so
so

Biografi Soekarno

Posted on

Soekarnao adalah presiden yang pertama kali di Indonesia yang biasanya di sebut bung karno, dia di lahirkan ibunya di blitar ( jawa timur ), 6 juni 1901 dan meninggalnya di jakarta pada pada tanggal 21 juni tahun 1970. Ayahnya bernama Raden Soekemi Sosrodihardjo dan ibunya Ida Ayu Nyoman Rai. Semasa hidupnya, beliau mempunyai tiga istri dan dikaruniai delapan anak.

Kemudian hari ketika awal menjadi presiden republic Indonesia,ejaan nama soekarno di ubah sendiri menjadi sukarno karena menurut nama tersebut di tanda tangannya adalah tanda tangan yang tercantum ada di proklamasi di kemerdekaan Indonesia yang tidak boleh di ubah.

Masa kecilnya soekarno hanya berapa tahun semasa SD smpai tamat dia ingin menjadi seorang polisi di Indonesia karena mau membela negaranya sendiri umtuk melawan penjajah penjajah dari Negara lain, seperti jepang dan belanda. Kemudia soekarno melanjutkan sekolahnya di  Saat belajar di HBS itu, Soekarno telah menggembleng jiwa nasionalismenya. Selepas lulus HBS tahun 1920, pindah ke Bandung dan melanjut ke THS. Soekarno telah berasil menggelar ‘ ir ‘ pada 25 mei tahun 1926.

Kemudian, seokarno telah merumuskan ajaran Marhaenisme dan mendirikan PNI (Partai Nasional lndonesia) pada 4 Juli 1927, dengan tujuan Indonesia Merdeka dari penjajahan yang di jajah oleh negara lain. Akibatnya, Belanda, memasukkannya ke penjara Sukamiskin, Bandung pada 29 Desember 1929. Delapan bulan kemudian baru disidangkan. Dalam pembelaannya berjudul Indonesia mengganggugat.

Pembelaannya itu membuat Belanda makin marah sehingga pengen menjajah lagi di Indonesia. Sehingga pada Juli 1930, PNI pun dibubarkan. Setelah bebas pada tahun 1931, Soekarno bergabung dengan Partindo dan sekaligus memimpinnya. Akibatnya, beliau kembali ditangkap Belanda dan dibuang ke Ende, Flores, tahun 1933. Empat tahun kemudian dipindahkan ke Bengkulu.

Setelah melalui perjuangan yang cukup panjang, Bung Karno dan Bung Hatta memproklamasikan kemerdekaan RI pada 17 Agustus 1945. Dalam sidang BPUPKI tanggal 1 Juni 1945, ir soekarno mengumumkan tentang gagasan dasar Negara yang disebut pancasila. Pada tanggal 17 agustus 1945 indonesia telah merdeka dari penjajah penjajah tersebut. Ir soekarno dan mohmmad hatta memproklamasikan kemerdekaan Indonesia kepada semua masyarakat. Dalam sidang PPKI, 18 Agustus 1945 Ir.Soekarno terpilih secara aklamasi sebagai Presiden Republik Indonesia yang pertama.

Sebelumnya, soekrano juga berhasil merumuskan Pancasila yang kemudian menjadi dasar (ideologi) Negara Kesatuan Republik Indonesia untuk merdeka. Beliau berupaya mempersatukan nusantara dari sabang sampai merauke. Bahkan Soekarno berusaha menghimpun bangsa-bangsa di Asia, Afrika, dan Amerika Latin dengan Konferensi Asia Afrika di Bandung pada tahun 1955 yang kemudian berkembang menjadi Gerakan Non Blok. Di situlah Indonesia merdeka atas soekarno, mohammad hatta dan masyarakat masyarakat lainnya.

Kesehatannya terus memburuk, yang pada hari Minggu, pada tanggal 21 Juni tahun 1970 mereka meninggal dunia di RSPAD. Ia disemayamkan di Wisma Yaso, Jakarta dan dimakamkan di Blitar, Jatim di dekat makam ibunya, Ida Ayu Nyoman Rai. Pemerintah menganugerahkannya sebagai “Pahlawan Proklamasi” di Indonesia kepada masyarakat.

Prestasi Soekarno Di Indonesia

so

Pada tanggal 01 juni 1945 Soekarno menyampaikan visi tentang falsafah dan dasar Negara yang kemudian dikenal sebagai hari lahir pancasila di setiap provinsi. Pada tanggal 18-25 april 1955 Soekarno membawa Indonesia berhasil menyelenggarakan Konferesi Asia Afrika di Bandung. 05 juli 1959 Soekarno mengeluarkan dekrit yang menyatakan berlakunya kembali UUD 1945. 30 september 1960 Soekarno mengingatkan pembebasan penjajah dari Irian Barat dan direalisasikan dengan Trikora. 14 Januari 1999 mendapat tanda penghargaan lencana tugas kencana, sebagian dari sederet gelar lainya, termasuk 27 gelar doktor kehormatan.

1.Proklamator

beni

Prestasi terbaik yang bisa diberikan oleh seorang Soekarno untuk bangsa Indonesia adalah Kemerdekaan untuk membebas kan dari penjajahan dari bangsa lain. Karena tanpa kemerdekaan, ga ada hal lain yang lebih berarti. Pak Bro Soekarno sebagai Proklamator Kemerdekaan Negara Merah Putih ini bersama Mohammad Hatta udah meletakkan dasar-dasar Negara Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945 itu lah kemerdekaan bangsa Indonesia.

Dengan tindakannya ini, duet Soekarno Hatta telah memberikan semangat juang pantang menyerah pemuda-pemudi Indonesia untuk mempertahankan kemerdekaan. Bahkan mereka rela memberikan nyawanya untuk kemerdekaan tersebut dalam melawan penjajahan.

soekarno

2.Pencetus Pancasila

Sebelum memproklamirkan kemerdekaan Indonesia, Di depan sidang BPUPKI, Soekarno telah menyampaikan visi tentang falsafah dan dasar Negara pada 1 Juni 1945. Tanggal ini kemudian ditetapkan sebagai Hari Lahir Pancasila meski masih menyimpan kontroversi di bandung.

3.Merebut Papua Barat

Nah, pada tanggal 19 Desember 1961 sebagai Presiden, Pak Bro Soekarno punya pengumuman penting atas pelaksanaan Trikora di Alun-Alun Utara Yogyakarta. Lalu dibentuklah Komando Mandala dengan Mayjen Soeharto sebagai Panglima. Tugasnya adalah merencanakan, mempersiapkan, dan menyelenggarakan operasi militer demi mempertahankan dan menggabungkan Papua bagian barat jadi satu kesatuan dengan Negara Indonesia.

4.Membangun Monas Di Jakarta

taman monas malam hari

Presiden Soekarno mengeluarkan pemerintah untuk pembangunan Monumen Nasional (Monas) pada 17 Agustus 1961 yang ada di Jakarta. Monumen ini didirikan untuk mengenang perjuangan rakyat Indonesia dalam upaya merebut kemerdekaan kita dari para penjajah bangsa lain.

Pembangunan monumen ini tidak berjalan dengan mulus akibat kondisi ekonomi dan politik saat itu semua keadaan masih buruk. Proyek pembangunan salah satu ikon Indonesia ini baru selesai dan monumen dibuka untuk umum pada 12 Juli 1975.

5.Militer Terkuat Di Indonesia

Berkaitan dengan Trikora, dimulailah pembangunan militer Indonesia. Setelah berdiplomasi dengan Uni Sovyet, Indonesia berhasil mendapat utang jangka panjang sebesar 2,5 miliar dolar Amerika untuk membeli persenjataan untuk melawan penjajahan.

Dengan utang ini, Indonesia berhasil membentuk Angkatan Udara yang diklaim sebagai yang paling kuat di dunia tepatnya di belahan Bumi bagian Selatan di Indonesia.

6.Bangsa Yang Paling Di Segani

Soekarno berhasil membuat Indonesia maju jadi bangsa yang paling disegani di setiap Negara. Dengan sikap kerasnya – terutama dengan Negara-negara Barat seperti AS dan Inggris – Soekarno membangun kredibilitas Indonesia. Apalagi saat itu kekuatan militer Indonesia ga bisa dipandang sebelah mata.

Sayang prestasi Soekarno ini ga bisa dipertahankan oleh para penerusnya sehingga Indonesia ga menonjol lagi di percaturan politik dunia.

7.Pemimpin GNB

Di bawah kepemimpinan Soekarno, Indonesia menjadi Negara yang diperhitungkan di percaturan politik dunia. Salah satunya adalah dengan penyelenggaraan Konferensi Asia Afrika di Bandung pada tahun 1955 yang berujung pada pembentukan Gerakan Non Blok (GNB).

Motor pendiri GNB adalah orang kebanggan Indonesia yaitu Soekarno yang saat itu jadi Presiden, lalu ada Josip Broz Tito (Presiden Yugoslavia), kemudian Gamal Abdul Nasser selaku Presiden Mesir, Pandit Jawaharlal Nehru (PM India), dan terakhir Kwame Nkrumah (Presiden Ghana).

8.NKRI

NKRI telah berasih merdeka karena jasa jasa nya soekarno dan mohmmad hatta karena beliau kita merdeka dari penjajahan bangsa lain.

9.Kembali Ke UUD 1945

Setelah sempat tergantikan, Dekrit Presiden Soekarno pada 5 Juli 1959 menyatakan berlakunya kembali UUD 1945. Prestasi yang berhasil dipertahankan hingga akhir diamandemen. tapi UUD tetap menjadi dasar negara Indonesia.

10.Supersemar

Salah satu prestasi Soekarno yang terbaik untuk Indonesia sekaligus yang ‘terakhir’ adalah keluarnya Surat Perintah Sebelas Maret (Supersemar). Surat ini kemudian menjadi dasar Panglima Angkatan Darat waktu itu, Soeharto, untuk membubarkan PKI dan menyatakannya sebagai organisasi terlarang. Setidaknya itulah 1 dari beberapa versi cerita dari Supersemar.

Nah, ini dulu ya Mas Bro dan Mbak Bro 10 prestasi Soekarno yang terbaik untuk Indonesia. kalo ada yang mau ditanyain, tinggalin jejak komentar dibawah ya.

Sekian dari kami semoga ada manfaat nya bagi kalian semua bagi yang membaca artikel ini, sekian dan terimakasih

Leave a Reply