Bunga Anggrek
Bunga Anggrek

Macam-Macam Dan Manfaat Bunga Anggrek

Posted on

 

Hay kalian para pencinta tanaman hias, kalian pasti sudah tidak asing lagi dengan bunga yang satu ini, ya apalagi kalau bukan bunga anggrek. Bunga anggrek adalah merupakan salah satu jenis dari tanaman hias bunga yang mempunyai pesona yang sangat indah di banding bunga yang lainya. Bunga anggrek mempunyai banyak sekali jenis, yang paling populer jenisnya pada saat ini yaitu jenis anggrek bulan.

Di indonesia, jenis dari bunga anggrek bulan ini sangat di senangi oleh kaum muda, karena pada umumnya mereka menggunakan bunga ini di gunakan untuk sebagai hadiah yang sangat spesial bagi kekasihnya. Banyak sekali orang yang membudidayakan tanaman ini, tetapi untuk merawat bunga ini harus memiliki keahlian khusus, lingkungan lah faktor utama untuk merawat tanaman hias ini.

Berikut ini saya akan menjelaskan tentang Macam-Macam Bunga Anggrek:

  1. Bunga Anggrek Hitam

Bunga anggrek hitam yang memiliki nama ilmiah yaitu(coelognye pandurata) adalah merupakam jenis bunga anggrek yang tumbuh subur di kawasan sumater dan kawasan madura. Berbeda dengan jenis bunga anggrek yang lain, bungga anggrek hitam ini memiliki sedikit berbulu.

  1. Bunga Anggrek Tebu

    bunga anggrek tebu
    bunga anggrek tebu

Bunga anggrek tebu yang memiliki nama ilmiah yaitu (grammatophllum speciosum) adalah merupakan jenis bunga anggrek yang terbesar dari pada jenis yang lainya.  Biasanya anggrek ini di sebut dengan anggrek ratu, anggrek macan, dan anggrek harimau. Bunga anggrek ini dapat bertumbuh sampai ketinggian 2 sampai 3 meter, dengan diameter 2 cm, dan bunganya itu sekitar 10cm. Maka dari itu, jenis ini di berikan dengan nama anggrek tebu, ya memang bentuknya itu mirip sekali, bentuknya besar dan batangnya itu seperti batang tebu.

  1. Bunga Anggrek Cattleya

Jenis dari bunga anggrek ini merupakan jenis anggrek yang memiliki sifat epifit. Jenis dari bunga anggrek ini berasal dari costa rica. Tetapi, di indonesia telah banyak di temukan jenis ini. Nama dari bunga anggrek ini di berikan oleh john lindley pada tahun 1824. Sebelum itu, ada satu orang yang telah berhasil membudidayakan bunga ini,  yaitu Sir Willian Cattley.

Ciri khas dari bunga anggrek ini yaitu daunya yang sangat sensitif, jika terkena matahari secara langsung. Dalam jangka waktu sehari, bunga jenis ini hanya membutuhkan cahaya matahari yaitu selama 4-5jam, jika warna daun akan berubah hijau gelap jika kekurangan matahari. Sebaliknya, jika berwarna hijau kekuningan berarti daun tersebut terlalu banyak terkena matahari.

  1. Bunga Anggrek Selop

Jenis dari bunga anggrek ini merupakan jenis tanaman endemik yang berada di jawa timur. Bunga anggrek ini di temukan pertama kali yaitu di kawasan selatan di lereng gunung semeru, jawa timur. Ciri-ciri dari bunga anggrek ini yaitu mempunyai 4 helai kelopak, yang mana 2 helainya adalah kelopak utama, 2 helai kelopak samping, dan memiliki 1 labellum. Uniknya lagi, anggrek ini memiliki bentuk bibir yang hampir mirip dengan tanaman kantung semar.

  1. Bunga Anggrek Bulan

    bunga anggrek bulan
    bunga anggrek bulan

Jenis dari bunga anggrek bulan ini merupakan jenis yang tidak begitu suka dengan cahaya sinar matahari. Pada umumnya, anggrek bulan ini biasanya di letakan di ruangan yang tak dapat di sinari oleh sinar matahari secara langsung. Anggrek bulan ini juga memiliki aroma yang sangat harum, dan bunganya pula mekar lebih lama di banding bunga yang lainya.

Di indonesia, banyak sekali masyarakat menyukai jenis bunga anggrek bulan ini. Bungan anggrek merupakan salah satu bunga nasional di indonesia, yang mana, telah di tetapkan olehh puspa pesona.

  1. Bunga Anggrek Monyet

Jenis bunga anggrek monyet ini dalam bahasa inggris diberikan nama yaitu dracula simia. Bunga ini mempunya bentuk sangat unik, bunga ini di katakan unik dapat di lihat dari bentuk bunganya yang sangat mirip dengan monyet. Habitatnya yaitu berada pada ketinggian 2000 meter, dengan suhu 27 derajat.

  1. Bunga Anggrek Ki Aksara

Bunga anggrek ki aksara merupakan jenis bunga yang berbeda dengan yang lainya, yang mana keindahan dari bunga ini itu terletak pada daunya. Daunya itu memiliki warna hijau serta sedikit ungu gelap, dan memiliki urat yang bertekstur longitudinal berwarna emas yang cerah, dan permukaanya yang seperti beludru.

  1. Bunga Anggrek Violet

Bunga anggrek violet  merupakan jenis bunga yang memiliki pesona yang sangat indah, yaitu kelopak bunganya yang indah, dan memiliki aroma yang sangat harum,. Jadi, sangat cocok sekali tanaman bunga ini jika di tanam di halaman rumah kamu, supaya halaman rumah kamu selalu segar dan harum.

  1. Bunga Anggrek Serat

Bunga Anggrek Serat metupakan jenis bunga yang merupakan salah satu tumbuhan endemik di indonesia. Jenis bunga anggrek ini merupakan bagian dari kehidupan flora yang ada di sulawesi tenggara. Tumbuhan ini mempunyai umbi sembu yang mengandung serat, dan biasanya, di gunakan untuk sebagai bahan anyamann, maka dari itulah bunga ini di beri nama bunga anggrek serat.

  1. Bunga Anggrek Jamrud

Bunga anggrek jamrud merupakan jenis anggrek yang spesiesnya itu berasal dari indonesia, dan tersebar juga di sebagian negara asia, contohnya di filiphina, papua nugini, serta ada di beberapa di pulau pasifik barat.

  1. Bunga Anggrek Kebutan

Bunga anggrek kebutan merupakan jenis bunga yang dapat kita temukan di sebagian wilayah Asia Tenggara, seperti Laos, Malaysia, Pulau Jawa, Sumatra, dan juga ada di Filiphina. Jenis anggrek ini di indonesia sangat di lindungi kelestarianya, karena di indonesia jenis bunga anggrek ini jumlahnya sangat sedikit.

Ciri-Ciri Dari Bunga Anggrek

 

ciri ciri bunga anggrek
ciri ciri bunga anggrek

Bunga Anggrek memiliki ciri khas tersendiri, yaitu ciri khas utamanya yaitu bunganya yang berbentuk simetri bilateral. Bunga yang ada pada tanaman anggrek tersusun secara majemuk, tumbuh dari tangkai bunganya yang memanjang dan muncul dari ketiaknya daun. Ciri-ciri tersebut hanya dapat di jumpai pada bunga anggrek sendiri, maka dari itu, bunga anggrek menjadi ciri utama untuk membedakanya dengan jenis bunga yang lain.

Cara Merawat Bunga Anggrek

Tips bunga anggrek
Tips bunga anggrek

Saya telah menjelaskan sebelumnya, merawat bunga anggrek itu harus memiliki keterampilan khusus. Perlu memperhatikan lingkungan sekitarnya, terutama kondisi iklim yang ada pada lingkungan tersebut. Walaupun di katakan sulit untuk merawat bunga tersebut, masih banyak sekali orang-orang yang merawat bunga ini dan menanamnya bunga anggrek ini untuk di gunakan sebagai tanaman penghias halaman rumah, maupun dalam rumah.

Tetapi, jika kalian ingin merawatnya dengan sungguh-sungguh, maka akan terasa mudah merawatnya. Untuk kamu yang ingin menanan bunga anggrek ini, tidak usah repot-repot menanam bibit lalu merawatnya hingga besar. Sekarang, sudah banyak toko bungan yang menjual tanaman hiass, salah satu tanaman hiasnya yaitu, tanaman anggrek yang cukup besar. Inilah tips cara agar merawat tanaman bunga anggrek:

  • Taruhlah bunga anggrek itu di tempat yang alami dan terknea sinar matahari, supaya bunga dapat bertumbuh secara maksimal.
  • Jika kamu ingin menaruhnya di dalam ruangan, lebih baiknya jika di berikan cahaya lampu, agar bunga tidak mengalami kekurangan cahaya, dan tentunya berguna untuk menjaga kelembapan.
  • Seperti pada tanaman lainya, tanaman anggrek juga memerlukan pupuk, yang bergua untuk memenuhi asupan nutrisinya. Pupuk yang di berikan untuk tanaman anggrek yaitu pupuk jenis khhusus, yang memang di gunakan untuk tanaman beriklim tropis.

Manfaat Dari Bunga Anggrek

Pasti di antara kalian sedikit yang mengetahui tentang manfaat dari bunga anggrek ini. Bunga anggrek memiliki manfaat selain menjadi tanaman hias. Berikut adalah manfaat dari bunga anggrek

  • Manfaat bunga anggrek sebagai simbol

Pada umumnya, bunga anggrek ini di jadikan simbol perasaan cinta, keindahan, dan kemewahan. Namun, bangsa yunani menganggap, bahwa anggrek di simbolkan sebagai simbol kejantanan.

  • Manfaat bunga anggrek sebagai obat herbal

Ternyata bunga anggrek ini juga dapat di gunakan sebagai tanaman obat herbal. Dahulu kala, pada zaman pertengahan, bunga anggre ini mempunyai manfaat yang sangat penting sebagai pengembangan sistem pengobatan. Terutama di wilayah cina, pada tahun 2800 SM, bunga anggrek di jadikan sebagai sumber obat-obatan herbal, jenis bunga anggreknya yang dapat di jadikan obat yaitu jenis bunga anggrek Gastrodia Elata.

  • Manfaat bunga anggrek sebagai bahan makanan

Bunga anggrek juga sebenarnya dapa t di makan, yang dapat di makan yaitu jenis bunga anggrek Dendrobium. Di singapura dan thailand, bunga anggrek di jadikan makanan ringan yang cukup nikmat. Dan pada suku aborigin memanfaatkan bunga anggrek ini sebagai bahan makanan pokok saa tersedak.

  • Manfaat bunga anggrek sebagai pembasmi racun di udara

Bagi kalian yang menanam bunga anggrek di halaman rumah, kalian sangat beruntung. Karena sangat bermanfaat sebagai pembasmi racun yang ada di dalam polusi udara. Dengan kalian menanamnya, maka rumah anda akantercipta lingkungan yang bersih dan sehat, sehingga nyaman ketika sedang ada di rumah.

Itulah sedikit dari. Saya sarankan supaya menanam tanaman ini di halaman rumah anda. Supaya rumah anda selalu terlihat segar wangi dan bersih, sekian dari saya. Terima Kasih.

Incoming search terms:

  • anggrek berbulu warna ungu
  • anggrek tebu thailand

Leave a Reply