tanaman obat keluarga
tanaman obat keluarga

Tanaman Obat Keluarga

Posted on
tanaman obat
tanaman obat

Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan penjelasan tentang tanaman obat atau sering disingkat dengan sebutan toga merupakan tanaman yang berfungsi sebagai obat yang biasanya sering kita temui di pekarangan rumah atau di halaman rumah. Tanaman ini juga biasanya digunakan oleh orang-orang sebagai obat tradisional. Selain harganya yang relatif murah, tanaman obat ini juga tidak menimbulkan efek samping bagi kesehatan kita. Berbeda dengan obat-obat kimia yang terkadang menimbulkan efek samping bagi kesehatan kita. Bahkan tak jarang juga obat-obatan kimia ini malah bisa menimbulkan penyakit atau bahkan sampai bisa menyebabkan pada kematian. Pengguna tanaman obat ini sudah mulai dilakukan oleh nenek moyang kita sejak ribuan tahun silam. Kita pasti tahu bahwa orang zaman dahulu itu masih belum ada obat-obat kimi seperti zaman yang sekarang ini. Pada zaman dahulu ketika orang terkena penyakit. Mereka hanya menggunakan tanaman obat. Dan hal ini membuktikan bhwa umur orang zaman dahulu itu jauh lebih panjang dari pada umur orang zaman sekarang ini. Karena orang zaman dahulu tidak menggunakan bahan-bahan kimia yang terkandung di dalam obat-obat kimia. Sebab itulah mengapa tanaman obat lebih sehat dibandingkan dengan obat-obatan kimia.

Berikut ini saya akan memberikan jenis-jenis tanaman obat yang sering kita temui di sekitar kita.

  1. Tanaman Obat Kangung
kangkung
kangkung

Kangkung merupakn jenis tanaman obat yang sering kita temui dimana-mana. Setiap orang pasti mengenal kangkung sebagai sayuran. Karena selain mudah ditemukan dimana-mana dan harganya relatif murah, tenyata sayuran kangkung ini juga bisa digunakan sebagai obat. Karena apa kangkung mempunyai banyak manfaat dan khasiat untuk kesehatan pada tubuh kita.

Sayuran kangkung mengandung banyak zat yang sangat penting bagi tubuh kita seperti vitamin A, vitamin B kompleks, fosfor, dan zat besi besi lainnya.

Tanaman obat yang satu ini juga berkhasiat sebagai obat dari sariawan dan gusih yang berdarah. Kalau kamu yang sedang terkena penyakit sakit gigi, maka cobalah dengan cara mengunyah daun kangkung ini. Karena pada daun kangkung ini memiliki kandungan antiseptic alami yang dapat membunuh kuman-kuman yang berada pada gigi.

Kangkung juga terkenal sebabagai sayuran pemicu kantuk, konon yang katanya zat besi yang berada dikangkung ini membuat mata menjadi berat sehingga bawaannya pengen tidur. Jadi bagi kalian yang sedang insomnia, untuk disarankan untuk mencoba sayuran kangkung ini.

Sayuran kangkung ini juga terdapat terkandung omega 3 yang baik yang bertujuan untuk kualitas otak. Bagi ibu hamil yang bisa mengkonsumsi sayuran kangkung supaya kualitas otak pada janin bisa terjaga.

Selain itu juga sayuran ini bermanfaat juga untuk mengatasi diabetes selama masa kehamilan dan bisa memperlancarkan ASI.

  1. Tanaman Obat Lidah Buaya
lidah buaya
lidah buaya

Tanaman obat ini juga biasanya ditanam orang di pekarangan. Daun lidah buaya ini berbentuk taji yang tebal, agak runcing dan panjangnya sekitar 15-36 cm dengan lebar 2-6 cm. batang pada lidah buaya ini tidak dapat terlihat karena tertutup oleh daun yang sangat rapat dan sebagian terbenam di dalam tanah. Tanaman lidah buaya yang tahan panas terhadap sinar matahari dan dapat di tanam di tempat yang berhawa panas karena di dalam daunnya tersimpan banyak cadangan air.

Di negara india tanaman lidah buaya ini sering juga digunakan untuk makanan ringan hariannya dan sebagai perawatan alami. karena salah satu penyebab yang sering muncul pada manusia yaitu seperti komedo. Hal itu bisa diatasi dengan lidah buaya ini dengan cara mengupas lidah buaya tersebut dan ambil yang intinya seperti ledir tersebut. Caranya dengan membasuhnya dengan ledir tersebut ke bagian wajah yang terkena komedo. lidah buaya ini juga bermanfaat untuk menghaluskan dan mempercepat proses penyembuhan kulit. Selain itu penyembuhan pada lidah buaya juga dapat memberikan kesegaran pada wajah.

  1. Tanaman Obat Daun Sirih
daun sirih
daun sirih

Siapa yang tidak kenal dengan tanaman yang satu ini, pasti kalian tahu kan yang sering-sering kita temukan di sekitar kita. Karena apa daun sirih ini merupakan salah satu tumbuhan yang dapat hidup bersender pada batang tanaman lain. Tanaman sirih memiliki ukuran panjang yang bisa mencapai sekitar puluhan meter. Dan daunnya terasa licin, warna daunnya hijau, dan berbentuk menyerupai jantung.

Batangnya yang berwana hijau itu agak kecoklatan dengan permukaan kulit yang kasar dan berkerut-kerut. Daun sirih biasa digunakan sebagai obat-obatan tradisional dan masih juga sering di pake oleh ibu-ibu generasi tua.

Daun sirih juga dapat bisa dimanfaatkan untuk mengurangi produk asi yang berlebihan keputihan, sakit jantung, alergi, batuk, sakit gigi yang berlubang, sakit mata, safilis, dan diare.

  1. Tanaman Obat Patah Tulang
daun patah tulang
daun patah tulang

Tanaman patah tulang ini berasal dari kawasan afrika tropis, dan tumbuh di tempat terbuka yang terkena sinar matahari langsung. Di Negara Indonesia tanaman satu ini banyak juga kita bisa temukan yang biasanya di tanam sebagai tanaman pagar, ditanam dipot tujuannya sebagai tanaman hias, ada juga pula yang tumbuh liar.

Tanaman patah tulang ini memiliki ukuran yang tegak ke atas, tingginya mencapai 2-6 meter. Daunnya yang memiliki ujung ranting yang masih muda serta dengan panjang 7-25 mm. dan bungannya bewarna kuning kehijau-hijauan, dan terdapat di ujung batang.

Tanaman patah tulang juga sering digunakan sebagai tanaman obat. Cabang dan rantingnya yang sudah dikeringkan dan dibakar bisa digunakan untuk engusir nyamuk.

Selain itu juga akar dan ranting tanaman patah tulang diantaranya untuk mengobati sakit lambung, rematik, nyeri syaraf, wasir, kaki dan tangan yang sedang pegal-pegal, dan tukak rongga hijau.

  1. Tanaman Obat Bayam Duri
bayam duri
bayam duri

Bayam duri ini adalah bayam duri yang berbeda dengan bayam lainnya secara umumnya karena teksturnya yang sedikit kasar dan berduri.

Tanaman bayam ini juga banyak tumbuh liar dipekarangan rumah dan kebun-kebun. Banyak orang yang meremehkan tanaman ini, padahal bayam duri ini mempunyai banyak manfaat dan khasiat untuk kesehatan tubuh.

Menurut penelitian yang lain ada yang menjelaskan bahwa tanaman bayam duri ini bisa digunakan untuk mengobati bisul yang keras, melancarkan pengeluaran asi, pengobatan gusi yang sedang bebak dan berdarah, luka bakar, kutil, dan bekas gigitan ular yang berbisa.

Untuk mengobati gusi yang terluka dan berdarah dengan cara, siapkan tanaman bayam duri secukupnya saja, kamudian tanaman bayam duri tersebut dibakar dengan alas genteng untuk dijadikan bubuk. Setelah dilakukan itu lalu jadi bubuk, dan bubuk bayam duri tersebut oleskan pada bagian yang sedang sakit.

Kemudian untuk mengobati bisul dengan cara, siapkan bayam duri yang segar dan ambilah bayam duri tersebut secukupnya saja, kamudian cuci sampai bersih bayam duri tersebut kamudian gilinglah bayam duri tersebut sama halus. Setelah digiling bayam dur tersebut lalu campurkan dengan madu secukupnya setelah itu tempelkan pada bagian kulit yang tumbuh bisul lalu balut. Cara ini dilakukan dengan diganti dua kali sehari.

Dan untuk melancarkan produksi asi, dengan cara ambilah 1 batang bayam duri, lalu cuci sampai bersih bayam duri tersebut kemudian giling sampai halus. Setelah digiling sampai halus kamudian tempelkan disekitar payudara tersebut.

Demikian penjelesan tentang tanaman obat keluarga semoga bisa bermanfaat bagi anda semua. Terima kasih.

 

Leave a Reply