merawat ikan mas
ikan mas

Cara Budidaya Ikan Mas Lengkap dan Mudah Bagi Pemula

Posted on

Hobi adalah sesuatu yang wajar bila di miliki seorang manusia, karena hobi adalah suatu hal yang membuat diri kita terobsesi akan suatu hal yang menarik minat kita. Namun terkadang ketika hobi tersebut di dalami dan di tekuni, maka akan menimbulkan suatu hal yang dapat bermanfaat bagi kita bahkan dapat juga sebagai penghasil ma’isyah bagi diri kita.

Sebagai contoh, tak jarang kita jumpai beberapa orang di luar sana yang menggembangkan hobinya menjadi bisnis yang berinvestasi menjanjikan, sebut saja budidaya ikan mas. Ikan mas adalah ikan yang hidup di air tawar dan ikan ini juga biasa di sebut dalam bahasa latin sebagai ( Cyprinus carpio ), konon katanya dahulu ikan ini di datangkan ke Indonesia dari negara eropa dan tiongkok. Menurut sejarah yang tercatat ternyata masyarakat jawa barat tepatnya di ciamis sudah dapat menguasai cara membenihkan ikan ini dengan menggunakan kekaban ( alat dari ijuk untuk meletakan telur ).

Secara umum idealnya budi daya ikan mas di lakukan pada ketinggian sekitar 150-1000 dpl. Untuk suhu idealnya ada pada rentang 20-25 celcius, dan dengan pH air sekitar 7-8.

Dengan menyebarnya ikan mas di Indonesia maka tak ayal bila sekarang ini tak jarang kita menjumpai pengusaha yang budidaya ikan mas, yang sangat mahir dalam perawatanya. Dalam proses berternak ikan emas, mungkin bisa di katakan susah-susah gampang karena perawatanya juga cukup rumit.

Salah satu cara terbaik untuk mendapatkan ilmu budidaya ikan ini adalah langsung datang ke orang yang telah menekuni usaha ini, namun bila anda ingin lebih mudah, langsung baca saja di google, maka di sini saya juga akan ikut andil dalam membagikan tutorial cara budidaya ikan mas bagi pemula. Langsung saja simak di bawah ini.

budidaya ikan mas

Cara berternak ikan mas mudah dan lengkap bagi pemula

  1. Proses pembenihan ikan mas.

Hal pertama yang harus di lakukan adalah memilih bibit ikan mas yang baik dan berkualitas unggul, karena dapat menjadi factor penentu baik atau tidaknya hasil ikanya nanti.

Untuk calon indukan ikan mas harus di taruh di kolam khusus pembibitan, jangan lupa pisahkan indukan jantan dan indukan betina dan pastikan kolam tersebut di beri kekaban (alat dari ijuk untuk meletakan telur ).

  1. Proses pembesaran ikan mas.

Secara umum benih atau indukan ikan mas yang biasa di gunakan untuk budidaya memiliki ukuran sekitar 10-12 cm dan memilki bobot atau berat sekitar 80-100 gram per ekornya. Dengan ukuran ikan yang seperti ini maka kemungkinan kegagalan dalam proses berternak ikan ini akan terminimalisir.

Perlu di ketahui bahwa  budidaya ikan mas dapat di lakukan dalam 3 metode yaitu dengan menggunakan metode air deras, tumpang sari dan air tenang  dan tempatnya bias menggunakan kolam tanah, kolam terpal, sawah, jarring apung, keramba dan kolam tembok. Dengan pilihan cara yang beragam ini maka anda dapat memilih dan menyesuaikan dengan lingkungan anda.

  1. Dengan kolam berarus tenang.

Banyak sekali pengusaha terutama pemula yang mencoba metode ini, biasanya parea pengusaha menggunakan kolam yang berlantaikan tanah, dengan alas an mudah, simple, dan tentunya tidak menghabiskan banyak uang.

Untuk tipe kolam yang satu ini sebenarnya memiliki 2 tipe yaitu kolam tanah dengan tanggul tanah dan kolam tanah denggan tanggul batu atau tembok. Secara umum kolam yang menggunakan tanah banyak di pilih karena dapat mengirit biaya pakan. Apa alasanya? Karena di dasar tanh sudah ada pakan alaminya si ikan seperti lumut, cacing, dll. Jadi tak ayal bila memilih kolam yang satu ini memeng lumayan mengguntungkan.

Persiapan budidaya ikan mas pada media kolam tanah:

  • Sebelum calon kolam ikan mas siap di gunakan maka lakukan pembajakan dasar kolam ( tanah ), penjemuran, pengapuran, pemupukan dan juga penggenangan air pada kolam. Untuk menyiapkan semua ini kira-kira dapat memakan waktu sekitar 1-2 minggu, menginggat karena terkadang cuaca belum tentu setabil seperti yang di harapkan.
  • Gunakan benik ikan mas yang memiliki ukuran berat yang standar yaitu sekitar 100 gram per ekor. Dan ukuran standar kolam tanah untuk budidaya ikan mas adalah 1-2 ekor/m2.
  • Berikanlah pakan pada ikan mas berupa pellet ikan biasa namun dengan kadar protein sekitar 25%. Untuk dosis pemberian pakan yaitu sebanyak 3-4% dari berat atau bobot si ikan, contoh ikan yang memiliki berat 100 gram maka beri ia makan 3-4 gram peler per ekor setiap harinya. Untuk pemberian makan harus di berikan 3 kali dalam sehari, yaitu pagi, siang dan juga sore hari.
  • Untuk mengatur pakan, maka ambilah sempel ikan mas secara acak setiap 2 minggu sekali, lalu timbang dan sesuaikan takaran pemberian makan pada si ikan.
  • Setelah kurun waktu 3 bulan maka si ikan siap panen karena sudah memiliki berat yang berkisar 300-400 gram per ekor. Namun bila anda masih ingin memeliharanya saya rasa tidak masalah asalkan ada perjanjian dengan si pembeli yaitu berapa bobot yang di inginkan dan berapa harga jualnya. Jika tidak ada perjanjian maka langsung saja jual si ikan agar biaya pemberian pakan tidak membengkak atau meledak drastis.

     2.  Dengan kolam berarus deras

Bila anda berminat menggunakan media yang satu ini, saya rasa sangat tepat karena dengan kolam yang memiliki arus cepat maka oksigen di air juga akan banyak, namun anda harus menyiapkan arus dan debit yang kuat. Keuntungan yang lainya adalah nafsu ikan semakin bertambah karena dengan air yang memiliki arus kuat maka ikan akan mudah lapar, selain itu dengan menggunakan kola mini maka anda juga bisa menampung ikan dengan kapasitas padat  tebar ikan yang lebih besar  dari pada kolam yang biasa.

Secara umum luas kolam dengan arus deras biasanya memiliki ukuran kecil. Lahanya di petak-petakan menjadi ukuran kecil agar aliran air tetap deras dan kedalaman kolam di buat lebih dalam. Untuk tembok atau tanggulnya harus menggunakan tembok hal ini di rancang agar tembok tidak mudah terkikis karena abrasi yang di timbulkan oleh arus yang kuat.

Persiapan untuk penggunaan kolam berarus deras:

  • Kolam air arus deras harus di isi air kira-kira 25-100 liter/detik dan jangan lupa pastikan sumber air harus lancar.
  • Berikan pakan dengan kandungan protein sekitar 25-30% dan usahakan pilih pellet yang tidak mudah hancur di dalam air, karena arus air yang deras dapat menghancurkan pelet ikan yang kita berikan.
  • Dosis pemberian pakan ikan adalah 4% dari berat badan ikan. Jangan lupa timbang ikan stiap 2 minggu sekali namun jangan semuanya cukup ambil 2 ikan sebagai sempel. Jika bobot naik, maka tambah dosis pemberian pakan pada ikan. Beri makan ikan 3 kali dalam sehari yaitu pagi, siang dan juga sore hari.
  • Cara memberikan pakan bisa dengan cara di tebar secara langsung atau dengan di beri wadah alumunium yang di isi pelet dan di kletakan di atas kolam ikan, cara kerjanya cukup mudah, jika si ikan menyundul atau menggerak-gerakan penduklum maka secara otomatis pakan akan jatuh. Dan panen ikan setelah 3 bulan dengan bobot sekitar 300-400 gram.

    3.  Dengan jaring apung

Secara umum budidaya ikan mas dengan jarring bisadi lakukan di waduk besar atau danau. Bila anda berminat menggunakan metode jaring maka harus menggunakan jaring yang berbahan polyethyleneyang yang tahan lama. Jaring di gantung pada kerangka rakit yang berbentuk segi empat. Kedalamanya meksimal 3 meter.

Bahan yang di gunakan untuk kerangka jaring adalah kayu atau bamboo, kerangka mengapung di atas air dengan bantuan bantalan jerigen atau drum dan harus di pasangi jangkar agar jaring tidak terseret arus.

Persiapan untuk budidaya di jaring terapung.

  • Gunakanlah jaring berukuran 1,5 cm. dengan kedalaman jaring apung berkisar 3 meter.
  • Pilihlah benih dengan berat 100 gram per ekor dan kapasitas padat tebar ikan pada jaring apung adalah 30 ekor/m2.
  • Gunakan pakan berupa pelet dengan kandungan protein 25%.
  • Dosis pemberian pakan ikan adalah 4% dari berat badan ikan. Jangan lupa timbang ikan stiap 2 minggu sekali namun jangan semuanya cukup ambil 2 ikan sebagai sempel. Jika bobot naik maka tambah dosis pemberian pakan pada ikan. Beri makan ikan 3 kali dalam sehari yaitu pagi, siang dan juga sore hari.
  • Dan panen ikan setelah 3 bulan dengan bobot sekitar 300-400 gram.

Memang sesuatu yang berawal dari hobi dapat menjadi sesuatu yang berarti dalam kehidupan kita, maka coba tekuni hobi dan minat anda. Siapa yang tau jika hobi anda dapat memberikan investasi yang tak terduga bagi masa depan anda nantinya. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda. Sekian dan terima kasih atas kunjunganya.

Leave a Reply