lilin aromaterapi
lilin aromaterapi

Pengertian dan Manfaat Lilin Aromaterapi Bagi Kesehatan

Posted on

Pada zaman yang telah berkembang ini, lilin sudah digunakan secara luas oleh seluruh lapisan masyarakat dari zaman ke zaman dengan beberapa perubahannya, tapi sekarang lilin tidak hanya digunakan untuk media penerangan saat malam hari saja, namun banyak orang memanfaatkanya sebagai penerang suasana hati (aromaterapi). Tetapi lilin ini berbeda dengan lilin pada umumnya, lilin yang satu ini memang dibuat dan dirancang sebagai lilin aroma terapi. Lilin aromaterapi adalah lilin yang mengandung bahan pewangi yang dimanfaatkan untuk refreshing, relaxing dan juga sebagai media penyembuhan sakit kepala. Oleh karena itu, lilin ini digunakan dalam berbagai tujuan termasuk media penghilang stres saat kita mendapat banyak masalah.

lilin aromaterapi 2
lilin aromaterapi

Lilin aromaterapi ini akan membuat rasa nyaman tersendiri bagi si pemakainya, adna dapat duduk disamping lilin aromaterapi ini dengan membaca buku atau mendengarkan musik, lilin aroma terapi ini juga bisa menemani anda saat anda merasa sulit tidur atau istilah kerennya insomnia.

Sekarang ini sudah banyak ditemukan jenis-jenis lilin aroma terapi yang bisa dipakai, walaupun begitu anda harus tetap lebih berhati-hati karena tidak semua lilin aman digunakan bagi kesehatan tubuh, karena zaman sekarang berbeda dengan zaman dahulu, zaman dahulu, orang-orang membuat lilin dengan bahan dasar yang alami tapi zaman sekarang psbrik pabrik lilin banyak menggunakan bahan kimia yang mungkin dapat membahayakan bagi kesehatan kta. Berikut adalah ulasan mengapa anda tidak diperbolehkan memilih secara asal-asalan dan harus memilih lilin yang aman.

The Soot

The Soot (jelaga) adalah zat hitam tepung sisa hasil pembakaran lilin yang biasa ditemukan di langit-langit lilin yang sedang dibakar. Zat ini bisa dikatakan tidak aman bag kesehatan manusia tapi sayangnya semua jenis lilin menghasilkan jelaga hitam ini, sebuah penelitian yang dilakukan oleh oleh Environmental Protection Agency membuktikan bahwa lilin yang dibuat dengan bahan dasar minyak memancarkan 100 kali jelaga lebih banyak daripada lilin alami pada zaman dahulu.

Sumbu

Sumbu yang baik adalah sumbu yang terbuat dari kapas 100%, tetapi pada zaman sekarang ini banyak perusahaan yang menggunakan bahan kimia dalam sumbu lilin mereka, unsur-unsur racun seperti seng, timbal, logam dan bahan berbahaya yang lainnya sudah banyak ditemukan di sumbu-sumbu lilin zaman sekarang, timbal sendiri diketahui dapat mengganggu fungsi ginjal dan sistem syaraf pusat. Ingat, ketika anda menyalakan dan membakar lilin, maka zat kimia beracun tersebut akan tersebar keudara dan secara tidak sengaja akan terhirup dan masuk ke sistem pernafasan kita.

Minyak Esensial

Seperti yang saya sebutkan sebelumnya, bahwa perusahaan sekarang berusaha memotong biaya dan mencari keuntungan sebanyak-banyaknya tanpa memikirkan akibat-akbat yang akan ditimbulkan dalam jangka waktu yang panjang dengan produk yang mereka buat, perusahaan-perusahaan sekarang ini banyak yang memilih aroma pewangi yang berasal dari bahan kimia daripada aroma yang berasal dari bahan yang murni karena mereka hanya memikirkan keuntungan yang mereka dapat tanpa melihat efek samping yang didapatkan oleh si pengguna. Sebagai contoh saat anda membeli lilin aroma “lavender” yang tertulis pada kemasan, maka sebaiknya anda berfikir dua kali dahulu, karena bisa jadi bahwa itu adalah pewangi lavender sintetis yang tentu berbahaya bagi kesehatan paru-paru dalam jangka waktu yang lama.

Manfaat Lilin Aromaterapi Bagi Kesehatan

Lilin Aromaterapi memiliki manfaat sebagai penenang saat kita dilanda stress, pada zaman sekarang ini, anda dapat membelinya di toko-toko umum maupun toko yang khusus menjual lilin, dan belakangan ini, banyak masyarakat menengah ke atas menghabiskan waktu malamnya dengan menyalakan llin-lilin aromaterapi ini daripada dengan lampu. Hal ini jelas bisa menjadi bukti bahwa lilin aromaterapi ini memiliki manfaat dan inilah beberapa manfaat dari lilin aroma terapi :

  • Membuat tubuh menjadi rileks

Api dari lilin bisa menjadikan banyak orang menjadi merasa lebih rileks, dalam sebuah penelitian, lilin dapat menghasilkan suara 1/f, ketidakteraturan api yang dipadukan dengan irama-irama tenang seperti aliran  sungai, kelap-kelip bintang dan angin yang berhembus sepoi-sepoi, jika kita melihat lilin yang dipadukan dengan hal-hal itu, tentu akan memberikan efek relaksasi yang mendalam pada pikiran kita, dan tentu ini adalah manfaat utama dari lilin aromaterapi ini.

  • Dapat Menghilangkan Ion-Ion Negatif Dalam Tubuh

Apa kalian percaya bahwa didalam tubuh kita ini terdapat ion-ion negatif  yang menggaggu pikiran kita, dan hal ini dapat dihilangkan dengan cara melihat hal hal yang menyegarkan seperti hutan maupun air terjun yang indah, tapi ternyata lilin aromaterapi juga dapat menghilangkan ion-ion negatif tersebut. Ketika lilin dibakar, ia melepaskan partikel-pertikel kecil air yang tersebar keseluruh ruangan. Ion negatif akan mengimbangi ion yang beradadi atmosfer karena kita mempunyai ion positif yang dipancarkan oleh gelombang elektromagnetik, anda bisa bersantai dengan cara menyalakan lilin aromaterapi ini dengan ditemani membaca buku atau mendengarkan musik musik instrumetal.

  • Memberikan Kesegaran Tersendiri

Pada umumnya, lilin aromaterapi memiliki efek relaksasi, tetapi taukah anda bahwa setiap aroma pada llin aromaterapi memiliki manfaat yang berbeda. Ketika anda sedang dilanda stress atau depresi dan anda ingin menyegarkan diri anda, anda bisa menggunaka lilin aromaterapi yang menyegarkan seperti citrus, bergamot, earl grey tea yang bermanfaat untuk menyegarkan dan mengurangi stress anda.

  • Meningkatkan Daya Feminin Anda

Pada saat ini, lilin aromaterapi yang beraroma bunga sudah populer di kalangan semua orang karena efek romantis yang diberikan oleh lilin ini, aroma wangi ini akan memberi keuntungan bagi kaum wanita. Bentuk bunga mawar melambangkan feminitas dan dikenal dapat membawa kesenangan dan menenangkan nyeri haid wanita, gangguan menopause dan gejala menstruasi, sementara itu aroma khas dari bunga melati juga dapat meningkatkan daya feminin anda pula.

  • Meningkatkan Konsentrasi

Dengan menghirup aroma-aroma dari lilin aromaterapi, anda juga bisa meningkatkan ketenangan dan konsentrasi, tetapi iji juga tergantung pada aroma yang dipilih, anda bisa memilih lilin yang beraroma rosemary maupun eucalyptus jika anda menghendaki menenangkan diri anda. Karena aroma kuat dari rosemary  akan meningkatkan daya ingat anda, dan aroma kuat dari eucalyptus juga dipercaya oleh masyarakat suku aborigin sebagai peningkat konsentrasi.

  • Membuat Santai dan Tidur Nyenyak

Lilin aromaterapi juga dapat membantu kita dalam meningkatkan rasa nyenyak dalam tidur, karena aroma yang khas tersebut akan membantu proses berlangsungnya tidur nyenyak kita, tapi anda juga harus menghindari tidur dengan keadaan lilin menyala dengan alasan keamanan anda, anda bisa menggunakan lilin ini pada waktu sebelum tidur ataupun saat mandi, setiap aroma yang dihasilkan oleh lilin aromaterapi ini bisa membuat kita santai, tetapi aroma lavender lah ang terbaik untuk meningkatkan rasa nyenyak saat kita tidur.

Mungkin itulah beberapa pengertian tentang lilin aromaterapi dan beberap manfat lilin aromaterapi yang bisa saya sampaikan.

Jangan lupa untuk klik like, share maupun comment.

Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Leave a Reply