Tanaman Obat
Tanaman Obat

Macam-Macam Tanaman Obat Alami

Posted on

Halo para penggemar setia gedubar, pada kesempatak kali ini saya akan membicarakan da membahas tentang tanaman-tanaman obat yang mampu menyembuhkan berbagai penyakit. Seperti yang sudah kita semua ketahui bahwa negara kita ini merupakan negara dengan iklin tropis dan mempunyai tanah yang subur, termasuk juga banyak tanaman rempah-rempah yang menjadikan ciri-ciri negara agraris kita ini, dari zaman dulu memang sudah banyak ditemukan tanaman-tanaman obat yang memang ampuh untuk menyembuhkan beberapa penyakit luar maupun penyakit dalam.

Waktu demi waktu zaman mulai berubah, sekarang masyarakat lebih memilih pengobatan modern yang tentu mengandung banyak zat-zat kimia, terlebih lagi ada yang sampai pergi keluar negeri hanya untuk mengobati penyakitnya dengan lebih modern da menggunakan teknologi tinggi. Padahal jika mereka tau bahwa mengkonsumsi obat-obatan dalam jangka waktu yang lama itu sangatlah tidak baik untuk kesehatan tubuh manusia, apalagi pengobatan modern pada zaman saat ini tidak hanya membutuhkan biaya yang sedikitm maka dari itu mari kita manfaatkan tanaman-tanaman obat disekitar rumah kita sebagai alternatif pengobatan untuk mengatasi penyakit anda secara alami dan tentunya tidak menggunakan bahan kimia sama sekali.

Tanaman Obat
Tanaman Obat

Di Indoonesia sendiri memang ada banyak tanaman obat yang bisa anda jumpai disekitar perkebunan rumah anda, dan ternyata setiap daerah di Nusantara ini memiliki resep tersendiri dalam memanfaatkan dan mengolah tanaman obat agar bisa digunakan sebagai obat dalam penyembuhan beberapa penyakit. Dan dengan menggunakan obat-obatan alami tentu tidak memiliki efek samping yang besar seperti halnya obat-obatan modern, selain itu juga, dengan mengetahui manfaat yang luar biasa dari tanaman obat nantinya akan menghilangkan ketergantungan anda untuk menggunakan obat-obatan kimia, dan disini saya akan menjelaskan kepada anda semua tentang manfaat dan khasiat tanaman obat untuk menyembuhkan beberapa penyakit, dan berikut adalah ulasannya :

  1. Daun Jinten

Tanaman obat yang pertama adalah daun jinten, daun jinten adalah adalah tanaman obat yang biasa tumbuh secara liar di sawah atau kebun yang tersebar di seluruh Indonesia karena tanaman ini merupakan tanaman rerumputan yang mudah tumbuh secara liar. Daun jinten memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan manusia, diantaranya adalah sebagai obat dari perut kembung, pengobatan rematik, untuk menyuburkan ASI dan mengembalikan kekebalan tubuh manusia.

  1. Biji Mahoni

Pasti pada saat kalian kecil, kalian pernah bermain dengan tanaman obat satu ini, biasanya anak-anak zaman dahulu memainkannya dengan cara melempar biji mahoni ini ke atas dan turun menjadi baling-baling yang indah pada masa itu, tapi taukah anda bahwa biji dari pohon mahoni ini bisa dijadika pula sebagai tanaman obat yang murah meriah, karena tanaman mahoni sendiri banyak tumbuh di Pulau Jawa yang bisa kita temukan di sisi-sisi jalan. Biji dari pohon mahoni ini sangatlah bermanfaat bagi kesehatan manusia dan diantaranya adalah sebagai obat penyakit rematik, peningkat nafsu makan, obat masuk angin atau demam dan juga ekzema.

  1. Daun Benalu

Mungkin kalian semua menganggap bahwa tanaman benalu merupakan tanaman parasit yang hidup menempel dan mengganggu tanaman yang ditempelinya, tapi taukah anda bahwa tanaman benalu ini juga bisa dimanfaatkan sebagai tanaman obat yang tentusaja bisa mengobati dari berbagai penyakit. Meski tanaman ini dikenal sebagai tanaman parasit dan mengganggu tanaman lain untuk hidup, namun jika anda mengetahui khasiat dari benalu ini mungkin anda tidak akan berani untuk membunuh dan membuangnya, tanaman benalu bermanfaat untuk mengobati rasa nyeri pada pinggang, melancarkan proses buang air kecil, mencegah terjadinya gangguan pada kelenjar prostat, tumor, amandel kanker dan juga mencegah terjadinya gangguan pada organ usus. Jika anda berminat untuk menanamnya, tentusaja anda tidak membutuhkan media tanah maupun air, tetapi hanya dengan cara menempelkan benalu pada tanaman yang lebih besar dan tua, maka tanaman ini akan tumbuh dengan baik.

  1. Tanaman Ciplukan

Tanaman obat yang ke empat ini mungkin tidaklah asing bagi orang yang menjumpai tahun 90-an karena tumbuhan ini tumbuh secara liar di area persawahan atau ladang, tentusaja kita bisa mengambilnya secara gratis sesuka hati, walaupun sekarang sudah jarang ditemui, tetapi saya yakin bahwa tanaman obat yang satu ini masih tumbuh di berbagai daerah di Nusantra ini. Ternyata disamping kejadulannya, buah ini memiliki segenap manfaat diantaranya mampu mengobati kanker payudara, obat penyakit asma, sakit tenggorokan, kencing manis, penyakit paru-paru dan sebagainya. Dan taukah anda bahwa disalah satu pusat perbelanjaan buah ini juga dijual dengan harga Rp. 500.000,- / kg.

  1. Daun Tempuyung

Daun tempuyung adalah tanaman herbal yang biasa tumbuh secara liar di alam bebas, tanaman ini juga mampu tumbuh di tempat yang tidak terkena sinar mataharipun, ternyata daun ini tidak hanya dijadikan sebagai obat tradisional saja, tetapi sekarang juga sudah banyak dijumpai obat modern dengan ekstrak daun tempuyung ini. Bagian tanaman yang bermanfaat bagi kesehatan adalah daunnya, walaupun rasa dari daun tempuyung ini pahi, namun daun ini bersifat mendinginkan. Daun tempuyung ini sudah terbukti memiliki sejuta manfaat dan daun tempuyung mampu mengobati bisul, kencing batu, obesitas, darah tinggi, radang payudara, asir maupun asam urat.

  1. Akar Alang-Alang

Tanaman obat yang satu ini mungkin sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia, karena tanaman obat yang satu ini memang sudah dijadikan sebagai tanaman obat sejak zaman dahulu. Tanaman ini biasa dianggap pengganggu bagi tanaman yang tumbuh di sawah, maka dari itu, banyak orang yang mancabut, membuang ataupun membasminya dengan menyemprot dengan zat kimia. Walaupun begitu, akar dari tanaman alang-alang ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan manusia, akar tanaman alang-alang bisa mengobati panas dalam, mengatasi sakit ginjal, menghentikan mimisan, mengatasi kencing batu, mengatasi keputihan dan beberapa manfaat lainnya. Tetapi jika anda tau bahwa dengan mencampurkannya dengan tanaman obat yang lain, maka ini bisa menjadi obat yang sangat ampuh untuk menyembuhkan dari berbagai penyakit mematikan.

  1. Daun Cincau

Nah bagi kalian yang suka minum es cincau, tentu anda juga pernah membuatnya di rumah bukan. Tetapi taukah anda bahwa daun cincau yan biasa dijadikan sebagai bahan asar pembuatan es cincau ini juga bisa dimanfaatkan menjadi tanaman obat yang mampu menyembuhkan dari berbagai penyakit yang sering diderita manusia, diantaranya adalah obat untuk penyakit diabetes militus, radang lambung dan juga mengobati penyakit types. Disamping memiliki rasa yang lezat dan nikmat, ternyata daun cincau juga bisa menyembuhkan dari beberapa penyakit, mungkin inilah tanaman obat yang memilikirasa terlezat daripada yang lainnya.

  1. Daun Jarak

Sejak zaman nenek moyang memang sudah memanfaatkan daun arak ini sebagai media pengobatan karena memang sudah teruji bahwa daun jarak bisa digunakan sebagai tanaman obat yang murah meriah, tidak heran bila tanaman ini juga dikategorikan sebagai jenis tanaman apotik hidup. Semua bagian dari tanaman jarak bisa dijadikan sebagai obat mulai dari daun, buah maupun bijinya, dan tidak heran pula bahwa pada zaman dahulu banyak penjajah yang berebut tanaman ini untuk dibawa ke negara mereka masing-masing. Daun jarak memiliki sejuta khasiat bagi kesehatan untuk mengobati gatal-gatal, luka yang berdarah, jamur yang tumbuh di kulit, rematik dan bengkak karena terluka, selain itu tanaman ini juga bisa dimanfaatakn sebagai obat bagi perut kembung pada anak-anak.

  1. Lidah Buaya

Tanaman obat selanjutnya adalah lidah buaya. Yaa bisa dibilang bahwa tanaman lidah buaya ini memang memiliki sejuta manfat bagi kesehatan manusia, terutama orang-orang memanfaatkannya sebagai tanaman penyubur rambut dan kecantikan kulit. Ternyata disamping fungsi utama itu, tanaman ini memliki manfaat sebagai obat serangan jantung, radang tenggorokan, sembelit dan lain sebagainya yang bisa diobati dengan tanaman obat yang satu ini, jadi pastikan di halaman rumah anda terdapat tanaman ini yaa.

  1. Temu Lawak

Pasti tanaman yang satu ini sudah tidak asing bagi seluruh masyarakat indonesia, karena tanaman ini adalah tanaman rempah asli yang berasal dari Indonesia dan juga tanaman ini bisa tumbuh disegala lahan tanah. Biasanya orang-orang memanfaatkan bagian akarnya sebagai obat tradisional. Tanaman ini sendiri memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Khasiat dari temulawak adalah mengatasi gangguan ginjal, melancarkan pencernaan manusia, menjaga kesehatan jantung, menjaga kesehatan hati manusia dan masih banyak lagi. Apalagi jika temulawak ini dicampur dengan rempah-rempah yang lain, maka akan menghasilkan khasiat yang besar pula.

  1. Belimbing Wuluh

Jangan anda bayangkan bahwa belimbing yang satu ini memiliki bentuk yang sama dengan bentuk belimbing pada umumnya. Belimbing wuluh ini juga dikenal sebagai belimbing sayur, karena belimbing yang satu ini juga biasa dimasak sebagai bahan pelengkap sayur dengan memberikan rasa asam yang kuat.

Disampng sebagai bumbu masakan sehari-hari, belimbing wuluh ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan manusia, mulai dari akar, batang, daun maupun buahnya bisa dijadikan sebagai obat tradisional. Belimbing wuluh ini bermanfaat untk mengatasi gusi berdarah, obat rematik, obat penyakit gondong, mencegah dan mengobati sariawan, mengatasi pegal linu dalam tubuh dll.

Itulah beberapa tanaman obat dan khasiatnya yang bisa dijumpai di Negara kita tercinta ini, semoga artikel ini bisa menjadi artikel yang bermanfaat untuk memilih obat-obatan tradisional disamping menggunakan obat-obatan kimia berbahaya.

Cukup sekian artikel saya pada kesempatan ini, terima kasih telah membaca dan sampai jumpa.

Leave a Reply