juga dengan makanan khasnya. Nah, maka dari itu saya akan membahas makanannya aja biar kalian pada ngiler, dari pada lama-lama mendingan langsung aja yuk, kalian pasti udah ngak sabar kan. Karena menurut kata pepatah “ Semakin cepat Semakin Baik”. Yaudah langsung aja ke TKP.

Makanan adalah yaitu berupa bahan yang mana biasanya berasal dari hewan atau juga tumbuhan, yang mana dimakan oleh makhluk yang hidup supaya bisa mendapatkan tenaga dan juga bisa mendapatkan berupa nutrisi. Untuk berupa cairan yang mana sering kita sebut yaitu berupa minuman, akan tetapinya makanan akan halnya juga bisa dipakai. Untuk masalah istilah pada saat kadang-kadangnya juga dipakai dengan berupa, yaitu kiasan, yaitu seperti halnya makanan untuk berupa pemikiran. Untuk kecukupan dalam asupan makanan dapat juga dinilai dengan berupa status gizi yaitu secara antropometri saja.

Makanan Khas Bandung :

  1. Nasi Timbel Bandung

Nasi Timbel Bandung
Nasi Timbel Bandung

Biasanya makanan ini disajikan dengan adanya berbagai tambahan, yaitu seperti tahu dan juga ayam goreng, tempe goreng, sambal serta juga ada lalapannya juga loh. Nasi ini juga merupakan nasi putih yang biasa tetapi nasi ini adalah nasi yang panas, kemudian nasi ini dibungkus dengan daun pisang, kalau dibungkus dengan daun pisang maka pada nasi ini akan menimbulkan atau memunculkan aroma yang sangat khas dari makanan, yaitu khas Bandung ini.

  1. Misro Bandung

Misro Bandung
Misro Bandung

Kenapa dinamai dengan nama “Misro” karena kependekannya dari amis di jerone. Makanan dari Bandung ini, yaitu berasalnya dari daerah Jawa Barat. Arti Dalam bahasa Sunda yang mana artinya: Manis di dalamnya. Bahan baku dari makanan misro ini, yaitu parutan singkong yang mana bagian dalam isinya dikasih, yaitu gula merah, lalu digoreng. Untuk Bentuk dari makanan ini, yaitu bulat, pada saat makanan ini dihidangkan sebaiknya masih dalam keadaan hangat yang mana didampingi teh dan juga bisa kopi yang hangat juga.

  1. Perkedel Bondon Bandung

Perkedel Bondon Bandung
Perkedel Bondon Bandung

Mungkin ini adalah perkedel yang berbeda karena cara memasaknya ini lah yang membuat perkedel ini begitu sangat nikmat sekali, dan yang mana disajikan dalam keadaan hangat dan juga bisa disertakan dengan sambal saja itu sudah lebih dari cukup untuk menemani nasi untuk lauknya yang mana disantap untuk santapan makan siang nanti. Makanan ini juga dimasak atau juga bisa digoreng di atas tungku yang berapi dan yang mana bahan baku dari makanan khas Bandung ini hanya saja untuk menyalakan api atau juga bisa bara yang mana menggunakan kayu atau juga bisa memakai arang.

  1. Batagor Bandung

Batagor Bandung
Batagor Bandung

Untuk Singkatan dari makanan batagor ini sendiri, yaitu (bakso tahu goreng), untuk keunikannya dari makanan batagor ini yaitu, setelah batagor ini digoreng hingga berwarna kecoklatan. Yang mana Menu yang satu ini juga masih bisa bersaudara dekat dengan makanan siomay. Bahan untuk pembuatan makanan batagor ini, yaitu dari adonan ikan dan juga tepung kanji yang mana digoreng serta juga ditambahkan dengan berupa saus kacang dan juga dengan perasan jeruk limau, supaya dapat menambah rasa  kelezatan di saat kamu memakan makananan ini.

  1. Combro Bandung

Combro Bandung
Combro Bandung

Untuk makanan Combro ini yang mana terbuat dari sebuah parutan singkong yang mana dibentuk dengan berbentuk bulat dan juga dibagian dalamnya diisi berupa dengan sambal oncom, dan setelah itu lalu digoreng deh. Jajanan ini biasanya dinamai dengan nama combro yang mana merupakan makanan yang khas bandung dari daerah Jawa Barat ini. Maka dari itulah kenapa makanan ini dinamai dengan nama combro dengan makanan khas dari Bandung. Untuk Makanan yang khas dari Bandung ini lebih sedap dan enak disantap selagi masih dalam keadaan hangat. Combro ini merupakan nama kependekan dari nama oncom di jero, bahasa Sundanya seperti itu. Begitu juga dengan halnya dengan nama lainnya, yaitu gemet, yang mana merupakan nama kependekan dari nama dage semet yang mana artinya kurang lebih hamper sama dengan combro sama.

  1. Colenak Bandung

Colenak Bandung
Colenak Bandung

Nama dari makanan yang sangat lucu ini diberikan oleh seorang pedagang  yang mana pertama kali yang menjual colenak pada saat tahun 1930an. Untuk Kepanjangan dari makanan yang khas dari bandung yang satu ini, yaitu apabila di cocol enak. Untuk Jajanan ini revolusi dari peuyeum. Yang mana Kamu akan ingin mencoba dari makanan ini?  Maka dari ituDatanglah ke daerah Ciputra Bandung. makanan Colenak adalah peuyeum yang mana dibakar, yaitu yang berada diatas arang, kemudian makanan ini diguyur berupa cairan gula merah, dan juga makanan ini diberi berupa parutan kelapa.

  1. Lotek Bandung

Lotek Bandung
Lotek Bandung

Untuk Keunika dari makanan ini,yaitu sebagai bahan dari sambal yang ada di samping dan juga kacang seringkali juga ditambahkan, yaitu berupa tempe dan juga dalam bumbunya ada juga yang ada terasi, dan juga gula merah dan juga bawang putih. untuk Makanan khas dari Bandung di daerah jawa barat ini hampir sama juga dengan pecel yang ada di kota-kota yang lainnya, makanan ini yakni yang mana berupa rebusan dari sayuran sangat segar yang mana disiram berupa sambal yang mana dicampur dengan bumbu yaitu bumbu kacang. Untuk makanan Lotek ini dapat juga dapat disajikan dengan makanan lontong atau juga bisa disajikan dengan nasi hangat, disertai juga dengan tambahan yang khusus, yakni berupa kerupuk dan juga bawang yang sudah digoreng. Pada Umumnya, makanan yang khas dari Bandung yang mana bernama lotek ini juga terasa lebih manis dari pada makanan pecel. Dan Apalagi, kalau sambalnya itu pecel bumbu yang mana telah dicampurkan sebelumnya, maka dari itu akan terasa lebih nikmat lagi dan juga lezat, untuk berupa bumbu yang baru yang mana ditambahkan ketika makanan akan dihidangkan atau juga disantap.

  1. Gepuk Bandung

Gepuk Bandung
Gepuk Bandung

Untuk Cara pembuatan dari makanan gepuk ini, yaitu dengan cara daging sapinya yang diris dengan cara searah dengan serat dagingnya dan juga direbus dalam keadaan setengah matang, lalu dagingnya dipukul sampai  berasa sangat lembut. untuk Jajanan ini, yaitu makanan yang khas dari daerah Jawa Barat yang mana terbuat dari bahanya daging sapi, makanan terasa agak sedikit manis dan juga sangatlah gurih. Apabila kamu mau menyajikannya maka gorenglah makanan gepuk ini dengan agak sedikit minyak yang mana hingga kecokelatan lalu gepuk ini angkatlah. Yang mana Daging yang sudah empuk tadi supaya direndam kedalam berupa bumbu yang mana bumbu tersebut sudah dicampur dengan berupa santan, dan juga setelah itu supaya direbus kembali, sehingga air dari santan itu mulai menyusut sehingga tinggal segelas air lagi.

Yang mana Makanan ini paling sangatlah enak, supaya disantap dengan mengggunakan nasi yang hangat dan juga sambel lho.

  1. Nasi Tutug Oncom Bandung

Nasi Tutug Oncom Bandung
Nasi Tutug Oncom Bandung

Untuk Masakan ini paling sangatlah enak kalau halnya ditemani dengan berupa sambal dan juga adanya kerupuk dan bisa ditambah dengan sedikit sayuran. Untuk Kuliner adalah salah satu makanan yang paling sangatlah enak, karena juga nasinya yang mana diolah, yaitu dengan cara yang sangat asing, yaitu dengan cara di bakar bersamaan juga dengan adanya bumbu oncom dan juga bisa diberi sedikit tepung tapioka.

Pada saat kita, Ketika dalam mengkonsumsi yaitu nasi tutug oncom ini, dalam perpaduan antara rasa pulen, asin, dan gurih maka akan semakin berasa di bagian lidah anda. Pada saat Terutamanya apabila makanan oncom ini pecah pada saat di dalam anda mulut, maka akan mulai muncul rasa gurih yang tidak akan tertahankan lagi. Dan Belum halnya lagi, yaitu berupa tambahan berupa lauk berupa ikan yang kecil dan juga lalapan yang mana disiram, yaitu dengan sambal yang begitu khasnya.

  1. Bandros Bandung

Bandros Bandung
Bandros Bandung

Makanan ini di masak, yaitu di atas dengan percetakan yang cekung, pada saat setelah itu makanan bandros ini diberi berupa taburan kelapa yang mana kelapanya yang sudah diparut. Untuk Jajanan atau juga makanan yang khas dari Bandung yang Paling enak untuk dimakan yang mana selagi sudah matang dan juga lagi masih dalam keadaan yang masih hangat. Untuk  Jajanan ini cukup dibandrol dengan Rp.3000/ 5  per-bandros.untuk bahan dari makanan yang satu ini, yaitu berbahan berupa tepung terigu yang mana telah di adoni, yaitu berupa santan kelapa.

Cukup sekian ilmu yang saya bagikan kepada kalian semoga ilmu ini bisa bermanfaat untuk kalian dan juga semoga ilmu kalian semakin banyak. AMIN…!!

Pembaca yang baik yang mana mau melakukan subscribe, like, coment, dan juga share pada artikel ini.

Terima kasih.

Leave a Reply